Informasi Menarik Sehat & Cantik

6 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk wajah Dan Kulit

Manfaat Daun Jambu Biji sudah di kenal sejak dahulu dan banyak di gunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi berbagai macam masalah pada kesehatan. Salah satu fungsi yang paling umum dari penggunaan daun jambu biji yaitu sebagai obat alami untuk mengatasi diare.

Manfaat yang luar biasa dari daun jambu biji, membuat jenis daun yang satu ini banyak di lirik serta di manfaatkan dalam bidang farmasi atau industri di bidang farmasi sebagai bahan dalam membuat atau memproduksi berbagai jenis obat.

6 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk wajah Dan Kulit

Tidak hanya sampai di situ, selain berguna dan banyak di manfaatkan sebagai obat yang sudah terbukti keampuhannya. Tanaman ini mulai banyak di kenal sebagai salah satu bahan alami untuk perawatan kecantikan. Bagi anda yang baru mendengar hal ini, mungkin akan sedikit heran atau bertanya - tanya. Apa benar daun jambu biji bisa di gunakan sebagai bahan untuk kecantikan? Seperti apa manfaat daun jambu biji? Atau mungkin masih banyak lagi pertanyaan yang akan muncul selain pertanyaan tersebut.

Jadi, untuk menjelaskan sekaligus menjawab semua pertanyaan tersebut. Berikut akan kami rangkumkan secara sederhana dan lengkap mengenai manfaat dari daun jambu biji untuk perawatan kecantikan. Dan langsung saja, berikut ulasannya.

MANFAAT DAUN JAMBU BIJI UNTUK KULIT DAN WAJAH

1.MENGOBATI DAN MENCEGAH JERAWAT

Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang paling sering menyerang wajah. Timbulnya jerawat dapat di tandai dengan adanya peradangan pada kulit atau wajah yang membentuk benjolan kecil dan terdapat nanah di dalamnya.

Beberapa faktor atau penyebab yang dapat memicu timbulnya jerawat yaitu :

Kebersihan wajah yang kurang terjaga atau jarang mencuci wajah.
Produksi minyak yang berlebih pada kulit atau wajah.
Sel kulit mati yang dapat menyumbat pori pori kulit.
Iritasi pada kulit.
Infeksi oleh bakteri pada kulit, salah satu bakteri penyabab jerawat yaitu p.acne.
Pemakaian kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit.
Pemakaian kosmetik secara berlebihan yang berpotensi meyumbat pori kulit.
Tidur dengan make up yang masih belum di bersihkan.
Stress yang berkepanjangan atau juga sering mengalami stress.

Cara mengatasi dan mencegah jerawat dengan daun jambu biji :

Pertama cukup siapkan sebanya 3 lembar daun jambu biji yang masih segar, jumlah bisa di sesuaikan dengan penggunaan. Pastikan daun jambu biji yang akan kita gunakan sudah kita cuci terlebih dahulu. Setelah di cuci bersih haluskan daun jambu biji dengan cara di tumbuk. Setelah halus, gunakan bahan tersebut dengan cara di balurkan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan hingga kering atau sekitar 15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dan keringkan denga menggunakan handuk. Cara ini akan sangat baik di lakukan secara rutin dan tertaur sebelum mandi atau di malam hari sebelum tidur.

Penting :

Untuk membuat masker dari daun jambu biji seperti di atas, pastikan semua peralatan yang kita gunakan benar benar bersih dan telah di cuci terlebih dahulu. Selain itu pastikan jika kondisi wajah kita sudah benar benar bersih sebelum menggunakan masker yang akan kita aplikasikan pada wajah. Pengunaan masker pada wajah yang masih belum di bersihkan, di khawatirkan akan menimbulkan masalah lain pada kulit, kondisi kulit yang semakin parah, atau perawatan yang kita lakukan sama sekali tidak memberikan hasil atau hasil yang lebih lama.

2.MENYAMARKAN NODA HITAM

Noda hitam pada kulit atau wajah merupakan suatu kondisi yang dapat di akibatkan oleh adanya proses pigmentasi pada kulit. Selain itu masih ada banyak lagi faktor yang dapat mnyebabkan timbulnya noda hitam di kulit atau wajah. Bagi sebagian orang khususnya para wanita, mungkin akan merasa terganggu dengan adanya noda hitam pada wajah. dan oleh sebab itu, perlunya penanganan serta langkah tepat yang perlu kita lakukan untuk merawat kulit agar kulit bisa lebih sehat terawat dan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti noda hitam.

