Informasi Menarik Sehat & Cantik

9 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah

Daun Jambu Biji di kenal sebagai tanaman herbal yang berasal dari pohon jambu, yang buahnya sudah kita kenal karena rasanya yang manis serta daginnya yang lembut dengan biji di dalamnnya. Untuk kali ini, hal yang akan kita bahas bukan manfaat dari buah jambu biji, melainkan adalah kandungan serta manfaat yang bisa di peroleh dari daun jambu biji.

Dalam dunia farmasi baik modern atau yang masih tradisonal seperti pengobatan alternatif, daun ini banyak di manfaatkan dengan cara di ramu atau di jadikan sebagai obat alami yang sangat berguna dan berkhasiat untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan atau penyakit seperti misalnya, diare.

9 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah

Tidak hanya sampai di situ, daun yang di kenal memiliki rasa pahit serta pekat ini juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Sebagian orang mungkin merasa heran dan bertanya tanya jika mendengar hal ini, dan nyatanya memang benar seperti. Jadi, bagi kita yang benar benar ingin mengetahui apa saja manfaat yang bisa di hasilkan dari daun jambu biji. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai hal tersebut.

KANDUNGAN NUTRISI

Hal yang pertama kali akan kita bahas adalah kandungan nutrisi dari daun jambu biji. Hal ini sangat perlu kita ketahui, selain sebagai ilmu pengetahuan, informasi ini berguna untuk lebih mempertimbangkan serta langkah awal untuk mengetahui manfaat daun biji berdasarkan kandungan nutrisi yang ada, agar kita lebih mengerti nutrisi apa, manfaat apa yang bisa kita peroleh dari daun jambu biji. Mengingat bahwa kandungan tersebut merupakan hal yang akan mengahasilkan manfaat yang akan kita rasakan nantinya. Jadi sangat perlu untuk di ketahui terlebih dahulu.

Berikut beberapa kandungan nutrisi yang ada pada daun jambu biji :

-Tanin
-Saponin
-Flavonoid
-Polifenol
-Kuinon
-Steroid
-Karoten
-Alkaloid
-Senyawa anti-mutagenic

Dari beberapa nutrisi yang di sebutkan mungkin masih belum sepenuhnya, namun tidak di ragukan jika masing masing dari kandungan nutrisi yang telah di sebutkan akan sangat berguna serta berkhasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan wajah.

MANFAAT DAUN JAMBU BIJI

Yang akan kita bahas selanjutnya adalah manfaat dari daun jambu biji. Di katakan bahwa jambu biji bisa di manfaatkan serta sangat berkhasiat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Untuk membuktikan semua hal tersebut, berikut akan kami ulas lengkap mengenai apa saja manfaat dari daun yang satu ini.

KESEHATAN

Untuk kesehatan, daun jambu biji banyak sekali di manfaatkan dalam dunia farmasi seperti untuk pembuatan obat atau suplemen juga pengobatan alternatif seperti jamu atau ramuan tradisional. Jika kita jelaskan lebih lanjut, berikut beberapa manfaat daun jambu biji yang sangat berguna untuk kesehatan.

1.Mengobati Diare

Pengobatan diare menggunakan daun jambu biji sudah sangat umum dan banyak di pergunakan khususnya oleh masyarakat yang gemar terhadap pengobatan dengan cara tradisional.

Diare merupakan suatu kondisi atau masalah pada sistem pencernaan. Gejala yang di timbulkan adalah buang air besar yang terjadi secara terus menerus di sertai dengan rasa mulas. Bahkan pada kondisi terparah, diare dapat menyebabkan hidrasi, mual serta muntah muntah. Jadi jangan pernah sepelekan gejala diare.

Adapun penyebab yang dapat menimbulkan gejala diare antara lain adalah akibat suatu penyakit, mengkonsumsi buah tertentu, kelebihan vitamin C, juga akibat dari alergi (fructose dan lactose).

