Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Susu Semua Tentang Susu Ada Di Sini

Manfaat Susu bagi tubuh mungkin sudah tidak perlu di ragukan lagi. Minuman yang di kenal dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi ini masih banyak algi menyimpan manfaat yang mungkin sebelumnya belum pernah kita ketahui. Minuman ini juga di ikutkan dalam menu makanan sehat yaitu sebagai penyempurna yang biasa di kenal dengan istilah 4 sehat 5 sempurna. Hal tersebut tentu bukan karena tanpa alasan, kandungan nutrisi serta mineral yang tinggi pada susu di nilai dapat memenuhi kebutuhan gizi oleh tubuh setiap harinya, dengan kata lain susu adalah gizi yang melengkapi kekurangan gizi lainnya.

SUSU

Susu atau dengan kata lain yaitu cairan putih dengan kandungan gizi luar biasa yang berasal dari kelenjar susu mamalia, manusia salah satunya. Namun sampai saat ini image susu masih tetap lekat dengan sapi, yaitu susu sapi. Susu sendiri banyak di manfaatkan oleh sebagian orang untuk di konmsumsi karena khasiatnya yang sangat luar biasa bagi tubuh dan kesehatan. Bahkan di beberapa negara seperti di Eropa meminum susu sudah menjadi rutinitas atau kebiasaan pada saat sarapan di pagi hari.


Manfaat Susu Semua Tentang Susu Ada Di Sini


BERAGAM BENTUK OLAHAN SUSU

Di Indonesia dan bahkan hampir di seluruh dunia susu banyak di jadikan sebagai bahan untuk di konsumsi dan banyak di olah menjadi dalam beberapa bentuk olahan susu. Dan beberapa di antaranya berikut akan kami jelaskan.

1.Susu pasteurisasi

Merupakan produk olahan susu yang di mana susu akan di proses terlebih dahulu guna untuk mensterilkan dan membunuh mikroorganisme merugikan pada susu yang juga di kenal dengan proses pasteurisas.

2.Yoghurt

Yoghurt atau yogurt merupakan olahan dari susu selanjutnya yang di hasilkan dari proses fermentasi. Yoghurt bisa di buat dengan bahan susu apapun dan hasil dari fermentasi tersebut akan menyebabkan rasa asam pada susu yang telah di fermentasi atau yoghurt.

3.Keju

Keju merupakan jenis olahan susu yang di dapatkan dengan cara memisahkan zat zat padat pada susu dengan cara pengentalan atau koagulasi. Proses tersebut menggunakan bantuan menggunakan bakteri atau enzim yang di sebut rennet. Hasil dari proses itulah yang kemudian akan di keringkan sekaligus di awetkan dalam bentuk keju.


JENIS PRODUK SUSU

1.Susu Murni (whole milk)

Susu murni harus mengandung sekurang kurangnya 3,25% dari lemak susu dan juga 8,25% padatan susu yang terdiri dari protein, karbohidrat, vitamin larut air, dan juga mineral.

2.Susu kurang lemak (reduced fat milk)

Sesuai dengan namanya yaitu susu kurang lemak, kadar lemak dalam susu ini telah di kurangi hingga tersisa 2%. Susu ini juga akan sangat cocok bagi kita yang ingin mengurangi konsumsi lemak dari susu.

3.Susu rendah lemak (low fat milk)

Susu jenis ini sebenarnya masih hampir sama dengan yang sebelumnya, yaitu susu kurang lemak (reduced fat milk) hanya saja nama susu rendah lemak (low fat milk) di gunakan untuk lebih spesifik lagi.

4.Susu bebas lemak (free fat milk)

Susu jenis ini tidak mengandung lemak sama sekali. Hal tersebut di lakukan dengan di proses terlebih dahulu dengan di lakukannya pengurangan lemak hingga 0%.

5.Susu skim (skim milk)

Pada susu skim milk di proses dengan di lakukannya pengurangan lemak pada susu hingga tak tersisa sama sekali (0,1%). Namun sisa dari residu lemaknya bisa mencapai maskismal 0,5%. Hal ini menjelaskan bahwa jenis susu yang satu ini hampir memiliki karakter yang sama dengan kedua jenis susu yang sebelumnya yaitu, susu kurang lemak dan rendah lemak.