Penyebab timbulnya noda hitam di kulit atau wajah :

Efek buruk sinar matahari.
Paparan radikal bebas terhadap kulit.
Bekas luka atau jerawat yang sudah mati.
Menumpukanya sel sel kulit mati.
Jarang mencuci wajah.
Penyumbatan pori kulit akibat penggunaan kosmetik.
Pengaruh dari penggunaan kosmetik dengan kandungan berbahaya.
Produk kosmetik yang kita gunakan tidak cocok atau tidak sesuai dengan jenis kulit.

Cara menghilangkan noda hitam di kulit atau wajah menggunakan daun jambu biji :

Step 1 :
Mencuci wajah dengan air rebusan daun jambu biji. Caranya, siapkan sebanyak 10 lembar daun jambu biji yang masih segar. Cuci semua daun hingga benar benar bersih, kemudian cincang kasar daun jambu biji, bisa dengan cara di remas atau sobek daun menjadi dua bagian. Selanjutnya rebus semua daun jambu biji menggunakan 600 ml air dan biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih angkat daun dan biarkan hingga dingin lalu di saring.

Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci wajah secara rutin dan teratur, gunakan sebanyak 2 kali sehari di pagi hari setelah bangun tidur dan juga di malam hari sebelum tidur.

Step 2 :
Gunakan masker wajah dari bahan daun jambu biji. Caranya, siapkan sebanyak 10-15 lembar daun jambu biji yang masih segar kemudian cuci hingga bersih. Selanjtnya haluskan daun jambu biji dengan cara di tumbuk atau dengan cara yang lebih gampang yaitu di blender. Setelah daun jambu biji halus, gunakan pada wajah dengan cara di oleskan secara merata serta sedikit pijatan lembut pada wajah. Diamkan masker kurang lebih selama 15 menit lalu bilas wajah hingga bersih.

Untuk cara yang kedua ini kita hanya perlu melakukannya secara rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu sebelum tidur, setelah itu anda bisa mencuci wajah anda kembali menggunakan air rebusan daun ajmbu biji seperti yang telah di jelaskan sebelumnya.

Penting :

Cara tersebut harus di lakukan secara rutin dan teratur untuk memperoleh hasil yang optimal. Selain itu sebelum melakukan perawatan dengan cara tersebut, sangat penting untuk kita memastikan wajah kita sudah bersih dari kotoran dan juga make up, jadi lebih baik jika kita cuci wajah terlebih dahulu.

3.MENCERAHKAN KULIT KUSAM

Kulit kusam adalah suatu kondisi pada kulit yang di akibatkan oleh bebebrapa faktor yang dapat membuat kulit menjadi tampak lelah dan gelap. Masalah ini juga sering di kaitkan dengan kulit berminyak, karena kulit dengan produksi minyak berlebih akan mudah menagkap polusi serta kotoran pada wajah yang dampaknya akan membuat wajah menjadi kusam dan juga kotor. Namun selain itu, masih banyak lagi penyabab dari timbulnya kulit kusam pada wajah yang perlu kita ketahui, beberapa di antaranya akan kami urainkan di bawah ini.

Penyebab kulit kusam :

Kondisi wajah tidak terurus atau jarang mencuci muka.
Efek buruk sinar matahari dan paparan radikal bebas terhadap tubuh.
Polusi dan kotoran yang terperangkap di kulit atau wajah.
Sel sel kulit mati yang menumpuk di kulit atau wajah.
Sering beraktivitas di luar rumah.
Kondisi kulit yang kering akibat kurangnya konsumsi cairan.

Cara mencerahkan kulit kusam menggunakan daun jambu biji :

Step 1 :
Scrubing/scrub, cara ini berfungsi untuk mengangkat sel sel kulit mati sekaligus membersihkan kotoran pada kulit sehingga kulit akan lebih segar, secar dan bebas bernapas. Caranya, siapkan 1 genggam beras dan juga 7-10 lembar daun jambu biji. Pertama cuci beras hingga bersih kemudian rendam semalaman. Esok harinya haluskan beras yang sudah di rendam dengan cara di tumbuk, setelah belas halus, kemudian lanjut kepada daun jambu biji. Pastikan daun yang akan kita gunakan masih dalam keadaan segar dan telah dicuci bersih, kemudian tumbuk hingga halus dan campurkan dengan beras yang sebelumnya telah di haluskan terleibih dahulu. Campur kedua bahan hingga rata, kemudian gunakan bahan tersebut sebagai scrub pada kulit atau wajah dengan pijatan lembut selama beberapa menit. Setelah itu bersihkan wajah dan keringkan menggunakan handuk. cara ini sangat baik di gunakan sebelum mandi 1-2 kali dalam seminggu.

