Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Daun Belangkas Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Belangkas di nilai sangat baik untuk menjaga serta mengatasi beberapa gangguan pada kesehatan seperti menurunkan demam, mengatasi buang air kecil yang tidak lancar, dan dapat memperlancar sistem pencernaan. Lalu apa saja manfaat lengkap dari tanaman belangkas, berikut penjelasannya..!

Apa Itu Tanaman Belangkas?

Tanaman belangkas atau dengan nama latin (Poluscias fruticosa) merupakan tanaman sayur sayuran yang banyak di konsumsi dengan cara di jadikan lalapan. Tanaman yang juga termasuk kedalam jenis tumbuhan perdu ini meiliki daun menyerupai kedondong, yang menyebabkan tanamn ini di kenal dengan nama lain yaitu tanaman daun kedondong.

Manfaat Daun Belangkas Baik Untuk Kesehatan

Belangkas sendiri merupakan tanaman yang berasal dari daerah pasifik dan banyak menyebar hingga ke Eropa. Di Indonesia tanaman ini banyak di tanam di halaman, kebun, pinggiran jalan serta di sekitar pekarangan yang di fungsikan sebagai pagar hidup. Sedangkan di beberapa negara seperti Vietnam, Fiji, dan Kamboja tanaman ini di budidayakan sebagai tanaman obat.

Efek Farmakologis Dari Daun Belangkas
  • Anti-piretik : Berfungsi menurunkan demam.
  • Analgesik : Berfungsi mengurangi rasa sakit atau nyeri.
  • Diuretik : Berfungsi dalam meluruhkan kemih serta memperlancar saluran kemih.

Manfaat Daun Belangkas Bagi Kesehatan

1.Menurunkan demam

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan cara mengkonsumsi daun belangkas, salah satu manfaatnya yaitu dapat mengatasi serta menurunkan demam.

2.Mengatasi rasa nyeri

Tanaman belangkas memiliki sifat sebagai analgesik yang dapat mengatasi serta mengurangi rasa nyeri yang di akibatkan oleh masalah kesehatan lain pada tubuh seperti nyeri yang di tibulkan akibat gejala demam.

3.Melancarkan pembuangan air seni

Manfaat lain dari daun belunkas yaitu berfungsi sebagai diuretik yang berkhasiat dalam meluruhkan air seni dan memperlancar saluran kemih. Caranya juga mudah, cukup dengan merebus daun serta akar dari tanaman belangkas yang sudah di haluskan kemudian saring dan minum.

4.Mengobati ginjal

Seperti yang telah di jelaskan di atas jika tanamn belangkas meiliki sifat sebagai diuretik yang selain dapat meluruhkan air seni juga dapat meluruhkan batu ginjal dan memperlancar saluran seni.

5.Melancarkan saluran pencernaan

Selain beberapa manfaat di atas tanman belungkas juga bermanfaat dalam melancarkan saluran pencernaan yang secara tidak langsung juga akan menjaga kesehatan pencernaan serta mencegah tejadinya susah buang air besar.

6.Menambah nafsu makan

Tanaman ini banyak di jadikan sebagai sayur dan salah satunya di jadikan sebagai lalapan untuk teman makan yang di percaya dapat meningkatkan nafsu makan.

Itulah beberapa manfaat tanaman belangkas dalam dunia kesehatan, manfaat lain dari tanamn ini yaitu di gunakan sebagai dupa oleh pendeta budha di Kamboja, serta banyak di jadikan sebagai tanamn hias dan pagar hidup yang di fungsikan sebagai pembatas.

Sekian untuk ulasan kali ini semoga dengan adanya informasi tersebut dapat pula meningkatkan nilai dari tanaman ini sendiri untuk lebih di manfaatkan dengan baik dan bisa berguna dan menghasilkan sesuatu yang baik untuk masa mendatang.

Sedikit untuk ulasan kali ini yaitu mengenai Manfaat Daun Belangkas Baik Untuk Kesehatan, tapi semoga tetap berguna dan bermanfaat, selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top