Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Dan Efek Samping Daun Pletekan (Kencana Ungu)

Manfaat Daun Pletekan, tentu masih sangat jarang sekali kita mendengar hal ini. Tanaman ini masih belum terlalu di kenal oleh masyarakat, keberadaannya di lingkungan sekitar hanya di anggap sebagai semak dan juga tanaman liar. Hal itulah yang menyebabkan tanaman ini kurang di kenal serta di nilai tidak memiliki khasiat serta manfaat sama sekali. Benarkah? Itu tidak benar, jika sebagian dari kita mengatakan atau beranggapan kalau daun pletekan sama sekali tidak bermanfaat, itu sangat jauh dari kenyataannya.

Manfaat Dan Efek Samping Daun Pletekan (Kencana Ungu)


Daun pletakan atau yang juga di kenal dengan tanaman kencana ungu, merupakan sejenis anaman liar yang sangat mudah tumbuh dan kita jumpai di hampir semua tempat seperti pinggiran sawah, lapangan, dan juga perkebunan. Hanya saja keberadaanya jarang di perdulikan oleh masyarakat. Tumbuhan dengan bunga berwarna ungu ini memiliki nama lain yaitu (Ruellia tuberosa), buahnya kecil memanjang dan akan pecah jika tersiram air. Namun siapa sangka jika tanaman ini yaitu tanaman pletekan memiliki manfaat yang katanya bisa menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan seperti diabetes. Penasaran, berikut ulasan lengkap mengenai manfaat dan khasiat daun pletekan (kencana ungu).

Selain di kenal dengan sebutan pletekan berikut beberapa nama daerah yang banyak di sebutkan untuk tanaman ini, di Jawa tanaman ini di kenal dengan sebutan ceplikan, pletikan, dan juga pletekan. Di Lampung dau pletekan di kenal dengan nama kencana ungu, ceplesan dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu kandungan utama dalam tanaman ini yaitu saponin dan juga dan juga polifenol yang terdapat pada daunnya, di dapati juga senyawa berupa flavonoid pada akar tanaman ini. Dari ketiga senyawa tersebut akan sangat baik jika di konsumsi tubuh khususnya dalam pengobatan, polifenol beserta flavonoid mampu berperan sebagai antioksidan alami yang mampu melawan serangan radikal bebas serta memberikan ketahan terhadap tubuh dari beberapa penyakit degenerasi oksidatif seperti penyakit kanker dan juga liver yang merupakan awal pemicu timbulnya penyakit diabetes. Selain itu semua, pemanfaatan tanaman kencana ungu dalam pengobatan mampu memberikan efek famakologis sebagai :
  • Diuretic - meluruhkan cairan kemih.
  • Antipyretic - bersifat sebagai penurun panas pada demam.
  • Analgesic - mengurangi rasa sakit atau nyeri.
  • Antihypertensive - menurunkan tekanan darah.
  • Anti-diabetes - mencegah penyakit diabetes.
  • dll.
MANFAAT DAUN PLETEKAN (KENCANA UNGU)

1.Mengobati diabetes

Sangat tidak di sangka jika tanaman yang hampir tidak kita kenali ini ternyata berkhasiat dalam mengobati penyakit diabetes. Hal ini sekaligus merupakan kabar gembira bagi para penderita diabetes yang mungkin sedang mencari alternatif untuk mengobati diabetes dengan cara alami dan praktis.

Caranya :
  1. Siapkan beberapa helai daun pletekan (gunakan bagian daun secukupnya saja).
  2. Cuci bersih daun pletekan dan rebus menggunakan air sebanyak 500 ml.
  3. Rebus dan biarkan hingga airnya menyusut menjadi setengahnya.
  4. Setelah itu saring air rebusan dan biarkan hingga dingin.
Minum ramuan tersebut secara rutin 2x dalam sehari yaitu pagi dan sore sebanyak 1 gelas untuk 1x minum. Dan jangan lupa juga untuk selalu kontrol kadar gula dalam darah, dan jika memang di dapati sudah turun dan normal, pengobatan bisa di hentikan.

2.Mengobati luka borok

Jika anda memiliki luka borok dan sangat sulit untuk di sembuhkan, bisa jadi cara ini merupakan jalan keluar untuk masalah tersebut. Kita bisa memanfaatkan daun pletekan untuk mengobati borok dengan cara alami dan praktis.

Caranya :
  1. Siapkan beberapa lembar daun pletekan bisa di sesuaikan.
  2. Cuci bersih daun pletekan kemudian tumbuk hingga halus.
  3. Jika sudah di tumbuk halus gunakan hasil tumbukan dengan cara di oleskan pada luka dan biarkan hingga mengering.
Cara tersebutakan sangat efektif jika di lkukan secara ruti hingga benar benar di dapatkan hasil yang baik.

EFEK SAMPING

Selama penggunaan di lakukan dengan dosis yang tepat dan cara pengolahan yang benar, efek buruk dari tanaman ini masih bisa sedikit kita hindari. Perhatikan dan hindari penggunaan pada penderita diabetes dengan komplikasi ginjal. Hal itu di karenakan daun pletekan mengandung senyawa berupa senobiotik yang jika di konsumsi akan berbahaya bagi hati dan ginjal yang menyebabkan menurunya fungsi ginjal. Selain itu daun pletekan juga bersifat menurunkan gula darah sehingga perlu di hindari penggunaanya secara berlebih.

Itulah beberapa informasi lenkap mengenai apa saja manfaat dan efek samping dari tanaman pletekan atau kencana ungu. Semoga bisa berguna dan bermanfaat baik bagi kita semua. Selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top