Informasi Menarik Sehat & Cantik

59 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan dan Kesehatan -  Jeruk Nipis boleh kita bilang sebagai buah kecil dengan sejuta manfaat. Dalam dunia kecantikan buah ini sangat berguna seperti untuk mencerahkan atau memutihkan kulit, menghilangkan jerawat, mengontrol kulit berminyak, menghilangkan komedo serta kulit kasar. Sedangkan dalam dunia kesehatan, tanaman ini lebih banyak di jadikan obat alami atau herbal yang kaya akan manfaat seperti menyembuhkan batuk, sariawan, bahkan juga bisa membantu kita untuk diet atau penurunan berata badan. Ingin tau lebih lanjut manfaat jeruk nipis, berikut ulasannya.

Jeruk nipis memiliki ciri fisik dengan bentuk buahnya yang bulat sampai bulat telur dengan warna hijau atau hijau kekuningan serta warna daging putih kekuningan yang banyak mengandung minyak atsiri.

59 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kecantikan Dan Kesehatan
Buah asam ini, memiliki aroma yang khas serta kharum, hal itu juga yang membuat buah yang satu ini banyak di manfaatkan untuk bahan tambahan pada berbagai kuliner di Nusantara, yang biasanya bertujuan untuk memperkuat rasa masakan, menambah aroma masakan, serta menghilangkan rasa amis pada masakan.

Sedangkan untuk di luar itu, buah kecil yang satu ini juga sering di gunakan dalam dunia pengobatan tradisional atau bisa di bilang sebagai herbal alami. Salah satu contohnya yaitu untuk pengobatan batuk, sakit tenggorokan, sariawan dan lainnya.

Manfaat lainnya yaitu banyaknya buah jeruk nipis yang ternyata bisa di manfaatkan untuk perawatan kecantikan, hal ini sekaligus telah di buktikan dengan keluarnya berbagai produk produk kecantikan yang menggunakan buah jeruk nipis sebagai bahan utamanya.

Untuk lebih deteilnya serta memperjelas informasi yang telah di sebutkan di atas, berikut ini beberapa ulasan lengkap mengenai manfaat buah jeruk nipis untuk kesehatan dan juga kecantikan lengkap dengan kandungan nutrisinya.

NUTRISI

Hal pertama yang akan kita bahas adalah mengenai kandungan nutrisi pada buah jeruk nipis. Informasi yang tak kalah penting dan juga perlu di simak oleh kita semua, beikut uraiannya.

VITAMIN C

1 buah jeruk nipis dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin C setidaknya 25-30% untuk asupan harian. Di mana dalam 1 buah jeruk nipis ukuran sedang (67 g), di dapatkan sumber vitamn C sebanyak 30,7 mg (32%).

Di mana vitamin C bagi tubuh dapat sngat bermanfaat sebagai nutrisi alami yang mampu berperan sebagai antioksidan alami untuk menghindarkan tubuh dari bahaya paparan radikal bebas sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh lebih sehat dan terhindar dari serangan berbagai penyakit dan juga virus.

VITAMIN JERUK NIPIS

Berbeda dengan sebelumnya di sini akan di jelaskan lebih rinci kandungan vitamin pada buah jeruk nipis secara keseluruhan.

Salah satunya adalah vitamin B, yang terdiri dari vitamin B-1 (thiamin), vitamin B-3 (niacin), vitamin B-5 (asam pantotenat), dan juga vitamin B-6 (piridoksin).

Selain itu juga terdapat asam folat (Vitamin B-9), kolin dan juga vitamin A dengan kadar 13 IU. Di mana dari semua jenis vitamin yang telah di sebutkan sangat penting bagi tubuh yang sangat berguna sebagai asupan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, termasuk sumber antioksidan serta vitamin yang lengkap.

MINERAL

Beberapa kandungan mineral yang terkandung pada satu buah jeruk nipis yaitu 15 mg kalsium, 5 mg magnesium, dan juga 8 mg mineral kalium.

Selain itu buah ini juga mengandung mineral fosfor dan juga zat besi yang tidak kalah pentingnya bagi tubuh untuk mendukung kesehatan.

