Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Daun Beluntas Dalam Dunia Pengobatan (Lengkap)

Manfaat Daun Beluntas di nilai memiliki efektifitas yang baik sebagai obat herbal alami yang dapat mengatasi berbagai macam masalah pada kesehatan seperti , bau badan yang tidak sedap, keputihan dan bau mulut. Namun tidak hanyak sampai di sini saja, masih banyak manfaat lain dari daun beluntas yang khasiatnya sangat berguna bagi tubuh kita khususnya untuk menjaga kesehatan. Untuk lebih jelasnya berikut telah saya rangkum beberapa informasi penting mengenai tanaman yang satu ini.

Mengenal Tanaman Beluntas!

Jika masih ada sebagian dari kita yang belum mengenal apa itu tanamn beluntas, maka akn sangat di sarankan untuk sedikit menyimak penjelasan berikut ini.

Manfaat Daun Beluntas Dalam Dunia Pengobatan (Lengkap)

Secara umum, beluntas di kenal sebagai tanaman semak yang banyak tumbuh liar di daerah yang kering dengan tanah yang keras dan berbatu, dengan sinar matahari yang terik. Oleh sebagia orang beluntas sengaja di tanam di sekitar rumah atau pekarangan dan banyak di jadikan tanaman pagar. 
Selain di kenal dengan nama beluntas tumbuhan ini juga memiliki beragam nama yang unik di daerah yang berbeda seperti beluntas (Melayu), luntas (Jawa), baluntas/baruntas(Sunda), baluntas (Madura), lamutasa (Makasar), lenabou (Timor). Sedangkan untuk nama asing yang dari beluntas adalah Luan Yi (China), Phatpai (Vietnam), dan Marsh fleabane (Inggris).

Kandungan Senyawa Penting Pada Beluntas

Di anggap sebagai tanaman pagar, namun bukan berarti tanaman yang satu ini tidak memiliki kegunaan untuk hal lain. Tanaman ini banyak berkhasiat sebagai tanaman obat karena berbabagai zat senyawa penting yang di milikinya. Beluntas mengandung minyak atsiri, alkaloid, zat tannin, natrium, kalsium, flafonoida, magnesium, dan juga fosfor. Selain itu pada akar beluntas di temukan juga kandunga senyawa berupa zat tannin dan flafonoida, yang masing masing di antaranya memiliki fungsi penting dalam mengatasi berbagai masalah kesahatan.

Manfaat Daun Beluntas Untuk Menjaga Kesehatan

1.Mengatasi bau badan

Banyak hal yang dapat menyebabkan bau badan tidak sedap, seperti gaya hidup yang tidak sehat, kurangnya menjaga kebersihan, asupan makanan yang tidak sehat, serta bisa karena masalah pada hormon. Namun banyak juga cara untuk mengatasi masalah ini, dan salah satunya adalah dengan menggunakan daun beluntas. Daun beluntas dapat di konsumsi secara alami sebagai bahan masakan atau sayur dan juga bisa di olah menjadi herbal denagn cara di rebus dan di minum airnya.

Manfaat Daun Beluntas Dalam Dunia Pengobatan (Lengkap)


2.Menghilangkan bau mulut

Jika anda selalu mencari cara untuk mengatasi bau mulut, mungkin cara ini merupakan solusi tepat bagi anda. Caranya dengan cara mengkonsumsi langsung daun beluntas sebagai lalapan atau sayur. cara juga sangat efektif dalam mengurangi bau badan berlebih.

3.Anti bakteri

Salah satu manfaat dari beluntas yang perlu untuk kita ketahui adalah dapat bersifat sebagai anti bakteri. Kandungan minyak atsiri pada daun beluntas dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, dan juga bakteri Escherechia coli.

4.Mengatasi rasa nyeri

Selain manfaat yang telah di sebutkan di atas daun beluntas juga menyimpan manfaat lain yang berguna untuk menghilangkan rasa nyeri akibat demam, rasa nyeri pada tulang dan pinggang, serta rasa nyeri yang di timbulkan akibat datang bulan.

5.Mencegah keputihan

Keputihan merupakan masalah yang hanya di alami oleh wanita dan biasanya akan berefek sangat buruk serta membuat tidak nyaman. Adapun cara untuk mengatasinya adalah dengan merebus daun beluntas kurang lebih satu genggam dan pastikan masih segar dan sudah di cuci bersih, rebus menggunakan segelas air, kemudian saring dan minum dengan rutin sebanyak 2x dalam sehari.

6.Menambah nafsu makan

Daun beluntas memiliki wangi yang khas aromatis dengan rasa sedikit getir menyegarkan, hal ini akan berkhasiat untuk meningkatkan serta memperbaiki nafsu makan.

Itulah beragam manfaat yang bisa kita peroleh dengan cara mengkonsumsi tanamn beluntas, manfaat lain daro tanaman ini yaitu dapat melancarkan pencernaan dan meluruhkan keringat. Jadi dengan adanya informasi ini semoga akan bisa menambah minat kita untuk mencoba atau mulai mengkonsumsi daun beluntas yang biasanya hanya di anggap sebagai tanaman pagar.

Sekian mengenai informasi kali ini yang membahas tentang Manfaat Daun Beluntas Dalam Dunia Pengobatan (Lengkap). Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top