Informasi Menarik Sehat & Cantik

12 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Kulit Wajah & Kesehatan

Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi) yang juga di kenal dengan banyak sebutan seperti belimbing sayur atau belimbing asam. Dan sesuai dengan sebutan tersebut buah ini banyak di manfaatkan sebagai sayur atau tambahan dalam suatu masakan yang cukup banyak di gunakan di Indonesia. Di mana hal tersebut bertujuan untuk menambah cita rasa terhadap suatu masakan serta mampu menghilangkan bau amis pada beberapa jenis masakan berupa daging atau ikan yang dapat menimbulkan aroma amis.

12 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Kulit Wajah & Kesehatan

Belimbing wuluh termasuk kedalam jenis tanaman atau pohon kecil dengan sedikit cabang. Di katakan bahwa pohon ini berasal dari kepulauan Maluku. Buah belimbing memiliki bentuk lonjong serta memanjang dengan warna hijau kekuningan. Selain rasanya yang masam buah ini juga memiliki kandungan air yang cukup banyak yang selain di jadikan sebagai bumbu masak, buah ini juga banyak di pergunakan sebagai bahan dalam pembuatan jamu tradisional.

KANDUNGAN NUTRISI

Berikut ini adalah beberapa uraian dari kandungan nutrisi yang terdapat pada buah belimbing. Dan sama seperti kandungan kandungan nutrisi yang terdapat pada bahan alami lainnya, kandungan nutrisi pada buah belimbing juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Apa saja kandungan nutrisinya? Berikut uraiannya.

Kandungan gizi per 100 g belimbing wuluh :

Air (94.7 g)
Tiamin/vit.B1 (0.010 mg)
Riboflavin/vit.B2 (0.026 mg)
Niasin/vit.B3 (0.302 mg)
Asam askorbat/vit.C (15.5 mg)
Serat (0.6 g)
Protein (0.61 g)
Fosfor (11.1 mg)
Kalsium (3.4 mg)
Zat besi (1.01 mg)
Karatenoid (0.035 mg)

Dari uraian yang telah di sampaikan di atas, bisa kita ketahui jika buah belimbing wuluh kaya akan kandungan air serta vitamin C yang cukup tinggi jika di lihat dari buahnya yang kecil. Dari semua kandungan nutrisi yang ada pada buah tersebut, sangat bermanfaat bagi tubuh dalam menunjang kesehatan serta membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

MANFAAT BELIMBING WULUH BAGI KESEHATAN

Untuk informasi selanjutnya yang akan kita bahas adalah seputar manfaat dan juga khasiat dari buah belimbing wuluh yang di percaya baik untuk kesehatan.

1.Obat Batuk Alami

Batuk merupakan suatu kondisi di akibatkan oleh adanya iritas pada tenggorokan. Faktor umum yang biasanya menjadi penyebab terjadinya batuk yaitu adanya infeksi pada saluran pernapasan seperti flu.

Beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi gejala batuk sekaligus mempercepat penyembuhan yaitu dengan cara beristirahat yang cukup, meningkatkan daya tahan tubuh dengan memperbaiki pola makan serta asupan gizi, serta memperbanyak konsumsi air putih.

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengobati batuk seperti contohnya buah yang satu ini, yaitu belimbing wuluh. Caranya sangat mudah dan bisa kita lakukan sendiri di rumah. Pertama siapkan kurang lebih 2-3 buah belimbing wuluh yang masih segar dan sudah di cuci bersih, iris belimbing tipis tipis dan letakkan ke dalam gelas. Selanjutnya seduh buah belimbing dengan 1 gelas air hangat, biarkan hingga 5 menit, lalu aduk dan minum sebanyak 2 kali sehari pagi dan juga malam hari sebelum tidur.

2.Obat Rematik

Seperti yang kita ketahui, rematik atau yang juga di sebut dengan gejala radang sendi merupakan sejenis penyakit yang terjadi dengan cara menyerang persendian. Penyakit rematik di tandai dengan adanya peradangan pada sendi yang menyebabkan sendi terasa sakit atau nyeri, membengkak serta kaku dan menyebabkan sulit pergerakan oleh tubuh.

