Informasi Menarik Sehat & Cantik

Semangka - Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Semangka sangatlah beragam dan sangat penting dalam menjaga serta mendukung proses metabolisme oleh tubuh. Seperti yang kita ketahui jika buah semangka merupakan salah satu buah tropis yang banyak mengandung air. Buah semangka memiliki cita rasa yang manis juga menyegarkan, dagingnya yang kaya akan kandungan air akan sangat cocok jika buah ini di jadikan sebagai menu sehat untuk diet atau hanya sekedar menghilangkan rasa haus dan menyegarkan tubuh di saat cuaca panas.

Buah semangka atau yang juga di sebut dengan nama tembikai memiliki nama ilmiah yaitu Citrullus lanatus. Tanaman yang hidupnya dengan cara merambat ini berasal dari daerah setengah gurun di Afrika. Seperti buah lainnya yaitu melon dan ketimun, buah semangka juga masih termasuk kedalam suku labu-labuan.

Semangka - Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh Kesehatan Dan Kecantikan

Ada dua jenis buah semangka yang bisa kita jumpai, dan keduanya sama sama memiliki rasa yang manis, menyegarkan dan kaya akan kandungan air. Salah satu perbedaan yang menonjol adalah warna daging dari masing masing jenis semangka tersebut, seperti namanya buah semangka merah memiliki daging berwarna merah dan semangka kuning memiliki warna daging kuning.

PERBEDAAN BUAH SEMANGKA MERAH DAN KUNING

Semangka merah, seperti yang telah di sebuatkan di atas perbedaan buah semangka yang akan terlihat pertama kali yaitu warna buahnya dari segi fisik. Namun jika membahas masalah kandungan nutrisi yang terdapat pada keduannya akan sedikit dapat perbedaan.

Pada buah semangka merah terdapat kandungan lycopene (senyawa antioksidan yang merupakan pigmen merah pada buah) selain pada buah semangka merah, lycopene juga bisa kita dapatkan dari jambu biji dan buah tomat.

Berbeda dengan semangka merah, semangka kuning memiliki keunggulan pada rasanya yang lebih manis, meskipun lebih populer semangka merah. Selain itu kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah semangka kuning di nilai lebih tinggi dari pada buah smangka merah.

KANDUNGAN NUTRISI BUAH SEMANGKA

Jika sebelumnya kita telah membahas perbedaan dari masing masing jenis buah semangka, kali ini kita akan mengetahui lebih lanjut mengenai buah semangka yaitu kandungan nutrisinya yang tentunya sangat baik untuk tubuh termasuk kecantikan dan juga kesehatan. Apa saja, berikut beberapa kandungan nutrisi atau gizi dari buah semangka.

Dalam per 100 gram buah semangka terdapat beragam kandungan nutrisi yaitu :
  • Energi 127 kJ (30 kcal)
  • Karbohidrat 7.55 g
  • Gula 6.2 g
  • Serat pangan 0.4 g
  • Lemak 0.15 g
  • Protein 0.61 g
  • Air 91.45 g
Selain itu buah semangka juga kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral seperti, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan vitamin B9 atau folat. Kandungan mineral pada buah semangka meliputi, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, zink dan juga zat besi. Dan tidak luput juga dalam per 100 gram buah semangka terdapat kandungan lycopene sebanyak 4532 ug.

MANFAAT BUAH SEMANGKA (KESELURUHAN)

Daging buah semangka - Daging buah semangka bisa di manfaatkan dengan cara di konsumsi secara langsung. Buah semanga yang segar mampu mengatasi beberapa masalah atau gejala pada kesehatan seperti, melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, meringankan sakit pada tenggorokan, sariawan, panas dalam, tekanan darah tinggi, dan juga hepatitis. Selain itu mengkonsumsi buah semangka yang masih segar mampu menghilangkan rasa haus dan menyegarkan tubuh di saat cuaca panas.

Biji buah semangka - Jika daging buah semangka bisa kita konsumsi langsung, biji buah semangka akan kita proses atau di olah terlebih dahulu untuk bisa kita konsumsi, seperti dalam bentuk kuaci misalnya. Biji semangka memiliki sifat sebagai anti radang yang dapat meringankan gejala seperti radang pada hati dan juga usus, selain itu biji semangka juga berguna untuk mengatasi masalah anemia atau darah rendah, dan juga mampu mencegah infeksi pada kandung kemih.

