Informasi Menarik Sehat & Cantik

9 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan & Kecantikan

Manfaat Buah Sirsak, tentu sudah cukup banyak orang yang mengetahui hal ini, dan sebagian masih belum. Namun meskipun begitu perlu sedikit informasi lagi termasuk juga penarangan terhadap ap saja manfaat dari buah ini. Dan saya yakin informasi berikut akan menambah wawasan anda dalam mengenali buah sirsak tidak hanya dari segi manfaat namun juga kandungan nutrisinya yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Buah pepaya memiliki nama ilmiah Annona muricata, buah ini berasal dari daerah sekitar Karibia, Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan. Di Indonesia buah ini seing di namai dengan julukan nangka belanda atau durian belanda. Sedangkan nama sirsak yang di gunakan merupakan nama yang berasal dari bahasa belanda yaitu "zuurzak" yang berarti kantong asam.

9 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan & Kecantikan

Buah yang masih berkerabat dengan srikaya ini sering di manfaatkan dengan cara di ambil dagingnya yang biasa di olah menjadi jus atau minuman buah, juga di konsumsi secara langsung. Buah ini kaya akan kandungan air serta karbohidrat yang berasal dari fruktosa.

KANDUNGAN NUTRISI BUAH SIRSAK

Saya rasa tidak hanya cukup mengetahui rasanya saja, tapi juga sangat perlu bagi kita untuk mengetahui kandungan nutrisi dalam buah sirsak yang tentunnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Langsung saja berikut beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada buah sirsak.

Dalam satu buah sirsak (625 g), terdapat beragam nutrisi yang meliputi :

Karbohidrat total 105 g (35%0
Lemak total 1.9 g (2%)
Serat 21 g (84%)
Gula 85 g
Sodium 88 mg (3%)
Potassium 1,738 mg (49%)
Protein 6 g (12%)
Vitamin B-6 (20%)
Vitamin C (214%)
Kalsium (8%)
Magnesium (32%)
Zat besi (21%)

Dari beberapa kandungan nutrisi yang tercantum di atas sudah bisa di pastikan jika buah sirsak begitu banyak mengandung karbohidrat yang berasal dari gula/fruktosa, tinggi serat dan juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

MANFAAT BUAH SIRSAK

Jika berbicara masalah manfaat sirsak bagi tubuh atau kesehatan tentu sangatlah banyak. Dan untuk mengetahui itu semua, berikut akan kami sajikan beberapa informasi penting mengenai manfaat buah sirsak bagi kesehatan, untuk menambah pengetahuan kita terhadap buah ini.

1.Mencegah Kanker

Buah sirsak di percayai memiliki zat alami yang bersifat sebagai anti kanker yang berfungsi untuk melewan serta mencegah pertumbuhan sela kanker dalam tubuh termasuk tumor. Hal tersebut juga di dukung oleh kandungan antioksidan tinggi yang terdapat dalam buah sirsak. Begitu juga daun dari buah ini, senyawa Annonaceous acetogenins yang merupakan fitokimia yang dapat di peroleh dari daun, batang dan juga biji buah sirsak di percayai dapat menangkal serta melawan sel kanker serta virus. Sebuah penelitian menyatakan bahwa senyawa tersebut dapat melawan sel sel ganas pada 12 jenis kanker termasuk kanker paru paru.

2.Menjaga Pencernaan

Seperti yang telah di jelaskan di atas, buah sirsak adalah salah satu buah yang akan akan serat. Kandungan tersebutlah yang dapat berperan dalam melancarkan pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

3.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C pada buah sirsak di nilai sangat tinggi. Konsumsi vitamin C yang cukup oleh tubuh akan sangat bermanfaat dalam menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit serta virus dari luar, hal ini sekaligus akan menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit.

4.Meningkatkan Energi

Buah sirsak merupakan buah yang sangat cocok untuk menjadi asupan energi yang di perlukan oleh tubuh. Hal tersebut karena kandungan sirsak yang kaya akan karbihidrat tinggi yang utamanya berasal dari fruktosa atau gula buah. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga mampu mengembalikan kesegaran tubuh dan meningkatkan energi yang di butuhkan oleh tubuh.

5.Melancarkan Buang Air Kecil

Buah sirsak juga di nilai sebagai buah yang dapat melancarkan buang air kecil serta mengurangi rasa sakit saat buang air kecil. Selain itu manfaat lain dari buah ini yaitu dapat mengatasi haematuria atau istilah lain dari kondisi di mana terjadi atau bercampurnya sel darah putih dengan urin.

6.Mengobati Penyakit Liver

Hal lain yang juga perlu di ketahui dari buah ini yaitu dapat mengatasi penyakit hati ringan. Untuk menghindari hal tersebut kita hanya cukup mengkonsumsi buah sirsak yang bisa kita olah dalam bentuk jus dan meminumnnya secara teratur.

7.Sumber Antioksidan

Buah sirsak merupakan salah satu sumber vitamin C yang bisa di bilang sangat tinggi dalam 1 buah sirsak ukuran besar (625 g) di dapati vitamin C sebanyak 214%. Kandungan vitamin C yang tinggi tenu akan sangat berguna serta bermanfaat bagi tubuh dalam menjaga sistem daya tahan tubuh. Selain itu kandungan vitamin C tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang dapat memicu proses penuaan dini.

8.Mencegah Ambien

Mengkonsumsi buah sirsak secara tertaur dengan prosi yang tepat serta cara pengolahan yang baik dapat mencegah risiko terjadinya ambien. Cara baik untuk mengkonsumsi buah ini yaitu menjadikannya jus dan meminumnya secara langsung. Dan akan lebih baik lagi jika jus tersebut kita olah sealami mungkin tanpa adanya tambahan seperti gula, selain memang buah ini sudah banyak mengandung gula tujuan dari hal tersebut tidak lain agar manfaat yang kita peroleh bisa lebih maksimal.

9.Menjaga Kesehatan Kulit

Hampir sama dengan penjelasan sebelumnnya, hanya saja di sini kita akan lebih rincikan lagi. Tentu sudah kita ketahui tentang kandungan vitamin C yang terdapat pada buah sirsak seperti yang telah di sebutkan diatas. Namun selain itu Kandungan vitamin C pada buah ini tidak hanya semata mata bersifat sebagai antioksidan yang kita tidak mengerti apa fungsinya. Kandungan vitamin C tersebut dapat menjaga serta merawat kulit kita. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan dengan cara meminimalkan efek buruk dari paparan radikal bebas terhadap kulit yang dapat memicu proses penuaan dini, selain itu vitamin C juga sangat ampuh dalam mencegah proses pigmentasi atau pengelapan kulit. Sehingga kulit kita akan selalu tampak cerah dan sehat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari buah sirsak. Semoga informasi tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi kita semua. Jadi tidak ada salahnya jika mulai sekarang kita muli meningkatkan minat kita untuk mengkonsumsi buah, yang bisa kita mulai dengan buah yang satu ini yaitu buah sirsak. Bukan karena apa melainkan untuk menjaga kesahatan sekaligus kebaikan untuk kelangsungan hidup kita baik sekarang atau pun untuk masa mendatang.

Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : buah
Back To Top