Informasi Menarik Sehat & Cantik

18 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Kecantikan & Diet Sehat

Manfaat Buah Apel - Apel (Malicus domestica) merupakan salah satu buah yang sangat populer serta banyak di minati di Indonesia. Keberadaan buah apel di Indonesia dapat kita jumpai dengan mudah dan sudah tersebar luas di pasaran. Buah aple sangat khas dengan warna warna mencolok seperti warna merah, hijau, atau kuning sesuai dengan jenis dari masing masing apel.

18 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Kecantikan & Diet Sehat
Buah yang sangat di kenal hampir di seluruh dunia ini, merupakan buah dengan tingkat konsumsi yang sangat besar. Rasa manis yang khas serta kandungan kalorinya yang rendah, membuat buah yang satu ini banyak di jadikan pilihan sebagai menu diet dan juga untuk konsumsi sehari - hari. Untuk karakteristiknya, buah apel memiliki tektur daging yang sedikit keras serta berair pada sebagian jenis. Selai itu buah ini juga memiliki beberapa biji kecil yang terdapat di dalam buah, dan juga memiliki kulit yang tipis bahkan cenderung lembek.

Lantas apa yang membuat buah ini sangat terkenal dan banyak di minati? Lalu apa saja manfaat buah apel yang katanya baik untuk kesehatan, kecantikan, dan juga untuk diet. Untuk menjawab semua hal tersebut, berikut adalah beberapa ulasan lengkap mengenai buah apel yang perlu untuk kita simak dan ketahui.

NUTRISI

Hal yang pertama kali akan kita bahas yaitu mengenai kandungan nutrisi yang terdapat pada buah apel. Dan berikut ulasan lengkapnya.

Dalam 182 g buah apel (ukuran sedang), terdapat 95 kalori serta berbagai nutrisi yang meliputi :

Karbohidrat total 25 g (8%)
 -Serat 4.4 g (17%)
 -Gula 19 g
Lemak total 0.3 g
 -Lemak tak jenuh 0.1 g
 -Lemak tak jenuh ganda 0.1 g
Sodium 2 mg
Potassium 195 mg (5%)
Protein 0.5 g (1%)
Vitamin A (1%)
Vitamin B-6 (5%)
Vitamin C (14%)
Kalsium (1%)
Magnesium (2%)
Zat besi (1%)

Selain dari beberapa kandungan nutrisi yang telah di sebutkan, masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya yang terdapat pada buah ini. Buah apel di kenal akan kandungan fitonutrien yang kaya sekaligus merupakan sumber antioksidan berupa senyawa polifenol dan juga flavonoid. Beberapa jenis flavonoid yang terdapat pada buah apel yaitu quercetin, epicatechin, dan procyanidin B2. Sedangkan beberapa sumber antioksidan lainnya yaitu vitamin C dan juga beta-karoten.

Jika mencermati uraian di atas, bisa di pastikan jika buah apel hampir sama sekali tidak mengandung lemak dan juga sodium. Selain itu buah yang satu ini juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks yang meliputi thiamin (vitamin B-1), riboflavin (vitamin B-2) dan juga pyridoksin (vitamin B-6). Tidak lupa juga fosfor yang merupakan salah satu kandungan mineral buah apel selain yang telah di sebutkan di atas.

MANFAAT

Hal yang akan kita bahas selanjutnya adalah mengenai manfaat dari buah apel. Tentu, dengan kandungan buah apel yang terbilang kaya serta beragam, akan membuat kita sedikit bertanya-tanya apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari buah yang satu ini. Dan untuk menghilangkan pertanyaan tersebut. Berikut akan kami paparkan secara jelas mengenai manfaat serta khasiat dari buah apel dalam beberapa poin yang mencakup kesehatan, kecantikan, dan juga diet.

POIN 1 KESEHATAN

1.Menurunkan Risiko Kanker

Salah satu kandungan nutrisi yang terkuat dalam buah apel yaitu kandungan antioksidannya yang berasal dari senyawa flavonoid juga polifenol. Di mana dari kedua zat tersebut dapat sangat berpengaruh bagi tubuh terutama dalam menjaga ketahanan serta mampu menekan pertumbuhan sel sel kanker dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah apel secara teratur akan turut juga dalam membantu tubuh memenuhi kebutuhan nutrisi harian serta menjadi suplay antioksidan yang berguna dalam menjaga tubuh dari paparan radikal bebas dengan cara menguatkan daya tahan tubuh agar tubuh terhindar dari berbagai bahaya penyakit seperti kanker.

