Informasi Menarik Sehat & Cantik

15 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan & Kecantikan Wajah Kulit & Rambut

Alpukat (Apokat/Avocad/Avocado) Merupakan salah satu jenis buah yang keberadaannya sangat populer di Indonesia. Buah dengan nama ilmiah Persea americana ini berasal dari dataran Meksiko dan Juga Amerika Tengah, dan untuk saat ini buah ini sudah bisa kita temui dan banyak di budidayakan di berbagai negara termasuk Indonesia.

Buah alpukat atau apokat termasuk kedalam jenis buah dengan kandungan nutrisi yang tinggi dengan berbagai kandungan alami yang kaya seperti vitamin dan mineral. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan kalori serta lemak yang lebih tinggi di bandingkan dengan jenis buah lainnya. Namun jangan khawatir, lemak yang terdapat pada buah alpukat merupakan jenis lemak tak jenuh yang aman bagi tubuh serta mampu menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

15 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan & Kecantikan Wajah Kulit & Rambut

Hampir semua bagian dari tanaman ini, mulai dari batang, kulit batang, buah, bahkan bijinya sekalipun bisa di manfaatkan. Namun yang akan kita informasikan kali ini adalah mengenai manfaat baik dari buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan, beserta kandungan nutrisi yang terdapat pada buahdi dalamnya.

KANDUNGAN NUTRISI BUAH ALPUKAT

Buah alpukat di kenal dengan buah bernutrisi tinggi, yang baik untuk kesehatan. Tidak salah jika buah ini menjadi favorit banyak orang, yang biasa di konsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi oleh tubuh serta menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang bisa menimpa kapan saja. Dan berikut informasi dari beberapa kandungan nutrisi pada buah alpukat.

Dalam 1 cup buah alpukat atau setara dengan (146 g), di dapati berbagai nutrisi, meliputi :

Karbohidrat total 12 g (4%)                                              
Lemak total 21 g (32%)
 -lemak tak jenuh 3.1 g (15%)
 -lemak tak jenuh tunggal 14 g
 -lemak tak jenuh ganda 2.7 g
Serat 10 g (40%)
Gula 1 g
Protein 2.9 g (5%)
Sodium 10 mg
Potassium 708 mg (20%)
Vitamin A (4%)
Vitamin B-6 (20%)
Vitamin C (24%)
Kalsium (1%)
Magnesium (10%)
Zat Besi (4%)

Selain itu semua, buah alpukat/avocado kaya akan kandungan antioksidan (karatenoid). Dan merupakan kandungan terbesar dari buah alpukat. Berikut beberapa bentuk kandungan antioksidan karatenoid utama yang terdapat pada buah alpukat, yaitu lutein, alpha-carotene, beta carotene, beta-cryptoxanthin, criysanthemaxanthin, neochrome, neoxanthin, violaxanthin, zeaxanthin. Serta beberapa kandungan phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol, glutathione, serta lutein yang berguna untuk menjaga ketahan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

MANFAAT BUAH ALPUKAT

Seperti halnya nutrisi pada buah alpukat yang sangat kaya dan beragam, buah ini juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh yang sangat beragam dan berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Dan untuk mengehui semua itu, berikut adalah beberapa ulasan dari manfaat buah alpukat yang bisa kita peroleh.

1.Menjaga Kesehatan Jantung

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang tinggi kandungan antioksidan seperti yang telah di jelaskan di atas. Termasuk vitamin E dan juga glutathione (GSH) yang merupakan sumber antioksidan tertinggi pada buah alpukat. Masing masing dari zat tersebut berperan dalam menjaga baik fungsi serta kesehatan jantung. Kandungan Vitamin B-6 serta asam folat buah ini dapat membantu tubuh dalam mengatur kadar homocysteine. Dimana kadar homocysteine yang tinggi dapat di kaitkan dengan adanya peningkatan risiko penyakit jantung. Jadi bukan tidak mungkin, jika kita memulai untuk mengkonsumsi buah alpukat secara teratur namun dengan porsi yang tepat dan sesuai dapat menjaga tubuh dari risiko penyakit jantung.

