Informasi Menarik Sehat & Cantik

8 Manfaat Dan Fungsi Vitamin A Bagi Tubuh Kesehatan Kulit & Janin

Vitamin A merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin A identik dengan fungsinya yaitu sebagai salah satu nutrisi yang baik untuk kesehatan organ pengelihatan atau mata.

Dari pernyataan tersebut bisa di simpulkan bahwa vitamin A bagi tubuh sangatlah penting dan sangat di butuhkan. Dan untuk melengkapi infromasi tersebut, berikut akan sedikit kami jelaskan mengenai manfaat lengkap dari vitamin A untuk tubuh.

8 Manfaat Dan Fungsi Vitamin A Bagi Tubuh Kesehatan Kulit & Janin

VITAMIN A

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak, secara luas vitamin A juga di kenal dengan retinol. Vitamin A adalah bentuk dari nutrisi yang fungsinya sangat penting dan di butuhkan oleh tubuh, dengan fungsi utamanya yaitu menjaga sitem organ pengelihatan, menjaga daya tahan tubuh, melindungi tubuh terhadap bakteri serta organisme asing yang merugikan, dan juga sebagai sumber antioksidan berupa beta karoten yang mampu melawan radikal bebas.

JENIS VITAMIN A

Retinol, retinil palmitat, retinil asetat, merupakan 3 jenis senyawa yang tergolong ke dalam kelompok vitamin A. Namun di bandingkan dengan senyawa lain, retinol merupakan senyawa yang sangat berperan aktif dalam tubuh. Selain itu, vitamin A juga bisa kita bedakan menjadi dua jenis, di mana terdapat dua jenis bentuk aktif dari vitamin A yang dapat di serap oleh tubuh.

Pertama, retinil palmitat. Vitamin A jenis ini berasal dari sumber hewani seperti daging, ikan, susu, keju, hati ayam, daging ayam, daging bebek dan masih banyak lagi.
Kedua, beta karoten. Yang merupakan jenis vitamin A dari sumber nabati seperti wortel, bayam, brokoli, kentang, pisang, mangga, apel dan lain sebagainya.

MANFAAT VITAMIN A BAGI TUBUH

Di bawah ini akan kita informasikan beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari vitamin A untuk tubuh. Apa saja? berikut penjelasan lengkapnya.

1.Menjaga Organ Pengelihatan

Mata atau organ pengelihatan adalah salah satu dari beebrapa organ tubuh yang fungsinya sangat vital. Sehingga sangat penting bagi kita untuk menjaga mata kita agar tetap sehat serta berfungsi normal. Salah satu bentuk nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan sistem pengelihatan ialah tidak lain yaitu vitamin A. Mengkonsumsi vitamin jenis ini yang di lakukan secara rutin dan tertaur akan sangat berpengaruh pada fungsi mata khususnya dalam menjaga fungsi mata tetap normal dan sehat.

2.Meningkatkan Sistem Pertahanan Tubuh

Yang kedua vitamin A berperan penting dalam menjaga serta meningkatkan sistem imun atau sistem pertahanan tubuh. Di mana vitamin jenis ini dapat berperan aktif dalam menjaga tubuh dari serangan virus atau bakteri patogen dengan cara meningkatkan antibodi dari tubuh.

3.Antioksidan 

Vitamin A dari bentuk beta karoten merupakan jenis vitamin yang mampu berperan sebagai anti oksidan alami unntuk melindungi tubuh dari berbagai bahaya penyakit serta virus dengan cara menangkal adanya radikal bebas terhadap tubuh. Selain itu vitamin A juga turut berkontribusi terhadap ketahanan tubuh atau dengan kata lain membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh selalu dalam kondisi fit dan segar.

4.Anti Penuaan

Selain berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin A sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit serta menjaga kulit dari efek buruk radikal bebas yang dapat memicu terjadinya proses penuaan dini pada kulit.

5.Mencegah Kanker

Fungsi yang satu ini saling berkaitan dengan manfaat vitamin A yang sebelumnya yaitu dapat menangkal radikal bebas terhadap tubuh. Proses tersebut akan sangat berpengaruh terhadap tubuh dalam melawan timbulnya sel kanker yang terjadi akibat oksidasi dari luar tubuh.

6.Mencegah Infeksi

Vitamin A juga sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya infeksi pada tubuh yang bisa di sebabkan oleh adanya bakteri atau organisme asing dengan cara meningkatkan antibodi atau kekebalan tubuh terhadap suatu virus.

7.Perkembangan Janin

Mengkonsumsi vitamin A di masa hamil merupakan hal yang sangat perlu di lakukan oleh ibu hamil. Vitamin A merupakan salah satu bentuk vitamin yang sangat penting serta di butuhkan untuk mendukung perkembangan embrio atau janin.

8.Kesehatan Kulit

Vitamin A dari golongan beta karoten merupakan jenis vitamin yang mampu berfungsi sebagai antioksidan alami. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, antioksidan memiliki peranan penting dalam mencegah adanya radikal bebas terhadap tubuh, dan pada gilirannya hal tersebut juga mampu memberikan efek positif bagi kesehatan kulit. Kulit akan menjadi lebih sehat, karena terhindar dari adanya senyawa senyawa negatif merugikan yang dapat memicu berbagai masalah pada kulit seperti kerutan dan juga pigmentasi kulit.

AKIBAT KEKURANGAN VITAMIN A

Kurangnya asupan vitamin A oleh tubuh akan menyebabkan beberapa efek buruk terhadap tubuh khususnya bagi kesehatan. Di mana jika hal ini terjadi secara terus menerus akan menimbulkan risiko pengelihatan yang menurun, bahkan kebutaan, selain itu kurangnya asupan vitamin A juga bisa menyebabkan gangguan pada pernapasan.

AKIBAT KELEBIHAN VITAMIN A

Jika sebelumnya adalah kaibat dari kekurangan vitamin A, berkut ini adalah risiko yang bisa di timbulkan oleh faktor sebaliknya yaitu kelebihan vitamin A. Beberapa hal yang bisa di sebabkan hal tersebut yaitu, rasa sakit pada kepala, nyeri di persendian, kerontokan pada rambut dan juga iritasi.

Hal tersebut menjelaskan jika pentingnya peran kita sekaligus kesadaran pribadi dalam menentukan asupan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh dengan takaran yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi.

Itulah beberapa manfaat dari vitamin A yang bisa saya informasikan untuk kita semua. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan juga mampu memberikan manfaat baik untuk pengetahuan kita dan juga kesehatan kita. Sekian dan mulailah hidup sehat, selamat mencoba..!
Tag : nutrisi
Back To Top