Beberapa kandungan nutrisi dari per 100 gram buah jeruk nipis :

Energi 37 kal
Karbohidrat 12.3 g
Lemak 0.1 g
Protein 0.8 g
Vitamin C 27 mg
Vitamin B-1 0.04 g
Kalsium 40 mg
Fosfor 22 mg
Zat Besi 1 mg

Itulah uraian beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada 100 gram buah jeruk nipis, dan sekaligus sebagai informasi tambahan untuk melengkapi informasi sebelumnya yang telah di jelaskan di atas.

MANFAAT JERUK NIPIS

Hal selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah informasi mengenai manfaat dari jeruk nipis. Apa saja manfaatnya? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk kita semua.

5 MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK KECANTIKAN

Inilah beberapa mnafaat jeruk nipis yang sangat berguna untuk merawat kecantikan.

1.Mengatasi Kulit Kusam

Masalah kulit kusam saya yakin merupakan salah satu jenis masalah kulit yang sering kita temui bahkan kita sendiri pun pernah mengalaminnya, termasuk saya.

Sebagian orang mungkin cuek dengan masalah tersebut, tapi mungkin juga tidak bagi seseorang yang benar benar menjaga penampilan fisiknya yang meliputi kecantikan kulit dan wajah. Banyak sebagian orang bahkan rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit hanya untuk melakukan perawatan ke salon salon kecantikan atau bahkan membeli berbagai macam produk produk kecantikan yang bertujuan untuk mengatasi masalah kulit kusam yang mereka miliki. Cara tersebut mungkin bisa di bilang efektif, namun di sisi lain perawatan dengan cara ke salon memebutuhkan rupiah yang boleh kalo saya bilang FANTASTIS, dalam artian dapat menguras dompet.

Dan sebagai saran, sebenarnya ada cara alami yang bisa kita lakukan dengan mudah untuk mencegah bahkan mengatasi masalah kulit yang kusam.

Mulai dengan cara mencegah, pertama hindari aktivitas di luar rumah terlalu lama atau terlalu sering, kedua, perbanyak konsumsi cairan atau mineral yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, pastikan waktu istirahat kita cukup, karena pola tidur atau istirahat yang tidak teratur akan sangat berpengaruh besar pada kondisi kulit, Perbaiki asupan gizi harian dengan memperbanyak konsumsi buah dan juga sayur, terakhir gunakan pelembab atau sunblok yang sesuai dan cocok untuk jenis kulit saat kita inngin bepergian ke luar rumah.

Ada beragam cara alami yang bisa kita gunakan untuk mencerahkan kulit kusam, yaitu dengan memanfaatkan bahan bahan alami seperti jeruk nipis, atau jenis buah buahan lainnya seperti tomat, lemon, buah apel dan mungkin masih banyak lagi.

Yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana cara mencerahkan kulit kusam menggunakan jeruk nipis. Pertama siapkan 1 buah jeruk nipis lalu belah dua dan peras airnnya. Setelah itu gunakan sari jeruk nipis tersebut pada wajah yang sebelumnya telah di bersihkan kemudian diamkan kurang lebih selama 15 menit. Untuk sedikit mengurangi efek iritasi jika jenis kulit anda termasuk kulit yang sensitif, bisa kita tambahkan sedikit madu pada perasan jeruk nipis tersebut. Setelah menunggu 15 menit kemudian bilas wajah hingga bersih dan keringkan menggunakan handuk. Cara ini sangat efektif di lakukan di malam hari sebelum tidur.

2.Mengatasi Jerawat Dan Noda Hitam

Jerawat dan noda hitam merupakan dua masalah kulit yang sering terjadi secara bersamaan, noda hitam pada wajah bisa timbul akibat dari bekas jerawat atau juga akibat dari proses pigmentasi pada kulit yang dapat membuat warna kulit menjadi tidak rata.

Kenapa? Kandungan vitamin C pada buah jeruk nipis merupakan antioksidan alami yang bisa mencerahkan wajah serta menghambat proses pigmentasi pada kulit, seperti yang telah di jelaskan di atas.

Caranya yaitu dengan menggunakan perasan sari jeruk nipis dari 1 buah jeruk nipis, kemudian campurkan dengan 1-2 sendok yoghurt, susu, atau madu. Campurkan bahan bahan tersebut secara merata dan aplikasikan pada wajah selama 15 menit. Setalhnya bilas wajah hingga bersih kemudian keringkan.

