Informasi Menarik Sehat & Cantik

8 Manfaat Dan Bahaya Lemak Bagi Tubuh Dan Kesehatan

Manfaat Lemak bagi tubuh sifatnya sangat penting. Hanya saja pada kondisi tertentu lemak akan sangat berpengaruh pada kesehatan dan sering di kaitkan sebagai salah satu penyebab timbulnya beberapa penyakit serius seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung dan juga stroke.

Hal itu benar dan dapat terjadi jika konsumsi lemak yang kita lakukan dengan cara yang tidak benar dan juga tidak sesuai oleh kebutuhan lemak oleh tubuh, bisa di bilang anda mengkonsumsi lemak secara berlebihan.

8 Manfaat Dan Bahaya Lemak Bagi Tubuh Dan Kesehatan

Berikut ini akan kami sajikan beberapa informasi yang akan memebahas mengenai apa saja manfaat baik serta bahaya yang bisa di peroleh dari konsumsi lemak.

JENIS LEMAK

Hal pertama kali yang akan kita bahas adalah jenis jenis lemak. Selama ini yang kita ketahui tentang lemak mungkin hanya sebatas efek buruk lemak terhadap tubuh. Tanpa anda ketahui jika sebenarnya ada beberapa jenis lemak yang sifatnya baik untuk kita konsumsi demi menunjang kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa jenis lemak beserta contoh sumbernya.

1.Lemak Jenuh (Lemak Jahat)

Ada beberapa jenis lemak yang masuk ke dalam daftar lemak jenuh atau lemak jahat yang sifatnya tidak baik untuk tubuh. Bahkan jika lemak jenis ini kita konsumsi secara sering dengan kadar yang tinggi atau berlebihan, kemungkinan besar hal tersebut akan berpengaruh buruk pada kesehatan dalam jangka panjang. Beberapa jenis lemak yang di maksud adalah lemak lemak jenuh, lemak trans, dan juga lemak cis.

Lemak jenuh bisa berasal dari beberapa jenis makanan seperti daging, ayam dengan kulit, semua makanan yang di goreng, produk susu terkecuali susu tanpa lemak, mentega, dan minyak sawit.

2.Lemak Tak Jenuh (Lemak Baik)

Lemak tak jenuh merupakan nama dari jenis lemak yang baik bagi tubuh. Lemak tak jenuh terdiri dari dua jenis yaitu lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated fat) dan juga lemak tak jenuh ganda (Polyunsaturated fat). Kedua jenis lemak tersebut bersifat aman serta baik untuk di konsumsi. Konsumsi lemak baik secara ruitin dan teratur akan sangat bermanfaat bagi tubuh khususnya dalam menurunkan kadar kolesterol serta mencegah berbagai risiko penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke dan kolesterol tinggi.

Lemak tak jenuh bisa kita peroleh dari beberapa jensi makanan berupa kacang kacangan seperti almond, kacang mete, kedelai. Lemak tak jenuh atau lemak baik juga banyak terdapat pada jenis makanan seperti minyak zaitun, minyak wijen, ikan tuna, buah alpukat dan masih banyak lagi.

MANFAAT LEMAK

1.Sumber Energi

Lemak dapat berfungsi sebagai energi cadangan dalam bentuk sel lemak. Dalam 1 gram lemak terdapat sebanyak 9.3 kcal yang akan menjadi sumber energi bagi kita saat beraktivitas.

2.Melarutkan Vitamin

Ada beberapa jenis vitamin yang dapat laruk dalam lemak, vitamin yang di maksud meliputi vitamin A, D, E, dan vitamin K. Atau secara jelasnya lemak dapat berperan sebagai suspensi bagi semua vitamin tersebut, yang natinya akan lebih mudah di serap oleh tubuh demi menunjang kebutuhan vitamin oleh tubuh.

3.Melindungi Organ Tubuh

Lemak berfungsi sebagai zat yang mampu melindungi organ vital pada tubuh. Lemak tersebut dapat menjaga organ tubuh kita dari guncangan atau hal lain yang berisiko pada organ vital.

4.Melindungi Tubuh Dari Suhu Luar

Selain melindungi organ vital, lemak juga berfungsi sebagai pelindung alami untuk menjaga tubuh dari suhu luar yang sifatnya tidak menentu. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh sehingga tubuh akan mampu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan di sekitar.

