Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Mata

Manfaat Daun Sirih sudah banyak di kenal oleh hampir seeluruh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Kebanyakan dari mereka memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman obat (Fitofarmaka), yang memang sangat bermanfaat serta membantu mengatasi berbagai macam gejala penyakit - penyakit ringan seperti batuk dan sariawan. Namun untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat lebih dari daun sirih telah di siapkan di bawah ini informasi lengkap mengenai daun sirih dan manfaatnya.

Tumbuhan Daun Sirih?

Sirih merupakan sejenis tanaman merambat yang hidupnya bersandar atau merambat pada pohon lain. Tanaman dengan nama latin Piper batle L. ini merupakan tanaman asli indonesia dan merupakan tumbuhan khas profinsi Kepulauan Riau.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Mata

Di daerah Riau tumbuhan ini sangat di junjung tinggi oleh masyarakat dan banyak di gunakan sebagai obat untuk penyembuhan berbagai penyakit serta di makan langsung yang biasanya di kenal dengan istilah budaya makan sirih. Namun meskipun begitu tanaman sirih banyak di jumpai di berbagai daerah di seluruh Indonesia, yang umumnya di manfaatkan sebagai tanaman hias.

Kandungan Pada Daun Sirih

Sudah tidak di ragukan lagi jika tanaman yang satu ini memiliki banyak manfaat, khususnya dalam dunia pengobatan. Hal itu tidak terlepas karena kandungan zat senyawa penting yang banyak terkandung pada tanaman ini. Yang tentunya masing masing dari zat tersebut memiliki fungsi serta khasiat yang luar biasa bagi tubuh dalam mengatasi berbagai masalah pada kesehatan. Daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri yang dimana di dalamnya mengandung minyak terbang (betlephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula, dan zat samak juga kavikol yang dapat berkhasiat baik bagi kita yang memanfaatkanya.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Untuk kesehatan sendiri ada dua kategori tentang bagaimana cara penggunaan daun sirih, yang mungkin bisa disebut dengan penobatan dari dalam dan juga penggunaan luar. Seperti apa, berikut penjelasannya..!

Manfaat Daun Sirih Untuk Penggunaan Luar

1.Menyembuhkan sakit mata

Jika anda mengalami iritasi atau sakit mata, anda bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasinya. Caranya, gunakan 2 lembar daun sirih dan rebus dengan 1 gelas. untuk selanjutnya tunggu air rebusan dingin dan anda bisa gunakan untuk mengompres mata atau bisa di gunakan sebagai obat tetes langsung.

2.Mengatasi bau mulut

Punya masalah dengan bau mulut, berikut cara mengatasinya. Gunakan 10-15 lembar daun sirih rebus menggunakan 4 gelas air hingga menyusut setengahnya. gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

3.Mengobati diare

Diare atau gangguan pada pencernaan ini dapat di atasi dengan cara berikut. Siapkan 5-6 lembar bersama 6 biji lada kemudian tumbuk keduanya hingga halus, tambahkan sedikit minyak kelapa terakhir oleskan ramuan tersebut pada perut.

4.Mengatasi mimisan

Untuk mengatasi masalah yang satu sangatlah mudah, berikut caranya. gunakan daun sirih yang bersih dan gulung, selanjutnya masukan gulungan daun sirih pada hidung yang mimisan.

5.Mengobati gatal atau alergi

Cara mudah untuk mengatasi gatal dan lergi adalah, dengan menggunakan kurang lebih 5-6 lembar daun sirih yang di tumbuk halus bersama dengan i potong jahe yang ukuranya bisa di sesuaikan, jika sudah halus campurkan ramuan tersebut dengan sedikit minyak kayu putih kemudian oleskan pada kulit yang gatal atau terkena alergi.

6.Mengobati sakit gigi dan masalah pada mulut lainnya

Cara ini hampir sama dengan cara cara sebelumnya yaitu dengan merebus kurang lebih 4-5 lembar daun sirih menggunakan 2 gelas air hingga mendidih, setelah dingin gunakan air tesebut sebagai obat kumur dan akan baik juga jika cara ini di lakukan sebelum tidur.