Selain menggunakan bahan campuran seperti yang telah di sebutkan, kita juga bisa menggunakan sari jeruk nipis secara alami atau tanpa adanya tambahan bahan campuran lainnya. Hal ini juga efektif dalam mengurangi tampilan noda hitam serta mencegah timbulnya jerawat.

3.Melembabkan Kulit Dan Mengecilkan Pori

Kulit kering, pori pori kulit besar, serta kulit kasar merupakan salah satu masalah kulit yang tidak di sukai oleh para wanita. Apakah pria juga? Bisa saja, termasuk saya.

Masalah tersebut tentu sangat mengganggu bagi kita yang mengalaminya, hal tersebut sekaligus merupakan tanda bahwa kulit kita tidak sehat atau dalam kondisi yang kurang baik atau kurang terawat. Bahkan sebagian jenis perawatan yang di lakukan oleh kita mungkin masih belum berhasil dan tidak menghasilkan efek yang sama sekali tidak memuaskan.

Berikut beberapa informasi tentang tips bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan buah jeruk nipis. Caranya sangat mudah dan bisa kita lakukan sendiri di rumah. Pertama siapkan setidaknya 1 buah jeruk nipis ambil airnya. Gunakan air jeruk nipis bersamaan dengan bahan campuran berupa 1 genggam scrub beras yang sebelumnya telah di rendam semalaman dan di haluskan. Gunakan kedua bahan tersebut dengan di campur rata dan aplikasikan pada wajah dengan pijatan lembut, setelah beberapa menit bilas wajah menggunakan air dingin. Cara ini sangat baik di gunakan sebelum waktu mandi.

4.Anti Penuaan

Siapa sangka jika buah kecil yang satu ini sangat berguna untuk mencegah proses penuaan pada kulit. Hal tersebut di karenakan adanya senyawa antioksidan yang berasal dari vitamin C pada jeruk nipis.

Di mana jika kita melakukan perawatan menggunakan jeruk nipis secara rutin minimal 2-3 kali dalam seminggu akan membuat kulit kita lebih cerah, mengencangkan kulit, mengilangkan noda hitam, mengecilkan pori kulit, dan juga berguna untuk mengangkat sel sel kulit mati pada kulit utamanya wajah.

Sifat anti-penuaan pada jeruk nipis bekerja dengan cara menghambat proses penuaan yang di sebakan oleh perusakan kulit akibat faktor luar seperti efek buruk sinar matahari dan juga bahaya radikal bebas. Jeruk nipis di percaya dapat menjaga kulit dengan meredam efek buruk dari ke dua faktor tersebut.

Carnya sangat mudah dan praktis, yaitu dengan cukup mnyediakan 1 buah jeruk nipis untuk penggunaan wajah, jika andan menggunakannya untuk seluruh tubuh, anda bisa menggunakan lagi tambahan buah jeruk nipis sesuai dengan keutuhan anda masing masing. Setelah itu ambil hanya bagian air dari jeruk nipis lalu oleskan pada wajah dan biarkan kurang lebih 15 menit sampai kering. Setalh itu cuci wajah hingga bersih dan lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu sebelum waktu tidur.

5.Menghilangkan Ketombe

Fungsi yang satu ini mungkin sudah banyak di ketahui oleh banyak oleh banyak orang. Hal tersebut bisa di bilang karena banyaknya jenis jenis produk sampho dengan kandungan bahan jeruk nipis yang biasanya merupakan produk sampho anti ketombe.

Salah satu pnyebab ketombe yang umum adalah kondisi kulit kepala yang kering, terlalu sering keramas atau sebaliknya yaitu kurangnya penjagaan kebersihan kepala dengan jarangnya intensitas keramas yang anda lakukan.

Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 buah perasan air jeruk nipis ke dalam 500 ml air hangat kemudian aplikasikan kepada rambut dan kulit kepala. Air yang kita gunakan adalah air hangat bukan air panas jadi perlu sedikit di perhatikan. Setelah itu diamkan selama beberapa menit bisa antara 3-5 menit kemudian bilas dengan sampho hingga bersih, gunakan shampo yang cocok untuk jenis kulit kepala kita. lakukan cara ini minimal 1 x dalam seminggu untuk hasil yang baik dan secara berkala.