Kulit buah semangka - Siapa sangka jika kulit dari buah yang satu ini juga memiliki manfaat yang bisa di bilang tidak kalah dengan daging atau pun bijinya seperti yang telah di jelaskan di atas. Kulit buah semangka bermanfaat dalam meringankan kencing manis (diabetes mellitus) dan juga migrain. Selain itu kulit buah semangka juga sangat bermanfaat untuk di jadikan sebagai perawatan alami pada kulit yang berguna untuk menghaluskan kulit kasar, menghilangkan flek hitam di kulit, meredam sinar matahri dan efek terbakar akibatnya, serta mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

MANFAAT BUAH SEMANGKA BAGI KESEHATAN

Telah kita jelaskan berbagai manfaat serta khasiat mengenai buah semangka dari keseluruhan bagian buah semangka yaitu daging buah, kulit dan juga biji seperti di atas. Dan untuk kali ini akan sedikit kita informasikan tentang beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan yang wajib di simak dan di ketahui oleh kita semua.

1.Mencegah Sariawan

Sariawan merupakan suatu kondisi yang biasanya juga di ikuti dengan gejala panas dalam. Salah satu cara alami untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengkonsumsi buah semangka secara rutin dan juga tidak berlebihan. Kandungan air serta vitamin khususnya vitamin C pada buah semangka mampu meringakan gejala sariawan dan juga panas dalam yang di sertai dengan rasa sakit di tenggorokan.

2.Mengurangi Risiko Darah Tinggi (Hipertensi)

Selain rasanya yang nikmat buah semangka juga sangat berguna untuk meminimalkan risiko terjadinya darah tinggi atau juga di kenal dengan istilah hipertensi. Kandungan kalium yang terdapat pada buah semangka berperan sebagai zat alami yang dapat menurunkan tekanan darah sekaligus menyehatkan jantung.

3.Anti-inflamasi (Mencegah Peradangan)

Beberapa senayawa kimia pada buah semangka seperti karatenoid dan juga triterpenoid mampu berperan sebagai zat anti-inflamasi dan mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Triterpenoid bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim penyebab peningkatan inflamasi atau radang pada tubuh.

4.Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandunga kalium yang terdapat pada buah semangka dapat membantu meringakan kerja ginjal. Zat tersebut dapat meminimalisir atau membersihkan zat zat racun atau toksin pada ginjal. Selain itu buah semangka juga sangat bermanfaat dalam menekan kadar asam urat dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal.

MANFAAT BUAH SEMANGKA UNTUK KECANTIKAN

Untuk selanjutnya kita akan membahas apa saja manfaat buah semangka untuk kecantikan. Saya yakin informasi ini akan sangat berguna untuk kita semua khususnya para wanita. Apa sajakah itu, berikut beberapa ulasan mengenai manfaat buah semangka untuk kecantikan.

1.Meremajakan Kulit

Buah semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan yang berasal dari lycopene, vitamin A dan juga vitamin C. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan berguna bagi kulit dalam meredam serta mengurangi efek buruk dari paparan radikal bebas terhadap kulit. Antioksidan pada buah semangka juga dapat menghambat proses terjadinya penuaan dini pada kulit dengan menghambat timbulnya kerutan atau garis garis halus pada kulit, mencegah pigmentasi, serta mengencangkan dan mencerahkan kulit. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut kita bisa memanfaatkan buah semangka sebagai masker alami pada wajah.

caranya :
  • Gunakan daging buah semangka yang masih segar.
  • Kemudian haluskan dengan cara di lumatkan terlebih dahulu.
  • Simpan masker ke dalam lemari es, dan biarkan hingga dingin.
  • Setelah itu aplikasikan buah semangka yang telah halus pada wajah sebagai masker.
  • Tunggu kurang lebih selama 15 menit, kemudian bilas.
  • Lakukan cara ini sebanya 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang baik dan maksimal.
2.Melembabkan Kulit Kering

Mengkonsumsi buah semangka secara rutin dan teratur dapat menhindarkan tubuh dari dehidrasi dan juga membantu kulit dalam menjaga kelmbabannya. Hal tersebut merupakan manfaat alami buah semangka karena kandungan air dalam buah ini sangat melimpah. Selain di konsumsi langsung kita juga bisa memanfaatkan buah semangka sebagai masker pada kulit dengan melakukan beberapa cara seperti di atas.

