Informasi Menarik Sehat & Cantik

10 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Bawang sudah banyak di ketahui oleh banyak masyarakat. Seperti pada umumnya jenis bawang yang satu ini banyak di gunakan sebagai bahan tambahan pada berbagai masakan khas nusantara yang mampu memberikan rasa serta aroma yang sedap. Ada dua jenis daun bawang yang bisa kita temui yaitu bawang bakung dan juga bawang prei. Kedua jenis tersebut memiliki ciri fisik yang berbeda begitu pun dengan nama ilmiah dari tanaman tersebut. Bawang bakung memiliki nama ilmiah allium fistulosum, dan Allium porrum untuk nama ilmiah dari bawang prei.

10 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Bawang daun memiliki bentuk fisik seperti batang memanjang dan sedikit lunak, dengan bentuk daun yang bulat memanjang serta berongga atau menggembung, berbeda dengan bentuk dari bawang prei yang cenderung pipih. Baik bawang bakung ataupun bawang prei sama sama memiliki warna fisik yaitu hijau pada bagian daun dan warna putih pada bagian pangkal atau batang.

KANDUNGAN NUTRISI DAUN BAWANG

Penggunaan daun bawang pada masakan sangat populer tidak kalah dengan jenis jenis bawang lainnya seperti bawang putih dan juga bawang merah. Hal istimewa lainnya yang di miliki oleh bawang ini yaitu tidak hanyak untuk tambahan pada masakan namun juga bisa kita manfaatkan untuk menjaga serta memelihara kesehatan maupun kecantikan. Namun sebelum kita membahas hal itu, masi kita simak terlebih dahulu kandungan nutrisi apa saja yang terkandung pada daun bawang.

Daun bawang merupakan salah satu jenis bawang yang ciri fisiknya sangat berbeda dengan jenis bawang bawang lainnya, begitupun kandungan nutrisinya. Daun bawang di ketahui mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting dan di butuhkan oleh tubuh seperti, karbohidrat, gula, lemak, protein, dan serat. Bawang daun banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, Vitamin B1, B2, B3, B5, Dan B6 serta folat. Daun bawang juga kaya akan mineral seperti, kaslium, kalium, magnesium, mangan, fosfor, sodium, seng dan juga zat besi.

MANFAAT DAUN BAWANG BAGI KESEHATAN

Sudah di jelaskan sebelumnya jika daun bawang tidak hanya bisa kita manfaatkan untuk menyedapkan makanan. Lebih dari itu daun bawang bisa kita manfaatkan untuk memelihara kesehatan tubuh. Hal tersebut tak luput karena kandungan nutrisi atau gizi pada daun bawang yang sangat lengkap untuk memenuhi asupan gizi yang di butuhkan oleh tubuh kita. Apa saja manfaat daun bawang bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

1.Menjaga Kesehatan Tulang

Dalam per 100 gram daun bawang terdapat kandungan berupa kalsium sebanyak 52mg. Dan seperti yang kita ketahui jika kalsium sangat di butuhkan oleh tubuh khususnya dalam mendukung pertumbuhan dan juga menjaga kekuatan serta kepadatan tulang. Dengan mengkonsumsi daun bawang secara rutin dan teratur maka akan memabntu tubuh dalam memenuhi kebutuhan kalsium, selain itu daun bawang juga mendung vitamin C dan K yang berkhasiat dalam menjaga kepadatan mineral pada tulang sekaligus menjaga kesehatan tulang dari berbagai penyakit pada tulang.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Sebagian dari kita mungkin masih baru mendengar hal ini, daun bawang berkhasiat dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan memang benar seperti itu. Dalam per 100 gram daun bawang terdapat vitamin A sebanyak 1160 IU yang tentunya sangat berguna dan di perlukan oleh tubuh khususnya dalam menjaga kesehatan pada mata dan menjaga fungsi mata agar tetap normal dan menghindarkan kita dari rabun ataupun masalah pengeliatan lainnya. Jadi bisa di simpulkan jika kita rajin mengkonsumsi daun bawang secara rutin dan teratur bukan tidak mungkin kita akan terhindar dari mata rabun, dan memiliki mata yang baik dan sehat.

3.Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan polisulfida pada daun bawang berguna bagi tubuh dalam menghindari bahaya atau risiko penyakit pada jantung. Hal ini juga di dukung dengan kandungan cycloaliin yang berfungsi mengencerkan darah sekaligus mencegah penggumpalan pada darah serta meminimalkan risiko dari penyakit aterosklerosis. Selain itu kandungan mangan pada daun bawang dapat mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Tingkat konsumsi yang rutin dan teratur akan memberikan efek baik bagi tubuh serta menghindarkan tubuh kita dari bahaya atau risiko penyakit jantung.

