Informasi Menarik Sehat & Cantik

14 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Lengkuas atau yang juga sering kita sebut sebagai laos sangat banyak dan beragam. Laos merupakan salah satu jenis umbi umbian atau rimpang yang biasa di jadikan sebagai bumbu masak dan juga obat tradisional. Secara fisik, lengkuas atau laos hampir sama dengan jahe, dengan ukuran yang besar, daging berserat serta memiliki rasa pedas, namun aroma yang terdapat pada laos atau lengkuas yang kuat dan khas merupakan salah satu membedakan jenis rimpang ini dengan jahe.

Di Indonesia tanaman ini bisa kita temui dengan mudah, dan banyak tumbuh luas di sekitar kita. Ada dua jenis lengkuas dengan dua fungsi yang berbeda, yang pertama adalah lengkuas biasa sering di manfaatkan sebagai bumbu dalam masakan. Sedangkan untuk pembuatan obat tradisional, kebanyakan orang akan memilikih lengkuas merah sebagai bahan yang di gunakan.

14 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daging lengkuas yang sudah tua akan memiliki serat yang sangat padat dan kasar, hal tersebut sangat berbeda dengan lengkuas yang masih muda, di mana kadar seratnya masih sedikit dan tidak terlalu kasar. Selain itu, semakin tua lengkuas, maka akan semakin kuat juga rasa pedas yang terdapat pada lengkuas atau laos. Perlu kita ketahui jika rasa pedas pada buah lengkuas berbeda dengan rasa pedas yang kita kenal dari cabe. Rasa pedas dari umbi lengkuas memiliki karakter yang berbeda dan hal tersebutlah yang menjadi salah satu dari ciri khas dari lengkuas atau jahe.

Selain serat, masih banyak lagi kandungan kandungan baik seperti nutrisi dan juga beberapa senyawa aktif yang sangat berguna bagi tubuh dalam mengatasi berbagai macam masalah pada kesehatan.

MANFAAT LENGKUAS

Kita sudah mengenal baik apa itu lengkuas atau laos, hanya saja kita masih belum mengetahui apa saja manfaat dari tanaman yang satu ini. Jika semua itu yang menjadi pertanyaan kita semua, mungkin informasi berikut ini akan merupakan jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut. Langsung saja, di bawah adalah beberapa manfaat baik dari lengkuas untuk kesehatan dan juga kecantikan.

1.Mengatasi Perut Kembung

Mungkin masih banyak orang yang mengetahui hal ini. Salah satu tanaman yang masuk ke dalam jenis tanaman umbi atau rimpang ini memiliki manfaat yang baik untuk mencegah sekaligus mengaatsi berbagai macam masalah kesehatan seperti perut kembung.

2.Mengobati Reumatik

Reumatik merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang pada daerah persendian. Penyakit jenis ini biasanya dapat menimbulkan rasa sakit atau nyeri, selain itu sendi kita akan sedikit kaku, membengkak, dan sulit untuk di gerakkan.

Jadi jika anda sedang mencari solusi untuk hal tersebut, laengkuas bisa jadi merupakan pilihan yang tepat sebagai alternatif kita semua yang ingin mencegah atau mengatasi penyakit reumatik.

3.Anti Tumor

Senyawa berupa transkoniferil disasetat merupakan salah satu kandungan yang terdapat pada lengkuas. Senyawa tersebut dapat menekan risiko terbentuknya sel tumor dalam tubuh dengan cara menekan pertumbuhan enzim xanthin yang merupakan salah satu penyebab dari adanya tumor.

4.Obat Diare

Kebanyakan dari seseorang yang mengalami diare tidak tau cara untuk mengatasinya selain minum obat mampet dan juga oralit yang bisa dengan mudah kita buat sendiri. Namun ada cara lain selain hal tersebut yang fungsinya tidak kalah efektif dan sangat praktis. Yaitu dengan menggunakan lengkuas, sebainya gunakan lengkuas yang masih segar dan tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda, bersihkan kemudian kita kunyah untuk sesaat sebagai obat hisap kemudian keluarkan kembali ampasnya dari mulut.

