Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Daun Ungu Untuk Kesehatan Ginjal Dan Mengobati Wasir

Manfaat Daun Ungu di percayai memiliki khasiat sebagai obat alami yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit, seperti ambeien atau wasir dan juga jenis penyakit lainnya. Untuk mengetahui lebih lengkap apa itu daun ungu serta apa saja manfaatnya bagi kesehatan, berikut penjelasanya..!

Deskripsi Daun Ungu

Daun ungu merupakan tanamn pagar atau yang juga di kenal dengan tanamn hias merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari Papua Nugini dan Polinesia. Dan sudah banyak tersebar di kawasan Asia Tenggara seperti Semenanjung Malaya, Filipina Dan Indonesia. Di Jawa tumbuhan ini banyak di tanam sebagai tumbuhan pagar yang di manfaatkan sebagai tanaman hias. Habitat dari tumbuhan ini adalah tempat yang banyak di sinari oleh matahari atau juga daerah yang lembag dan hangat.

Manfaat Daun Ungu Untuk Kesehatan

Tanaman ini memiliki daun berwarna merah, dengan bunga yang majemuk. Batangnya termasuk batang berkayu, beruas, dengan permukaan yang licin. Selain di jadikan tanaman hias oleh sebagian masyarakat tanamn ini di manfaatkan sebagai herbal alami untuk mengatasi berbagai masalah keluhan yang di timbulkan oleh penyakit serta menyembuhkannya.

 Manfaat Daun Ungu Untuk Pengobatan Luar
  1. Daun ungu memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi gejala peradangan yang terjadi pada kulit seperti bisul, borok, dan kulit bengkak akibat pukulan. Caranya sangat mudah dan sederhana cukup haluskan beberapa lembar daun ungu yang sudah bersih hingga benar benar halus, kemudian oleskan hasil dari tumbukan tersebut pada bisul, borok serta bengkak yang di alami hingga mengering kemudian ganti.

Manfaat Daun Ungu Untuk Pengobatan Dalam
  1. Menyembuhkan ambeien atau wasir serta meringankan gejala yang timbul akibat penyakit tersebut.
  2. Menyembuhkan diabetes serta menurunkan kadar gula dalam darah.
  3. Mengobati hepatitis.
  4. Menjaga kesehatan ginjal.

Cara untuk mengolah daun ungu untuk pengobatan dari dalam cukup mudah dan tidak terlalu memakan waktu. berikut tata cara lengkapnya:
  • Siapkan kurang lebih 10gr daun ungu yang masih segar.
  • Cuci daun ungu hingga bersih.
  • Rebus daun ungu yang telah di cuci dengan air sebanya 400cc atau sekitar 2 gelas dan biarkan sampai mendidih dan kandungan airnya menyusut hingga tersisa satu gelas.
  • Saring ramuan tersebut ke dalam gelas guna memisahkan air rebusan dari ampas daun.
  • Minum ramuan tersebut secara rutin 1x dalam sehari dan lakukan hingga di rasa sembuh.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung pada daun ungu yang sejatinya hanyalah tanaman pagar. Namun khasiatnya begitu luar biasa bagi kita semua khususnya sebagai pengobatan alternatif dan alami yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Sekian untuk ulasan kali ini yang membahas tentang Manfaat Daun Ungu Untuk Kesehatan Ginjal Dan Mengobati Wasir, semoga bisa berguna dan mampu memberikan manfaat yang baik bagi kita semua. Selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top