Informasi Menarik Sehat & Cantik

7 Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan dan Kecantikan


7 Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Daun suji adalah daun alami yang biasa kita petik untuk dimanfaatkan sebagai pewarna bahan makanan. Daun yang satu ini bentuknya hampir sama dengan daun pandan, jadi jika Anda tidak teliti mungkin Anda tidak bisa membedakan antara daun pandan dan daun suji. Perbedaan di antara daun suji dan daun pandan terletak pada ukuran daunnya, karena daun suji mampu tumbuh hingga mencapai 6-10 meter serta memiliki bunga. Apakah manfaat daun suji untuk kesehatan dan kecantikan? Simak selengkapnya di bawah ini:

Membantu Menghentikan Batuk Berdahak

Daun suji adalah tanaman perdu yang biasa tumbuh dengan subur di lingkungan lembab sedikit terkena terik cahaya matahari. Di balik rasanya yang pahit dan aromanya yang wangi, daun suji memiliki kandungan saponin, alkaloid, flavonoida serta polifenol. Manfaat pertama yang bisa kita ambil dari tanaman hijau ini adalah membantu menghentikan batuk berdahak. Paru-paru kita terkadang terisi dengan cairan yang kemudian bisa menjadi penyebab utama batuk berdahak bahkan meningkatkan risiko gagal jantung.

Batuk berdahak dapat disebebakan oleh infeksi bakteri di tenggorokan, atasi dengan menumbuk daun suji sebanyak 15 lembar sampai benar-benar halus, lalu tambahkan ½ gelas air dan peras untuk memperoleh sarinya. Konsumsi air suji ini secara rutin tiap pagi serta malam hari.

Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Kandungan saponin yang terdapat pada daun suji cukup efektif untuk membantu mengurangi kadar kolestrol buruk pada darah kita. Sedangkan zat hijau daun (klorofil) pada daun suji berfungsi dengan cukup baik untuk mengatasi gejala dari aterosklorosis. Cara membuat ramuan daun sujji penurun kadar kolestrol dengan merebus daun suji sebanyak 5 lembar bersama 2 gelas air tunggu hingga air rebusan mendidih dan tersisa hanya satu gelas saja. Minum ramuan obat ini sebanyak 3x dalam satu hari.

Membantu Mengobati Beri-Beri

Manfaat daun suji untuk kesehatan dan kecantikan yakni mampu membantu mengobati penyakit beri-beri. Siapa sih yang ingin mengalami penyakit ini,  pekerjaan jadi tidak bisa dilakukan dengan baik karena kondisi tubuh yang tidak enak. Atasi segera dengan mencuci daun suji sebanyak 5 lembar hingga daunnya benar-benar bersih lalu rebus memakai 2 gelas air, biarkan sampai air matang dan tersisa segelas saja untuk kemudian didinginkan atau diminum hangat-hangat, minum setiap hari.

Mengobati Penyakit Urin Bernanah

Ketika Anda buang air kecil ada nanah yang keluar, maka segera atasi penyakit tersebut dengan manfaat daun suji yang ditambahkan dengan lengkuas dan daun pandan. Saponin yang terdapat pada daun suji bekerja dengan baik sebagai antiseptic yang efektif untuk melawan infeksi. Siapkan 7 lembar daun suji dan cuci sampai bersih, lantas rebus daunnya dengan menggunakan satu setengah liter air bersih. Rebus dan biarkan sampai airnya mendidih dan berkurang setengahnya, minum ramuan ini sebanyak 2 gelas setiap pagi dan juga malam hari.

Membantu Mengobati Nyeri Datang Bulan

Wanita kerapkali mengalami nyeri haid yang hanya bisa diatasi dengan minum obat penghilang rasa sakit, meskipun rasa sakitnya hanya terjadi di hari pertama atau hari kedua, tetap saja bagi beberapa wanita, nyeri haid bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Bantu atasi nyeri haid dengan mengkonsumsi ramuan alami daun suji yang dibuat dari 4 lembar daun suji yang direbus bersama dengan seliter air hingga tersisa setengah airnya saja. Minum air ramuan ini hingga masa haid Anda berakhir.

Mencegah Penyakit Kanker

Senyawa alami yang ada pada daun suji kabarnya mampu membantu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker. Rebus daun suji dengan air bersih setalah matang, minum rebusan tersebut setelah ditambahkan dengan madu murni secukupnya.

Membantu Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya menyebabkan penyakit kanker, radikal bebas juga bisa menjadi penyebab dari kulit kusam dan keriput. Untuk mencegah penuaan dini, silahkan manfaatkan kandungan alami dari daun suji.
Ada banyak sekali  manfaat daun suji untuk kesehatan dan kecantikan yang jika Anda manfaatkan dengan baik tidak menutup kemungkinan tubuh akan tetap sehat dan bugar hingga usia tua.

Back To Top