2.Menjaga Kadar Kolesterol

Buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh atau lemak baik yang terdiri dari lemak tak jenuh ganda dan juga lemak tak jenuh tunggal. Serupa dengan minyak zaitun buah alpukat dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Buah ini juga sangat bermanfaat dalam menjaga serta mengatur kadar trigliserida dan juga mencegah diabetes. Hal tersebut di dukung dengan adanya sebuah penelitian yang menemukan bahwa diet vegetarian yang mencakup lemak HDL, dapat menurunkan kadar LDL atau lemak jahat dalam tubuh. Dan salah satu sumber lemak HDL yang baik bagi tubuh yaitu buah alpukat, dalam penelitian tersebut di katakan bahwa dengan mengkonsumsi buah alpukat secara teratur dalam kurun 1 minggu dapat berpengaruh pada menurunnya kadar LDL atau lemak jahat sebanyak 17%.

3.Mencegah Diabetes

Buah alpukat bisa di jadikan sebagai asupan diet yang baik bagi para penderita diabetes. Kandungan lemak baik yang berupa asam lemak tak jenuh tunggal pada buah ini dapat mengembalikan resistensi insulin serta mengatur kadar trigliserida dalam tubuh. Hal tersebut dapat berpengaruh dalam mengurangi risiko penyakit diabetes.

4.Mencegah Risiko Kanker

Buah alpukat merupakan jenis buah yang kaya kandungan serta serta antioksidan yang sangat tinggi. Peningkatan asupan berupa serta dapat berpengaruh pada penurunan resiko terjadinya kanker. Selain itu kandungan antioksidan-nya dapat berperan aktif dalam menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas yang pada gilirannya dapat mencegah penyakit kanker serta penyakit lainnya. Senyawa antioksidan dalam buah alpukat dapat membunuh serta melawan pertumbuhan sel sel kanker dalam tubuh.

5.Mencegah Penyakit Stroke

Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi berupa serat yang tinggi, asam lemak tak jenuh tunggal oleat atau yang juga di kenal dengan omega-9, serta kandungan potassium yang tinggi. Serat pada buah alpukat dapat membantu menyerap kelebihan LDL atau kolesterol jahat, sedangkan asam lemak tak jenuh tunggal atau 0mega-9 dapat menekan kadar kolesterol jahat dengan tetap menjaga kandungan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Dan pada gilirannya, kedua dari nutrisi tersebut dapat membantu tubuh dalam mencegah terjadinya risiko stroke. Satu lagi yang tidak kalah penting dari buah ini, yaitu kandungan potassium yang cukup tinggi, seperti yang telah di jelaskan di atas dalam 146 g buah alpukat terdapat kandungan potassium dengan kadar 708 mg sebanyak 20%. Mengkonsumsi buah atau sayur yang tinggi potassium termasuk buah alpukat dapat berpengaruh pada penurunan risiko penyakit stroke.

6.Menjaga Tekanan Darah

Buah alpukat memiliki kandungan mineral kalium. Di katakan bahwa kalium pada buah alpukat 15% lebih tinggi dari pada kalium yang terkandung pada buah pisang. Mengkonsumsi makanan alami yang tinggi kalium seperti buah alpukat dan juga pisang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Kalium dapat memebantu tubuh dalam menjaga tekanan darah, mngontrol debar jantung, serta menjaga kesehatan sistem saraf.

7.Menjaga Kesehatan Mata

Buah alpukat merupakan sumber karatenoid yang sangat lengkap termasuk lutein. Makanan yang kaya akan kandungan karatenoid dapat membantu tubuh lebih banyak menerima vitamin A. Hal tersebut akan berpengaruh baik pada mata, serta dapat memperbaiki pengelihatan dan menjaga fungsi mata.

8.Melawan Radikal Bebas

Buah alpukat memiliki kandungan antioksidan tinggi yang di sebut dengan glutathione. Zat tersebut merupakan senyawa antioksidan yang sangat kuat dan mampu menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas, menguatkan sistem pertahanan tubuh, dan juga mencegah terjadinya berbagai risiko penyakit seperti kanker.

9.Anti-Inflamasi

Buah alpukat memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa kandungan nutrisi pada buah alpukat seperti senyawa karatenoid, asam lemak omega-3, Vitamin C dan E, selenium, seng serta pitosterol dapat memberikan efek anti-inflamsi serta dapat mencegah terjadinya rematik dan mengurangi risiko penyakit osteoarthritis.