2.Menekan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat pada buah apel dapat membantu tubuh dalam menghambat penyerapan lemak dalam usus, yang pada ujungnya hal ini akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang bisa di serap oleh tubuh. Dan sebaliknya, apel membuat tubuh lebih mudah dalam menyerap kolesterol baik (HDL).

Di sambung dengan adanya kandungan potassium yang secara efektif dapat menjaga tekanan darah serta mengontrol detak jantung. Hal tersebut bisa kita peroleh dengan cara mengkonsumsi buah apel yang di lakukan secara teratur dengan penyajian yang tepat.

3.Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah apel kaya akan senyawa antioksidan termasuk senyawa polifenol dan juga flavonoid yang terdiri dari quercetin, epicatechin, dan procyanidin B2 yang juga telah di jelaskan sebelumnya. Dari semua kandungan tersebut, bisa di pastikan tubuh akan mendapatkan asupan antioksidan yang berguna bagi tubuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit dan juga virus.

Antioksidan alami lainnya yang terdapat pada buah apel yaitu kandungan beta-karoten berserta vitamin C yang dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk mencegah terjadinya peradangan pada tubuh.

4.Mencegah Diabetes

Buah apel juga di kalim sebagai buah yang mampu mencegah terjadinya risiko penyakit diabetes. Hal tersebut berkat adanya senyawa baik yang terdapat pada buah apel yaitu polifenol dan juga zat quercetin.

Polifenol dapat membantu tubuh mencegah terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah dengan cara menghambat dan pengurangi penyerapan glukosa, memperbaiki fungsi pankreas dengan cara menstimulasi sel sel beta pada pankreas, mendukung kerja pankreas dalam mensekresi insulin, serta meningkatkan pembuangan glukosa dalam darah melalui stimulasi reseptor insulin.

Quercetin yang merupakan salah satu jenis flavonoid dari buah apel yang berfungsi mencegah sekaligus menekan pembentukan enzim alfa-amilase dan enzim alfa-glukosidse yang dapat memecah karbihidrat kompleks menjadi gula sederhana. Jadi bisa di simpulkan jika kita mengkonsumsi buah apel secara teratur, hal tersebut akan sangat berpengaruh bagi kesehatan kita termasuk menekan risiko terjadinya penyakit diabetes dan lain lain.

5.Menangkal Radikal Bebas

Buah apel merupakan sumber antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh. Salah satu fungsi utama yang sangat di kenal dari senyawa antioksidan yaitu kemampuan alaminya untuk menangkal radikal bebas.

Antioksidan terkuat dari buah apel yaitu polifenol dan juga flavonoid seperti quersetin. Zat quersetin tergolang kedalam senyawa flavonoid yang paling banyak terkandung dalam buah apel. Dan sangat di sayangkan karena zat tersebut terdapat paling banyak pada kulit dari buah apel yang justru sering kita buang dengan cara di kupas. Untuk mencegah hal tersebut, kita bisa secara langsung mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya, namun pastikan buah yang akan kita konsumsi sudah benar benar di cuci bersih sehingga aman untuk kesehatan.

6.Detoksifikasi

Salah satu manfaat apel lainnya yaitu adanya sifat alami yang dapat meminimalisisr kadar racun dalam tubuh atau yang kita kenal dengan istilah detoksifikasi.

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada buah apel yang sering kita konsumsi setiap hari dapat secara alami membersihkan serta mengeluarkan racun dari tubuh yang bisa merugikan kesehatan. Hal ini juga akan berdampak baik pada sistem kerja hati dalam menetralkan racun karena  antioksidan yang berasal dari bual tersebut dapat secara langsung meringankan fungsi hati dalam meminimalisir racun serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dan hasilnya, tubuh serta organ hati kita akan lebih sehat serta tetap berfungsi normal.

7.Meningkatkan Kemampuan Otak

Beberapa kandungan nutrisi dari buah apel sangat bermanfaat dalm meningkatkan kemampuan otak termasuk meningkatkan daya ingat serta menjaga otak lebih sehat dan berfungsi normal.