Step 2 :
Masker, cara ini berfungsi untuk menutrisi kulit, memperbaiki kerusakan kulit serta meredam efek buruk sinarmatahari dan juga radikal bebas terhadap kulit. Sehingga kulit kita akan lebih cerah, segar dan terjaga. Caranya, siapkan sebanyak 10-15 lembar daun jambu biji yang masih segar. Bersihkan semua daun kemudian tumbuk hingga halus. Hasil dari tumbukan tersebut bisa kita gunakan sebagai masker dengan cara di balurkan secara merata pada kulit atau wajah dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu bersihkan wajah dan keringkan menggunakan handuk. Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Penting :

Untuk medapatkan hasil yang optimal, usahakan untuk melakukan cara tersebut secara rutin dan teratur. Sebelum melakukan perawatan, kebersihan kulit merupakan hal penting yang perlu di perhatikan.

4.MENGURANGI KADAR MINYAK PADA KULIT

Kulit berminyak merupakan kondisi sekaligus masalah kulit yang sering di anggap sepele namun serius. Jika masalah ini di biarkan begitu saja tanpa adanya langkah untuk mengatasinya, hal tersebut akan berpengaruh pada kondisi kulit yang kemungkinan juga dapat memicu timbulnya masalah lain pada kulit seperti, kulit kusam dan berjerawat. Selain itu kulit berminyak juga akan membuat kita terganggu dan merasa jengkel khususnya bagi kaum perempuan.

Penyebab dari wajah berminyak :

Kebersihan kulit kurang terjaga.
Jarang mencuci wajah.
Faktor genetik atau keturunan.
Hormon ynag tidak seimbang.
Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai atau tidak cocok dengan jenis kulit.
Perawatan kulit yang berlebihan.
Makanan yang banyak mengandung lemak.

Beberapa hal yang harus di hindari untuk kulit berminyak :

Jangan terlalu sering mencuci wajah. Kenapa? Hal tersebut secara tidak langsung dapat membuat kondisi kulit menjadi kering, sehingga tubuh akan lebih bekerja keras dalam merangsang kelenjar minyak agar memproduksi minyak lebih banyak dari pada sebelumnya, bisa di katakan hal ini dapat memperburuk kondisi.
Kedua, hindari mencuci wajah menggunakan air hangat. Kenapa? Seperti di atas, jika hal ini kita lakukan, terlebih dengan intensitas yang sering akan membuat kulit menjadi kering dan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi.
Ketiga, lakukan perawatan wajah yang sesuai dengan masalah pada kulit atau wajah, serta tidak berlebihan. Perawatan wajah yang di lakukan secara berlebihan dapat menyebabkan kemungkinan timbulnya masalah lain pada kulit dan juga memperparah kondisi kulit.

Cara mengatasi kulit berminyak menggunakan daun jambu biji :

Mencuci wajah menggunakan air daun jambu biji. Caranya gunakan sebanyak 10 lembar daun jambu biji yang masih segar. Bersihkan daun dengan cara di cuci kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak 600 ml. Biarkan hingga mendidih, setelah itu angkat dan dinginkan. Air rebusan yang sudah dingin bisa kita saring guna memisahkan ampas lalu kita gunakan air tersebut untuk mencuci wajah.

Penting :

Untuk medapatkan hasil maksimal dan memuaskan, lakukan cara tersebut minimal 1 kali dalam sehari pada malam hari sebelum tidur.

5.MENGECILKAN PORI PORI KULIT

Pori - pori kulit yang besar merupakan salah satu kondisi pada wajah yang sangat menganggu serta memberikan kesan terlihat kasar pada kulit atau wajah. jadi perlu di lakukannya perawatan yang sesuai untuk mengatasi hal tersebut.

Efek buruk yang timbul akibat pori - pori kulit besar.

Kulit tampak kasar.
Kulit gampang berminyak.
Menimbulkan komedo.
Mudah timbul jerawat.