Jadi bisa di pastikan bagi kita semua, jika ada di antara kita memiliki masalah berupa rematik atau radang sendi, jangan pernah untuk menyepelekan hal tersebut dan segera di lakukannya tindakkan.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Selain berkonsultasi pada ahli medis, kita juga bisa melakukan terapi terapi ringan menggunakan bahan alami untuk mengatasi serta mempercepat penyembuhan rematik.

Salah satu bahan alami tersebut yaitu buah yang satu ini, buah belimbing. Caranya, gunakan sebanyak 100 g daun belimbing wuluh, kemudian cuci bersih lalu haluskan. Campur daun belimbing yang telah di haluskan dengan kapur sirih secukupnya, dan aduk hingga tercampur rata mirip adonan pasta. Oleskan ramuan tersebut pada bagian yang sakit dan biarkan hingg mengering. Cara ini bisa di lakukan secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari.

3.Obat Sariawan

Mengobati sariawan dengan menggunakan buah belimbing merupakan salah satu cara yang mudah serta alami untuk mengatsi sariawan.

Namun perlu anda sadari terlebih dahulu, bahawa metode ini akan sedikit menimbulkan rasa perih meskipun hal ini hanya berlangsung sementara saja yaitu pada saat pertama kali di gunakan.

Caranya sangat mudah dan bisa kita lakukan sendiri tanpa harus merasa repot. Cukup siapkan 1 buah belimbing yang masih segar lalu belah dan ambil air atau sarinya. Kemudian gunakan air belimbing tersebut pada luka sariawan yang terdapat pada mulut.

Cara lainnya adalah dengan menyiapkan setidaknya 1-2 buah belimbing wuluh yang masih segar dan telah di cuci bersih. Kemudian iris tipis semua belimbing dan letakan dalam gelas, setelah itu seduh buah belimbing menggunakan air hangat dengan sedikit tambahan garam dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu aduk bahan tersebut dan gunakan untuk berkumur. Cara ini sangat efektif di lakukan secara rutin sebanyak 2 kali sehari di pagi dan malam hari.

4.Obat Alami Sakit Gigi

Pernah mengalami sakit gigi, atau mungkin anda sedang mengalami hal tersebut, hal yang mungkin anda rasakan saat mengalami sakit gigi yaitu tersiksa, karena penyakit ini menggangu selera makan serta akan membuat kita kesulitan untuk tidur.

Dan berikut adalah solusi mudah untuk mengatasi penyakit gigi secara efektif dengan menggunakan buah belimbing wuluh.

Caranya cukup siapkan setidaknya 1 buah belimbing wuluh yang masih segar dan telah di cuci sebelumnya. Haluskan belimbing dengan cara di tumbuk lalu tambahkan sedikit garam. Setelah itu gunakan gunakan ramuan tersebut pada bagian gigi yang sakit. Cara tersebut bisa anda lukan secara rutin terutama sebelum tidur.

5.Obat Diabetes

Semua orang mungkin sudah tau apa itu penyakit diabetes. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit berbahaya yang perlu kita waspadai.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya risiko diabetes yaitu dengan menjaga pola hidup dengan cara rajin berolah raga minimal 2-3 kali dalam seminggu selama 30 menit. Kedua yaitu mengatur pola makan yang baik dengan porsi yang tepat dan kandungan nutrisi lengkap serta seusai dengan kebutuhan oleh tubuh, tingkatkan konsumsi buah, menjaga berat badan, hindari makanan dengan kandungan kalori yang tinggi.

Dan kabar baiknya adalah ada cara alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengobati atau mencegah penyakit diabetes yaitu dengan buah belimbing. Meskipun cara ini hanya bersifat sebagai alternatif yang fungsinya hanya membantu, namun tidak ada salahnya untuk kita coba demi kesembuhan diabetes yang di derita.