10.Membantu Penyerapan Nutrisi

Salah satu kandungan buah alpukat yaitu senyawa karatenoid dapat membantu tubuh dalam meningkatkan penyerapan nutrisi. Karatenoid merupakan salah satu zat yang dapat larut dalam lemak, sehingga akan membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

11.Sumber Protein Yang Baik

Jika anda merupakan seorang vegetarian atau sesorang yang sedang mencari sumber protein selain dari daging, buah alpukat adalah jawaban yang tepat. Buah alpukat mengandung 18 asam amino essensial yang sangat di perlukan oleh tubuh untuk membentuk protein lengkap. Dan tidak seperti daging, jenis protein pada buah alpukat mudah di serap oleh tubuh karena mengandung serat. Buah alpukat bisa menjadi salah satu solusi bagi anda yang sedang diet atau mengurangi konsumsi protein hewani.

12.Cara Sehat Menjaga Berat Badan

Buah alpukat bisa anda jadikan cara sehat untuk menjaga berat badan anda. Buah yang satu ini memiliki kadar kalori yang cukup tinggi namun tetap rendah gula. Selain itu jenis lemak yang terkandung pada buah alpukat merupakan lemak baik atau lemak tak jenuh sehingga akan sangat baik untuk kesehatan. Hal ini sekaligus menyimpulkan bahwa anda bisa menjaga berat badan anda tanpa harus menimbun lemak atau pun risiko bagi kesehatan lainnya.

13.Mencegah Penuaan

Buah alpukat juga di sebut sebagai buah yang dapat mencegah proses terjadinya penuaan. Hal tersebut di buktikan oleh adanya kandungan senyawa antioksidan yang sangat kuat pada buah ini, termasuk senyawa glutathione. Senyawa tersebut membantu tubuh dalam meredam bahaya radikal bebas terhadap kulit yang dapat memicu terjadinya penuaan. Selain mampu menangkal radikal bebas, senyawa antioksidan tersebut sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit sekaligus menjaga kondisi kulit tetap sehat.

14.Merawat Kesehatan Kulit

Buah alpukat kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Hal itu juga yang membuat buah yang satu ini banyak di jadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kosmetik atau produk produk kecantikan. Buah alpukat di percaya dapat menjaga kesehatan kulit, menjaga kelembaban serta elastisitas kulit, mencegah kulit kasar dan kering, meredam efek buruk sinar matahari, melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat memicu terjadinya penuaan pada kulit. Salah satu cara alami untuk memanfaatkan buh ini yaitu dengan di konsumsi secara langsung, di buat jus ataupun smoothies, dan juga bisa kita aplikasikan sebagai masker pada wajah dan juga kulit.

15.Menjaga Kesehatan Rambut

Buah alpukat adalah salah satu buah yang bisa kita manfaatkan untuk merawat rambut. Buah ini bisa kita gunakan sebagai masker alami untuk rambut yang bisa kita buat sendiri di rumah dengan menggunakan buah alpukat yang masih segar. Penggunaan masker alpukat pada rambut dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, menguatkan rambut, memperbaiki tekstur batang rambut, mengatasi rambut kering, menjaga kilau rambut serta mencegah kerontokan pada rambut.

TIPS MEMILIH BUAH ALPUKAT

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memilih buah alpukat ayang akan kita konsumsi. Pertama pastikan buah masih dalam keadaan segar. Kedua, pilih buah alpukat dengan tingkat kematangan yang pas, dalam artian jagngan memilih buah alpukat yang terlalu matang agar gizi yang di peroleh dapat optimal. Ketiga, pilih buah alpukat yang masih utuh, tidak lembak dan tidak penyok pada bagiannya, buah alpukat yang sudah matang akan terasa segar dan lembut saat di tekan, tidak penyok dan lembek. Selain itu perhatikan juga cara penyajian, se-alami mungkin atau hanya menggunakan bahan yang juga bermanfaat, hindari bahan tambahan yang hanya akan merusak manfaat buah alpukat seperti halnya gula, gunakan gula secukupnya saja tidak berlebih, guna mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat dari buah alpukat yang sangat baik untuk kesehatan dan perlu untuk kita ketahui. Semoga informasi tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : buah
Back To Top