Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Tanaman Senggani Untuk Pengobatan Dan Kecantikan

Manfaat Tanaman Senggani memang tidak terlalu populer jika di bandingkan dengan tanaman herbal yang lain. Namun tidak mungkin juga untuk kita ketahui tentang tanaman ini yang manfaatnya bisa di bilang cukup luar biasa untuk mengatasi berbagai permasalahan sehari hari khususnya dalam dunia pengobatan dan kecantikan.

Deskripsi Tanaman Senggani

Tanaman senggani merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh di tempat tempat yang cukup mendapat sinar matahari, seperti di lereng lereng gunung, semak, lapangan yang tidak terlalu gersang. Tanaman ini memiliki daun tunggal bertangkai dengan bentuk bulat telur yang berujung lancip. Bunganya tumbuh keluar, berupa malai rata dengan jumlah bunga tiap malai sekitar 4-18 bunga dengan warna kemerahan.



Senggani atau (Melastoma) nama latinnya memiliki banyak julakan yang berbeda di setiap daerah seperti sedunduk (Melayu), kluruk (Jawa), kemanden (Madura), dan yeh mu tan (China).


Manfaat Tanaman Senggani Untuk Pengobatan Dan Kecantikan 

Selain mempunya banyak julukan tanaman ini juga banyak mengandung zat senyawa baik seperti flavonoid, saponin dan juga zat tanin. Kandungan senyawa tersebut dapat berguna serta berkhasiat sebagai obat herbal dan perawatan kecantikan. Apa saja manfaatnya? Berikut akan saya jelaskan lebih lengkap.


Manfaat tanaman senggani
  1. Bersifat sebagai anti inflamasi yang dapat meringankan gejala peradangan dan pembengkakan oleh tubuh.
  2. Memiliki sifat analgetik yang dapat bermanfaat untuk meringankan rasa nyeri.
  3. Mengatasi gangguan pada pencernaan seperti menghentikan diare.
  4. Mengobati serta meringankan gejala penyakit kuning atau hepatitis.
  5. Mengatasi keputihan.
  6. Mempercepat penyembuhan bisul.
  7. Mengobati penyakit wasir atau ambeien.
  8. Mempercepat penyembuhan luka.
  9. Mengobati sariawan dan radang tengorokan.
  10. Detoks alami bagi tubuh yang dapat menetralkan racun pada saluran pencernaan.

Cara Mengolah Daun Senggani
  • Mengobati wasir : Siapkan daun senggani yang masih segar dan bersih dengan aseman sebanyak 60gr, kemudian rebus kedua bahan tersebut menggunakan air sebanyak 250cc air dan biarkan hingga menyusut hingga tersisa separuhnya. Terakhir saring air rebusan guna untuk memisahkan ampasnya lalu minum, lakukan cara ini sebanyak 1x kali sehari.
  • Menyembuhkan bisul : Gunakan beberapa lembar daun senggani yang masih segar dan bersih kemudian di rebus hingga mendidih, minum air rebusan tersebut sebanyak 2x.
  • Menetralkan racun : Siapkan beberapa lembar daun senggani beserta akarnya yang sudah di bersihkan. Kemudian tumbuk kasar kedua bahan tersebut dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan 1x sehari 1/2 gelas.
  • Mengatasi keputihan : Gunakan kurang lebih dua genggam daun senggani dan 2 ruas kencur, tumbuk hingga halus kemudian rebus menggunakan air sebanyak 2 gelas. saring untuk memisahkan ampasnya kemudian minum 2x sehari sebanyak 1/2 gelas untuk satu kali minum.
  • Mengatasi radang seperti luka dan pembangkakkan : Siapkan daun senggani secukupnya, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus. balurkan dengan lembut tumbukan tersebut pada luka serta bengkak dan diamkan hingga kering.

Itulah beragam manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan daun senggani lengkap dengan cara mengolahnya. dan semoga informasi tersebut dapat berguna serta memberi manfaat baik bagi kita semua yang mau memanfaatkan tanamn ini sebagai obat alami untuk mengatsi berbagai jenis keluhan akibat penyakit.

Sekian untuk ulasan kali ini yaitu tentang Manfaat Tanaman Senggani Untuk Pengobatan Dan Kecantikan. Semoga bisa berguna dan selamat mencoba..
Tag : herbal
Back To Top