Informasi Menarik Sehat & Cantik

16 Manfaat Okra Untuk Kesehatan

Manfaat Okra di Indonesia mungkin masih belum terlalu di kenal seperti sayurnya sendiri yang memang jarang di ketahui oleh banyak orang di negara kita. Dan satu hal yang penting serta perlu untuk kita ketahui dari sayur ini yaitu manfaatnya yang sangat luar biasa bagi tubuh. Sayur ini di klaim dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan mulai dari yang ringan hingga kronis. Apa saja manfaatnya? Berikut akan kami ulas lengkap mengenai okra dan manfaatnya.

Okra atau yang sering di sebut dengan nama lady's finger yaitu sejenis tanaman berbungan yang berasal dari kawasan di sekitar Ethiopia. Okra memiliki ukuran sebesar cabai hijau besar, dengan lekuk di sekeliling dan sedikit berbulu halus dengan warna hijau. Tekstur dari okra hampir mirip dengan terung dengan rasa yang renyah dan juga terdapat biji biji kecil de sekelilingnya jika di potong. Okra banyak di manfaatkan dengan cara di konsumsi sebagai sayur, seperti salad dan juga tumis. Dan jika di masak okra akan mengeluarkan lendir dari dalamnya.


16 Manfaat Okra Untuk Kesehatan


Berbeda dengan Indonesia di negara negara lain di Asia tanaman ini sudah banyak di kenal dan sangat di gemari serta banyak di olah menjadi menu makanan sehat dan juga nikmat. Di katakan sehat karena jenis sayur yang satu ini memiliki manfaat serta khasiat yang baik bagi tubuh untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari bahaya atau risiko terkenannya nernagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Dan untuk menjelaskan itu semua akan kita kupas tuntas apa saja manfaat okra ini. Namun sebelum itu perlu kita ketahui juga apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada okra. Berikut urainnya.

KANDUNGAN NUTRISI PADA OKRA

Tidak salah jika tanaman ini di anggap sehat dan berkhasiat tinggi untuk tubuh. Karena jika kita ketahui, kandungan nutrisi yang terdapat pada sayur ini sangat kaya dan beragam. Okra kaya akan serta dan juga glutation yang baik untuk pencernaan. Pada biji okra terdapat nutrisi berupa minyak alami sebanyak 40% yang di dalamnya mengandung asam lemak tak jenuh seperti asam oleat dan juga asam linoleat. Selain itu semua okra juga di lengkapi kandungan gizi yang sangat lengkap seperti, karbohidrat, lemak, protein, niacin, thiamin, vitamin A, C, E dan K, asam pantotenat, pyridoxin, folat, serta berbagai jenis mineral seperti kalsium, natrium, potasium, zat besi, mangan, magnesium, fosfor, selenium,tembaga, seng dan masih banyak lagi.

MANFAAT OKRA BAGI KESEHATAN

1.Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dan juga zat lendir yang terdapat pada sayur okra dapat secara efektif melancarkan pencernaan, melumaskan atau melicinkan saluran pada usu besar dan juga mencegah terjadinya disentri pada orang tua. Jadi bisa di pastikan jika pencernaan kita akan baik serta sehat dengan mengkonsumsi okra secara rutin dan tidak berlebih.

2.Mengontrol berat badan

Okra merupakan jenis sayuran yang kandungan kalorinya rendah. Di sisi lain okra di perkaya akan serat dan gizi penting lainnya seperti vitamin dan juga mineral yang akan sangat baik untuk kita yang sedang dalam masa penurunan berat badan atau diet. Dan tidak hanya sampai di situ kandungan asam lemak tak jenuh pada sayur okra akan sangat baik bagi penderita kolesterol tinggi yang di mana sebagian orang percaya dengan mengkonsumsi okra secara rutin akan menghindarkan kita dari risiko kolesterol tinggi dalam tubuh.

3.Menjaga fungsi hati

Hati merupakan angota tubuh yang sangat vital dan penting. Hati berperan penting dalam menlancarkan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Salah satu peran penting hati yaitu melakukan metabolisme karbohidrat seperti glikolisis dan juga siklus asam sitrat. Mengingat fungsinya yang sangat penting dan vital, perlu upaya kita dalam menjaga serta mencegah terjadinya gangguan pada hati kita. Dan salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi okra. Buah okra di yakini secara ilmiah dapat membersihkan atau mencuci hati sekaligus menjaga fungsi hati tetap normal.

4.Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dari okra dapat secara efektif menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Antioksidan mampu menjaga tubuh dari kanker dengan menjaga dan melawan sel kanker serta memutus nutrisi sel kanker pada tubuh.

5.Menjaga ketahanan tubuh

Kandungan antioksidan seperti vitamin C yang merupakan vitamin dengan kandungan tertinggi setelah vitamin K dalam sebanyak 36% dalam per 100 gram buah okra. Kandungan antioksidan tersebut mampu menangkal bahaya radikal bebas pada tubuh dan melindungi tubuh dengan cara mempetahakan sekaligus menguatkan sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai bahaya penyakit yang bisa menyerang tubuh kapan pun.

6.Mencegah radang paru paru

Kandungan nutrisi lengkap pada okra seperti flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dapat melindungi paru paru agar tetap sehat dan berfungsi normal, selain itu sifat alami anti-radang pada okra mampu menjcegah terjadinya inflamasi atau peradangan pada paru paru.