Hal yang bisa di lakukan untuk menangani atau mengobati diare yaitu dengan memperbanyak konsumi cairan atau oralit yang bisa kita buat sendiri yaitu dengan mencampurkan 1/2 sendok teh garam, 2 sendok makan gula pasir, dengan 1 gelas atau 200 ml air hangat. Cara alami lain yang bisa kita gunakan yaitu dengan memanfaatkan daun jambu biji.

Caranya :
  • Siapkan beberapa lembar daun jambu biji (7-10 lembar daun).
  • Pastikan jambu telah di cuci bersih, kemudian haluskan dengan cara di tumbuk.
  • Tambahkan segelas air hangat pada hasil tumbukan.
  • Kemudian peras dan saring.
  • Jika sudah selesai, gunakan ramuan tersebut dengan cara di minum 1-2 kali dalam sehari.
  • Lakukan cara tersebut pada hari selanjutnya jika diare masih belum sembuh.
  • Jika pada hari 3-5 gejala diare masih belum bisa di sembuhkan, saran saya dalah berkonsultasi pada ahli medis atau dokter.
2.Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan salah satu penyakit kelainan pada mulut yang sangat sering terjadi. Sariawan di tandai dengan adanya luka pada selaput lendir mulut yang biasanya di temui dengan bentuk bercak pada mulut dengan warna putih kekuningan dan agak cekung.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan sariawan yaitu akibat mengkonsumsi makanan atau minuman pedas, kebersihan mulut yang kurang terjaga, luka akibat tergigit, kondisi tubuh yang tidak fit, alergi, kekurangan vitamin C dan juga zat besi. Sariawan dapat menimbulkan rasa sakit, sehingga masalah tersebut akan sangat mengganggu jika tidak segera kita atasi.

Beberapa cara serta tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah serta mengobati sariawan yaitu dengan menjaga daya tahan tubuh dengan memperbaiki asupan gizi agar tubuh bisa tetap fit, kedua pastikan kebersihan mulut kita bisa selalu terjaga, hindari mengkonsumsi makanan atau minuman dengan suhu panas,  penuhi kebutuhan nutrisi berupa vitamin C serta zat besi oleh tubuh, serta beberapa hal lainnya yang tujuannya adalah mencegah terjadinya sariawan.

Untuk pengobatan, selain memperhatikan beberapa hal atau tips yang barusan telah di sampaikan, berikut adalah cara alami untuk mengobati sariawan menggukan daun jambu biji. Hal pertama yang perlu kita siapkan adalah segenggam daun jambu biji yang jumlahnya kurang lebih (10 lembar daun). Pastikan telah kita cuci bersih kemudian rebus menggunakan 1 liter air dan biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih, saring ramuan tersebut dan dinginkan. Minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari, air rebusan juga bisa kita gunakan untuk berkumur agar penyembuhan bisa lebih cepat dan efektif.

Hal tersebut hanya bersifat sebagai alternatif yang bisa membantu mempercepat penyembuhan. Sedangkan untuk gejala sariawan yang terjadi lebih yang terjadi secara berkepanjangan selama dua minggu atau bahkan sampai 1 bulan dan terjadi pada tempat yang sama hal tersebut bisa di jadikan sebagai indikasi adanya kanker rongga mulut.

3.Membantu Mengobati Diabetes

Kandungan falvonoid serta beberapa senyawa lain yang terkandung pada daun jambu biji di yakini memiliki sifat alami sebagai anti-diabetes yang berguna dalam membantu tubuh dalam mengatur kadar gula dalam darah tetap normal. Hal lain yang bermanfaat dari daun jambu biji yaitu di buktikan oleh suatu penelitian yang menyatakan bahwa daun jambu biji memiliki khasiat dalam menghambat enzim alpha-glucosidase yang berpotensi menghambat penyerapan kadar glukosa dalam darah.

