Informasi Menarik Sehat & Cantik

Panduan Memilih dan Menggunakan Tabir Surya yang Baik dan Benar

Kita sudah tau betul apa itu tabir surya dan apa saja fungsi atau manfaatnya. Tapi yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai cara atau tips memilih serta menggunakan tabir surya yang benar dan baik. Yang di mana menurut saya pribadi masih belum terlalu banyak orang yang benar benar tau dan mengerti tentang hal ini. Jadi tanpa panjang lebar berikut ini informasi lengkapnya.

Sedikit penjelasan mengenai tabir surya atau yang juga sering di sebut dengan istilah sunscreen atau sun protector. Jadi produk ini tergolong ke dalam produk skincare yang fungsinya adalah menghalau atau meredam bahaya buruk sinar matahari.

Panduan Memilih dan Menggunakan Tabir Surya yang Baik dan Benar



#TIPS MEMILIH TABIR SURYA

Yang pertama kali harus kita pertimbangkan dalam memilih jenis tabir surya ialah berdasarkan kebutuhan. Spesifiknya adalah di negara kita yang beriklim tropis memiliki intensitas sinar mathari yang tinggi dan selalu memiliki indeks yang tinggi dalam 365 hari atau selama 1 tahun. Jadi bisa di pastikan kalau kulit kita tidak pernah aman dari yang namanya sinar matahari. Namun, di balik hal tersebut, kulit orang orang yang tinggal di dareah tropis khususnya Indonesia justru memiliki pigmen yang agak gelap atau kecoklatan di mana hal tersebut menandakan jika jenis kulit kita memiliki pigmen yang cukup kuat untuk melindungi tubuh kita dari yang namanya sinar matahari. Kesimpulannya, tabir surya dengan kandungan SPF yang tinggi hingga mencapai 50 tentu sangatlah tidak berguna. Pilihlah jenis tabir surya dengan kandungan SPF antara 15-20 dan maksimal untuk daerah tropis yaitu hingga SPF 30. Selain itu, perlindungan antara SPF 15 dengan SPF 50 juga tidak terlalu berbeda jauh di mana untuk jenis SPF 15 mampu melindungi kulit hingga 95% dan hingga 98% kira kira untuk SPF 50. Sedikit tambahan lagi, semua jenis produk skincare yang mengandung bahan bahan atau komposisi berupa tabir surya hanya boleh kita gunakan di siang hari, dan tidak untuk malam hari. Jadi pastikan kalau jenis skincare siang dan juga malam miliki kalian benar benar di bedakan berdasarkan cara penggunaan dan juga sesuaikan waktu serta kebutuhan.


#TIPS MENGGUNAKAN TABIR SURYA

Berbeda dengan jenis skincare lainnya, tabir surya memiliki fungsi utama sebagai sunscreen yaitu untuk meredam efek buruk sinar matahari yaitu UVA dan UVB. Jadi seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, tabir surya hanya boleh di gunakan di siang hari bahkan meskipun kita tidak beraktivitas di luar ruangan. Caranya adalah dengan sedikit membedakan intensitas penggunaan untuk penggunaan indoor dan outdoor.

Kedua selalu menggunakan tabir surya setidaknya 15 menit sebelum keluar rungan. Hal ini bertujuan agar supaya formula dari tabir surya benar benar terserap kulit dan bisa bekerja dengan baik. Itu artinya perlu waktu bagi si tabir surya untuk benar benar meresap ke kulit kita.

Ketiga, jika kita memiliki aktivitas di luar ruangan dengan waktu yang cukup panjang atau lama pastikan untuk kita selalu mengaplikasikan kembali tabir surya setidaknya setiap 3 hingga 4 jam sekali. Jadi jangan pernah berpikiran jika tabir surya cukup di gunakan hanya setelah mandi pagi dan bisa bertahan sampai sore. Hal tersebut adalah salah besar terlebih jika kita sering berada di luar ruangan.


Itu dia beberapa hal yang memang harus kita pertahatikan dalam memilih atau pun menggunakan tabir surya atau sunscreen. Karena hasil yang baik hasil yang optimal di peroleh dari pemilihan jenis produk yang tepat, sesuai dengan kebutuhan kulit dan juga di lakukan dengan benar dan teratur.

Semoga informasi di atas bisa berguna untuk kalian semua yang sudah mau sedikit menyimak isi dari blog ini, saya ucapkan terima kasih dan juga jangan lupa untuk simak terus informasi menarik lainnya dari ManfaatQ. Sekian dan selamat membaca..!
Back To Top