Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Dan Khasiat Daun Sendok Untuk Pengobatan

Manfaat Daun Sendok sebagai tumbuhan alami yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit sudah banyak di kenal di berbagai daerah bahkan sudah mulai di lakukan pemanfaattan secara baik oleh sebagian masyarakat, mulai masyarakat kecil maupun seseorang yang memang memiliki kecintaan terhadap obat alami dan telah berkesinambungan dalam mengolah obat herbal.

Apa Itu Daun Sendok?

Daun sendok sangat mudah untuk di jumpai di lingkungan sekitar. Tanaman ini merupakan sejenis tanaman gulma yang banyak tumbuh liar di hutan, perkebunan, ladang atau sawah, dan juga halaman berumput seperti lapangan. Selain itu daun sendok juga di kenal dengan banyak nama, yaitu Plantago mayor dan Plantago asiatika L. atau Plantagodepressa Willd. dan termasuk dalam keluarga Plantaginaceae. Nama daerah untuk tanaman ini yaitu Ki urat, sangkabuah, otot ototan, meloh kiloh, kuping menjangan, ceuliuncal, sangkubah, torongoat, dan suri pandak.


Manfaat Dan Khasiat Daun Sendok Untuk Pengobatan


Kandungan Senyawa Pada Daun Sendok

Kandungan senyawa kimia yang terdapat dau sendok antara lain meliputi : plantagin, ursolic acid, aucubin, bethasitosterol, hentria-contane dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galacturonate, D-3galactose, L-arabinose, dan L-rhammose. Rhinantin, turunan dari naphazolin, Juga Vitamin C, A, dan Vitamin B1.

Manfaat Dan Khasiat Daun Sendok Untuk Pengobatan

Beberapa manfaat dan khasiat dari daun sendok yang bisa di jadikan obat herbal alami untuk mengatasi berbagai macam masalah penyakit. Hal ini juga sudah di buktikan oleh adanya peneletian langsung mengenai manfaat tanaman ini yang di lakukan oleh Prof. Dr. Hembing Wijayakusuma yang merupakan salah satu dari pakar kesehatan obat herbal Indonesia. Seperti berikut :
  1. Batu empedu, Batu ginjal
  2. Menurunkan Demam
  3. Diare atau disentri
  4. Nyeri pada lambung
  5. Batuk berdahak
  6. Mengatasi Cacingan
  7. Mengobati Beri beri
  8. Darah tinggi (hipertensi)
  9. Penyakit kuning (hepatitis)
  10. Kencing manis (diabetes mellitus)
  11. Mengatasi keputihan
  12. Mengatasi gangguan percernaan pada anak
  13. Mengobati rematik 
  14. Mengobati bisul
  15. Meringankan sakit pada tenggorokan
  16. Mengatasi peradangan pada organ hati
  17. Mengatasi masalah pada saluran kemih
  18. Mengobati gigitan serangga
  19. Mengobati gejala mata merah (konjungtivitis)
  20. Meringankan gejala radang saluran pernapasan (bronkhitis)
  21. Mengobati gejala influenza
  22. Meringankan pendarahan (mimisan)
  23. sakit kuning (jaundice)
  24. Mempercepat penyembuhan pada luka
  25. Meredakan pegal linu
  26. Meringankan rasa nyeri pada otot dan persendian
  27. Radang usus
  28. Mengobati wasir atau ambeien
  29. Mengobati penyakit kulit seperti kudis
  30. Radang ginjal
 Fungsi Dari Efek Pengobatan Daun Sendok
  •  Anti-inflamasi : Mencegah serta mengurangi efek dari peradangan.
  • Anti-septic : Bersifat sebagai anti mikroba dan mencegah infeksi secara alami.
  • Mucolytic : Bersifat meluruhkan dahak.
  • Antitusiv : Dapat meredakan batuk.
  • Diuretic : Dapat meluruhkan air seni.
  • Hepatoprotektor : Menjaga fungsi hati tetap normal.
  • Memperbaiki pengelihatan yang kabur pada penderita kencing manis .

Cara Mengolah Atau Memanfaatkan Daun Sendok Untuk Obat

1.Diare

Untuk mengobati masalah pencernaan khususnya diare cukup dengan merebus daun sendok sebanyak 30gr, minum ramuan tersebut sebanyak 2x dalam sehari sampai di rasa sembuh.

2.Mimisan

Banyak hal yang dapat menyebabkan tubuh kita mengalami pendarahan salah satunya mimisan yang untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan daun sendok secukupnya saja, kemudian haluskan dan rebus hingga mendidih, bairkan hingga dingin lalu minum ramuan tersebut.

3.Radang pada saluran pernapasan (bronkhitis)

Salah satu cara mudah dan alami mengobati peradangan pada saluran pernapasan yaitu dengan cara merebus kurang lebih 30gr hingga mendidih, biarkan hingga dingin dan minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali dalam seminggu.

4.Kudis

Salah satu penyakit kulit ini dapat di atasi dengan memanfaatkan daun sendok. Caranya siapkan kurang lebih 5 lembar daun sendok dengan 7 lembar daun sambiloto yang masih segar. Rebus dengan air sebanyak 2 gelas dan biarkan hingga menyusut menjadi 1 gelas. Saring lalu minum.

5.Radang selaput mata

Cara untuk mengatasi peradangan pada mata yaitu gunakan daun sendok secukupnya rebus hingga mendidih, gunakan air rebusan tersebut sebagai obat tetes pada mata.

6.Bisul

Cara mengatasi bisul, pertama haluskan dauns sendok dan juga daun sirih yang sudah di bersihkan hingga benar benar halus. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada luka bisul.

7.Disentri panas

Gunakan air sendok sebanyak satu gelas yang di peroleh dengan cara mengambil sari daun sendok yang di tumbuk halus. hangatkan kemudian tambahkan sedikit madu.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada tubuh. Selain yang telah di sebutkan di atas masih banyak lagi manfaat lain dari tanaman sendok. Namun dengan adanya informasi ini di harapkan dapat memberi manfaat yang baik serta berguna bagi kita semua.

Sekian untuk ulasan kali ini yaitu tentang Manfaat Dan Khasiat Daun Sendok Untuk Pengobatan, semoga bisa berguna dan selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top