Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Daun Serai/Sereh Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Beserta Cara Pengolahannya

Manfaat Sereh atau Serai, nama sereh atau serai mungin sudah tidak asing lagi bagi kita khususnya bagi para ibu ibu di dapur. Tanaman yang masuk ke dalam jenis rumput rumputan ini di kenal karena manfaatnya serta aroma kuat serupa dengan wangi lemon yang terkandung di dalamnya. Tanaman sereh sering di gunakan sebagai rempah atau bumbu pelengkap pada berbagai masakan yang akan memberikan hasil masakan yang sedap dengan aroma yang nikmat khas sereh.

Sereh atau serah merupakan tanaman herbal dari keluarga rumput poaceae dengan nama ilmiah Cymbopogon citratus. Tanaman ini berasal dari daerah tropis di Asia dan sudah tersebar di belahan bumi lainnya termasuk Indonesia. Sekilas tanaman sereh atau serai memiliki fisik yang hampir bisa di samakan dengan rumput alang alang yang tumbuh bergerombol dengan tinggi bisa mencapai hingga 3 meter serta memiliki batang yang kasar.

Manfaat Daun Serai/Sereh Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Beserta Cara Pengolahannya


Di beberapa negara di Asia begitu juga Indonesia selain di jadikan sebagai rempah pada berbagai macam masakan atau kuliner, sereh juga banyak di manfaatkan sebagai tanaman herbal yang kaya akan manfaat serta khasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Penasaran bukan, berikut ulasan lengkap mengenai manfaat sereh atau serai beserta cara pengolahannya, lengkap.

KANDUNGAN NUTRISI PADA DAUN SERAI

Bagi kita yang ingin mengetahui lebih mengenai daun sereh tentu informasi ini akan sangat penting untuk di simak. Sangat tidak di sangka jika tanaman yang hanya kita kenal sebagai bumbu atau rempah di dapur ternyata memiliki banyak manfaat serta khasiat bagi tubuh berkat kandungan nutrisinya yang sangat baik bagi tubuh. Beberapa nutrisi tersebut berupa : Mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, fosfor, mangan, seng, dan zat besi, serah juga kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B5 dan vitamin B6 beserta asam folat.

Kandungan minyak atsiri pada sereh mengandung berbagai macam zat senyawa yang baik untuk tubuh khususnya bagi kesehatan seperti : sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, limonen, felandren beta, p-simen, cis-osimen, borneol, terpinol, a-terpinol, terpinen-4-ol, metilheptenon, metil heptanenon, bornilasetat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-kadinen, beta-bergamoten, n-desialdehida, trans-metilsoeugenol, dipenten, kariofilen oksida, elemol, geraniol, farnesol.

MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SERAI BAGI KESEHATAN

Dari berbagai macam kandungan nutrisi berserta zat senyawa alami yang terkandunga pada sereh memiliki manfaat serta khasiat yang baik bagi tubuh, daun serai atau yang juga sering di sebut dengan sereh memiliki sejuta manfaat bagi tubuh dan juga kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat serai bagi kesehatan yang penting untuk kita ketahui.

1.Anti Kanker

Daun sereh atau serai memiliki kandungan berupa senyawa unik yaitu citral yang bersifat sebagai anti kanker dan dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dengan tetap mempertahankan sel sel jaringan yang sehat tanpa mempengaruhi sel sel tubuh yang normal. Daun sereh bisa kita olah dengan cara di rebus atau dalam bentuk teh serai yang sifatnya hanya membantu menekan pertumbuhan sel kanker dan juga mempercepat proses penyembuhan, tidak secara permanen namun sebagai alternatif alami.

2.Menurunkan Kolesterol

Sereh merupakan rempah sekaligus tanaman herbal yang memiliki sifat sebagai anti-hiperlipidemia dn juga anti-hiperkolesterolemia. Dengan konsumsi yang rutin serta teratur, daun sereh akan bermanfaat bagi tubuh dalam menjaga serta mempertahankan tingkat sehat trigliserida serta menekan adanya kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, meningkatkan aliran darah dan juga mencegah resiko gangguan pada jantung.

