Informasi Menarik Sehat & Cantik

11 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan & Kecantikan

Manfaat Buah Pepaya sangatlah banyak dan beragam, hal tersebut bisa kita dapat dan rasakan dengan cara mengkonsumsi buah pepaya secara rutin dan teratur namun juga tidak berlebihan. Lantas apa saja manfaat serta kandungan nutrisi dari buah ini? Berikut akan kami jelaskan secara tuntas mengenai buah pepaya mulai dari deskripsi buah pepaya, manfaat, kandungan nutrisi dan juga potensi atau resiko efek samping dari buah pepaya.

Buah pepaya atau yang juga di kenal dengan sebutan betik, merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Amerika selatan dan sudah mulai menyebar luas di daerah tropis termasuk Indonesia. Buah yang khas dengan warna kuning ini atau orange ini, memiliki daging yang lembut juga rasa yang manis yang sangat cocok untuk kita konsumsi sebagai jus atau smoothies.

JENIS BUAH PEPAYA

Buah pepaya memiliki nama ilmiah Carica papaya yang tergolong dalam famili Caricaceae. Ada beberapa jenis buah pepaya yang bisa kita jumpai dan beberapa di antaranya adalah :

11 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan & Kecantikan

Pepaya Bangkok - Pepaya jenis ini memiliki fisik yang besar dengan kulit yang tipis sehingga akan sedikit sulit saat di kupas. Kelebihan dari buah pepaya bangkok yaitu memiliki daging buah yang manis serta berair.
Pepaya Solo - Pepaya yang satu ini memiliki ukuran buah yang lebih kecil jika di bandingkan dengan buah pepaya jenis lainnya yang bobotnya kurang dari 0,5 kg dengan daging yang cukup tebal, manis, dan berwarna kuning cerah.
Pepaya Callina - Pepaya Callina juga sering di sebut dengan nama pepaya california, hal ini juga yang membuat banyak orang mengira jika buah ini merupakan buah impor. Buah pepaya Callina memiliki ukuran yang kecil dengan bentuk yang sedikit lonjong atau memanjang. Daging dari buahnya bertekstur agak kenyal, tebal, serta manis. Sedangkan bobotnya bisa mencapai 600 gram sampai 2 kg.

KANDUNGAN NUTRISI BUAH PEPAYA

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang banyak mengandung nutrisi penting yang sangat di perlukan oleh tubuh. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah ulasan lengkap mengenai beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pepaya.

Dalam 157 gram buah pepaya dapat kita peroleh beragam nutrisi yang meliputi :

Karbohidrat total 17 g (5%)
Lemak total 0.4 g
Serat 2.7 g (10%)
Gula 12 g
Sodium 13 mg
Potassium 286 mg (8%)
Protein 0.7 g (1%)
Vitamin A (29%)
Vitamin B-6 (5%)
Vitamin C (159%)
Kalsium (3%)
Magnesium (8%)
Zat Besi (2%)

Dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin dan porsi yang tepat makan akan sangat membantu bagi tubuh dalam memunuhi kebutuhan nutrisi harian seperti kebutuhan serat dan juga vitamin yang sangat banyak terkandunga pada sayur dan buah buahan seperti buah pepaya.

MANFAAT BUAH PEPAYA UNTUK KESEHATAN

Membahas tenatang manfaat buah pepaya tentu akan sangat banyak dan beragam terutama untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Dan berikut beberapa manfaat buah pepaya yang sangat berguna untuk kesehatan.

1.Melancarkan Pencernaan

Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan serat serta kadar air yang cukup tinggi pada buahnya. Maka tidak perlu di ragukan lagi jika buah yang satu ini dapat menjaga pencernaan dengan cara melancarkan sistem pencernaan dan juga mencegah terjadinya sembelit atau sulit buang air besar.

2.Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi buah pepaya secara teratur dapat memberikan efek yang dapat menyehatkan mata termasuk mencegah risiko rabun dan mempertajam pengelihatan. Hal tersebut di sebabkan oleh kandungan betakaroten pada buah pepaya yang di konversi menjadi vitamin A yang sangat penting dan di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan dan fungsi mata.

3.Mencegah Kanker

Buah pepaya kaya akan kandungan enzim dan salah satunya adalah berupa enzim papain. Enzim tersebut dapat memecah protein menjadi arginin yang merupakan salah satu bentuk asam amino esensial yang dalam kondisi normal tidak bisa di produksi oleh tubuh, namun bisa di peroleh dari beberapa bentuk makanan seperti telur dan juga ragi. Keterlibatan enzim papain dalam pencernaan protein dapat secara alami mengubah sebagian protein ke dalam bentuk arginin yang berpengaruh pada produksi hormon pertumbuhan manusia atau yang di kenal dengan istilah Human Growth Hormone (HGH). Hal inilah yang membantu tubuh dalam menjaga kesehatan otot serta mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu beberapa tes pada uji laboratorium menyatakan bahwa zat arginin dapat berguna dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

4.Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke

Buah pepaya memiliki kandungan serta yang tinggi, mineral berupa kalium serta kandungan vitamin yang beragam, dimana dari semua nutrisi tersebut dapat berguna bagi tubuh dalam mencegah risiko penyakit jantung. Selain itu kandungan antioksidan pada buah pepaya dapat menekan sekaligus mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh untuk meminimalkan risiko timbulnya penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

5.Asupan Baik Bagi Penderita Diabetes

Buah pepaya merupakan jenis buah yang baik serta aman untuk di konsumsi oleh para penderita diabetes. Buah pepaya di klaim sebagai buah rendah kalori dengan kandungan serta yang cukup tinggi dan padat. Hal tersebut dapat membuat kita lebih mudah merasa kenyang sehingga sangat cocok untuk diet diabetes. Selain itu kandungan gula pada buah pepaya atau fruktosa merupakan jenis gula yang akan lambat di cerna oleh tubuh sehingga tidak berisiko meningkatkan kadar gula dalam darah dan aman bagi penderita diabetes.