Penyebab dari pori - pori kulit membesar :

Akibat sinar matahari.
Faktor penuaan.
Faktor genetika atau keturunan.
Efek dari merokok.
Sel sel kulit mati yang menyumbat pori.

Cara mengecilkan pori pori kulit menggunakan daun jambu biji :

Step 1 :
Mencuci wajah menggunakan air daun jambu biji. Caranya siapkan sebanyak 10 lembar daun jambubi biji segar dan telah di cuci bersih, kemudian rebus daun ke dalam air sebanyak 600 ml dan biarkan hingga mendidih. Air rebusan yang sudah mendidih lalu kita angkat dan dimkan hingga dingin, setalh itu saring agar ampasnya terpisah. Terakhir kita cukup menggunakan air untuk mecuci wajah kita secara rutin sebelum di malam hari sebelum tidur.

Step 2 :
Menggunakan masker daun jambu biji. Hal yang harsuk kita lakukan adalah membuat msker terlebih dahulu. Siapkan 10-15 lembar daun jambu biji segar, kemudian cuci hingga bersih. Kedua haluskan daun jambu biji dengan cara di tumbuk. Setelah halus, bahan tersebut bisa kita gunakan pada wajah sebagai masker dengan cara di balurkan secara merata pada wajah. Cara ini bisa kita lakukan secara rutin 1-2 kali dalam seminggu.

Penting :

Pastikan jika wajah kita sudah di bersihkan terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan dengan cara tersebut. hal ini, bertujuan untuk memperoleh hasil akhir yang optimal dan juga memuaskan.

6.ANTI PENUAAN

Penuaan adalah sebuah proses pada kulit di mana kulit akan mengalami penurunan kondisi dan dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit seperti kulit kendor, munculnya garis garis halus dan kerutan, pigmentasi pada kulit yang memicu timbulnya noda hitam dan masih banyak lagi.

Penyebab dari terjadinya penuaan :

Secara umum faktor penyebab dari proses penuaan adalah akibat dari paparan radikal bebas terhadap tubuh. Radikal bebas merupakan senyawa oksidatif yang dapat memicu timbulnya beberapa masalah pada kulit atau yang di kenal dengan istilah proses penuaan. Selain itu hal lain yang juga dapat menyebbkan terjadinya penuaan yaitu sinar matahari dan juga kelembaban udara.

Cara mencegah penuaan menggunakan daun jambu biji :

Step 1 :
Mencuci wajah dengan air daun jambu biji. Caranya cukup siapkan sebanyak 10 lembar daun jambu biji yang masih segar dan sudah di cuci bersih. Rebus daun hingga mendidih menggunakan 600 ml air bersih. Setelah mendidih, biarkan hingga dingin lalu saring untuk memisahkan ampasnya. Terakhir kita bisa mencuci wajah kita dengan menggunakan air rebusan daun jambu biji secara rutin dan teratur sebelum tidur dan lakukan selama seminggu.

Step 2 :
Toner daun jambu biji. Cara yang kita gunakan hampir sama dengan sebelumnya hanya saja jumlah bahan yang akan kita gunakan sedikit kita kurangi. Pertama siapkan 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar. Cuci bersih kemudian rebus menggunakan 250 ml air besih atau setara dengan 1 1/5 gelas. Rebus hingga mendidih kemudian angkat dan biarkan hingga dingin lalu saring. Air tersebut bisa kita gunakan sebagai toner pada kulit atau wajah.

Step 3 :
Masker daun jambu biji. Pertama siapkan 10-15 lembar daun jambu biji yang masih segar dan telah kita cuci bersih. Kemudian haluskan semua daun dengan cara di tumbuk. Hasil dari tumbukan tersebut kita gunakan pada wajah sbagai masker dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Sertelah itu akhiri dengan mencuci wajah hingga bersih. Cara terbaik melakukan perawatan ini yaitu sebanyak 2 kali dalam seminggu sebelum waktu mandi.

Penting :

Lakukan ketiga cara tersebut secara rutin dan teratur, dengan begitu kulit serta wajah kita akan selalu tampak sehat dan segar terawat.

Itulah informasi mengenai manfaat dari daun jambu biji yang bisa kita gunakan untuk merawat kecantikan khsusnya kulit dan wajah. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan mampu memberikan manfaat yang baik untuk kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : kecantikan
Back To Top