Antioksidan pada buah apel sangat tinggi dan hal ini sudah saya tekankan berkali kali sebelumnya. Zat antioksidan yang terdapat pada buah apel berguna untuk menjaga sel sel otak agar terhindar dari kerusakan.

Buah apel mampu meningkatkan produksi senyawa kimia Acetylcholine yang menjadi penghubung atar sel otak. Di mana dalam sebuah penelitian terbaru manyatakan bahwa hal tersebut dapat berakibat pada meningkatnya fungsi otak termasuk daya ingat oleh otak.

8.Menekan Risiko Gangguan Pernapasan

Buah apel juga sangat bermanfaat untuk kita konsumsi sebagai asupan alami yang dapat menghindarkan tubuh kita dari beberapa gejala atau gangguan pada pernapasan seperti asma dan sebagainya.

Untuk bisa merasakan manfaat tersebut kita bisa lakukan dengan cara mengkonsumsi buah apel segar secara langsung atau dalam bentuk jus secara teratur setiap hari. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebuah studi terbaru menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 1 gelas jus apel secara rutin setiap hari mampu menekan risiko terjadinya gangguan pernapasan khususnya pada anak anak dan juga wanita hamil.

9.Menjaga Kesehatan Pencernaan

Apel bisa kita katakan sebagai buah yang baik untuk pencernaan, di mana dengan mengkonsumsi buah apel secara tertatur di klaim dapat mendukung proses pencernaan pada tubuh.

Kandungan serat yang cukup tinggi serta beragam vitamin serta mineral yang terdapat pada buah apel merupakan nutrisi alami yang sangat mudah di serap oleh tubuh, hal tersebut tentu sangat berpengaruh serta dapat meringakan kerja tubuh dalam mencerna makanan sekaligus turut membantu dalam menjaga fungsi pencernaan.

Mengkonsumsi buah apel secara rutin bermanfaat dalam mencegah konstipasi serta gangguan pencernaan pada usus. Selain itu buah ini juga dapat menekankan penyerapan air dalam usus yang juga akan berpengaruh pada lancarnya pencernaan.

POIN 2 KECANTIKAN

1.Mencegah Jerawat Pada Wajah

Kita sudah mengenal betul akan masalah yang satu ini yaitu jerawat. Banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Dan salah satu cara alami untuk mengatasi serta mencegah timbulnya jerawat pada wajah yaitu dengan cara memanfaatkan buah apel.

Hal yang perlu kita lakukan adalah mendapatkan air atau sari dari apel, bisa dengan cara menghaluskan buah apel terlebih dahulu lalu memerasnya. Gunakan sari apel tersebut sebagai toner pada wajah. Cara lain yaitu dengan memanfaatkan buah apel sebagai masker, hampir sama dengan cara yang sebelumnya yaitu pastikan buah apel yang kita pakai masih dalam keadaan segar dan bersih kemudian haluskan dan gunakan pada wajah sebagai masker selama 15 menit kemudian bilas wajah hingga bersih. Kedua cara tersebut bisa kita lakukan di malam hari sebelum tidur agar hasil yang di peroleh lebih optimal.

2.Mencerahkan Kulit

Buah apel kaya akan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit yang kusam serta memberikan efek segar pada kulit. Hal yang harus kita lakukan adalah dengan memanfaatkan buah apel sebagai masker. Pertama siapkan buah apel segar dan sudah di cuci bersih, potng buah apel menjadi bagian yang lebih kecil kemudian haluskan bersamaan dengan kulitnya tanpa harus di kupas terlebih dahulu.

Setelah selesai, aplikasikan bahan tersebut pada wajah secara merata dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu bilas wajah hingga bersih dan lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

3.Mengatasi Noda Hitam Di Wajah

Jika anda memiliki noda hitam yang sulit di hilangkan, mungkin tips berikut bisa menjadi solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Kandungan vitamin C serta senyawa antioksidan dalam buah apel sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C pada buah apel dapat mencegah proses terjadinya pigmentasi pada kulit yang dapat menyebabkan noda hitam di kulit serta warna kulit yang tidak merata.

Cara yang bisa anda gunakan adalah dengan memanfaatkan buah ini sebagai masker. Haluskan buah apel yang telah di bersihkan, kemudian hasil yang telah halus langsung kita terapkan pada wajah dan biarkan hingga mengering atau kurang lebih selama 15-20 menit, lalu bilas. Lakukan cara tersebut secara rutin dan jangan lupa sebelum menggunakan masker patikan wajah terlah di bersihkan terlebih dahulu.

