Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

Manfaat Daun Katuk tentu sudah sangat di kenal oleh masyarakat umum. Daun dari tanaman ini biasa di jadikan bahan masakan atau sayur yang cara pengolahanya hampir sama dengan kangkung dan juga bayam. Namun jika kita gali lebih dalam, selain bisa di jadikan bahan masakan yang sudah tentu lezat, tumbuhan ini juga banyak di manfaatkan oleh masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan. Benarkah hal tersebut? berikut penjelasan lebih lengkapnya..!

Apa Itu Daun Katuk?

Daun katuk merupakan daun dari pohon katuk yaitu merupakan jenis tanaman sayur yang banyak di jumpai di Asia Tenggara. Tanaman ini banyak di tanam di pekarangan sekitar rumah dan biasa di jadikan pagar hidup. Tumbuhan katuk masuk kedalam suku menir - meniran (Pjyllanthaceae) dan masih berkerabat dengan tanaman menteng, buni, dan cermai.


Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya


Kandungan Nutrisi Dalam Daun Katuk

Daun katuk merupakan jenis tanaman sekaligus sayur yang banyak mengandung nutrisi baik bagi tubuh kita seperti protein, serat, vitamin K, pro-vitamin A (beta-karotena), vitamin, vitamin C, kalsium, zat besi, kalium, magnesium serta fosfor. Selain itu warna daunya yang gelap karena banyak mengandung klorofil yaitu zat hijau alami pada daun.

Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan
  1. Baik untuk mata, daun katuk banyak mengandung betakaroten atau pro vitamin A yang di nilai dapat menjaga kesehatan mata serta mebuat mata lebih sehat dan berfungsi lebih baik.
  2. Mengurangi resiko anemia, daun katuk juga memiliki kandungan zat besi yang di mana zat ini mampu memenuhi kebutuhan tubuh untuk memperoduksi darah merah dan menghindarkan kita dari resiko anemia atau yang juga di kenal dengan gejala tekanan darah rendah.
  3. Mengobati influenza, kandungan efedrin pada daun katuk di percayai dapat meredakan gejala gejala yang di timbulkan oleh influenza serta mempercepat penyembuhanya.
  4. Melancarkan ASI, daun katuk juga mengandung senyawa penting yang dapat memperlancar produksi ASI.
  5. Memenuhi kebutuhan nutrisi harian, secara keseluruhan daun katuk memiliki banyak nutrisi penting yang di butuhkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian seperti serat, vitamin dan mineral. Dan daun katuk bisa menjadi salah satu sumber pangan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.


Efek Samping Konsumsi Daun Katuk Berlebih

Salah satu efek samping dari mengkonsumsi daun katuk berlebih adalah keracunan. Daun katuk di ketahui mengandung zat papaverina yaitu suatu zat alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium), dimana jika kita mengkonsumsi daun ini secara berlebihan akan menimbulkan efek keracunan papaverina. Jadi jika kita ingin mendapatkan manfaat dain katuk secara optimal tanpa harus menanggu resiko efek samping adalah dengan mengkonsumsi secukupnya saja.

Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

Itulah beberapa manfaat dari daun katuk berserta efek sampingnya. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat membuat kita lebih giat lagi untuk memulai hidup sehat dengan memanfaatkan cara cara alami dan juga tidak berlebihan guna memastikan tubuh kita mendapat nutrisi yang baik tanpa harus khawatir akan menimbulkan efek samping yang akan merugikan tubuh dan kesehatan.


Sekian untuk ulasan kali ini yaitu tantang Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya. Semoga dapat berguna serta memberi manfaat yang baik bagi kita semua. Selamat mencoba dan meulai hidup sehat..!
Tag : herbal
Back To Top