Informasi Menarik Sehat & Cantik

8 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh


8 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh - Bidara memiliki nama latin yang unik Ziziphus Mauritiana merupakan sejenis tumbuhan semak belukar yang dalam proses perkembangannya cukup cepat. Tanaman yang satu ini mempunyai banyak cabang juga duri di setiap bagian kayunya. Daun bidara bentuknya elips, berwarna hijau dan mengkilap, tumbuhan ini akan tumbuh dengan sangat subur ketika bertemu dengan tanah kering di mana curah hujannya sedikit. Berikut ini beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan serta kecantikan tubuh:

Membantu Mengobati Jerawat

Daun bidara dipercaya mampu membantu membersihkan serta menjaga kesehatan kulit wajah khususnya dari gangguan jerawat yang membandel. Daun bidara yang ditumbuk sampai benar-benar halus lalu ditambahkan sedikit air dan diaduk hingga mengental.

Oleskan masker wajah alami ini pada kulit wajah yang berjerawat dan biarkan hingga maskernya kering sendiri, setidaknya butuh waktu selama 20 menit agar kandungan dari daun bidara meresap ke permukaan kulit wajah berjerawat. Setelah 20 menit usai, cuci bersih kulit wajah dengan air, untuk hasil yang optimal, lakukan cara di atas kurang lebih selama 2 bulan dengan pemakaian 3-4x dalam satu pekannya.

Baik Untuk Lambung

Daun bidara bermanfaat sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk lambung. Anda yang punya riwayat maag, bisa memanfaatkan daun bidara sebagai obat herbal berkhasiat. Daun bidara mampu membantu meredakan bermacam-macam penyakit yang terdapat di organ lambung karena kandungan yang terdapat di dalam tanaman ini tidak berdampak buruk bagi asam lambung Anda.

Membantu Menyehatkan Mulut

Kondisi mulut yang tidak sehat bisa terlihat sangat jelas. Manfaat daun bidara untuk kesehatan mulut karena berkhasiat alami untuk membantu mencegah munculnya sariawan dan membantu mengatasi bibir yang pecah pecah dengan sangat baik.

Mebantu Mengatasi Menstruasi yang Tidak Lancar

Setiap bulannya wanita normal akan mengalami haid, lamanya haid itu tergantung dari hormone. Lantas bagaimana jika haid tidak teratur. Untuk mengatasi haid yang tidak beraturan munculnya, Anda bisa mengambil khasiat alami dari daun bidara. Kandungan alami baik pada daun bidara mampu menyeimbangkan hormone di dalam tubuh, jadi haid pun ikut lancar.

Mengatasi Keputihan Pada Wanita
Masalah keputihan pada wanita disebabkan oleh jamur yang terdapat di miss V. Untuk mengatasi keputihan, Anda cukup menggunakan air rebusan dari daun bidara yang sudah didinginkan untuk membasuh miss V, lakukan pengobatan ini secara teratur hingga keputihan Anda sembuh dan tidak muncul lagi.

Meningkatkan Proses Penyembuhan Luka

Mau itu luka lecet atau luka goresan dan luka cidera karena terjatuh, Semuanya bisa diatasi cukup dengan menggunakan daun bidara. Kandungan anti inflamasi yang terdapat pada daun bidara ini mampu membantu mempercepat proses penyembuhan sehingga lukanya bisa cepat kering.

Cara pengobatannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengeringkan daun bidara secukupnya, lantas tumbuk daun kering tersebut hingga menjadi serpihan bubuk yang halus. Saat pemakaiannya, campurkan bubuk daun bidara dengan air secukupnya hingga berubah jadi pasta baru balurkan pada bagian tubuh yang terluka.

Meringankan Luka Bakar
Ketika Anda terkena luka bakar, Anda bisa meringankan luka tersebut dengan menggunakan manfaat dari daun bidara. Berbeda dari cara sebelumnya, daun bidara yang digunakan kali ini harus yang segar sehingga bisa memberikan efek pendingin yang efektif. Kandungan alami pada daun herbal ini tidak sekedar meringankan lukanya saja namun dapat mencegah terjadinya bekas luka bakar.

Perawatan Kecantikan Agar Selalu Tampak Awet Muda

Dari zaman China Kuno, tumbuhan herbal ini nyatanya sudah dimanfaatkan untuk membantu mempercantik kulit wajah. Daun bidara efektif untuk mengatasi kulit wajah berjerawat sekaligus membantu mencegah penuaan dini, seperti lingakaran hitam di bawah mata atau kerutan. Cara pemanfaatan termudah bisa dilakukan dengan mengeringkan daun bidara untuk ditumbuk sampai jadi bubuk dan digunakan sebagai masker alami. Untuk hasil optimal, gunakan masker alami ini 2x dalam satu pekan supaya wajah Anda tampak lebih cerah, halus dan bercahaya.

Senyum karena kulit yang cerah dan bercahaya bisa diperoleh dari manfaat daun bidara untuk kesehatan kulit wajah atau proses pemanfaatan lain untuk menjaga kesehatan tubuh dari radikal bebas.

Back To Top