Informasi Menarik Sehat & Cantik

13 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Kecantikan & Diet

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang sudah lama di kenal hampir di seluruh negara termasuk Indonesia. Buah nanas khas dengan warna kuning serta kulit kasar dan bertekstur, tepat di bagian atas buah, terdapat bagian menyerupai mahkota yang berduri. Sedangkan pada rasa, buah nanas memiliki karakter rasa yang manis keasaman yang membuat buah ini sangat cocok di jadikan menjadi berbagai olahan seperti rujak buah, asinan, atau jus.

13 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Kecantikan & Diet

Buah nanas bukan buah asli Indonesia, melainkan buah tropis yang berasal dari negara brazil. Meskipun begitu buah ini sudah bisa kita dapatkan dengan mudah di Indonesia, dan salah satu daerah penghasil nanas terbesar di indonesia yaitu Subang.

KANDUNGAN NUTRISI BUAH NANAS

Berikut ini merupakan uraian dari beberapa kandungan nutrisi buah nanas yang sangat baik bagi tubuh khususnya dalam menjaga kesehatan serta merawatan kecantikan. Buah ini memiliki kandungan serat serta vitamin C yang sangat tinggi. Dan untuk mengetahui lebih lanjut apa saja nutrisi yang terdapat di dalamnnya. Berikut akan kami uraikan secara deteil untuk anda.

Dari 1 buah nanas (905 g), di dapati 452 kalori beserta kandungan nutrisi yang meliputi :

Karbohidrat total 119 g (39%)
Lemak total 1.1 g (1%)
 -Lemak tak jenuh 0.1 g
 -Lemak tak jenuh tunggal 0.1 g
 -Lemak tak jenuh ganda 0.4 g
Serat 13 g (52%)
Gula 89 g
Sodium 9 mg
Potassium 986 mg (28%)
Protein 4.9 g (9%)
Vitamin A (10%)
Vitamin B-6 (50%)
Vitamin C (721%)
Kalsium (11%)
Magnesium (27%)
Zat besi (14%)

Dari informasi di atas, bisa di simpulkan jika buah nanas merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C, tinggi serat, dan hampir tidak memiliki kandungan lemak. Sehingga buah ini sangat cocok sebagai minuman yang berguna sebagai asupan energi bagi tubuh serta menu diet yang sehat.

MANFAAT BUAH NANAS

Berikut merupakan beberapa daftar manfaat buah nanas yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain itu buah ini juga sangat cocok untuk di jadikan sebagai menu sehat untuk diet. Untuk mengetahui manfaat nanas lebih lanjut lagi, berikut telah kita siapkan beberapa informasi yang menjelaskan beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari buah nanas.

1.Menguatkan Tulang

Buah nanas merupakan jenis buah yang mengandung banyak mineral seperti kalsium dan juga mangan. Mengkonsumsi buah nanas secara teratur dapat meningkatkan kekuatan serta menjaga kepadatan tulang. Dalam 1 gelas jus nanas, di dapat mineral mangan sebanyak 73% dari total kebutuhan mangan tubuh dalam perhari. Kandungan mineral tersebut termasuk kalsium dan juga mangan sangat bermanfaat bagi tubuh dalam pembentukan tulang, menjaga kesehatan tulang, sekaligus meningkatkan kekuatan tulang.

2.Baik Untuk Pencernaan

Buah nanas merupakan salah satu buah dengan kandungan serta yang cukup tinggi, serta di ikuti oleh kandungan air yang cukup banyak pada buah ini. Kedua hal tersebut bermanfaat bagi tubuh dalam melancarkan pencernaan dalam tubuh. Selain itu serta yang tinggi pada buah nanas dapat membersihkan saluran usus serta menjaga kesehatan usus.

3.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bisa dikatakan jika kandungan vitamin C pada buah nanas sangatlah tinggi serta baik untuk di jadikan asupan tambahan untuk tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Vitamin C yang terdapat pada nanas dapat secara alami berfungsi sebagai antioksidan yang tinggi serta kuat untuk menjaga tubuh dari paparan radikal bebas serta meningkatkan sistem imun tubuh agar tubuh kita bisa tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

4.Menjaga Kesehatan Mata

Selain kaya akan kandungan vitamin C, buah nanas memiliki kandungan vitamin A seta manfaat beta-karoten yang baik untuk tubuh terutama dalam menjaga kesehatan mata. Kedua senyawa tersebut dapat mencegah terjadinya degenerasi makula yang berpengaruh pada pengelihatan, seperti hilangnya pengelihatan serta pandangan yang kabur atau rabun.

5.Mencegah Hipertensi

Fakta lain dari buah ini yaitu dapat membantu tubuh dalam mengatur tekanan darah serta mencegah terjadinya risiko tekanan darah tinggi atau yang juga di kenal dengan istilah hipertensi. Kandungan kalium yang terdapat pada buah ini di percayai dapat menjaga tekanan darah dalam tubuh sekaligus berguna untuk mendukung fungsi ginjal.

