Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat dan Efek Buruk Mencuci Wajah dengan Air Hangat

Manfaat air hangat dan juga efek buruk dari mencuci wajah dengan air hangat yang di lakukan terlalu sering. Sudah tidak jarang, banyak wanita yang sering melakukan perawatan wajah dengan berbagai macam cara yang di yakininya baik dan mampu mempercantik diri termasuk dengan memanfaatkan air hangat yang biasanya sering kita gunakan untuk mencuci wajah..!

Manfaat dan Efek Buruk Mencuci Wajah dengan Air Hangat

Pertanyaannya, apakah hal tersebut baik bagi wajah dan kulit, dan juga apakah baik mencuci wajah terlalu sering menggunakan air hangat. Berikut ini akan kita bahas secara runtas tentang manfaat dan juga efek buruk dari mencuci wajah menggunakan air hangat.

Dan langsung saja, berikut ini kita saya akan uraikan satu persatu.

Apa saja manfaat mencuci wajah menggunakan air hangat?

1.Membersihkan kulit secara menyeluruh

Menggunakan air hangat untuk mencuci wajah akan mampu membersihkan kulit utamanya wajah secara menyeluruh. Hal tersebut karena air hangat mampu membuka pori pori kulit dan mengakat semua kotoran yang terdapat pada wajah.

2.Kulit bersih dan bebas kusam

Mencuci wajah menggunakan air hangat juga sangat baik untuk mengangkat sel sel kulit mati serta kotoran dan juga siasa make up sehingga wajah akan tampak lebih bersih dan juga bebas kusam.

3.Menghilangkan komedo

Sudah banyak di lakukan oleh para wanita bahkan pria juga, menghilangkan komedo dengan cara mencuci wajah dengan menggunakan air hangat. Sebagian orang bahkan menggunakan air hangat dengan sedikit tambahan garam untuk mencuci wajahnya. Hal tersebut memang bisa di benarkan karena di saat kita mencuci wajah menggunakan air hangat, pori pori akan terbuka lebar sehingga komedo akan dengan mudah ikut terangkat saat kita membersihkan wajah.

4.Mencegah jerawat

Seperti yang telah di jelaskan di atas, mencuci wajah menggunakan air hangat dapat membersihkan kulit secara menyeluruh sekaligus membuka pori pori kulit yang tersumbat. Hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi wajah kita dalam mencegah timbulnya jerawat.

 Apa saja efek buruk dari mencuci wajah dengan air hangat?

1.Kulit jadi kering

Bagi kita yang memiliki wajah atau jenis kulit yang cenderung kering, mencuci wajah dengan menggunakan air hangat hanya akan memperburuk keadaan. Kenapa? karena air hangat dapat membuat kulit menjadi tampak kering dan nantinya jika hal tersebut di lakukan secara terus menerus akan menyebabkan berbagai masalah lain seperti kulit tampak kasar dan juga kusam.

2.Meningkatkan sebum

Untuk jenis wajah yang berminyak, bukan berarti mencuci wajah menggunakan air hangat dapat menjadi solusi untuk hal tersebut. Hal itu salah, karena untuk kulit berminyak mencuci wajah menggunakan air hangat dapat meningkatkan sebum pada wajah. Atau jika kita jabarkan lebih luas lagi, mencuci wajah menggunakan air hangat secara tidak langsung dapat memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak untuk melembabkan kulit. Jadi untuk kulit berminyak, adalah hal yang tidak di sarankan mencuci wajah dengan air hangat.

3.Menyebabkan wajah mudah keriput

Satu hal lagi yang perlu kita ketahui dari kegiatan mencuci wajah menggunakan air hangat yaitu dapat membuat kulit kita utamanya wajah mudah mengalami keriput. Jadi yang terbiasa mencuci wajah dengan menggunakan air hangat lebih baik berpikir dua kali terlebih dahulu atau bisa juga di konsultasikan dengan tenaga ahli yang jelas dan berpengalaman.

Apakah mencuci wajah menggunakan air hangat adalah perbuatan yang salah?

Hal tersebut kurang bisa di pastikan. Namun pada intinya mencuci wajah "terlalu sering" dengan menggunakan air hangat akan berpengaruh buruk pada kondisi kulit kita. Sebagian orang mungkin merasa cocok menggunakan air hangat untuk mencuci wajah, namun sekedar saran untuk kulit berminyak atau kering sebaiknya hindari menggunakan air hangat terlalu sering. Karena ada solusi lain selain itu.

Selain air hangat, adakah solusi lainnya?

Mencuci wajah yang baik menurut saya adalah dengan menggunakan air dingin, menggunakan sabun wajah yang cocok atau sesuai dengan jenis kulit, saat mencuci wajah lakukan pijatan lembut pada kulit dengan sabun, bukan menggosoknya secara kasar atau terlalu menekan kulit, mencuci wajah secara teratur yaitu 3 kali sehari atau saat kulit sudah terasa kotor dan juga berminyak. Namun jika kita ingin melakukan perawatan tanpa menggunakan air hangat namun tanpa harus takut akan risiko seperti di atas, kita bisa menggantikan air hangat dengan menggunakan uap air hangat yang bisa kita lakukan sebanyak 1 kali dalam seminggu. Namun hal yang perlu di perhatikan sbelum melakukan uap pada wajah yaitu pastikan jika wajah jika telah di bersihkan terlebih dahulu agar hasil yang kita peroleh lebih optimal.

bagaimana cara yang baik melakukan uap pada wajah?

Uap wajah, merupakan langkah selanjutnya setelah kita membersihkan kulit. Hal tersebut kita lakukan untuk membuka pori pori yang tersumbat sehingga kulit menjadi lebih bersih dan rileks. Gunakan uap dari air yang tidak terlalu panas serta di ikuti dengan menggunakan pelembab setelah melakukan uap tersebut. Selain menggunakan pelembab kita juga bisa menggunakan masker. Nutrisi dari masker dapat di serap dengan baik oleh kulit karena kondisi kulit yang bersih serta pori pori kulit yang terbuka.

Bagaimana cara memilih pelembab yang baik untuk kulit?

Untuk jenis kulit berminya, akan saya sarankan untuk lebih memilih pelembab yang bahan dasarnya lebih banyak mengandung air seperti dalam bentuk jel. Dan sebaliknya untuk kulit yang kering kita bisa memilih jenis pelembab yang bisa lebih banyak menganduk minyak atau bahan pelembab. Namun yang terpenting dari semua itu, adalah pelembab yang cock atau sesuai untuk kulit di saat kita gunakan serta tidak menyebabkan masalah lain pada kulit.

Itu dia informasi penting dan juga menarik mengenai apa saja manfaat dan juga efek buruk dari mencuci wajah dengan menggunakan air hangat. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan juga bermanfaat untuk kitsa semua. Jadi, sekian dulu untuk ulasan kali ini dan selamat mencoba..!
Tag : kecantikan
Back To Top