4.Mengankat Sel Kulit Mati

Penggunaan masker atau scrub dari buah apel dapat membantu kulit tampak lebih cerah serta mengangkat sel sel kulit mati dari kulit yang dapat menyebabkan kulit terlihat lebih kusam dan lelah. Cara yang bisa anda gunakan hampir sama dengan cara yang sebelumnya yaitu dengan membuat masker dari bahan apel yang di haluskan. Cara ini sangat bagus di lakukan sebelum waktu mandi.

5.Menyamarkan Tampilan Lingkar Mata (Mata Panda)

Meskipun masalah ini tidak terlalu serius namun sangat memanggu bagi kita yang mengalaminya. Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memanfaatkan potongan buah apel. Bagaimana? pertama cukup siapkan buah apel yang masih segar, kemudiian cuci bersih dan potong buah apel menjadi bentuk tipis lalu gunakan potongan tersebut untuk kompres mata dengan cara di tempelkan selama kurang lebih 15 menit. Selain itu untuk mendukung hal tersebut, kita juga bisa memnambah konsumsi cairan dan memperbaiki aktivitas serta pola tidur atau jam instirahat kita.

6.Anti Penuaan

Buah apel kaya akan kanungan antioksidan alami seperi yang telah di jelaskan di atas. Beberapa fungsi antioksidan dari buah apel yaitu adalah melingungi kulit dari bahaya radikal bebas, meminimalkan efek buruj radikal bebas serta sinar matahari terhadap kulit, mencegah terjadinya penuaan, meremajakan kulit, mempercepat regenerasi sel kulit, menghilangkan noda hitam, menyamarkan kerutan dan garis halus pada kulit serta masih banyak lagi yang lainnya.

7.Mengencangkan Kulit

Buah apel memiliki kandungan antiokdan yang sangat tinggi, kandungan air yang cukup banyak, serta vitamin C yang dapat menutrisi kulit. Semua nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi kulit khususnya dalam menjaga kondisi kulit tetap sehat, buah apel dapat melindungi kulit dari proses terjadinya penuan serta menghalang efek buruk sinar matahari terhadap kulit. Antioksidan dalam buah apel berguna untuk meremajakan kulit sehingga kulit terasa lebih muda dan terasa kencang. Selain itu, kandungan vitamin dan juga mineral pada buah apel mampu menutrisi kulit dan hasil akan kita dapatkan kulit cantik, kencang dan terawat.

POIN 3 DIET

1.Menu Sehat Diet

Buah apel adalah salah satu jenis buah yang sangat cocok serta sehat untuk di jadikan menu diet. Buah apel memiliki kandungan kalori yang sangat rendah serta sama sekali tidak mengandung lemak. Untuk program diet, buah apel bisa kita konsumsi secara langsung atau kita olah se-alaami mungkin seperti salad buah dan jus tanpa gula atau pun campuran bahan lain yang hanya akan mengganggu diet. Hal yang sangat penting untuk di ingat dalam melakukan diet yaitu adalah dengan tetap menjaga kadar cairan yang di butuhkan oleh tubuh, perbanyak konsumsi mineral seperti meminum air putih agar tubuh dapat terhidrasi serta lebih segar.

2.Menurunkan Berat Badan

Selain kandungan kalorinya yang rendah, buah apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Di mana dalam hal diet tentu hal tersebut sangat berguna.

Beberapa fungsi serat dari buah apel, yaitu :
  • Melancarkan proses pencernaan.
  • Menghambat penyerapan lemak oles usus.
  • Memberikan efek kenyang serta menunda rasa lapar.
  • Mencegah wasir.
  • Melindungi membran mukosa dari paparan substansi beracun dengan mengikat senyawa penyebab kanker pada usus besar.
Dari semua manfaat serat yang telah di sebutkan tentu sangat berguna bagi tubuh utamanya dalam menjaga kesehatan serta menurunkan berat badan berlebih (diet).

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai manfaat buah apel yang telah kami jabarkan dalam beebrapa poin termasuk kesehatan, kecantikan serta manfaat buah apel untuk diet. Semoga informasi tersebut bisa berguna serta bermanfaat bagi kita semua.

Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : buah
Back To Top