Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan & Kecantikan

Manfaat Jahe dalam kehidupan sehari hari tentu sudah kita kenal, selain untuk menghangatkan tubuh tanaman yang masih masuk kedalam jenis rempah ini banyak di gunakan untuk tambahan ke dalam berbagai macam masakan yang akan menambah cita rasa suatu masakan.

Jahe (Zingiber officinale) merupakan jenis tanaman rimpang yang banyak di manfaatkan sebagai rempah dan juga di kenal sebagai tanaman obat. Rimpang jenis ini memiliki rasa dominan pedas yang di sebabkan oleh adanya senyawa keton yang bernama zingeron pada jahe.


Manfaat Jahe Bagi Kesehatan & Kecantikan


Di luaran sana kita bisa dengan mudah untuk menjumpai jenis rempah yang satu ini, keberadaanya di Indonesia dapat dengan sangat mudah di dapatkan dengan beberapa jenis varietas.

1.Jahe gajah

Jahe gajah memiliki rimpang dengan warna kuning hingga putih serta memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Sesuai dengan namanya jenis jahe yang satu ini memiliki bentuk fisik yang besar di bandingkan dengan jahe jenis lainnya dan merupakan jenis jahe yang paling di minati dalam pasar internasional.

2.Jahe kuning

Jahe kuning memiliki rimpang dengan ukuran sedang dan berwarna kuning seperti namanya, jahe jenis ini banyak di gunakan sebagai bumbu dalam masakan lokal dan memiliki rasa yang cukup tajam dan pedas.

3.Jahe merah

Jahe merah merupakan jenis jahe paling kecil dan paling pedas jika di bandingkan dengan jenis jahe jahe sebelumnya. Jahe ini berwarna merah dan mengandung minyak atsiri yang sangat tinggi. Penggunaan jahe jenis ini sangat cocok sebagai penggunaan untuk obat serta jamu.

MANFAAT JAHE

1.Mengatasi mual dan masuk angin

Masuk angin merupakan kondisi tubuh yang sering di alami oleh banyak orang yang sehabis bepergian jauh, lama berkendara atau memang kondisi tubuh yang kurang fit. Pada umumnya masuk angin dapat di tandai dengan beberapa gejala yang di timbulkannya seperti perut kembung, terasa mual, bahkan muntah. Cara alami mengatasi hal tersebut yaitu nisa dengan memanfaatkan jahe yang bisa kita buat sendiri dengan mudah, kita hanya cukup menyeduh beberapa rimpang jahe yang telah di cuci dan di iris tipis. Jika anda tidak suka dengan rasanya bisa kita tambahkan juga 1 sendok madu atau sesuaikan dengan selera kita masing masing lalu minum.

2.Menghangatkan tubuh

Jahe merupakan sejenis rimpang yang memiliki rasa pedas yang berasal dari senyawa keton yang bernama zingeron seperti yang telah di jelaskan di atas. Senyawa inilah yang secara alami dapat menghangatkan tubuh dalam keadaan kedinginan akibat cuaca atau kondisi tubuh yang lemah atau kurang fit. Caranya sangat mudah cukup dengan mengolah jahe dengan di jadikan sebagai wedang jahe yang umum di minum untuk menhangatkan tubuh.

3.Melegakan dan menghangatkan tenggorokan

Memiliki masalah pada tenggorokan seperti suara serak dan sulit mengeluarkan suara sudah sering terjadi dan banyak di alami oleh seseorang dengan kondisi ketahanan tubuh yang kurang fit dan bisa juga memang faktor dari tenggorokan itu sendiri seperti batuk. Caranya pun sangat mudah hampir sama dengan yang sebelumnya kita hanya membutuhkan beberapa rimpang jahe dan seduh dengan air hangat. Seduhan tersebut bisa kita minum secara rutin di barengi dengan istirahat yang cukup agar kondisi tubuh dapat dengan cepat kembali prima atau fit.

4.Mengatasi sakit kepala/migrain

Sakit kepala atau migrain dapat di sebabkan oleh beberapa faktor seperti beban pada pikiran, terlalu banyak masalah, stress atau memang kondisi tubuh akibat demam dan sebagainya. Cara alami mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan jahe. Jahe bisa kita ramu sendiri untuk di jadikan obat herbal untuk migrain dan sakit kepala seperti susu jahe atau wedang jahe dengan sedikit tambahan madu atau perasan lemon dan jeruk nipis.