9 MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK KESEHATAN

Berikut ini adalah beberapa manfaat atau khasiat dari jeruk nipis yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh dalam menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan.

1.Meningkatkan Daya tahan Tubuh

Buah jeruknipis kaya akan vitamin C yang sangat berguna untuk menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh lebih fit serta terjaga dari berbagai risiko penyakit.

Daya tahan tubuh bisa kita sebut sebagai sistem imun tubuh, atau sitem pertahanan tubuh di mana peranannya sangat penting dan di perlukan oleh tubuh semua manusia. Kenapa begitu? hal tersebut karena fungsinya yang vital, sistem imun pada tubuh manusia utamanya menjaga tubuh agar tetap dalam kondisis yang prima atau fit, sistem imun tersebut dapat menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit, jadi bisa di pastikan jika kita secara rutin dan teratur mengkonsumsi buah kecil yang satu ini, maka secara tidak langsung tubuh hal tersebut juga akan mendukung serta meningkatkn daya tubuh anda dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa di akibatkan oleh virus, aktivitas padat, paparan radikal bebeas, atau kondisis cuaca yang tidak menentu.

2.Demam

Demam merupakan kondisi tubuh yang di akibatkan oleh suatu penyakit atau pun peradangan, atau dalam istilah lain demam merupakan salah satu tanda atau fungsi pertahanan tubuh terhadap suatu penyakit. Demam umunya terjadi dengan di tandai meningkatknya suhu tubuh melebihi batas normal. Sedangkan pada kondisi terparah yaitu demam yang terjadi secara berkepanjangan dapat berisiko menyebabkan sawan atau kejang yang biasanya hal ini sering di alami oleh usia anak anak.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan demam yaitu terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari, ternjadinya infeksi suatu virus atau bakteri, gigitan nyamuk seperti DBD, dan masih bnayak lagi lainnya.

Meskipun demam bisa hilang dengan sendirinya bukan demam yang kita alami tidak memerlukan tindakan sma sekali. Kita bisa melakukan beberapa hal di mana yang fungsinya adalam membantu meringankan gejala serta memepercepat penyembuhan. Pertama adalah perbanyak konsumsi cairan guna melindungi tubuh dari dehidrasi, kedua lakukan kompres menggunakan air hangat atau suam kuku, kennapa tidak menggunakan air dingin? Jawabannnya adalah air dingin hanya bisa menurunkan suhu tubuh untuk sesaat atau sementara saja, jadi akan lebih baik menggunakan air hangat. Ketiga maksimalkan waktu istirahat, bagi penderita demam sebagikanya lebih banyak istirahat dan sedikit kurangi aktivitas utamanya aktivitas di luar rumah, ke-empat yaitu perbaiki pola makan dan juga asupan gizi harian kita, minum obat penurun panas atau lebih mudahnya lagi konsultasikan ke ahli medis atau dokter jika di perlukan.

Cara alami mengatasi demam menggunakan jeruk nipis yaitu adalah dengan meminum sari jeruk nipis atau dengan fungsi yang sama yaitu air perasan lemon, kita bisa mengolah kedua bahan tersebut dalam bentuk jus se-alami mungkin. Minum minimal 1 kali dalam sehari dan lakukan hingga demam benar benar sembuh.

3.Meringankan Asam Urat

Tantu semua orang sudah tau apa itu asam urat. Kadar asam urat dalam plasma darah dapat di jadikan sebagai indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh. Selain itu kadar asam urat yaang tinggi dapat meningkatkan resiko penyebab batu ginjal.

Jadi jangan pernah sepelekan apa itu asam urat. Berikut ada beebrapa contoh jenis makan yang baik untuk penderita asam urat dan berkhasiat meringankan gejala dari asam urat, yaitu konsumsi makanan yang mengandung potassium tinggi seperti tomat, kentang, buah pisang dan juga yoghurt. Perbanyak asupan vitamin C yang bisa kita peroleh dari makanan berupa buah jeruk dan juga pepaya. Kurangi asupan karbohidrat sederhana serta tingkatkan konsumsi karbohidrat kompleks seperti singkong, nasi atau roti.