Caranya siapkan gunakan sebanyak 5 buah belimbing ukuran sedang yang masih dalam keadaan segar. Haluskan buah belimbing lalu seduh menggunakan 150 ml air hangat. Kemudian peras dan ambil air atau sarinya untuk kita minum. Lakukan cara ini secara rutin 1-2 kali dlam sehari.

6.Mencegah Hipertensi

Mengkonsumsi buah belimbing secara rutin di percaya dapat mencegah risiko darah tinggi atau hipertensi.

Cara lain dengan fungsi yang sama yaitu dengan meramu terlebih dahulu buah belimbing menjadi munuman untuk hepertensi. Caranya tidak terlalu berbeda dengan cara mengolah belimbing yang telah di jelaskan sebelumnya. Pertama siapkan 3 buah belimbing yang masih segar kemudian cuci dan iris tipis buah belimbing. Langkah selanjutnya yaitu rebus buah belimbing yang telah di iris tipis menggunakan 300 ml air dan biarkan hingga mendidih dan tersisa sebanyak 200 ml. Gunakan ramuan tersebut dengan cara di minum secara rutin sebanya 1 kali dalam sehari.

7.Mengobati Panu

Panu merupakan salah satu bentuk penyakit kulit yang dapat menyebabkan rasa gatal terutama pada saat kita berkeringat. Panu di sebabkan oleh adanya jamur pada kulit, yang timbul menyerupai bercak bercak yang di sertai rasa gatal.

Bercak bercak yang timbul sebagai panu pada umumnya memiliki warna yaitu putih, kuning, tau merah sesuai dengan jenis kulit dari si penderita.

Untuk pengobatannya, kita bisa lakukan dengan memanfaatkan bahan bahan alami yang ada di sekitar kita. Salah satu contohnya yaitu buah belimbing wuluh. Caranya cukup siapkan sebanyak 10 buah belimbing wuluh yang masih segar, lalu cuci dan haluskan, tambahkan sedikit kapur sirih, aduk rata dan gunakan ramuan tersebut dengan cara di oleskan pada bagian yang terdapat panu. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur sebanyak 2 kali dlam sehari.

MANFAAT BELIMBING WULUH UNTUK KECANTIKAN

Selain di manfaatkan untuk mengatasi berbagai maslah kesehatan, buah ini juga bisa kita pergunakan sebagai bahan alami yang berkhasiat untuk merawat kecantikan serta mengatasi berbagai macam masalah pada kulit. Berikut penjelasa lengkapnya.

1.Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan masalah pada wajah yang sudah banyak di ketahui serta di alami oleh banyak orang. Beberapa hal yang dapat menyebabkan jerawat yaitu kebersihan wajah yang kurang terjaga, minyak berlebih pada wajah, menumpuknya sel kulit mati, hormon yang tidak seimbang, bakteri pada wajah, dan juga akibat pori pori kulit yang tersumbat.

Berikut tips alami untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan rajin menjaga kebersihan dengan cara mencuci wajah dengan tertaur sebanyak 2-3 kali dalam sehari, gunakan sabun yang sesuai serta cocok untuk kulit di saat mencuci wajah, lakukan scrubing minimal 1 kali dalam seminggu guna mengankat sel sel kulit yang mati, perbanyak konsumsi air agar kulit dapat terhidrasi serta menjaga pH kulit tetap seimbang, hindari mencuci wajah terlalu sering karena hal tersebut dapat memperparah timbulnya jerawat.

Tips alami mengatasi jerawat menggunakan buah belimbing wuluh. Pertama hanya perlu untuk menyiapkan 1 atau dua buah belimbing wuluh yang masih segar. Cuci bersih belimbing lalu lumatkan. Hasil darilumatan tersebut bisa gunakan dengan cara oleskan pada bagian wajah yang berjerawat lalu diamkan hingga 15 menit tidak lebih. setelah itu bilas wajah hingga berish. Asal rutin dan teratur, cara ini hanya perlu kita laukan 1 kali dalam sehari yaitu sebelum mandi atau di malam hari sebelum tidur.