3.Mencegah Diabetes

Sereh mampu menekan atau mencegah risiko diabetes dengan cara menjaga pankreas, membantu tubuh dalam menjaga kadar insulin, serta meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam menjaga tubuh untuk tetap terhindar dari diabetes.

4.Mengatasi Insomnia

Insomnia atau sulit tidur merupakan kondisi tubuh yang sering terjadi oleh beberapa faktor atau penyebab seperti suatu penyakit atau akibat dari adanya permasalahan psikologis yang dapat menimbulkan stress, menekan pikiran serta menyebabkan rasa gelisah dan sebagainya. Dalam mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan beberapa cara selain cara medis yaitu alternatif alami berupa daun sereh. Siapa sangka jika tanaman yang satu ini sangat bermanfaat dalam mengatsi gangguan tidur atau insomnia. Daun sereh bekerja dengan cara menenagkan otot serta saraf yang tegang sekaligus membantu mendorong tidur yang nyenyak.

5.Mengatasi Anemia

Anemia atau gejala kurang darah di akibatkan oleh kurangnya asupan nutrisi berupa zat besi. Cara alami untuk mengatasinya yaitu dengan memanfaatkan daun serai. Kandungan zat besi pada daun sereh atau serai mampu membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan zat besi dengan cara mengkonsumsinya secara rutin dan teratur.

6.Detoksifikasi

Sereh memiliki sifat alami yang berfungsi sebagai diuretik dan juga membantu tubuh dalam menetralisir kadar racun dalam tubuh atau yang juga di kenal dengan istilah detoksifikasi. Fungsi tersebut juga sangat bermanfaat dalam menjaga fungsi hati dan juga ginjal. Sifat diuretik pada sereh bekerja dengan cara meluruhkan kemih, meningkatkan frekuensi buang air kecil dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

7.Mencegah Infeksi

Kandungan anti-septik pada daun sereh atau serai bisa kita manfaat untuk mencegah infeksi akibat adanya bakteri atau mikro-organisme merugikan pada tubuh. Anti-septik pada daun sereh bekerja dengan cara menekan pertumbuhan bakteri atau yang juga di kenal dengan anti-mikroba dan anti-jamur.

MANFAAT DAUN SERAI UNTUK KECANTIKAN

Selain bermanfaat bagi kesehatan daun sereh juga sangat berguna bagi kita dalam merawat kecantikan. Informasi ini akan sangat penting dan perlu di simak bagi kita yang menginginkan tampil cantik dengan cara yang alami serta minim resiko. Apa saja, berikut ulasan lengkap mengenai manfaat daun serai atau sereh untuk kecantikan.

1.Menurunkan Berat Badan

Informasi berikut akan sangat berguna bagi anda yang sedang dalam program diet atau hanya sekedar menjaga tubuh dari bahaya obesitas. Kandungan citral pada sereh dapat mencegah akumulasi lemak dalam tubuh, meningkatkan oksidasi kadar lemak dalam tubuh, serta menjaga dan mendukung proses metabolisme oleh tubuh. Hal tersebut akan secara tidak langsung akan membantu kita dalam menghindari bahaya obesitas sekaligus menurunkan berat badan berlebih.

2.Mengatasi Bau Badan

Selain aromanya yang kuat dan khas, kandungan anti-septik pada tanaman sereh berguna dalam menekan pertumbuhan bakteri serta jamur yang dapat menyebabkan bau badan. Cara terbaik untuk menggunaknnya yaitu dengan meminum air rebusan sereh atau dengan cara memanfaatkan air sereh untuk merendam kaki dan obat kumur alami yang berguna untuk mencegah bau pada kaki atau mulut.

3.Mempercantik Kulit

Sereh mampu menguatkan jaringan kulit yang secara tidak langsung akan menjaga kekecanngan kulit sekaligus mengecilkan pori pada kulit. Fungsi tersebut akan membuat kulit tampak kencang serta leih halus berkat pori pori tersamarkan. Cara memanfaatnya yaitu dengan memfungsikan air sereh sebagai toner pada wajah.

4.Mengatasi Kulit Berminyak

Sifat astringent pada daun sereh mampu berfungsi untuk menjaga serta mengontrol kadar minyak berlebih pada wajah sekaligus mengecilkan tampilan pori kulit pada wajah. Caranya dengan mengaplikasikan air sereh sebagai toner pada wajah yang telah di bersihkan.