Berikut adalah salah satu cara dalam mengolah dan jambu biji untuk di jadikan sebagai alternatif alami untuk membantu pengobatan pada penderita diabetes. Pertama adalah siapkan beberapa lembar daun jambu biji (4-5 lembar daun). Cuci daun jambu biji hingga benar benar bersih kemudian haluskan daun dengan cara di cincang kasar. Setelah itu, seduh daun yang sudah di cincang dengan menggunakan 1 gelas air hangat dan diamkan hingga 5 menit. Gunakan ramuan tersebut dengan cara di minum sebanyak 2 kali dalam sehari dan bisa di lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu. Konsumsi daun jambu biji yang berlebihan di takutkan akan menimbulkan sembelit, selain itu cara ini khanya bersifat alternatif yang fungsi hanya membantu, jadi selebihnya juga mengikuti saran medis atau dokter sebagai alternatif utama untuk penyembuhan diabetes.

4.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C serta senyawa flavonoid berupa quercetin yang terdapat pada daun jambu biji sangat bermanfaat untuk kita jaikan sebagai minuman sehat untuk meningkatkan saya tahan tubuh kita atau kata lainnya adalah memperkuat sistem imun tubuh. Senyawa flavonoid serta vitamin C yang di maksud, dapat berfungsi sebagai antioksidan alami yang sangat kuat untuk menjaga tubuh dari bahaya paparan radikal bebas yang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Dengan begitu tubuh kita akan lebih sehat serta terjaga dengan baik.

Semua manfaat tersebut bisa kita rasakan dengan memanfaatkan daun jambu biji. Ya, hanya dengan memanfaatkan daun jambu biji, caranya sangat mudah dan bisa kita lakukan sendiri tanpa harus merasa repot.

Pertama pastikan sudah kita siapkan sebanyak 3 lembar daun jambu biji dengan ukuran sedang (pilih yang masih muda). Setelah itu cuci daun jambu biji hingga benar benar bersih kemudian cincang kasar. Daun yang sudah di cincang kasar kemudian di seduh menggunakan 1 gelas air hangat lalu biarkan selama 5 menit. Setelah 5 menit aduk air seduhan yang juga bisa kita sebut sebagai teh daun jambu lalu minum. Lakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk menambah asupan nutrisi oleh tubuh sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh kita bisa lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Hal yang perlu di perhatikan adalah jangan pernah mengkonsumsi daun jambu biji terlalu sering atau berlebihan. Karena di takutkan hal tersebut berisiko menyebabkan terjadinya sembelit.

5.Menjaga Kadar Kolesterol

Satu lagi manfaat dari daun jambu biji yang bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan adalah dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Hal tersebut di dukung oleh adanya sebuah penelitian terbaru yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi teh dari daun jambu biji akan sangat bermanfaat dalam menjaga serta mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh, yang berguna untuk mencegah terjadinya risiko penyakit jantung dan beberapa penyakit lainnya yang bisa di akibatkan oleh kadar kolesterol berlebih dalam tubuh.

Sedangkan cara yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan manfaat tersebut yaitu dengan mengolah daun jambu biji secara alami menjadi minuman dalam bentuk teh yang caranya sudah kita jelaskan sebelumnya. Konsumsi teh daun jambu biji bisa kita lakukan secara teratur sebanyak 1 kali dalam sehari dan bisa kita ulangi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.Lakukan cara tersebut dengan benar asalkan teratur dan tidak berlebih guna mendapatkan hasil yang optimal dan juga menghindari resiko lain yang bisa terjadi seperti sembelit, hal ini juga sudah kita tekankan berkali kali sebelumnya. Dan untuk selebihnya kita bisa menggunakan cara medis atau dokter untuk menurunkan kadar kolesterol bagi para penderita kolesterol tinggi.

KECANTIKAN

Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa saja manfaat daun jambu biji untuk kesehatan. Berikut akan kami informasikan beberapa manfaat dari daun jambu biji yang berkhasiat untuk merawat kecantikan. Bisa di pastikan informasi berikut ini akan sangat berguna bagi kita semua.