Beberapa jenis buah dan sayur yang berkhasiat menurunkan asam urat yaitu, buah naga, belimbing wuluh, sawi hijau dan putih, tomat, sereh, labu kuning, dan jahe.

Cara mengatasi asam urat dengan memanfaatkan jeruk nipis yaitu dengan meningkatkan konsumsi buah jeruk nipis atau juga lemon yang bisa kita lakukan secara rutin dengan mengolah kedua bahan tersebut ke dalam bentuk jus jeruk nipis atau lemon se-alami mungkin.

4.Mengobati Batuk

Mnafaat jeruk nipis sebagai herbal alami untuk mengatasi gejala batuk mungkin sudah umum dan sering terdengar oleh telinga kita.

Dan disini hal tersebut akan kita lebih dalami dengan menambahkan beberapa informasi seperti apa saja penyebab batuk dan juga bagaimana cara tepat untuk mengatasinya.

Perlu di ketahui jika batuk bukanlah merupakan suatu penyakit tapi bisa jadi batuk merupakan gaejala dari suatu penyakit atau reaksi tubuh akibat adanya infeksi pada saluran pernapasan atau tenggorokan.

Adapun bebrapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya batuk yaitu infeksi pada saluran pernapasan seperti flu, alergi, tersedak, atau adanya benda asing yang terdapat pada saluran pernapasan.

Salah satu cara alami untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Langkah langkahnya sebagai berikut pertama siapkan 1 buah jeruk nipis dan peras airnya, tambahkan sedikit madu dan juga garam, kemudian konsumsi secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari, di malam hari cara ini bisa di lakukan sebelum tidur.

5.Meringankan Gejala Radang Sendi

Radang sendi di sebut juga sebagai arthritis yaitu suatu penyakit di mana terjadinya peradangan pada daerah persendian yang di sertai rasa sakit atau nyeri, pembengkakan, serta sendi yang terasa kaku dan menyebabkan terbatasnya tubuh untuk berbegerak.

Penyebab dari penyakit ini adalah tidak lain karena adanya infeksi pada persedian atau juga kadar asam urat yang tinggi pada tubuh.

Di sini akan kita jelaskan bagaimana cara mengatasi hal tersebut dengan menggunakan jeruk nipis. Kenapa jeruk nipis? Buah yang satu ini memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya peradangan terntentu pada tubuh seperti radang sendi atau arthritis. Yang kedua buah jeruk nipis juga mampu menekan serta mengurangi kadar asam urat dalam tubuh yang di sebabkan oleh senyawa berupa asam sitrat yang terkandung dalam buah jeruk nipis. Jadi secara tidak langsung jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya radang sendi.

6.Mencegah Kanker

Kanker termasuk kedalam jenis penyakit yang bersifat kronis atau membahayakan. Sudah sangat banyak kasu kasus kematian di dunia yang penyebabya adalah penyakit yang satu ini. Jadi bagaimana caranya suapaya kita bisa mencegah adanya kanker pada tubuh kita.

Dalam beberapa kasus kanker bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, salah satu penyebab yang umum adalah paparan radikal bebas terhadap tubuh, selain itu hal yang juga berkontribusi terhadap timbulnya sel kanker yaitu, faktor genetika, gaya hidup dan pola makan, merokok, stress dan juga akibat dari reaksi bahan kimia berupa zat karsinogen.

Lalu apa yang membuat jeruk nipis bisa mencegah risiko kanker. Alasannya tidak lain karena buah kecil yang satu ini memiliki kandungan nutrisi berupa antioksidan yang cukup tinggi berupa senyawa flavonoid, zat liminoid serta vitamin C. Dari semua kandungan nutrisi tersebut, buah jeruk nipis akan sangat bermanfaat bagi tubuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, serta melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat memicu kanker.

7.Baik Untuk Ginjal

Mengkonsumsi perasan air jeruk nipis secara rutin di percayai dapat menjaga kesehatan ginjal. Di mana kandungan asam sitrat yang terkandung pada buah jeruk nipis berguna untuk mencegah proses pengikatan mineral yang berfungsi dapat memperingan kerja ginjal.

Sifat disinfektan alami pada jeruk nipis dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih, dengan begitu jeruk nipis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran kemih.

