Informasi Menarik Sehat & Cantik

10 Ritual Skincare Rutin untuk Kulit Mulus Bercahaya (Basic)

Ritual perawatan wajah ala korea (10 Step Korean Skincare Routine) banyak di gemari karena hasilnya yang memang bagus. Begitu pun di Indonesia ritual skincare ala korea tersebut mulai banyak di tiru khususnya oleh para wanita. Namun, apa iya semua orang tau seperti apa langkah langkah atau masing masing step dari ritual ini? Apa itu 10 step skincare rutin? Seperti apa? dan masih banyak lagi pertanyaan yang lainnya. Oleh karena itu, di sini akan saya jelaskan secara lengkap 10 step korean skincare untuk dapatkan kulit flawless mulus bercahaya.

Memiliki kulit yang sehat dan bersih tentu kita juga harus siap dengan ritual atau step - step yang perlu kita lakukan untuk merawat kulit, lebih dari itu kita juga harus bisa meluangkan waktu untuk melakukan ritual tersebut. Mengingat ritual dari skincare ala korea ini membutuhkan proses yang memang tidak bisa di bilang singkat. Jadi seperti apa step - stepnya. Berikut ulasan untuk anda.


10 Ritual Skincare Rutin untuk Kulit Mulus Bercahaya (Basic)




10 STEP KOREAN SKINCARE ROUTINE (BASIC)

DOUBLE CLEANSING

Double cleansing merupakan ritual membersihkan wajah secara optimal dengan menggunakan dua jenis cleanser yang berbeda. Kedua ritual ini sangat mampu mengangkat kotoran serta sisa sisa make up atau debu dan juga kotoran yang menempel di kulit kita selama beraktivitas.

Step 1 - Makeup Remover

Makeup remover atau bahasa lain dari kegiatan membersihkan makeup setelah beraktivitas. Ada banyak jenis makeup remover yang bisa kita gunakan yaitu water-based makeup remover yang dan juga oil-based atau cleansing oil. Selain membersihkan wajah, ritual di step pertama ini penting untuk menjaga wajah tetap sehat dan tidak mudah berjerawat serta timbul flek.

Step 2 - Facial Cleanser

Di ritual yang kedua kita akan membersihkan wajah kita kembali untuk memaksimalkan pembersihan wajah. Jenis pembersih yang akan kita gunakan yaitu facial cleanser seperti cleanser foam, gel atau jenis cleanser lainya.Ritual ini sifatnya harus setelah kita membersihkan wajah menggunakan makeup remover.

EXFOLIATION

Step 3 - Exfoliating

Exfoliating di lakukan untuk mengangkat sel sel kulit mati di wajah, ritual ini juga sering di sebut dengan peeling yang terdiri dari dua macam berdasarkan jenis produk yang di gunakan, pertama yaitu physical peeling dan yang kedua chemical peeling dengan keunggulannya masing masing. Ritual tidak boleh di lakukan setiap hari, untuk hasil yang optimal dan juga aman exfoliating bisa di lakukan sebanyak 2 kali seminggu.

TONER

Step 4 - Facial Toner

Toner umumnya di gunakan setelah ritual membersihkan wajah. Dengan menggunakan kapas usapkan pada wajah dengan lembut dengan tujuan untuk meringkas pori, mengangkat sisa sebum di wajah, menormalakan ph kulit. Dengan kandungan bahan tertentu sebagian dari jenis toner juga berfungsi sebagai skincare yang mampu mencegah jerawat, kadar minyak berlebih pada wajah serta efek kemerahan pada wajah setalah mencuci muka.

TREATMENTS ESSENCE

Step 5 - Essence

Penggunakan essence dalam skincare korean rutin sifatnya adalah wajah. Essence sedniri merupakan salah satu jenis skincare yang fungsinya mampu menyegarkan kulit, memberikan efek brightening, juga hydrating yang mampu membuat kulit lebih lembut, lembab, kenyal dan lebih bening. Caranya adalah dengan menuangkan beberapa tetes pada tangan, ratakan, dan tap - tap atau tepuk pada wajah dengan lembut.

TREATMENTS SERUMS

Step 6 - Serum

Banyak jenis serum yang bisa kita temukan di pasaran, baik itu butatan lokal atau dari luar negeri. Apakah fungsi dari serum tersebut, umumnya serum di gunakan merawat atau bahkan mencegah wajah dari yang namanya noda hitam atau sun spot, garis halus atau kerutan dan masih banyak lagi. Serum memiliki komposisi dengan konsentrasi tinggi yang mampu membuat kulit menjadi lebih sehat, lebih lembut dan lembab. Caranya yaitu dengan meneteskan sedikit serum pada telapak tangan, ratakan dan kemudian usapkan pada wajah secara perlahan hingga terserap kulit.

MOISTURIZERS

Step 7 - Moisturizer

Moisturizer merupakan produk yang menurut saya pribadi sangat vital, karena salah satu fungsinya yaitu melembabkan sangat di butuhkan oleh kulit guna mencegah yanga namanya kulit kering, kasar, kusam, atau bahkan kelebihan produksi minyak karena kelembabakan kulit yang kurang.

EYE CREAM

Step 8 - Eye Cream

Eye cream merupakan sejenis pelembab yang penggunaannya hanya untuk mata. Umumnya cream ini di gunakan oleh wanita di usia 30 an yang fungsinya untuk menjaga bentuk mata termasuk area sekitar mata tetap terlihat cantik, kencang dan juga sehat.

SUN PROTECTION

Step 9 - Sun Protection

Sun protection juga di kenal dengan istilah lain yaitu tabir surya yang sudah sangat di kenal sebagat peredam sinar matahari terhadap kulit. Jadi merupakan ritual yang paling vital dalam skincare rutin untuk menggunakan yang namanya tabir surya yang sesuai dan cocok di kulit.

FACIAL MAKS

Step 10 - Sheet Mask

Sebenarnya ada banyak jenis masker yang beredar di pasaran, namun dalam skincare korean rutin umum di pilih atau di gunakan yaitu masker jenis sheet mask atau masker kertas (tissu). Masker jenis ini di klaim sangat praktis dengan hasil yang juga bagus. Sheet mask sendiri di gunakan setelah kita membersihkan wajah atau sebelum menggunakan essence atau serum yang fungsinya adalah hydrating, whitening, dan juga moisturizing. Mengingat cara penggunaanya yang very simple atau sangat mudah dan praktis, sheet mask bisa kita gunakan setiap hari sebelum tidur di malam hari atau setelah membersihkan wajah di pagi hari 7-20 sesuai dengan instruksi penggunaan dari masker tersebut.


Nah, itu di Skincare korean routine untuk yang basic, berbagai macam perawatan di atas merupakan skincare rutin yang banyak di lakukan oleh wanita korea untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus dan juga bening bercahaya. Jadi apakah kulit kita cocok untuk melakukan ritual tersebut, hal itu tentunya tergantung pada kita, yaitu pemilihan jenis produk serta benar tidaknya ritual yang nanti kita lakukan. Jadi, selamat mencoba ..!
Back To Top