Informasi Menarik Sehat & Cantik

9 Manfaat Daun Oregano Untuk Tubuh Paling Utama

Daun Oregano merupakan sejenis tanaman herbal yang berasal dari daerah sekitar Mediterania, Asia Tengah dan juga selatan. Di beberapa negara seperti Itali, Turki, Yunani dan beberapa negara eropa lainnya, tanaman ini banyak di gunakan sebagai rempah pada berbagai jenis makanan karena cita rasanya yang kuat dan khas.

Jika anda termasuk ke dalam seseorang yang gemar terhadap kuliner, anda akan menemukan bahan ini pada berbagai masakan khususnya masakan khas Itali, Yunani, dan meksiko. Salah satu jenis kuliner Populer khas Italy yang menggunakan daun oregano sebagai rempahnya yaitu seperti pizza dan juga spaghetti.

9 Manfaat Daun Oregano Untuk Tubuh Paling Utama

Namun perlu untuk kita ketahui tanaman yang biasanya kita kenal sebagai bahan rempah ini, masih banyak lagi mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan. Untuk jelasnya, berikut ini telah kami rangkumkan beberapa informasi menarik mengenai daun oregano berserta manfaatnya.

Daun oregano memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang bisa di bilang cukup lengkap dan beragam. Seperti vitamin A, B-6, C, E, K, dan juga folat, tanaman ini juga mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, mangan, magnesium dan potassium. Selain itu daun oregano juga memiliki kandungan serta yang baik untuk kesehatan.

Beberapa senyawa penting yang juga sangat berkhasiat terdapat pada tanaman ini, seperti asam rosmarinic, thimol, dan carvacrol.

MANFAAT DAUN OREGANO

Sampai sudah pada pembahasan kita yang utama, yaitu manfaat dari tanaman oregano yang sangat baik untuk tubuh serta mengatasi berbagai masalah pada kesehatan.

1.Mengobati Batuk

Oregano adalah salah satu jenis tanaman atau bahan alami yang memiliki fungsi dapat menghambat metabolisme suatu mikroba. Hal tersebut akan sangat efektif untuk kita gunakan sebagai pengobatan pada batuk akibat akibat infeksi saluran pernapasan.

Cara paling mudah untuk menggunakannya yaitu dengan menyiapkan 1/2 gelas air atau sari lemon yang di campurkan beberapa tetes minyak oregano (2-3 tetes) kemudian meminumnya secara teratur. Air lemon yang kita gunakan juga bisa kita ganti dengan jeruk nipis atau jus jeruk.

2.Detoks Alami Untuk Paru Paru

Jika kita mengalami masalah pada pernapasan seperti paru paru yang lemah sehingga mengakibatkan aliran udara untuk bernapas akan terasa berat.

Hal tersebut merupakan suatu kondisis yang memiliki banyak faktor sebagai penyebabnya. namun beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal tersebut yaitu dengan pola hidup sehat, rajin berolahraga, perhatikan setiap nutrisi yang kita makan, serta kurangi atau hindari kebiasaan merokok.

Cara alami untuk mengaatsi hal tersebut yaitu dengan memanfaatkan oregano. Tanaman ini memiliki senyawa penting yang sangat berguna untuk melancarkan gangguan pada pernapasan khsususnya pada paru paru. Senyawa yang di maskud yaitu asam rosmarinic dan cavacrol yang merupakan dekongestan juga antihistamin alami yang mampu memberikan efek langsung pana lancarnya pernapasan.

Selain itu efek dari zat thymol dan cavacrol bersifat sebagai anti bakteri yang berfungsi dapat mendetoksifikasi bakteri merugikan pada paru paru. cara terbaik yang bisa kita lakukan yaitu dengan menggunakan 2-3 tetes minyak oregano yang di campurkan pada air atau jus buah yang kita konsumsi secara rutin setiap hari.

3.Mengobati Sariawan

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, tanaman oregano mengandung senyawa yang dapat bersifat sebagai anti bakteri alami. Di mana hal tersebut bisa kita manfaatkan untuk mengobati sariawan pada mulut. Caranya cukup menggunakan 1/2 gelas air dengan 1-2 tetes minyak oregano dan gunakanunutk berkumur sebanyak 2 kali sehari. Selain menggnakan minyaknya, kita juga bisa menggunakan oregano kering secukupnya kemudian seduh dengan 1/2 gelas air hangat, diamkan selama 5 menit dan dingin, setelah itu gunakan untuk berkumur.

4.Mengobati Demam Dan sakit Kepala

Manfaat daun oregano selanjutnya sebagai obat alami untuk meredakan demam dan sakit kepala. Tips yang bisa kita gunakan sangat sederhana, cukup tambahkan 3 tetes minyak oregano pada 100 ml air hangat, kemudian minum secara rutin.

5.Baik Untuk Pencernaan

Daun oregano memiliki sifat anti bakteri yang mana hal tersebut sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan serta mencegah perkembangan bakteri khususnya pada usus dan organ pencernaan lainnya. Selain itu meskipun kecil, tanaman ini juga memiliki kandungan serta yang tentunya sangat akan baik untuk kesehatan pencernaan kita.

6.Obat Sakit Gigi

Kita tau bahwa sakit gigi sering terjadi akibat dari kebersihan mulut yang kurang terjaga sehingga berisiko timbulnya perkembangan bakteri yang dapat menimbulkan sakit pada gigi. Untuk sedikit mengatasi sakit gigi tersebut, kita bisa lakukan dengan menggunakan minyak oregano. Cukup gunakan 3 tetes minyak oregano dengan 100 ml sari lemon atau jeruk nipis lalu gunakan untuk berkumur.

7.Anti Peradangan

Mengkonsumsi minyak oregano secara rutin dan teratur dapat menekan risiko terjadinya peradangan yang dapat terjadi pada saluran pencernaan serta organ tubuh lainnya. Selain itu sifat anti bakteri pada tanaman ini mampu menekan adanya perkembangan bakteri pada saluran pencernaan.

8.Mengatasi Iritasi Pada Kulit

Minyak oregano sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit seperti gatal, infeksi jamur dan lainnya. Minyak oregano memiliki sifat sebagai anti bakteri dan juga nati inflamsi baik untuk mengatasi hal tersebut. Untuk menggunakan minya oregano kita bisa menggunakannya dengan cara di encerkan terlebih dahulu lalu kita terapkan pada kulit. Untuk mengencerkannya tidak bisa kita lakukan secara sembarangan, sebaiknya terlebih dahulu kita bisa membaca aturan atau petunjuk penggunaan pada setiap kemasan minyak oregano yang kita beli.

9.Antioksidan Alami

Senyawa thymol dan juga rosmarinic pada daun oregano di klaim sebagai antioksidan kuat yang mampu menekan serta mengurangi proses oksidasi akibat efek radikal bebas terhadap tubuh.

Itulah beberapa informasi penting yang membahas mengenai manfaat dari tanaman oregano. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian..!
Tag : herbal
Back To Top