6.Anti Inflamasi

Buah pepaya memiliki sifat alami yang berperan sebagai anti-inlamasi, di mana zat tersebut dapat secara efektif berguna dalam mencegah terjadinya peradangan sekaligus mempecempat penyembuhan luka yang terdapat pada tubuh.

7.Miningkatkan Sistem Imun

Salah satu manfaat lain dari buah pepaya yaitu dapat meningkatkan dan juga menguatkan sistem imun seseorang. Hal tersebut terjadi berkat snyawa berupa beta karoten yang terdapat pada buah pepaya, senyawa tersebut merupakan salah nutrisi penting yang di perlukan oleh tubuh dalam menjaga ketahan sistem imun atau ketahanan tubuh dari serangan penyakit atau virus dari luar.

8.Mengontrol Berat Badan Berlebih

Sudah di jelaskan sebelumnnya jika buah pepaya merupakan buah yang kaya akan serat yang cukup tinggi serta rendah kalori. Konsumsi buah pepaya secara teratur akan memberikan pengaruh baik pada tubuh. Buah pepaya dapat mendukung sistem metabolisme dalam tubuh, melancarkan pencernaan, serta mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Sehingga secara efektif buah pepaya juga akan menjaga berat badan anda.

MANFAAT BUAH PEPAYA UNTUK KECANTIKAN

Berbeda dengan topik sebelumnya, yang akan kita bahas selanjutanya adalah mengenai manfaat buah pepaya yang baik untuk menjaga kecantikan. Benarkah seperti itu? Berikut ulasan lengkapnnya.

1.Mencegah Proses Penuaan Dini

Kandungan antioksidan pada buah pepaya dapat berguna dalam meredam efek buruk paparan radikal bebas terhadap kulit yang dapat merusak jaringan kulit serta menimbulkan berbagai macam masalah yang memicu pada proses penuaan dini. Dengan mengkonsumsi buah pepaya secara teratur dan dengan porsi yang tepat juga tidak berlebihan akan mampu melindungi kulit dari berbagai masalah yang bisa timbul seperti penuaan dini.

2.Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi yang lengkap pada buah pepaya termasuk beragam vitamin yang terdapat di dalamnya sangat bermanfaat bagi kulit dalam menjaga kulit, menutrisi kulit serta menjaga kulit selalu dalam kondisi sehat dan terawat.

3.Mencerahkan kulit.

Buah pepaya bisa kita jadikan sebagai masker alami yang baik untuk mejaga kesehatan kulit dan juga wajah. Penggunaan masker tersebut dapat membuat kulit terasa lebis segar, selain itu buah pepaya juga akan menutrisi kulit, membuka pori pori yang tersumbat, serta melarutkan sel sel kulit mati sehingga akan membuat kulit lebih bersih dan cerah.

Cara Membuat Masker Buah Pepaya :

Hal pertama kali yang perlu kita lakukan untuk membuat masker pepaya yaitu, pastikan untuk memilih buah pepaya yang masih dalam keadaan segar. Kedua cuci bersih buah pepaya kemudian kupas dan potong menjadi bagian yang lebih kecil. Langkas selanjutnya adalah dengan melumatkan buah pepaya, bisa menggunakan alat bantu seperti sendok atau dengan tangan langsung dalam keadaan bersih, tidak lupa buah yang di gunakan secukupnya saja dan bia di sesuakan sendiri. Selanjutnya kita bisa menggunakan sedikit bahan tambahan seperti yoghurt untuk kulit kering yang akan membuat kulit lebih segar dan lembab, menggunakan garam untuk fungsi scrub, berguna untuk mengankat sel kulit mati dan mencerahkan kulit, menggunakan madu, melembutkan kulit serta mencegah kulit kasar, selain itu penggunaan madu bersamaan dengan garam akan mengurangi risiko terjadinya iritasi oleh garam pada beberapa jenis kulit yang sensitif. Berikut perbandingan bahan dalam membuat masker pepaya.

100 gram pepaya : 3-4 sdm yoghurt
100 gram pepaya : 2 sdm madu
100 gram pepaya : 3 sendok minyak zaitun
100 gram pepaya : 3 sendok air lemon/jeruk nipis
Untuk penggunaan garam kita bisa memakai secukupnya saja, usahakan jangan sampai berlebihan, khususnya untuk kulit yang sensitif.

EFEK SAMPING/POTENSI RISIKO DARI BUAH PEPAYA

Selain menyimpan banyak manfaat serta khasiat yang baik bagi tubuh terutama bagi kesehatan dan juga kecantikan, ada satu hal lagi yang perlu di perhatikan dalam mengkonsumsi buah pepaya. Yaitu seseorang dengan alergi terhadap bahan lateks. Buah pepaya memiliki kandungan chitanases yang dapat menyebabkan reaksi silang terhadap lateks, yang akan menimbulkan kemungkinan terjadinya alergi pada seseorang yang alergi terhadap bahan lateks.


Itulah beberapa informasi lengkap mengenai manfaat buah pepaya bagi tubh dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Semoga informasi tersebut dapat berguna serta bermanfaat baik bagi kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : buah
Back To Top