5.Mendukung Pertumbuhan Sel

Terdapat jutaan sel sel dalam tubuh yang masing masing dari mereka memiliki fungsi tertentu dalam menunjang fungsi dari masing masing anggota tubuh, sel yang baik dan sehat juga akan berdampak pada tubuh yang juga lebih sehat. Di mana lemak akan berfungsi sebagai pelindung dari sel atau membran sel. Selain itu lemak juga memiliki fungsi seluler juga komponen struktural yang juga masih berkitan dengan protein serta karbohidrat dalam melancarkan aliran - aliran molekul penting seperti air dan ion pada sel.

BAHAYA MENGKONSUMSI LEMAK BERLEBIH

Meskipun di katakan bahwa lemak sangat penting dan juga bermanfaat bagi tubuh, namun tingkat konsumsi yang kita lakukan berlebih, maka bukan tidak mungkin akan berkibat pada risiko timbulnya beberapa penyakit atau masalah kesehatan. Berikut beberapa uraian mengenai efek buruk dari mengkonsumsi lemak secara berlebihan.

1.Meningkatkan kolesterol

Mengkonsumsi lemak khususnya lemak jenuh atau lemak jahat secara berlebihna akan berisiko meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tentu keadaan ini akan berdampak buruk pada kesehatan serta kondisi tubuh.

2.Menigkatkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu penyebab utama dari penyebab timbulnya penyakit jantung yaitu kadar lemak berlebih pada tubuh. Jadi sebisa mungkin untuk untuk menghindari konsumsi lemak terutama lemak jenuh atau lemak jahat.

3.Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Kadar lemak berlebih pada tubuh turut berkontribusi sebagai penyebab dari meningkatnya tekanan darah tinggi atau hipertensi serta meningkatkan risiko terjadinya penyakit stroke yang sangat merugikan.

4.Berat Badan Berlebih

Konsumsi lemak yang tidak terkontrol akan menyebabkan terjadinya penimbunan lemak pada tubuh yang nantinya akan menyebabkan berat badan naik. Hal tersebut tentu sangat akan merugikan kita baik dari segi kesehatan atau pun juga penampilan.

Hal yang bisa di lakukan untuk mencegah semua hal tersebut yaitu :

Menjaga asupan gizi dengan memperbaiki pola amakan yang benar dan sesuai.
Hindari makan terlalu malam atau makan sebelum tidur.
Tingkatkan konsumsi serat seperti buah dan sayur.
Rajin beroleh raga seminggu 2-3 kali selama 30 menit.
Mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak baik.
Dan yang paling penting yaitu kurangi supan makanan berupa lemak jenuh atau lemak jahat.

Cara bijak mengatur asupan lemak :

PAHAMI jenis lemak, di mana ada dua jenis lemak yang perlu kita ketahui yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh yang masing masing dari jenis lemak tersebut memiliki kontribusi yang baik serta buruk bagi tubuh. Dan akan lebih baik jika kita memilih untuk lebih banyak menhkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang baik bagi tubuh yaitu lemak tak jenuh.

ATUR porsi lemak, perlu kita akui jika lemak sangat di butuhkan oleh tubuh, namun sebaiknya dalam mengkonsumsi lemak kita perlu mengatur atau mengontrol asupan lemak yang nantinya akan kita konsumsi, gunakan perbandingan dengan lebihbnayak mengkonsumsi lemak tak jenuh ketimbang mengkonsumsi lemak jenuh atau lemak jahat.

PENGOLAHAN suatu makanan juga berpengaruh pada tingkat atau kadar lemak yang akan kita konsumsi. makanan yang di olah dengan cara di goreng biasanya cenderung akan menaikan kandungan lemak pada makanan tersebut. Hal ini bisa kita atasi dengan mengolah bahan makanan tersebut dengan cara se alami mungkin seperti mengukus, merebus, selain itu kita bisa beralih dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak wijen untuk keperluan memasak seperti menumis yang gunanya untuk mencegah menaiknya kadar lemak atau kolesterol jahat pada suatu makanan.

Itulah beberapa infromasi lengkap mengenai apa saja manfaat dan juga bahaya buruk dari mengkonsumsi lemak secara berlebih untuk tubuh. Jadi kontrol serta kecermatan kita dalam menentukan jenis makanan sangat akan berpengaruh pada manfaat nutrisi yang akan kita peroleh nantinya. Demikan untuk ualasan kali ini, semoga berguna dan juga bermanfaat. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : nutrisi
Back To Top