KOMPOSISI SUSU

Komposisi susu terhadap setiap hewan berbeda beda dan berikut adalah mengenai komposisi dari susu sapi dan susu kambing.

komposisi susu sapi :
  • Lemak 3,1%
  • Protein 2,8%
  • Bahan kering 11,2%
  • Bahan kering tanpa lemak 8,1% 
komposisi susu kambing :
  • Lemak 6,34%
  • Protein 4,97%
  • Bahan kering 15,32%
  • Bahan kering tanpa lemak 8,9%
 
SYARAT SUSU YANG BAIK

Susu yang baik dapat di lihat faktor warna, rasa, bau, berat jenis, kekentalan, titik beku, titik didih dan tingkat kemasaman suatu susu. Warna susu tergantung dari pakan ternak dan pada normalnya warna susu berkisar dari putih kebiruan dan juga kuning keemasan. Selain itu susu akan sedikit terasa manis dan gurih karena kandungan laktosa serta garam mineral yang terkandung pada susu.


SUMBER SUSU

Selain susu sapi masih banyak lagi jenis mamalia yang banyak di ternakan untuk menhasilakan susu seperti :
  • Susu sapi
  • Susu domba
  • Susu kambing
  • Susu kuda
  • Susu kerbau
  • Susu yak
  • Susu unta
  • Susu kedelai
 
MANFAAT SUSU UNTUK KESEHATAN

1.Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu akan sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang serta membantu penguatan tulang yang di butuhkan oleh manusia bahkan di semua usia. Selaian itu kandungan kalsium ayng tinggi juga akan mengahambat prose terjadinya pengapuran pada tulang atau osteoporosis yang umumnya terjadi pada seseorang di usia lanjut.

2.Menjaga berat badan

Bagaimana pun susu adalah nutrisi penting yang di butuhkan oleh tubuh, banyak sebagian dari kita beranggapan mengkonsumsi susu akan menaikan berat badan. Pada beberapa jenis susu mungki itu benar tapi berbeda dengan susu jenis skim milk dan low fat, susu tersebut dapat menjadi nutrisi yang baik bagi tubuh, serta mampu menjaga berat tubuh tetap normal. Jenis susu ini sangat cocok untukseseorang yang sedang dalam masa diet tanpa khawatir akan berat badan naik.

3.Sumber kalsium yang tinggi

Sudah di jelaskan sebelumnya bahkan mungkin sudah sangat di kenal jika susu merupakan minuman sehat yang kaya akan kandungan kalsium. Kalsium sendiri merupakan jenis mineral yang sangat penting dan di butuhkan dalam kelancaran metabolisme oleh tubuh.

4.Sumebr protei tinggi

Selain tinggi kalsium perlu di ketahui juga jika minuman ini merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Manfaat protein bagi tubuh sangatlah banyak, dalam sistem metabolisme tubuh protein dapat meningkatkan sistem ketahan tubuh dan memperkuat antibodi. Selai itu konsumsi protein yang cukup bagi tubuh akan menghindarkan kita dari kerontokan rambut akibat kurangnya protein.

5.Mengurangi stress

Manfaat lain dari susu yaitu dapat menurunkan tingkat sress pada seseorang, minuman ini juga sangat cocok sebagai pengganti teh atau kopi yang kan mengobati rasa penat anda dengan menangkan saraf dan merilekskan otot otot yang tegang. Hal tersebut juga akan berefek baik pada penurunan tingkat stress yang mungkin sedang kita alami.


KANDUNGAN NUTRISI PADA SUSU

Susu merupakan suatu minuman yang di kenal karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Namun selain itu susu juga merupakan sumber nutrisi berupa vitamin dan mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Beberapa nutrisi tersebut yaitu :
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Magnesium
  • Protein
  • Seng
  • Ribovlavin
  • Vitamin A
  • Vitamin B12
Selain nikmat, kandungan nutrisi yang kaya pada susu membuat minuman ini banyak di konsumsi serta di manfaatkan sebagai minuman kesehatan yang baik untuk tubuh dan kesehatan.


Itulah beberapa manfaat yang bisa kita ketahui dari susu, semoga dengan adanya informasi di atas dapat membuat kita lebih cinta serta lebih giat lagi dalam mengkonsumsi susu untuk hidup yang lebih baik dan sehat. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : minuman
Back To Top