1.Anti Penuaan

Kita mungkin sudah tau atau mengenal apa itu anti penuaan. Bisa di katakan anti penuaan adalah sifat alami dari senyawa antioksidan termasuk antioksidan yang terdapat pada daun biji, di mana senyawa antioksidan tersebut bermanfaat dalam mengatasi berbagai masalah pada kulit yang di sebut dengan gejala penuaan seperti kulit kendur, timbulnya garis garis halus serta kerutan pada kulit, menurunnya elastisitas kulit, serta proses pigmentasi yang dapat menyebabkan warna kulit tidak merata juga noda hitam yang sulit di hilangkan. Semua hal tersebut merupakan gejala penuaan pada kulit yang penyebab utamanya bisa berasal dari adanya paparan radikal bebas terhadap kulit.

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mencegah tersebut, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur dan juga buah, kurangi aktivitas di luar rumah jika hal itu di perlukan, lakukan perawatan kulit yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit, salah satu perawatan yang baik untuk kulit adalah dengan memanfaatkan bahan bahan alami atau dengan produk produk kecantikan yang kandungannya sudah di pastikan baik untuk kulit serta halal.

Dan berikut adalah beberapa cara alami atau tips memanfaatkan daun jambu biji sebagai perawatan kulit alami yang berfungsi untuk melawan penuaan.

Caranya :
  • Siapkan sebanyak 7 lembar daun jambu biji ukuran sedang.
  • Kemudian cuci hingga bersih.
  • Lalu rebus dengan menggunakan 2 gelas air atau sebanyak 400 ml.
  • Biarkan hingga mendidih kemudian angkat dan dinginkan.
  • Gunakan air rebusan tersebut sebagai toner pada wajah atau untuk mencuci muka.
  • Lakukan cara tersebut secara rutin sebelum tidur, dan bisa di lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.
Cara tersebut akan sangat bermanfaat dalam menjaga kondisi kulit serta mampu menjadikan kulit lebih kencang serta sehat terawat.

2.Mengobati Jerawat

Sudah bisa di pastikan jika hampir semua orang mengetahui apa itu jerawat. Hanya saja oleh sebagain orang malah membiarkannya tanpa di lakukan perawatan untuk mengatasi hal tersebut, hal ini biasanya di lakukan oleh seseorang yang tidak terlalu memikirkan penampilan. Sedangkan pada sebagian orang lainnya justru merasa jengkel dengan adanya jerawat yang timbul di wajah dan berusaha untuk menghilangkannya. 

Berikut ini adalah beberapa cara atau tips mudah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi timbulnya jerawat di wajah, yaitu dengan menggunakan daun jambu biji.

Selain di lakukan dengan cara yang telah di sebutkan di atas, cara lainnya adalah dengan membuat masker wajah dari bahan daun jambu biji. Bagaimana caranya? Berikut.

Pertama siapkan beberapa lembar daun jambu biji, gunakan sesuai dengan yang anda butuhkan. Kemudian cuci bersih daun jambu, lalu haluskan dengan cara di tumbuk. Hasil daun jambu biji yang telah di haluskan bisa kita gunakan dengan cara meng-aplikasikannya sebagai masker pada wajah. Oleskan secara merata dan lembut terutama pada area wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan kurang lebih hingga 15 menit kemudian bilas wajah hingga bersih. Cara ini bisa kita lakukan secara rutin di malam hari sebelum tidur.

3.Mencerahkan Wajah

Selain mengobati jerawat, daun dari jambu biji juga sangat berkhasiat dalam mencerahkan kulit yang kusam dan lelah. Jika anda ingin mencoba, berikut akan kami uraikan cara alami memanfaatkan daun jambu biji untuk mencerahkan kulit utamanya wajah.

Kandungan antioksidan serta vitamin C yang terkandung pada daun jambu biji sangat berkhasiat dalam menjaga kondisi atau kesehatan dari kulit kita. Kandungan antioksidan sudah di pastikan bisa meredam bahaya radikal bebas terhadap kulit seperti yang telah di jelaskan di atas, sedangkan vitamin C yang cukup tinggi pada daun jambu biji berguna untuk mencegah proses terjadinya pigmentasi pada kulit. Proses pigmentasi dapat berpengaruh pada timbulnya noda hitam serta dapat menyebabkan warna kulit tidak merata.

