Informasi Menarik Sehat & Cantik

12 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat Vitamin C bagi tubuh sangatlah penting. Vitamin C termasuk ke dalam jenis vitamin yang dapat larut dalam air dari beberapa jenis vitamin lainnya dengan sifat yang sama. Di mana vitamin C sangat memiliki peranan sangat berpengaruh dalam menjaga daya tahan tubuh serta menangkal berbagai macam penyakit terhadap tubuh.

Vitamin C tergolong ke dalam vitamin oksidan dengan kekuatan yang dapat menagkal radikal bebas. Untuk informasi yang lebih jelas, berikut ini akan kami jabarkan beberapa uraian yang membahas lengkap mengenai vitamin C.

SUMBER VITAMIN C

12 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan & Kecantikan
Di sekitar kita terdapat banyak sekali jenis jenis bahan alami atau pun makanan yang dapat di konsumsi dengan kandungan vitamin C yang di butuhkan oleh tubuh, dengan kata lain yaitu sumber vitamin C.

Selama ini mungkin kita hanya mengenal buah jeruk sebagai sumber vitamin C. Namun perlu untuk kita ketahui bahwa masih banyak lagi sumber makanan dengan kandungan berupa vitamin C yang bisa kita temukan selain buah jeruk, bahakan pada sebagaian buah tersebut memiliki vitamin C yang nilainya lebih tinggi jika di bandingkan dengan buah jeruk. Berikut beberapa contoh sumber vitamin C yang nilainya lebih tinggi di bandingkan vitamin C pada buah jeruk.

Lemon, buah ini adalah salah satu buah yang masih masuk kedalam keluarga jeruk namun dengan jenis yang berbeda. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi 47% lebih tinggi dari pada buah jeruk.

Jambu Mete, jambu mete atau yang sering kita sebut dengan nama jambu monyet merupakan sumber vitamin C yang selanjutnya. Jambu mede bisa bisa di bilang buah, namun sebenarnya bukan buah. Buah yang sebenarnya dari jambu mete adalah biji mete, sedangkan yang selama ini kita sebut sebagai buahnya merupakan batang dari jambu mete yang menggembung menyerupai buah. Jambu mete di klaim sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, bahkan di katakan 4x lebih tinggi di bandingkan vitamin C pada jeruk.

Kiwi, buah yang satu ini di kenal karena rasanya yang unik dengan warna hijau khas buah kiwi. Siapa sangka jika buah kecil yang menurut saya hampir mirip dengan buah sawo (bagian luar) ternyata memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk dan juga lemon. Di katakan jika buah ini mengandung vitamin C 2 kali lebih besar di bandingkan dengan vitamin C pada buah jeruk.

Cabe, buah yang satu ini di kenal memiliki rasa pedas yang banyak di sukai oleh orang Indonesia. Sekaligus sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi di bandingkan dengan jenis buah lainnya. Selain itu buah cabe juga kaya akan kandungan provitamin A. Ada beberapa jenis buah cabe yang sangat di kenal oleh banyak orang yaitu cabe merah, cabe hijau, dan juga cabe rawit. Dari ketiga jenis tersebut buah cabe hijaulah yang memiliki kandungan vitamin C paling tinggi. Hal yang di sayangkan adalah, sebagain dari kandungan vitamin C pada buah cabe terdapat pada bijinya, yang kebanyakan di buang oleh banyak orang karena tidak bisa di konsumsi.

MANFAAT VITAMIN C

Hal utama yang perlu kita ketahui dari vitamin C adalah fungsi serta perananya terhadap tubuh. Untuk mengetahuinya, berikut telah kami uraikan beberapa manfaat vitamin C yang baik untuk tubuh.

1.Menjaga Daya Tahan Tubuh

Vitamin C merupakan sumber antioksidan alami yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Antioksidan tersebut berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh selalu tetap dalam keadaan fit serta terjaga dari bahaya virus atau pun serangan penyakit.

2.Mencegah Radikal Bebas

Fungsi ini hampir bisa di katakan sama dengan sebelumnya. Antioksidan alami berguna untuk melawan serta menagkal bahaya radikal bebas terhadap tubuh. Jika sistem pertahanan tubuh lemah, radikal bebas akan mudah menyerang tubuh yang nantinya akan memicu timbulnya berbagai macam masalah pada kesehatn seperti timbulnya penyakit yang bersifat kronis.

3.Mencegah Hipertensi

Manfaat lain dari vitamin C untuk tubuh ialah dapat menormalkan tekanan darah. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin serta mencukupi kenutuhan tubuh dapat menjaga sekaligus mengontrol tekanan darah tetap normal atau stabil, hal ini juga akan berpengaruh pada menurunnya tingkat risiko terjadinya hipertensi.