4.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi daun bawang secara rutin di percaya dapat meningkatkan sistem kekebalan atau sistem imun oleh tubuh. Selain sebagai sumber nutrisi yang lengkap bagi tubuh daun bawang juga di perkaya dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan quercetin dan juga kemferfol pada daun bawang mampu menjaga serta meningkatkan sistem imunitas oleh tubuh. Selain itu sifat alami yang terdapat pada daun bawang seperti anti-mikroba atau anti-bakteri dan juga anti-jamur dapat menjaga tubuh dari bahaya virus serta terjadinya infeksi pada tubuh.

5.Mencegah Anemia

Anemia merupakan nama lain dari gejala berupa darah rendah yang di pengaruhi oleh rendahnya produksi sel darah merah oleh tubuh yang di akibatkan oleh kurangan asupan zat besi oleh tubuh. Dan salah satu sumber zat besi yang baik bagi tubuh yaitu daun bawang, terdapat sebanyak 1,22 mg zat besi dalam per 100 gram daun bawang. Meskipun terbilang kecil namun dengan konsumsi yang rutin dan teratur akan sangat bermanfaat bagi tubuh khususnya dalam menjaga kita dari risiko gejala anemia atau darah rendah.

6.Anti Diabetes

Manfaat lain dari daun bawang yaitu memiliki sifat anti-diabetes. Daun bawang memiliki kandungan berupa phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida yang bersifat sebagai anti diabetes. Zat tersebut sangat di butuhkan oleh tubuh untuk menghindari risiko penyakit diabetes yang bekerja dengan cara membantu mencegah degradasi insulin dalam tubuh serta meningkatkan metabolisme glukosa.

7.Mencegah Kram Otot

Daun bawang merupakan jenis sayur yang sangat tinggi kalium. Terdapat sebanyak 212 mg kalium dalam per 100 gram daun bawang. Kandungan kalium sangat bermanfaat dalam menjaga kadar cairan dalam tubuh serta mengurangi risiko gangguan pada jantung dan mencegah terjadinya kram otot.

MANFAAT DAUN BAWANG UNTUK KECANTIKAN

Jika sebelumnya sudah kita bahas mengenai manfaat daun bawang yang baik untuk kesehatan, kali ini akan kita bahas apa saja manfaat daun bawang bagi kecantikan. Informasi ini tentu akan sangat berguna bagi kita yang selalu ingin tampil cantik namun dengan cara yang alami dan aman. Dan berikut beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari daun bawang untuk kecantikan.

1.Meremajakan Kulit

Seperti yang telah di jelaskan di atas, daun bawang mengandunga senyawa antioksidan yang tinggi yang baik bagi tubuh dan juga kulit dalam menangkal radikal bebas yang tidak baik untuk kesehatan dan kulit. Kandungan vitamin C pada daun bawang juga sangat berguna dalam mencegah terjadinya proses pigmentasi pada kulit serta meregenerasi sel kulit mati yang akan membuat kulit selalu tampak lebih muda dan sehat.

2.Mencegah Penuaan Dini

Selain kandungan vitamin C yang telah di sebutkan di atas, daun bawang juga mengandung Vitamin A, E, dan K yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan serta meredam efek dari paparan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Kandungan antioksidan tersebut juga bekerja ganda dengan cara menjaga atau melindungi sekaligus menutrisi dan merawat kulit agar selalu tampak sehat dan mencegah proses penuaan dini pada kulit.

3.Mencegah Jerawat

Kandungan berupa anti-bakteri pada daun mampu menekan pertumbuhan bakteri pada wajah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Cara mudahnya yaitu dengan menjadikan daun bawang sebagai masker pada wajah dengan cara menumbuk halus daun bawang dan aplikasikan pada wajah selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Cara ini bisa kita gunakan sebelum tidur, dan pastikan terlebih dahulu jika wajah sudah di bersihkan sebelum menggunakan masker, agar hasil yang di peroleh dapat maksimal dan tidak menimbulkan masalah lain.


Itulah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi daun bawang secara rutin. Semoga informasi tersebut bisa berguna serta bermanfaat bagi kita semua. Dan di harapkan juga informasi tersebut dapat meningkatkan minat kita untuk mengkonsumsi daun bawang secara rutin dan teratur demi kesehatan serta kebaikan untuk tubuh, sekarang ataupun  di masa mendatang. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : sayur
Back To Top