5.Mencegah Jerawat

Kandungan alami pada daun sereh yang bersifat sebagai anti-septik dan astringent mampu membersihkan kulit secara menyeluruh, mengontrol kadar minyak pada wajah serta mencegah timbulny jerawat. Seperti cara cara sebelumnya kita bisa menggunakan air sereh sebagai toner atau untuk mencuci wajah.

CARA MENGOLAH DAUN SERAI

Jika pada umunya daun sereh hanya di gunakan sebagai rempah atau bumbu dalam masakan, ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan manfaatnya. Dan berikut beberapa tips atau cara untuk mengolah daun sereh.

1.Wedang Sereh

Untuk mengolah sereh menjadi wedang sereh sangatlah mudah dan praktis.

caranya :
  1. Siapkan kurang lebih 3-4 batang sereh untuk 1 liter air.
  2. Bersihkan sereh dan gunakan hanya bagian batangnya saja.
  3. Setelah di cuci memarkan batang sereh dengan cara di geprek.
  4. Kemudian rebus batang sereh dengan 1 liter air.
  5. Tunggu hingga mendidih, lalu angkat dan saring air rebusan.
  6. Untuk penyajiannnya kita bisa tuangkan rebusan sereh kedalam gelas dengan sedikit tambahan gula sesuai selera dan aduk hingga rata.
  7. Wedang sereh siap di minum dan akan sangat nikmat selagi hangat.
2.Teh Sereh

Cara selanjutnya yaitu dengan mengolah sereh ke dalam bentuk teh, cara ini lebih mudah serta praktis dari cara sebelumnya.

Manfaat Daun Serai/Sereh Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Beserta Cara Pengolahannya

caranya :
  1. Siapkan 1 batang sereh ukuran sedang.
  2. Bersihkan sereh dan gunakan hanya bagian batangnnya saja.
  3. Setelah di cuci bersih, batang sereh kita potong kecil kecil.
  4. Hasil dari potongan tersebut bisa kita masukan kedalam gelas dan seduh menggunakan air panas.
  5. Tunggu hingga lima menit, kemudian saring air sereh guna memisahkan ampasnya.
  6. Terakhir kita bisa menambahkan sedikit gula agar lebih manis sesuai dengan selera.
  7. Teh sereh bisa kita minum selagi hangat.
3.Merebus Sereh

Merebus sereh du tujukan untuk mendapatkan air sereh yang bisa kita manfaatkan sebagai toner, mencuci wajah, atau juga bisa di minum langsung.

caranya :
  1. Siapkan beberapa batang sereh 4-5 batang sereh untuk 2 liter air.
  2. Bersihkan batang sereh kemudian memarkan.
  3. Rebus batang sereh menggunakan air sebanyak 2 liter dan biarkan hingga mendidih.
  4. Hasil dari rebusan kemudian di saring.
  5. Jika sudah selesai, air rebusan tersebut bisa kita gunakan untuk toner wajah dan juga untuk mencuci wajah, bisa juga untuk di gunakan untuk merendam kaki untuk menghilangkan bau kaki dan juga berkumur untuk menghilangkan bau mulut. Sedangkan untuk mengatasi bau badan kita bisa menggunakannya dengan cara di konsumsi secara langsung yaitu dengan cara di minum, bagi yang tidak suka rasanya bisa sedikit di tambahkan gula, selain di minum langsung kita juga bisa menggunakan air sereh yang di campurkan pada lulur.
Itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan manfaat dari daun sereh atau serai selain di jadikan sebagai bumbu dalam masakan. Perhatikan caranya secara baik dan lakukan dengan tepat guna mendapatkan manfaatnya yang baik dan maksimal.

Sekian untuk ulasan kali ini, semoga informasi tersebut bisa berguna bagi kita semua mampu memberikan manfaat yang baik serta menjadi sebuah informasi yang dapat menambah pengetahuan kita mengenai tanaman atau herbal alami yang kaya manfaat yang banyak kita jumpai di sekitar kita.
Selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top