Adapun cara untuk mengatasi hal tersebut, kita hanya cukup melakukan beberapa cara dengan memanfaatkan daun dari jambu biji.

Pertama siapkan daun jambu biji secukupnya, kenapa tidak di jelaskan berapa jumlah tepatnya, karena saya rasa saya tidak bisa memeperkirakan jumlah sesuai untuk masing masing orang, dalam kata lain sebagian orang munngkin akan membutuhkan daun lebih banyak atau lebih sedikit. Kedua, pastikan daun jambu biji yang akan kita gunakan sudah di cuci terlebih dahulu sebelum di gunakan. Setelah di cuci bersih, haluskan daun jambu biji sampai membetuk pasta atau seperti krim, kemudian oleskan secara merata pada wajah secara lembut dan diamkan kurang lebih 15-20 menit. Waktu terbaik untuk melakukan perawatan ini adalah sebelum mandi atau sebelum waktu tidur.

4.Mencegah Rambut Rontok

Anda tidak suka rambut anda mengalami kerontokan? Saya rasa semua orang juga akan begitu, baik itu perempuan atau pun pria. Hanya saja sebagian orang tidak tau bagaimana cara mengatasi masalah tersebut selain datang ke salon kecantikan.

Jika anda menginginkan solusi untuk hal tersebut. Bisa jadi informasi berikut ini akan sangat berguna bagi anda, yaitu cara alami mengatasi serta mencegah rambut rontok dengan memanfaatkan daun dari jambu biji.

Caranya adalah siapkan 10-15 lembar daun jambu biji yang masih segar. Kemudian cuci bersih dan rebus menggunakan dengan 1 liter air dan biarkan hingga mendidih. Jika sudah mendidih angkat kemudian biarkan hingga dingin. Gunakan air rebusan tersebut dengan cara di terapkan pada kepala, pastikan kondisi kepala sudah dalam keadaan bersih. Diamkan kurang lebih 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lalukan cara ini secara rutin, sampai masalah tersebut bisa teratasi.

EFEK SAMPING

Penggunaan daun jambu biji dengan cara di konsumsi akan berpotensi menimbulkan resiko berupa sembelit. Namun hal tersebut dapat terjadi jika konsumsi kita terlalu sering atau berlebihan. Sebaliknya, jika kita lebih bijak serta mengetahui jumlah yang sesuai atau memastikan bahwa kita hanya menggunakan daun jambu biji secukupnya saja, maka efek samping yang di maksud tentu tidak akan terjadi dengan kata lain daun jambu biji yang kita konsumsi tidak akan menimbulkan efek samping.

TIPS MEMILIH DAUN JAMBU BIJI YANG BAIK

Sekilas informasi ini memang tidak begitu terlalu penting, namun tidak ada salahnya jika saran ini kita ikuti yang gunanya untuk mendapatkan manfaat yang benar benar maksimal serta aman untuk tubuh kita.

Untuk konsumsi langsung, sebaiknya kita memilih daun jambu biji yang muda, pastikan daun yang kita pilih masih utuh dan terbebas dari adanya hama. Kita bisa mencuci daun jambu hingga bersih kemudian mengkonsumsinya secara langsung. Cara ini memang sedikit tidak enak, khususnya dalam masalah rasa, namun bisa di pastikan bahwa cara ini merupakan cara paling alami serta manfaatnya yang juga lebih optimal.

Sedangkan untuk daun jambu biji yang akan kita gunakan sebagai bahan teh atau masker, sebaiknya kita memilih daun yang umur dan ukurannya sedang, piling daun yang tidak terlau tua dan juga tidak terlalu muda, ukuran daunnya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil serta masih dalam keadaan segar dan utuh, tidak terdapat lubang di bagian daun, daunnya tidak cacat, dan juga bebas dari adanya hama.


Itulah beberapa informasi dari manfaat daun jambu biji yang bisa saya rangkum untuk menjawab pertanyaan anda mengenai apa saja manfaat dari daun jambu biji. Semoga informasi tersebut bisa berguna serta bermanfaat baik bagi kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top