Informasi Menarik Sehat & Cantik

11 Manfaat Daun Bunga Rosemary Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Rosemary di Indonesia mungkin masih tidak sepopuler manfaat daun rosemary di negara asalnya. Tumbuhan yang memiliki nama lain rosmarin ini, di negara asalnya yaitu Italia merupakan salah satu jenis tumbuhan penghasil rempah rempah yang banyak di gunakan di berbagai jenis kuliner di negara tersebut. Selain di gunakan untuk bumbu masak, tanaman rosemary juga sering di olah sebagai teh yang di kenal dengan nama teh rosemary, teh ini di katakan memiliki khasiat obat yang sangat baik bagi kesehatan.

Rosemary (Rosmarinus officinalis) kaya akan kandungan mineral berupa kalsium, zat besi dan juga tinggi vitamin B-6.

Selain di negara asalnya, tanamn ini juga sudah sangat banyak di manfaatkan oleh beberapa negara lain yang biasanya di jadikan sebagai rempah atau bumbu pada maskan, beberapa negara tersebut Turki, Yunani, daerah Levantia, serta beberapa negara lainnya di kawasan Laut Tengah.

11 Manfaat Daun Bunga Rosemary Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Untuk pembudidayaan, tanaman rosemary merupakan tanaman yang sangat mudah dalam hal perawatannya. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai dengan iklim kering atau sejuk dan dapat di perbanyak dengan cara pencangkokkan.

MANFAAT TANAMAN ROSEMARY

Berikut adalah beberapa dari contoh manfaat tanaman rosemary untuk tubuh yang mencakup kesehatan dan juga kecantikan. Untuk lebih jelasnya, berikut informasinya untuk anda.

1.Mengobati Reumatik

Rematik adalah sejenis penyakit yang menyerah pada daerah persendian. Reumatik dapat menimbulkan rasa nyeri, bengkak, dan rasa kaku pada sendi.

Ada banyak cara alami yang bisa kita lakukan untuk mecegah hal tersebut. Namun untuk kali ini cara yang akan kita bahas adalah dengan memanfaatkan tanaman rosemary. Reumatik atau radang sendi dapat kita atasi dengan mengkonsumsi teh rosemary secara rutin dan teratur. Hal tersebut di percaya dapat mengobati reumatik, asal di lakukan dengan cara yang benar serta teratur.

2.Mengatasi Gejala Flu

Manfaat lain dari mengkonsumsi teh rosemary secara rutin yaitu dapat mengatasi gejala flu. Cara tersebut bisa di katakan sebagai cara mengobati flu yang paling mudah dan juga praktis. Hal yang perlu kita lakukan adalah dengan menyeduh tanaman rosemary kering dengan menggunakan air hangat selayaknya kita menyeduh teh. Selagi hangat, minumlah teh tersebut secara langsung sampai habis. Jika cara tersebut di laukan secara rutin minimal 1 kali dalam sehari, maka bukan tidak mungkin akan dapat mengaatsi gejala flu yang kita alami.

3.Meningkatkan Kemampuan Mengingat

Bagi seseorang yang sudah memasuki usia lanjut bukan hal yang tidak mungkin bagi seseorang tersebut memiliki daya ingat yang semakin melemah seiring bertambahnya umur. Namun hal tersebut dapat di cegah dengan beberapa cara berikut. Cara yang pertama adalah dengan rajin mengkonsumsi teh daun mint secara teratur. Yang kedua, sesuai dengan topik kita, yaitu dengan cara menghirup aroma tanaman rosemary. Kedua hal tersebut merupakan salah satu cara alami yang sangat efektif dalam meningkatkan daya ingat pada usia lanjut.

4.Menjaga Kepadatan Tulang

Tanamn rosemary termasuk ke dalam jenis tanaman yang tinggi kandungan kalsium, hal ini juga sudah kami sebutkan sebelumnya. Kalsium yang ada pada tanaman rosemary sangat di butuhkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh berupa kalsium, sekaligus membantu tubuh dalam menutrisi serta menjaga kepadatan tulang. Dengan begitu, kita akan sedikit terhindar dari risiko terjadinya penyakit tulang seperti osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

5.Sebagai Aroma Terapi

Tanaman rosemary merupakan tanaman yang terkenal dengan aroma kuatnya yang khas. Hal itu juga yang membuat tanaman ini banyak di manfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan aroma terapi yang banyak di gunakan pada untuk pengharum ruangan yang berfungsi merelaksasi dan menyegarkan udara. Hal ini juga yang berkaitan dengan fungsi rosemary untuk meningkatkan daya ingat.

6.Meningkatkan Sirkulasi darah

Aroma terapi yang berasal dari tanaman rosemary sangat kuat dan juga wangi khas rempah. Di percaya jika aroma terapi dari tanaman rosemary berkhasiat dapat melancarkan sirkulasi darah serta mampu menenangkan saraf yang tegang dengan cara menghirup aromanya.