3.Melembutkan Kulit

Kulit kasar dan kering merupakan dua maslah kulit yang sering terjadi bersamaan, Cara alami untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan rajin mengkonsumsi cairan dan juga makanan dari buah dan sayur. Salah satunya adalah semangka. Namun selain di konsumsi langsung, ada juga cara memanfaatkan buah semangka yang bisa kita gunakan untuk merawat kulit dari luar, yaitu dengan menjadikan buah semangka sebagai masker.

caranya :
  • Gunakan daging buah semangka secukupnya atau sesuaikan dengan penggunaan.
  • Lumatkan daging buas semangka kemudian campur dengan 1 sendok makan yoghurt.
  • Campur hingga rata kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker.
  • Tunggu selama 15 menit.
  • Kemudian bilas wajah hingga bersih dan keringkan menggunakan handuk.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang masksimal.
  • Cara ini akan sangat efektif lagi jika di lakukan sebelum tidur.
4.Menyamarkan Noda Hitam

Jika anda terganggu dengan noda hitam pada wajah, berikut tips alami mengatasi masalah tersebut hanya dengan memanfaatkan buah semangka.

caranya :
  • Siapkan buah semangka secukupnya biasa semangka merah atau pun kuning.
  • Lumatkan buah semangka kemudian campurkan sedikit garam.
  • Oleskan pada wajah dengan sedikit pijatan lembut dan bairkan hingga 15 menit.
  • Setelah itu bilas wajah hingga bersih.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu sebelum tidur.
  • Selain itu kita juga bisa menambahkan sedikit madu pada masker guna mengurangi efek iritasi oleh garam pada wajah. Namun selama kulit anda tidak termasuk kedalam kulit yang sensitif, maka masih akan aman aman saja.
5.Mengurangi Produksi Minyak Pada Wajah

Wajah berminyak tentu sebuah masalah bagi semua orang, kenapa begitu? Karena selain menggangu penampilan wajah berminyak akan membuat kita sedikit risih dan biasanya masalah ini juga akan di ikuti oleh beberapa masalah lain pada wajah seperti pori pori kulit yang besar dan juga wajah mudah berjerawat. Cara alami untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memanfaatkan buah semangka.

caranya :
  • Gunakan daging buah semangka secukupnya.
  • Lumatkan dan campurkan dengan sedikit perasan air lemon atau jeruk nipis.
  • Aplikasikan pada wajah selama 15 menit.
  • Lalu bilas wajah hingga bersih.
  • Cara aman untuk melakukan cara ini yaitu malam hari.
  • Lakukan secara rutin sebanyak 2 kali dalam seminggu.
TIPS BAIK MENGKONSUMSI BUAH SEMANGKA

Untuk yang terakhir kita akan membahas mengenai tips atau cara yang baik untuk mengkonsumsi buah semangka. Hal ini berguna untuk mendapatkan manfaat buah semangka secara maksimal untuk tubuh termasuk kesehatan dan juga kecantikan.

Semangka - Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh Kesehatan Dan Kecantikan

- Pertama pastikan buah yang kita pilih adalah buah yang masih dalam keadaan segar. Untuk mengolahnya kita bisa menjadikan buah semangka ke dalam beberapa bentuk seperti jus dan juga salad buah atau juga bisa di makan langsung yang baik untuk menu diet. Bicara soal diet, akan lebih baik lagi jika buah semangka di olah se-alami mungkin, seperti jus tanpa gula, hindari penggunaan bahan tambahan yang hanya akan memberi efek buruk atau mengganggu diet anda, seperti yang di katakan sebelumnya yaitu se-alami mungkin.


Itulah beberapa informasi mengenai manfaat dari buah semangka. semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga diri kita dengan cara menjaga kesehatan kita, cara atau langkah pertama yaitu bisa dengan mengkonsumsi buahm sayur, dan makanan alami lainnya. Seperti buah semangka.

Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : buah
Back To Top