2.Mengurangi Komedo

Kandungan vitamin C pada buah belimbing sangat berguna untuk menyamarkan noda hitam pada wajah sekaligus mengurangi tampilan komedo yang mengganggu wajah.

Caranya yaitu dengan menyediakan sekitar 5 buah belimbing wuluh yang masih segar lalu cuci bersih dan haluskan. Gunakan bahan tersebut dengan cara di oleskan secara merata pada wajah dan diamkan hingga 15 menit. Setelah 15 menit, segera cuci wajah dengan air dingin untuk membersihkan sisa sia masker.

3.Mengurangi Kadar Minyak Pada Wajah

Kadar minyak berlebih pada wajah merupakan masalah yang menurut saya sangat sangat mengganggu. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada kebersihan wajah di mana wajah yang mudah berminyak cenderung akan lebih mudah kotor akibat dari debu serta polusi yang menempel di wajah.

Caranya yaitu gunakan sebanyak 5-7 buah belimbing yang masih segar dan sudah di bersihkan sebelumnya. Setelah itu potong buah belimbing wuluh menjadi bagian yang lebih kecil dengan cara di iris tipis setelah itu rendam kedalam 600 ml air hangat. Tambahkan sedikit garam dan biarkan hingga dingin, setelah air dingin gunakan untuk mencuci muka dan diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas kembali dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur yaitu 2 hari sekali.

Jika cara di tersebut di lakukan dengan sesuai, maka bukan tidak mungkin dalam waktu 7-10 kadar minyak pada wajah kita akan sedikit berkurang.

4.Mencerahkan Kulit

Buah belimbing wuluh mengandung vitamin C serta kandungan air yang cukup tinggi. Di mana kandungan air pada buah belimbing dapat memberikan efek hidrasi sehingga kulit akan lebih segar. Lain halnya dengan vitamin C yang ada pada buah belimbing, di mana vitamin tersebut dapat berkhasiat dalam mencerahkan kulit kusam serta mengangkat sel sel kulit yang sudah mati.

Caranya yaitu, gunakan 5 buah belimbing segar lalu cuci hingga bersih. Haluskan buah belimbing wuluh bisa dengan cara manual yaitu di tumbuk atau di blender. Setelah gunakan pada wajah dengan cara di oleskan secara lembut sebagai masker, diamkan selama 15 menit lalu bilas wajah dengan air dingin.

Lakukan cara ini secara rutin sebelum tidur, sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Dengan begitu, secara bertahap wajah anda akan terasa lebih segar dan cerah alami.

5.Menyamarkan Noda Hitam

Salah satu faktor atau penyebab timbulnya noda hitam adalah sinar matahari atau polusi yang dapat memicu terjadinya proses pigmentasi atau pengeelapan pada kulit. Hal tersebut secara tidak langsung dapat menyebabkan kulit jadi kusam, warna kulit tidak merata, serta timbulnya noda atau flek hitam pada kulit atau wajah.

Hal tersebut bisa sedikit kita cegah dan kita atasi dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar. Salah satu contohnya adalah buah belimbing. Di mana kandungan vitamin C pada buah belimbing sangat berguna untuk mencegah proses pigmentasi serta mampu mencerahkan kulit juga menyamarkan noda hitam secara efektif.

Caranya ini mungkin sedikit hampir sama dengan cara cara sebelumnya. Yaitu dengan menggunakan buah belimbing segar sebanyak 4 buah. Kemudian lumatkan dan tambahkan sedikit garam. Campurkan kedua bahan hingga benar benar tercampur rata, lalu gunakan pada wajah yang sudah di bersihkan secara lembut dan perlahan. Tunggu sebanyak 15 menit, dan akhiri dengan  membilas wajah hingga bersih.

Itulah beberapa informasi mengenai apa saja manfaat dari belimbing wuluh. Semoga informasi tersebut bisa berguna serta bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : sayur
Back To Top