7.Mengatasi sariawan

Cara ini sangat simple yaitu dengan mengunyah 1-2 lembar daun sirih selama beberapa menit. Lakukan cara ini sebanyak 2x dalam sehari untuk hasil yang cepat dan efektif.

8.Mengobati luka ringan

Caranya tumbuk 3-5 lembar daun sirih kemudian daun yang sudah halus di oleskan pada luka di kulit.

Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan Dari Dalam

1.Mengatasi maag

Untuk cara ini kita cukup siapkan beberapa lembar daun sirih untuk di rebus hingga mendidih bisa menggunakan 5-7 lembar kemudian minum ramuan tersebut sebanyak 2 sampai 3x dalam sehari.

2.Mengobati asam urat

Caranya adalah dengan merebus 8- 10 lembar daun sirih dengan 1/2 liter air hingga agak menyusut dan tersisa lebih dari 1/3 air rebusan. Gunakan ramuan tersebut dengan cara di minum 2-3 kali dalam sehari sebanyak 75ml dalam sekali minum.

3.Mengobati radang paru paru

Caranya rebus daun sirih merah kurang lebih 5-7 lembar dengan 500ml air hingga menyusut hingga setengahnya minum ramuan ini secara rutin sebanyak 3x sehari sampai di rasa sembuh.

4.Menghilangkan bau badan

Bau badan yang tidak sedap dapat di atasi dengan cara berikut. Gunakan kurang lebih 10-15 lembar daun sirih dan rebus dengan air sebanyak 4 gelas dengan sedikit tambahan 1 sendok teh garam. rebus hingga menyusut separohnya kemudian minum ramuan tersebut secara rutin setiap hari.

5.Mengobati batuk

Cara ganpang mengatasi batuk yaitu dengan merebus kurang lebih 5 lembar daun serih dengan 300ml air hingga mendidih. Minum ramuan tersebut sebanyak 2x sehari.

6.Mengobati asma

Cara mudah mengobati asma yaitu dengan merebus 4-5 lembar daun sirih menggunakan 2 gelas air dan biarkan hingga menyusut setengahnya. Minum ramuan tersebut sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

7.Mengobati radang tenggorokan

Caranya hampir sama dengan cara yang sebelumnya yaitu dengan merebus 4-5 lembar daun sirih menggunakan 2 gelas air dan biarkan hingga menyusut menjadi 1 gelas, minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

8.Mengobati penyakit bronchitis

Gunakan 7-10 lembar daun sirih dan rebus dengan 300ml air, biarkan hingga meyusut setengahnya kemudian minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

9.Mengobati demam berdarah

Cara mudahnya yaitu rebus daun sirih sebanyak 5-7 lembar menggunakan 2 gelas air dan biarkan hingga menyusut menjadi setengahnya. Minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari. 

Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Mata


Manfaat Daun Sirih Untuk Merawat Kecantikan

Dalam dunia kecantikan, daun sirih juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan manfaatnya sebagai tanaman obat yang banyak di gunakan untuk mengatasi masalah keshatan. Apa saja? Berikut penjelasannya..!

1.Mencegah serta menghilangkan jerawat

Caranya gunakan daun sirih segar sebanyak 10 lembar dan sudah di bersihkan, rebus menggunakan segelas air sampai mendidih. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres wajah dan mencuci muka. Lakukan cara ini secara rutin terutama sebelum tidur.

2.Menghaluskan kulit

Gunakan 7 hingga 10 lembar daun sirih atau sesuai kebutuhan dan tumbuk hingga halus, tmabhakan air hangat pada hasil tumbukan dan aplikasi pada wajah sebagai masker. Lakukan cara ini secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu.

Manfaat lain dari daun sirih untuk kecantikan adalah dapat mengecilkan tampilan pori pori kulit, mengurangi timbulnya komedo, mencegah serta mengatasi peradangan pada jerawat, dan mengencangkan kulit agar kulit tampak lebih sehat dan segar.

Itu;ah beberapa manfaat serta khasiat yang terkandung dalam daun sirih. Semoga bisa berguna dan dapat membantu kita semua dalam mengatasi beberapa masalah pada tubuh seperti yang telah di jelaksan di atas dengan memanfaatkan cara alami dengan bahan alami yang salah satunya adalah daun sirih.

Sekian untuk ulasan kali ini yang membahas tentang Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Mata. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top