7.Meninngkatkan Semangat

Tanaman rosemary juga berkhasiat dalam meningkatkan semangat serta mengembalikan kesegaran tubuh di saat tubuh terasa letih dan juga penat. Cara mudahnya dengan mencampurkan sedikit tanaman rosemary kering pada air hangat yang bisa kita gunanakan untuk mandi atau mencuci muka. Dengan begitu tubuh dan pikiran kita akan lebih segar dan bersemangat.

8.Mengecilkan Pori Kulit

Rosemary merupakan zat astringent yang bermanfaat untuk mengecilkan pori kulit. Pori pori kulit yang kasar dapat menjadi salah satu penyebab kulit menjadi terlihat kasar dan berminyak. Hal tersebut bisa kita cegah dengan mudah dengan cara alami berikut ini. Pertama cukup siapkan air hangat secukupnya, tambahkan sedikit rosemary kering dan uapkan pada wajah. Hal tersebut terbukti sangat efektif dalam mengurangi ukuran pori pori kulit menjadi lebih kecil.

9.Mencegah Kulit Berminyak

Informasi ini adalah bentuk lanjutan dari informasi sebelumnya. Menggunakan uap air hangat yang telah di campurkan rosemary sangat bermanfaat untuk mengecilkan pori pori kulit, fungsi tersebut juga berkaitan dengan fungsi selanjutnya yaitu dapat mengurangi kadar minyak berlebih yang di produksi oleh kulit. Sehingga kulit akan lebih segar, bersih, dan bebas minyak.

10.Mengencangkan Kulit

Tidak hanya dalam bentuk kering, rosemary juga memiliki bentuk lain yang juga bermanfaat yaitu minyak rosemary. Minyak tersebut di sebut sebut sebagai minyak yang sangat bermanfaat untuk mengembalikan elastisitas kulit, mengencangkan kulit, menghilangkan kerutan dan garis halus pada kulit serta mengatasi berbagai masalah yang terjadi akibat penuaan pada kulit. Caranya yaitu dengan menerapkan minyak rosemary secara rutin dan teratur pada wajah minimal 2 kali dalam seminggu. Sebelum menggunakan cara tersebut pastikan wajah kita sudah di bersihkan terlebih dahulu serta perhatikan penggunaan yang sesuai dan benar agar hasil yang di peroleh bisa optimal.

11.Mengatasi Perut Kembung

MInyak dari tanaman rosemary sangat berkhasiat sebagai obat. Hal tersebut banyak di manfaatkan khususnya dalam bidang farmasi. Minyak rosemary biasanya di olah kedalam bentuk herbal yang berkhasiat dapat menyembuhkan perut kembung dan juga beberapa masalah kesehatan lainnya.

RISIKO EFEK SAMPING

  • Tanaman rosemary bersifat dapat meningkatkan tekanan darah, hal ini sebaiknya di hindari oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • Pada ibu hamil, konsumsi rosemary atau bahan makanan yang mengandung rosemary sebaiknya harus bisa di hindari. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya risiko kemungkinan yang bisa terjadi. Pada beberapa kasus, ibu hamil yang mengkonsumsi tanaman rosemary dapat menyebabkan kontraksi pada rahim, bahkan pada kasus terparah dapat menyebabkan keguguran. Hal tersebut kemungkinan bisa terjadi jika konsumsi yang kita lakukan dalam jumlah besar atau konsumsi yang terlalu sering.
  • Tanaman rosemary mengandung senyawa kimia menyerupai zat aspirin, dan kemungkinan dapat menimbulkan risiko terhadap penggunaan rosemary pada seseorang yang memiliki alergi pada zat aspirin.
  • Minyak rosemary murni kemungkinan tidak cocok untuk konsumsi. Selain itu penggunaan rosemary dengan jumlah besar atau dosis yang tinggi berrisiko menimbulkan beberapa masalah pada tubuh seperti, pendarahan pada rahim, terjadi iritasi pada ginjal, muntah, meningkatkan sensitivitas sinar matahari, kulit kemerahan dan juga reaksi alergi.
Jadi penting adanya konrol kita dalam menjaga asupan berupa rosemary yang sesuai dan juga tidak berlebihan atau terlalu sering. Efek samping yang telah di sebutkan di atas kemungkinan dapat terjadi jika konsumsi berlebihan, terlalu sering atau dalam jumlah yang melebihi dosis. Sedangkan konsumsi rosemary yang sudah dalam bentuk makanan, biasanya jumlah yang di gunakan tidak besar sehingga akan cukup aman dan tidak menimbulkan efek samping. Di luar itu semua, kondisi tubuh kita juga sangat berpengaruh, terutama seseorang dengan alergi seperti yang telah di jelaskan sebelumnya.

Itulah beberapa manfaat serta khasiat dari tanaman rosemary yang sangat baik untuk tubuh. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat baik. Sekian.
Tag : herbal
Back To Top