Hal tersebut juga di tunjang dengan adanya kandungan mineral kalium yang secara alami dapat menguraikan adanya endapan atau zat beracun pada ginjal dan juga kandung kemih.

8.Baik Untuk Penderita Diabetes Dan Darah Tinggi

Buah jeruk termasuk kedalam jenis buah yang di katakan dapat sangat baik dalam mencegah terjadinya dia betes serta mampu mencegah risiko darah tinggi.

Buah jeruk nipis berkhasiat dalam menjaga penyerapan tubuh terhadap gula sehingga mampu mengontrol serta mencegah terjadinya lonjakan kadar glukosa dalam darah. Hal ini juga berkaitan erat dengan indeks glikmik rendah yang terdapat pada buah jeruk nipis, seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, hal tersebut sangat bermanfaat dalam mencegah lonjakan kadar glukosa dalam darah.

Sedangkan di sisi lain, kandungan berupa mineral berupa kalium pada buah jeruk nipis di klaim sebagai kandungan mineral yang dapat mencegah terjadinya naiknya tekanan darah dalam tubuh atau hipertensi. Bisa di simpulkan bahwa buah ini juga memiliki manfaat yang sangat berguna untuk para penderita hipertensi atau darah tinggi.

9.Mengatasi Sakit Gigi

Semua orang sudah mengenal betul gejala yang satu ini. Sakit gigi adalah suatu kondisi di mana gigi akan terasa sakit dan nyeri. Hal ini biasanya di sebabkan oleh adanya masalah pada gigi dan juga rahang pada mulut. Penyakit ini juga di klaim sebagai penyakit yang dapat menganggu tidur dan membuat tidur jadi tidak nyenyak.

Cara alami untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memanfaatkan perasan 1 buah air jeruk nipis dengan 1/2 gelas air hangat dan tambahan sedikit garam. Gunakan air tersebut untuk berkumur dan lakukan secara rutin 2-3 kali dalam sehari. Lakukan cara tersebut setiap hari hingga sakit pada gigi benar benar sembuh.

DIET

Buah Jeruk nipis juga bisa di manfaatkan dalam menurunkan berat badan atau diet. Salah satu manfaatnya yaitu dapan membakar lemak dalam tubuh sehingga berpotensi dapat menurunkan berat badan berlebih.

Verikut adalah rutinitas harian yang bisa anda lakukan untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan jeruk nipis.

Gunakan air perasan jeruk nipis dari 1/2 jeruk nipis yang di campurkan pada segelas air hangat. Gunakan air tersebut sebagai minuman wajib yang bisa kita konsumsi di pagi hari. Untuk sedikit menambah fariasi, rasa, dan juga manfaat lebih. Kita bisa menambahkan sedikit tambahan madu pada minuman tersebut.

Jika hal tersebut di lakukan secara rutin, maka bukan tidak mungkin tubuh anda akan lebih cepat dalam mengurangi kadar lemak dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga pencernaan agar selalu dalam kondisi sehat.

EFEK SAMPING

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk mengkonsumsi buah jeruk nipis.

Pertama adalah jeruk nipis dapat menimbulkan sensitifitas pada kulit apa bila terpapar langsung dengan sinar matahri, hal ini biasanya terjadi pada penggunaan air jeruk nipis secara langsung pada kulit khususnya kulit yang sensitif.

Yang kedua dapat menyebabkan rasa perih pada daerah sekitar mulut dan juga lidah. Hal tersebut hanya terjadi pada sebagian orang dengan yang memiliki sensitifitas terhadap asam. Jadi alangkah bijaknya jika kita mengenali terlebih dahulu jenis kulit kita sebelum mengkonsumsi jeruk nipis atau melakukan perawatan dengan menerapkan air jeruk secara langsung pada kulit.

Cara alami untuk sedkikit mengurangi efek sensitifitas dari sari jeruk nipis yaitu dengan mencampurnya dengan beberapa bahan alami seperti madu. sifat madu dapat meminimalkan efek sensistif yang bisa di sebabkan oleh air dari perasan jeruk nipis.


Itulah beberapa informasi yang menjelaskan beberapa manfaat dari jeruk nipis yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan serta merawat kecantikan. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : buah
Back To Top