5.Menurunkan berat badan

Jahe memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, selain itu sifat alaminya yang mengahangatkan dapat membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar di mana hal ini juga akan berpngaruh pada metabolisme tubuh. Menghasilkan panas tubuh dan membuat tubuh mudah berkeringat sehingga akan sangat cocok untuk di jadikan minuman kesehatan bagi kita yang sedang dalam program penurunan berat badan.

6.Melancarkan peredaran darah

Sifat pedas sekaligus menghangatkan pada jahe akan membuat suhu tubuh meningkat yang di ikuti dengan melebarnya pembuluh darah dan membuat aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar dan meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

7.Mengobati sakit gigi

Manfaat lain yang tak kalah penting dari jahe yaitu dapat menyembuhkan sakit gigi. Kandungan senyawa alami pada jahe yang bersifat sebagai anti bakteri akan berguna untuk menyembuhkan gigi yang sakit dengan cara mengurangi serta menghambat timbulnya bakteri pada gigi. Selain itu jahe juga berguna untuk sedikit meminimalkan rasa nyeri akibat dari sakit pada gigi.

8.Mencegah kanker

Manfaat jahe juga berkhasiat dalam melawan serta mencegah timbulnya sel kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa di hindari yaitu kanker kulit, kanker paru paru, kaknker usus, dan juga kanker pankreas.

9.Mengobati demam

Kandungan zingeron yang dapat menimbulkan rasa hangat dan pedas sangat ampuh dalam mengobati demam serta mengatasi gejala gejalanya seperti kepala pusing, batuk, gangguan tenggorokan dan juga gangguan pada pencernaan seperti rasa mual dan selalu ingin muntah pada saat demam.

MANFAAT JAHE UNTUK KECANTIKAN

1.Mencegah timbulnya jerawat

Mengkonsumsi jahe sebanyak 4 gram dalam sehari di percaya dapat mengurangi resiko timbulnya jerawat pada wajah.Hal tersebut juga di dukung oleh sifat alami jahe seperti anti mikroba dan juga anti inflamasi yang dapat menekan bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi rasa nyeri dan juga peradangan akibat jerawat.

2.Mengatasi kulit berjerawat

Untuk mengatasi kulit berminyak termasuk mengontrol kadar minyak berlebih pada wajah bisa kita lakukan dengan memanfaatkan rimpang jahe yang kita jadikan masker dengan cara di haluskan dan ratakan pada wajah yang berminya, tunggu hingga 5-10 menit tidak lebih kemudian bersihkan wajah menggunakan air dingin dan keringkan menggunakan handuk.

EFEK SAMPING JAHE

Ada beberapa gejala efek samping yang dapat di timbulkan oleh jahe. Oleh karena itu penggunaannya harus benar benar di perhatikan serta tidak berlebihan. Mengkonsumsi jahe secara berlebih akan berdampak pada gangguan pencernaan seperti diare, menimbulkan iritasi pada kulit, dan juga pendarahan seperti siklus datang bulan yang lebih berat. Mengkonsumsi jahe sebanyak 5 gram dalam sehari di nilai melebihi bataa atau dosis sehingga akan menimbulkan rasa panas yang bisa saja menyebabkan iritasi pada mulut dan juga tenggorokan. Jadi, akan sangat bijak jika kita menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan dosis yang tepat agar manfaat yang kita dapatkan juga akan maksimal tanpa harus menimbulkan efek samping.

MANFAAT LAIN JAHE
  1. Megobati morning sickness.
  2. Memiliki sifat anti-alergi.
  3. Anti-inflamsi atau anti radang.
  4. Anti-mikroba.
  5. mengobati rematik atau nyeri pada persendian.
  6. menurunkan kolesterol dalam darah.
  7. Mengobati batuk dan masalah pada tenggorokan.
  8. dll.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat jahe bagi kesehatan dan juga kecantikan yang sayang untuk kita tidak ketahui. Semoga berguna dan bermanfaat, selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top