4.Meminimalkan Risiko Penyakit Jantung

Tidak hanya mencegah hipertensi, mengkonsumsi vitamin C secara rutin dapat sangat berguna dalam mencegah terjadinya penyakit jantung. Vitamin C secara alami dapat menekan proses terjadinya penebalan pembuluh darah arteri yang merupakan penyebab utama dari terjadinya penyakit jantung.

5.Mencegegah Kanker

Mengkonsumsi vitamin C yang sesuai dengan kebutuhan tubuh serta di lakukan secara rutin akan mengurangi risiko timbulnya penyakit kanker akibat nitrit. Vitamin C yang kita konsumsi secara rutin mampu menagkal zat nitrit yang merupakan salah satu penyebab dari timbulnya sel kanker.

6.Menurunkan Berat Badan

Vitamin C sangat berguna bagi seseorang yang sedang melakukan diet atau penurunan berat badan. Di katakan jika mengkonsumsi vitamin C secara rutin dan sesuai akan mampu mempercepat penurunan lemak dalam tubuh. Cara yang bisa kita gunakan yaitu dengan menggunakan sebanyak 3 sendok makan sari buah jeruk nipis atau lemon yang di campurkan kedalam 1 gelas air hangat dan meminumnya secara rutin setiap hari.

7.Mempercepat Penyembuhan Pada Luka

Vitamin C sangat di perlukan oleh tubuh dalam menjaga struktur kolagen. Di mana struktur kolagen yang baik dan sehat dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka ringan, pendarahan ringan, serta dapat menyembuhkan patah tulang.

8.Mencegah Gangguan Pada Mata

Vitamin C dapat menjaga kesehatan mata agar tetap berfungsi normal dan selalu dalam kondisi yang sehat. Vitamin C dapat mencegah terjadinya ganguan gangguan yang dapat mempengaruhi sistem pengelihatan kita seperti katarak, rabun dan gangguan pada mata lainnya.

9.Anti Penuaan

Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang baik dalam mencegah terjadinya proses penuaan dini pada kulit khsusnya wajah. Penuaan dini yang di maksud seperti kulit kendur, warna kulit yang tidak merata akibat terjadinya pigmentasi pada kulit, terdapat noda hitam, serta munculnya garis garis halus dan juga kerutan pada kulit dan wajah. Di mana vitamin C dapat secara alami mengatasi semua hal tersebut.

10.Senyawa Pembentuk Kolagen

Vitamin C merupakan senayawa yang berperan dalam pembentukan kolagen oleh tubuh. Kolagen merupakan protein penting yang berfungsi sebagai penyusun jaringan kulit, tulang, sendi dan jaringan jaringan lainnya.

11.Menjaga Kesehatan Kulit

Ada beberapa fungsi penting yang vitamin C yang pengaruhnya sangat baik untuk menjaga kondisi kulit. Pertama, vitamin C merupakan antioksidan alami yang bersifat menutrisi kulit sekaligus mencegah terjadinya penuaan, kedua vitamin C dapat melancarkan peredaran darah di mana hal tersebut juka akan berdampak baik pada kulit dan membuat kulit lebih segar dan kencang, ketiga vitamin C, memiliki fungsi alami yang dapat mencegah terjadinya pigmentasi pada kulit, sehingga kulit lebih cerah dan bersinar, ke empat vitamin C membantu pembentukan kolagen yang merupakan penyusun dari jaringan kulit, dan masih banyak lagi.

12.Mempercepat Penyembuhan Flu

Vitamin C tidak dapat secara langsung mengobati gejala flu, melainkan mendukung proses penyembuhan pada flu dengan cara memperbaiki daya tahan tubuh agar tubuh dapat dengan cepat kembali segar dan sehat.

AKIBAT DARI KEKURANGAN & KELEBIHAN VITAMIN C

Kekurangan vitamin C dapat menimbulkan beberapa gejala pada tubuh seperti gusi berdarah dan juga rasa nyeri pada persendian.
Kelebihan vitamin C dalam tubuh, berisiko dapat menyebabkan timbulnya gangguan pada saluran pencernaan, kerusakan pada sel darah merah, serta dapat mengakibatkan batu ginjal.


Itulah beberapa infromasi mengenai vitamin C yang sejatinya sangat di perlukan oleh tubuh berkaitan dengan kelangsungan metabolisme yang terjadi setiap harinya. Semoga informasi tersebut bisa berguna serta bermanfaat baik bagi kita semua. Sekian..!
Tag : nutrisi
Back To Top