7.Mengatasi rasa letih dan tidak nyaman

Secara ilmiah buah okra dapat menekan atau membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Hal tersebut dapat menekan pertumbuhan bakteri berupa parasit serta baik di konsumsi untuk mengurangi rasa letih, sedih, murung dan tidak nyaman.

8.Mencegah sembelit

Selain kaya akan serat buah okra juga mengandung zat lendir alami yang akan bekerja dengan cara melumasi usus besar sehingga akan membantu untuk melancarkan buang air besar tanpa khawatir sembelit.

9.Mencegah maag

Buah okra juga bermanfaat dalam mengatasi gejala maag. Secara ilmiah buah okra dapat menetralkan asam lambung yang berlebihan penyebab terjadinya maag. Selain itu sifat alaminya yang dapat menekan pertumbuhan bakteri merugikan dapat juga mencegah terjadinya infeksi bakteri yang menyebabkan maag seperti helicobakter pylori..

10.Baik untuk mata

Kandungan vitamin A yang tinggi mampu memelihara kesehatan mata yang dapat membantu mata memperbaiki fungsinya seperti menjaga mata tetap normal, mencegah rabun dan masalah pada pengelihatan lainnya.

11.Menjaga kesehatan kulit

Sudah kita ketahui bahwa buah okra merupakan salah satu tanaman yang kaya akan antioksidan alami. Antioksidan inilah yang akan sangat bermanfaat bagi tubuh dan juga kesehatan kulit. Antioksidan alami berfungsi untuk mencegah terjadinya oksidasi oleh radikal bebas terhadap tubuh maupun kulit serta melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

12.Menguatkan tulang

Okra memiliki kandungan vitamin yang sangat kaya dan juga lengkap di bandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Dan salah satunya yaitu kalsium, dalam 100 gram buah okra terdapat sebanyak 81 mg kalsium yang akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium oleh tubuh untuk menjaga kekuatan serta kepadatan tulang. Sehingga tulang akan lebih kuat dan ternutrisi dengan baik.

13.Menjaga kadar gula darah

Okra secara alami dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa sekaligus menjaga kadar gula dalam darah. Kandungan seratnya yang tinggi dan juga glikemik yang rendah akan sangat bagus bagi penderita diabetes.

14.Menjaga jantung

Dengan mengkonsumsi okra secara rutin dan tidak berlebihan akan sangat bermanfaat bagi tubuh dalam menjaga fungsi jantung agar tetap berfungsi normal serta terhindarnya jantung dari bahaya atau risiko penyakit jantung.

15.Mecegah kolesterol

Kandungan asam lemak baik atau asam lemak tak jenuh akan sangat baik untuk di konsumsi bagi para penderita kolesterol tinggi. Mengkonsumsi okra secara rutin mampu menghindarkan kita serta mengurangi resiko dari penyakit kolesterol tinggi, dan akan lebih baik jika okra di olah sealami mungkin agar manfaatnya bisa maksimal.

16.Sumber nutrisi lengkap

Okra juga merupakan jenis sayur yang kandungan nutrisinya sangat lengkap seperti karbohidrat, lemak, protein, berbagai macam vitamin dan jenis mineral ayang akan membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ahriannya.

CARA MENGOLAH OKRA

Okra bisa di konsumsi dengan berbagai cara pengolahan, namun untuk mendapatkan manfaatnya yang lebih maksimal di perlukan cara pengolahan yang tepat dan benar. Di berbagai negara seperti di Asia sayuran ini banyak di jadikan sebagai kari, balado, tumis, dan juga tambahan dalam salad.

Akan lebih baik jika kita mengolahnya sealami mungkin tanpa tambahan bahan bahan yang hanya akan berdampak buruk pada kesehatan, salah satu cara alami mengolah okra yaitu dengan di jadikan sebagai lalapan atau juga salad sayur.

Dan yang perlu di perhatikan lagi untuk mengolah buah okra yaitu dengan mencucinya terlebih dahulu hingga benar benar bersih, pastikan memilih sayur atau okra yang masih segar agar sutrisinya masih lengkap dan maksimal.

CARA MENGOLAH OKRA MENJADI MINUMAN SEHAT


16 Manfaat Okra Untuk Kesehatan
Cara lain mengolah okra secara alami dan sehat yaitu dengan di jadikan sebagai minuman sehat. Cara ini sangat praktis dan sama sekali tidak merepotkan. Pertama pastikan okra masih dalam keadaan segar dan sudah di cuci bersih, iris buah okra menjadi tipis tipis dan rendam dalam 1 gelas air untuk 2 buah okra. Rendam selama 3-4 jam dan minumlah hasil dari rendaman tersebut, prendaman bisa di lakukan berulang sebanyak 3 kali hanya saja untuk hasil yang baik kita bisa merendam okra sebanyak 2 kali saja. Minuman sehat ini bisa kita minum setelah sehabis makan. Cara ini bisa kita lakukan secara rutin namun tetap jangan berlebihan.





Itulah beberapa informasi mengenai apa saja manfaat dari buah okra untuk kesehatan, semoga informasi tersebut bisa berguna serta bermanfaat dengan baik bagi kita semua. Selamat mencoba..!
Tag : sayur
Back To Top