Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan & Kesehatan Ginjal

Manfaat Daun Seledri bagi kehidupan sehari hari tentunya sudah tidak perlu di pertanyakan lagi khususnya sebagai kebutuhan dapur untuk memasak. Namun jika ada pertanyaan tentang masih manfaat lain dari seledri selain sebagai bahan memasak, tentu jawabannya ada. Ya, selain di jadikan tambahan dalam sup atau pun sebagai lalapan ternyata daun ini memiliki khasiat lain dan salah satunya adalah untuk merawat kecantikan serta kesehatan tubuh. Apa saja? Berikut penjelasannya..!

Mengenal Tanaman Seledri

Tanaman seledri (Apium graveolens L.) merupakan terna kecil yang di kenal sebagai sayuran daun dan juga tanaman obat. Di beberapa negara di Asia seledri banyak di jadikan sebagai bahan makan seperti di Jepang, Korea, dan juga Cina. Tanaman ini mulai masuk ke Indonesia pada zaman penjajahan yang di bawa oleh bangsa Belanda dan banyak di gunakan sebagai bahan masakan.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan & Kesehatan Ginjal

Ada beberapa kelompok tanaman seledri yang banyak di budidayakan, salah satunya adalah:
  • Seledri daun (A. graveolens) Kelompok (Secalinum), seledri jenis ini banyak di manfaakan daunya yang biasa di gunakan sebagai bahan tambahan dalam beberapa masakan di Indonesia.
  • Seledri tangkai (A. graveolens) Kleompok (Dulce), jenis seledri yang satu ini meiliki ciri batang daun yang membesar serta beraroma segar dan sering di gunakan untuk tambahan pada salad.
  • Seledri umbi (A. graveolens) Kelompok (Rapaceum), seledri yang satu ini memiliki umbi yang membesar di pangkal batang. Untuk penggunaanya sering di pakai sebagai bahan tambahan dalam sup, dan di buat semur. Perlu di ketahui juga jika seledri jenis ini kaya akan kandungan Pro-vitamin A dan juga vitamin K.

Kandungan Nutrisi Pada Tanaman Seledri

Banyak manfaat tentu juga banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman ini, dan kandungan nutrisi penting yang ada pada tanaman seledri salah satunya adalah butilftalida dan butilidftalida yang merupakan kandungan utama dan sumber dari aroma pada seledri. Ada pula kandungan flavonoid, senyawa golongan fenol, apiin, isokuersitrin, furanokumarin, isoimperatoein. Seledri juga memiliki kandungan asam lemak utama yaitu petroselin, mengandung steroid seperti stigmasterol dan sitosterol yang juga di kenal sebagai enzim endonuklease atau Cel1.

Efek Farmakologis Dari Tanaman Seledri
  • Anti-hipertensi : dapat mencegah terjadinya resiko darah tinggi
  • Anti-rematik : Mengatasi gejala rematik
  • Diuretika : Sebagai peluruh, yang dapat mengatasi masalah seperti susah buang air kecil dll.
  • Karminatiya : Meningkatkan nafsu makan
  • Afrodisiaka : Meningkatkan girah

Manfaat Tanaman Seledri Untuk Kecantikan

1.Menjaga kesehatan kulit

Seledri memiliki banyak manfaat dalam mengatasi berbagai masalah pada kulit dan dapat menghindarkan kulit dari kerusakan akibat matahari, polusi dan paparan radikal bebas. Caranya adalah dengan mengolah daun seladri segar menjadi jus. Mengkonsumsi jus seledri secara rutin dapat memepercantik tampilan kulit secara alami.

2.Mengatasi wajah berminyak

Manfaat lain dari tanaman seledri adalah dapat mengatasi minyak berlebih pada wajah. Caranya cukup siapkan daun seledri yang masih segar secukupnya, cuci bersih lalu haluskan, kemudian gunakan pada wajah secara lembut dan diamkan bebrapa lama hingga 15-20 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Bagi kita yang memiliki wajah mudah berminyak tidak di anjurkan untuk mencuci wajah menggunakan air hangat, karena hal tersebut hanya akan memperparah timbulnya minyak pada wajah.

3.Mengatasi jerawat

Jerawat merupakan masalah pada wajah yang sangat menggangu terlebih lagi jika timbulnya meradang dan menyebabkan rasa sakit. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan masker wajah dari daun seledri dengan cara menghaluskan daun seledri yang masih segar dan aplikasikan pada wajah hingga mengering.

4.Meluruskan rambut

Ingin memiliki rambut yang lurus dan terlihat selalu sehat, berikut caranya. Siapkan daun seledri yang masih segar dan sudah di cuci bersih, haluskan dan gunakan sebagai masker pada rambut selama beberapa menit, 15-20 menit kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

5.Menghilangkan bau mulut

Cara gampang serta praktis untuk mengurangi bau pada mulut adalah dengan seledri. Caranya dengan mengunyah langsung daun seledri yang masih segar kemudian kluarkan. Cara ini di nilai efektif dalam mengatasi bau mulut.


Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan & Kesehatan Ginjal

Manfaat Tanaman Seledri Untuk Kesehatan

1.Mencegah hipertensi

Salah satu manfaat penting yang dimiliki oleh tanaman seledri adalah dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Sifat anti hipertensi pada tanamn seledri dapat menghindarkan seseorang dari bahaya tekanan darah tinggi atau hipertensi.

2.Mengobati rematik

Manfaat lain dari seledri adalah dapat berfungsi sebagai anti rematik yang alami bagi tubuh. Hal ini tentunya akan mengurangi kekhawatiran kita terhadap resiko dari penyakit rematik.

3.Mengobati batu ginjal

Seledri memiliki sifat sebagai diuretika yaitu peluruh yang berfungsi dapat meluruhkan batu ginja dan menjaga ginjal tetap sehat. Selain itu hal ini juga akan baik dalam mengatasi susah buang air kecil dengan cara meluruhkan kemih dan memperlancar saluran kemih.

4.Meningkatkan nafsu makan

Punya masalah dengan makan, seperti kurangnya nafsu dalam menyantap makanan dapat di atasi dengan mudah dengan menggunakan seledri, caranya bisa dengan di konsumsi secara langsung sebagai sayur atau lalapan di buat jus, atau sebagai tambahan pada masakan lain.

Itulah beberapa manfaat baik dari tanaman seledri, semoga dengan adanya informasi ini akan semakain menambah minat kita dalam mengkonsumsi makanan alami terutama sayur seperti contoh seledri yang sudah kita bahas kali ini.

Sekian untuk penjalasan kali ini yang membahas tentang Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan & Kesehatan Ginjal. Semoga bisa berguna dan bermanfaat, selamat mencoba..!
Tag : sayur
Back To Top