Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Daun Bakung Sebagai Tanaman Obat

Manfaat Daun Bakung mungkin sudah banyak di ketahui oleh sebagian masyarakat di indonesia bahkan hampir ke seluruh negara negara di dunia. Untuk meneukan tanaman bakung sangatlah tidak sulit, hal ini karena bakung sudah banyak di jual di pasar pasar di luaran sana, baik di supermarket atau pun yang masih di jajakan di pasar tradisional

Tanaman bakung atau dengan nama latin Crinum Asiaticum L. banyak di gunakan sebagai bahan tambahn untuk memasak,  yang biasanya di gunakan sebagai campuran makanan berkuah seperti soto, gulai, atau sop, dan juga bisa kita jumpai pada masakan khas nusantara lainnya.

Manfaat Daun Bakung Sebagai Tanaman Obat

Namun selain lezat di gunakan sebagai bahan masakan tanaman bakung ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh khususnya dalam dunia pengobatan yang berguna menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai penyakit dan gejala yang timbul karenanya. Apa saja manfaatnya? berikut akan saya jelaskan lagi mengenai manfaat dari tanaman bakung yang bisa kita peroleh..!

Manfaat Tanaman Bakung Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

1.Anti inflamasi

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dari tanaman abakung adalah dapat mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh. Tanaman bakung memiliki sifat anti inflamasi yang secara efektif dapat menghindarkan tubuh kita terhadap terjadinya peradangan seperti radang tenggorokan, radang usus, radang lambung, radang paru paru dan radang yang mungkin terjadi pada anggota tubuh lainnya. Mengkonsumsi daun bakung secara rutin baik sebagai masakan atau pun langsung sebagai ramuan herbal akan menghindarkan kita dari gejala peradangan pada tubuh.

2.Menyembuhkan luka

JIka anda mungkin sedang mengalami luka pada kulit yang bisa saja di dapat karena jatuh atau pun hal lainnya yang bisa menimbulkan luka pada kulit, mungkin dengan mengkonsumsi tanaman bakung ini akan membuat luka anda lebih cepat sembuh. Ya, tanaman bakung memiliki manfaat alami yang secara efektif dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka sekaligus mempercepat proses penyembuhan pada luka.

3.Mencegah terjadinya pendarahan

Dengan mengkonsumsi tanaman bakung secara rutin akan mampu memberikan efek yang baik pada tubuh. Salah satunya adalah mencegah terjadinya pendarahan. Banyak hal yang bisa menyebabkan pendarahan pada tubuh kita yang mungkin saja bisa tejadi karena adanya kelainan genetik, kondisi tubuh yang sedang tidak baik, atau pendarahan yang di sebabkan oleh luka pada bagian tubuh. Dalam hal ini bakung berfungsi untuk mencegah terjadinya pendarahan lebih banyak sekaligus menghentikan pendarahan agar tidak tambah parah.

4.Peluruh air seni

Tidak jarang bagi seseorang mengalami masalah pada saat buang air kecil yang mungkin di sebabkan oleh kurangnya asupan cairan atau jarang minum, dan juga sering menahan buang air kecil. Tentunya hal tersebut secara tidak langsung akan berpengaruh pada simtem saluran kemih dan akan menyebabkan masalah yang mungkin kalo menurut saya sangat mengganggu khususnya dalam beraktivitas. Namun jika anda betul betul mengalami hal yang demikian mungkin tanaman yang satu ini yaitu tanamn bakung bisa menjadi solusi tepat bagi anda. Ya, dengan mengkonsumsi tanaman bakung secara rutin dapat berdampak baik bagi tubuh dan dapat mengatasi masalah pada saluran kemih akibat buang air kecil tidak lancar, secara efektif tanaman bakung dapat meluruhkan air seni serta menjaga kondisi saluran kemih tetap berfungsi baik.


Cara Mengolah Daun Bakung Sebagai Obat

Jika anda masih belum tau bagaimana cara memanfaatkan daun bakung untuk kita manfaatkan, berikut akan saya jelaskan lebih lanjut mengenai ata cara mengolah daun bakung untuk di jadikan obat alami untuk mengatasi berbagai gejala yang di timbulkan oleh penyakit serta mempercepat penyembuhannya. Berikut penjelasannya..!

1.Menyembuhkan luka

Jika seseorang meiliki luka pada kulit yang mungkin di sebabkan oleh bermacam macam hal seperti teriris benda tajam atau terjatuh dan menimbukan cidera luka tentu akan terasa nyeri dan mengganggu. Cara memanfaatkan tanamn bakung untuk mengobati luka adalah sebagai berikut:
  • Siapkan akar bakung secukupnya.
  • cuci sampai benar benar bersih.
  • Kemudian tumbuh hakus akar bakung yang telah di bersihkan.
  • Jika sudah mendapatkan hasil yang halus, gunakan ramuan tersebut untuk di balurkan pada luka dan biarkan hingga mengering.
2.Meyembuhkan rematik

Rematik merupakan kondisi tubuh yang biasanya terjadi pada persendian. Hal tersebut banyak terjadi pada seseorang dengan usia yang sudah tidak lagi muda, namun tidak di pastikan jika seseorang yang masih muda tdiak akan mengalami rematik. Bisa saja hal tersebut terjadi yang mungkin di sebabakan oleh pola hidu serta asupan makanan yang tidak baik atau jauh dari kata sehat. Namun ada cara untuk mengatasi hal tersebut, salah atunya adalah menggunakan tanaman bakung yang di percaya berkhasiat untuk meringankan gejala rematik pada persendian. Berikut cara pengolahanya:
  • Siapkan beberapa lembar daun bakung yang masih segar dan bersih.
  • Kemudian layukan dengan cara di panaskan di atas api.
  • Oleskan sedikit minyak wijen atau bisa memakai minyak lain yang memiliki mungsi untuk menurangi rasa sakit dan oleskan pada daun sambil di panaskan.
  • Selanjutnya tempelkan daun tersebut pada persendian yang di rasa sakit.


Manfaat Daun Bakung Sebagai Tanaman Obat


3.Mengobati bengkak pada kulit

Pembengkakkan atau memar di kulit bisa saja kita dapat pada saat beraktivitas di luar yang biasanya di sebabkan akibat cidera. Cara memanfaatkan tanaman bakung untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara berikut:
  • Hampir sama dengan cara sebelumnya, yaitu siapkan beberapa lembar daun bakung sesuai dengan kebutuhan.
  • Patikan daun bakung yang kita gunakan sudah dalam kondisi benar benar bersih dan masih segar.
  • Layukan dau bakung dengan menggunakan api kecil.
  • Setelah daun layu kemudian tempelkan daun tersebut pada tubuh yang mengalami pembengkakkan.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman bakung beserta cara mengolahnya yang di harapkan semoga dapat berguna dengan baik bagi kita agar lebih mengenal banyak manfaat dari berbagai jenis tumbuhan yang ada di sekitar kita. Karena sangat di sayangkan jika kita tidak mengetahui hal tersebut, terlebih lebih jika kita tau namun tidak tergerak untuk memanfaatkannya untuk konsumsi sehari hari yang tentunya akan menjaga kesehatan kita di kemudian hari.

Sekian untuk ulasan kali ini yaitu mengenai Manfaat Daun Bakung Sebagai Tanaman Obat, semoga bisa berguna dan selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top