6.Mengutakan Gigi

Hampir sama dengan fungsi sebelumnya, di kata bahwa buah nanas dapat menguatkan tulang. Hal ini memang benar adanya, selain kandungan mineral berupa kalsium dan juga mangan yang terdapat pada buah nanas, kandungan fosfor dari buah nanas merupakan salah satu mineral yang bermanfaat dalam mempromosikan tulang serta gigi yang kuat, sekaligus mencegah risiko terjadinya penyakit tulang seperti osteoporosis.

7.Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah nanas di perkaya akan kandungan mineral berupa mangan. Di mana kandungan mineral tersebut dapat membantu tubuh dalam mempercepat proses penyembuhan luka, mendukung perkembangan tulang, menstabilakn tekanan darah, memperkuat daya tahan tubuh, serta mencegah terjadinya gangguan metabolisme pada tubuh.

8.Sumber Antioksidan Yang Baik

Buah nanas kaya akan kandungan mineral serta berbagai vitamin. Salah satu vitamin tertinggi yang terdapat pada buah nanas yaitu vitamin C. Telah di jelaskan di atas bahwa dalam 1 buah nanas dengan ukuran sekitar (905 g) terdapat kandungan vitamin C sebanyak 721%. Hal ini membuktikan bahwa buah yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan yang berasal dari vitamin C yang telah di sebutkan, di mana kandungan antioksidan tersebut sangat berpengaruh dalam mendukung kesehatan terutama dalam menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas. Dan dari semua informasi tersebut, buah nanas bisa kita jadikan solusi atau alternatif untuk asupan gizi harian yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C serta sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Tentunya dengan konsumsi yang tertaur serta porsi yang tepat agar manfaat yang di dapat bisa optimal.

9.Sumber Energi

Dalam satu buah nanas dengan ukuran (905 g) atau seperti yang telah di informasikan di atas, di dapati kalori dengan jumlah hingga 452 kalori. Selain itu buah ini juga terkenal dengan rasanya yang manis serta keasaman dengan kandungan gula yang cukup banyak. Hal tersebut membuat buah nanas merupakan salah satu buah yang bisa kita konsumsi sebagai asupan untuk menambah energi serta menyegarkan tubuh di cuaca yang panas.

10.Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas sangat baik untuk kulit. Di mana vitamin C tersebut dapat menjadi sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu Vitamin C merupakan salah satu bentuk vitamin yang dapat menutrisi kulit dengan mencerahkan kulit kusam serta mencegah terjadinya pigmentasi atau proses penggelapan kulit yang dapat menimbulkan noda hitam pada kulit serta warna kulit yang tidak merata. Cara mudah memanfaatkan buah ini selain dengan cara di konsumsi langsung yaitu dengan cara di jadikan sebagai masker alami yang bisa di aplikasikan pada wajah di malam hari sebelum tidur. Perlu di ketahui tujuan di laukannnya perawatan wajah di malam hari adalah berguna untuk mendapatkan hasil yang optimal serta penyerapan nutrisi yang lebih cepat oleh kulit di bandingkan saat siang hari karena di malam hari tubuh serta kulit kita akan di istirahatkan.

11.Mencegah Penuaan

Sudah di katakan sebelumnya. Jika buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin yang salah satunya adalah vitamin C dengan kadar yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C pada buah nanas dapat secara alami berfungsi sebagai antioksidan alami yang berfungsi untuk menagkal radikal bebas terhadap tubuh termasuk juga kulit. Senyawa antioksidan tersebut bekerja dengan cara meredam efek buruk radikal bebas pada kulit yang dapat memicu terjadinya proses penuaan.

12.Menjaga Kelembaban Kulit

Buah nanas kaya akan kadnungan air serta mineral dan juga vitamin yang beragam. Dari semua nutrisi tersebut, buah nanas mampu menjaga kulit kita agar selalu terlihat lebih sehat. Kandungan vitamin serta mineral pada buah nanas membantu menutrisi kulit serta menjadi sumber antioksidan yang baik bagi kulit. kandungan air yang melimpah, membuat kulit menjadi lebih lembab dan terlihat segar, hal tersebut karena kandungan air pada buah nanas dapat memberikan efek hidrasi pada kulit sehingga kulit akan terus terasa lembab dan tidak kering.

13.Cocok Untuk Diet

Meskipun kadar kalori yang terdapat pada buah nanas terbilang cukup tinggi, namun kalori tersebut berasal dari gula buah atau fruktosa yang lebih lambat di serab tubuh. Selain itu buah nanas juga kaya akan serta yang mampu melancarkan sistem pencernaan, menyerap lemak dalam usus, serta memberikan efek kenyang yang lebih tahan lama. Sehingga bisa di pastikan jika buah ini sangat cocok dan baik untuk di jadikan menu diet. salah satu cara mengkonsumsi buah nanas yang baik adlah dengan menkonsumsinya langsung atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus tanpa tambahan gula atau campuran dari bahan lain.

Itulah beberapa manfaat serta khasiat dari buah nanas yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Semoga informasi tersebut bisa berguna juga bermanfaat baik bagi kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : buah
Back To Top