Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Dan Khasiat Bunga Asoka Terbukti Ampuh

Manfaat Bunga Asoka mungkin masih terdengar sedikit asing dan kurang familiar di telinga kita. Lalu jika memang benar, apa saja kiranya manfaat dari bunga ini ? Berikut ulasan lengkapnya untuk kita semua.

Bunga Asoka (Sarca indica)

Bunga asoka adalah bunga tanaman yang identik dengan warna merah dan berbau wangi di malam hari yang hanya terjadi di bulan april dan mei selama setahun. Di Indonesia sendiri tanaman ini di kenali dengan dua jenis yang berbeda. Yang pertama adalah pohon asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting, yang kedua yaitu pohon asoka biasa dengan ranting dan memiliki daun dengan ujung yang meruncing. Tanaman asoka akan berbunga saat menjelang musim hujan tiba. Oleh sebagian orang di Eropa tanaman ini di sebut dengan sebutan flame of the wood atau api dari hutan karena warna merah pada bunga yang mencolok.


Manfaat Dan Khasiat Bunga Asoka Terbukti Ampuh


Tanaman asoka banyak di tanam dan fungsikan sebagai penghijauan atau juga sekedar tanaman hias karena bunganya yang cantik. Selain itu oleh sebagian orang tanaman ini juga banyak di jadikan sebagai obat alami ataua herbal yang dapat mengatasi beberapa maslah pada kesehatan. Apa saja manfaatnya dalam dunia pengobatan? Simak penjelasan berikut ini.


Kadungan Tanaman Asoka

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai manfaat dari bunga asoka, tidak ada salahnya jika kita juga menegtahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman ini. Berikut uraiannya :
  • Secara keseluruhan tanaman asoka memeiliki kandungan berupa senyawa penting seperti, saponin, flavonoid, zat tanin, catachin, zat besi, antosianin, dan hematoksilin.
  • Pada bunga - saponin, zat tanin, flavonoid.
  • Pada kulit batang - catachin, tanin, dan zat besi.
 
Manfaat Tanaman Asoka Bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat baik tanaman asoka bagi kesehatan dalam menjaga serta mencegah beberapa masalah atau gangguan yang dapat terjadi pada kesehatan tubuh kita.

1.Mengobati disentri

Disentri merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada usus, hal ini dapat menimbulkan beberapa gejala seperti :
  • Buang air besar dengan tinja berdarah.
  • Nyeri saat buang air besar.
  • Diare encer dengan volume yang sedikit.
  • Buang air besar dengan tinja bercampur lender (mucus).
Adapun cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini yaitu bisa dengan memanfaatkan tanaman bunga asoka.

caranya :
  1. Siapkan bunga asoka sebanyak dua gengam.
  2. Tumbuk halus kemudian seduh dengan 1/2 gelas air panas.
  3. Saring guna memisahkan ampasnya.
  4. Dan minum ramuan ini sebanyak 2x dalam sehari sampai masalah teratasi.
2.Melancarkan haid

Haid merupakan gejala atau siklus alami yang terjadi hampir satu bulan sekali dan hanya di alami oleh wanita. Namun tidak jarang bagi sebagian wanita mengalami siklus haid yang tidak lancar. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan bunga asoka dengan cara seperti berikut.

caranya :
  • Siapkan segenggam bunga asoka dan juga daging lidah buaya dengan panjang 10 cm (ukuran sedang).
  • Cuci bersih kedua bahan dan rebus menggunakan 2 gelas air.
  • Jika sudah mendidih saring air rebusan dari ampas.
  • Minum ramuan tersebut sebanyak 2x dalam sehari dengan takaran sebanya 1 gelas untuk 1x minum.
3.Mengobati hipertensi

Hipertensi atau yang juga di kenal dengan istilah tekanan darah tinggi merupakan kondisi tubuh di mana kita harus mewaspadai dan mencegahnya. Cara alami untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memanfaatkan tanaman asoka.

caranya :
  • Gunakan bunga asoka sebanyak satu genggam.
  • Rebus bunga dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas.
  • Jika sudah mendidih, angkat dan saring dari ampasnya.
  • Minum ramuan tersebut sebanyak 2x dalam sehari dengan takaran sebnayak 1 gelas untuk satu kali minum.
4.Mengobati wasir dan ambeien

Wasir atau ambeien mungkin masih masuk kedalam penyakit ringan, namun jika di biarkan bukan tidak mungkin hal tersebut akan bertambah parah. Cara alami untuk mengantasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan bunga soka.

caranya :
  • Gunakan bunga asika sebanyak 2 genggam.
  • Cuci dan tumbuk hingga halus.
  • Kemudian seduh dengan menggunakan 1/2 gelas air hangat.
  • Saring ampasnya dan minum  sebanyak dua kali dalam sehari di pagi dan malam hari.
5.Mengobati luka memar

JIka anda memiliki luka memar di tubuh dan tidak tau bagaimana cara untuk mengatasinya anda bisa menggunakan cara berikut untuk mengobati masalah tersebut, yaitu dengan menggunakan bunga asoka.

caranya :
  • Siapkan bunga asoka, bunga mawar kering, dan juga umbi daun dewa secukupnya.
  • rebus semua bahan denga 1 gelas air.
  • setelah mendidih angkat dan saring.
  • Minum ramuan tersebut secara rutin hingga sembuh.
6.Mencegah peradangan (anti-inflamasi)

Peradangan atau yang juga bisa di sebut dengan pembengkakan dapat kita atasi secara alami dengan memanfaatkan bunga asoka. Kenapa tidak, bunga asoka memiliki sifat alami sebagai anti-inflamsi dimana sifat tersebut dapat berguna dengan mencegah serta mengatasi terjadinya suatu peradangan atau pembengkakkan.

7.Mengobati kram kaki dan betis

Perlu di ketahui jika mengkonsumsi air rebusan dari bunga asoka juga akan menghindarkan kita dari risiko terjadinya kram, seperti kram kaki dan betis. Ramuan ini bisa di minum secara rutin sebanyak 2x dalam seminggu.

8.Mencegah anemia

Jika ada dari kita yang mungkin saja mengalami anemia namun tidak tau bagaimana cara mengatasinya. jika anda orang tersebut mungkin anda bisa dengan mengatasinya menggunakan bunga asoka. Ya, mengkonsumsi bunga asoka secara rutin akan turut membantu kita dalam mengurangi resiko terjadinya anemia. Hal tersebut karena tanaman asoka dapat mengingkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh yang akan membantu kita dari tercegahnya anemia.


Itulah beberapa manfaat baik dari bunga asoka untuk kesehatan. Semoga informasi tersebut bisa berguna serta menjadi solusi bagi kita semua yang mungkin sedang mencari alternatif untuk hidup sehat dan juga cara alami untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada kesehatan tubuh kita. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top