5.Anti Inflamasi

Senyawa unik yang terkandung pada lengkuas memiliki sifat alami sebagai anti inflamasi yang berguna untuk mencegah terjadinya peradangan pada tubuh, senyawa yang di maksud yaitu galangin.

6.Mencegah kanker

Selain bersifat sebagai anti inflamasi, senyawa galangin merupakan dapat menekan efek buruk radikal beebas terhadap tubuh yang dapat memicu timbulnya perkembangan sel kanker, atau dalam istilah lain fungsi tersebut di katakan sebagai anti oksidatif.

7.Sariawan

Tanaman yang satu ini juga sangat bermanfaat sebagai pengobatan yang bertujuan untuk mengobati sariawan. Cara mudahnya yaitu dengan menyeduh lengkuas yang sudah di memarkan dan telah dengan menggunakan air hangat. Diamkan ramuan tersebut selama 5-10 menit sampai benar benar dingin lalu gunakan untuk berkumur.

8.Mengobati Radang Gusi

Jika kita mengalami radang pada gusi dan juga tenggorokan bukan berarti hal tersebut harus kita biarkan saja. Meskipun kedua hal tersebut bukan merupakan masalah yang serius namun jika tidak segera teratasi tidak menutup kemungkinan keadaan tambah parah dan akan mengganggu aktivitas kita. Cara yang bsa kita gunakan sama persis dengan cara yang sebelumnya yaitu dengan berkumur air lengkuas secara rutin dan teratur hingga sembuh.

9.Melancarkan Peredaran darah

Mengkonsumsi lengkuas dengan cara yang benar serta tidak berlebihan dampaknya sangat baik bagi kesehatan, selain itu tanaman ini juga dapat memberikan rasa hangat serta segar pada tubuh akibat dari rasa pedas serta aromanya yang kuat, hal tersebut juga di percaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

10.Obat Panu

Selain dari beberapa manfaat yang telah di sebutkan tanaman ini juga sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit yang salah satunya adalah panu. Caranya sangat mudah dan praktis, kita hanya cukup menyiapkan lengkuas yang telah di bersihkan secukupnya, halsukan dengan cara di tumbuk kemudian balurkan pada kulit yang terdapat panu, kemudian dimakan hingga beberapa saat sebelum di bersihkan.

11.Melancarkan Buang Air Kecil

Tanaman lengkuas memiliki sifat alami sebagai dieuritik yang dapat meluruhkan air seni serta melancarkan simtem buang air kecil oleh tubuh agar tubuh lebih baik dalam mengelurkan zat zat sisa serta racun dalam tubuh melaui air seni.

12.Mencegah Bau Mulut

Tidak hanya untuk mengobati sariawan, berkumur menggunakan air seduhan lengkuas juga dapat mengilangkan bau mulut yang sangat menganggu. cara ini sangat praktis serta sangat mudah untuk kita coba sendiri di rumah.

13.Mencegah Penuan Pada Kulit

Kandungan antioksidan yang terdapat pada lengkuas atau laos di percaya dapat mencegah terjadinya proses penuaan pada kulit dengan meredam efek buruk paparan radikal bebas terhadap kulit. Dengan begitu kulit kita akan lebih sehat, awet muda dan terawat.

14.Mengobati Demam

Lengkuas mengandung senyawa alami yang bersifat sebagai analgesik dan juga antipiretik. Kedua senyawa merupakan kombinasi yang sangat baik untuk mengobati demam. Sifat analgesik dapat mengurangi rasa nyeri pada demam sedangkan antipiretik dapat mencegah terjadinya infeksi pada tubuh akibat bakteri.

Itulah beberapa informasi menarik seputar manfaat dari lengkuas atau laos yang sangat baik bagi tubuh termasuk kesehatan dan juga kecantikan. semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian..!
Tag : herbal
Back To Top