Informasi Menarik Sehat & Cantik

10 Manfaat Minyak Nilam Untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat Minyak Nilam sudah terkenal hampir keseluruh penjuru dunia dan kita sebagai orang Indonesia patut berbangga karena Indonesia merupakan pemasok minyak nilam terbesar di dunia, hampir 70% kebutuhan minyak nilam di dunia di sokong oleh Indonesia. Tapi yang sangat di sayangkan adalah bhawa Indonesia hanyak sebagai price taker saja, karena Indonesia sendiri masih belum bisa mematok harga. Minyak nilam terkenal karena aromanya yang sering di gunakan untuk pembuatan parfum, kosmetik, sabun, detergent, pewangi ruangan, aromaterapi dan pembasmi hama.

Apa Itu Minyak Nilam?

Minyak nilam merupakan minyak atsiri yang di hasilkan dari proses penyulingan daun nilam yang biasanya di suling dari daun nilam yang sudah kering (hampir sama dengan proses penyulingan cengkeh). Dalam perdagangan internasional minyak ini di jual dengan nama patchouli. Dan dari sekian banyaknya minyak aitsiri, minyak nilam merupakan minyak yang menjadi primadona utama di Indonesia.


10 Manfaat Minyak Nilam Untuk Kesehatan & Kecantikan

Minyak nilam banyak di impor ke berbagai negara di seluruh dunia dan sampai saat ini pengimpor tebesar minyak ini adalah Amerika dan juga Inggris di susul oleh negara negara lain di Eropa.

Proses Untuk Mendapatkan Minyak Nilam

Masa panen nilam terjadi pada usia tanaman mencapai umur 7-9 bulan dengan ciri bagian bawahnya yang mulai menguning, dan akan berulang pada 3-4 bulan selanjutnya. Usia maksimal tanaman nilam adalah 3 tahun, di usia tersebut tanaman nilam perlu diremajakan kembali. Setelah di panen tanaman nilam akan di jemur hingga layu dan di angin anginkan sampai benar benar kering, kurang lebih proses ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari dan barulah bisa di suling.

Ada tiga cara untuk bisa mendapatkan minyak nilam.
  1. Direbus, masukan nilam kedalam ketel yang telah berisi air. Dalam proses ini ketel yang di pakai harus meiliki sifat anti karat seperti stainless steel, tembaga atau pun aluminium. Uap yang di hasilkan dari perebusan akan di alihkan ke kondensor yang selanjutnya akan di lakukan pemurnia atau pemisahan antara uap air dan minyak nilam.
  2. Di kukus, cara ini hampir sama dengan cara yang sebelumnya. Yang membedakan adalah pada cara yang kedua ini memisahkan atantara air dan nilam.
  3. Penyulingan dengan cara uap, dalam proses ini di butuhkan dua ketel, yang satunya bebentuk silinder. kedua ketel tersebut juga di lengkapi dengan penahan panas seperti karung goni guna menahan panas agar tetap stabil. Alat pendingannya berupa bak pendingin yang di situ terdapat pipa spiral dari stainless steel berfungsi mengubah uap menjadi cairan yang kemudia akan di pisahkan antara air uap dan minyak nilam.
  4.  
10 Manfaat Minyak Nilam Untuk Kesehatan & Kecantikan

Setelah minyak nilam di dapatkan barulah di simpan pada botol atau drum yang sudah di sterilkan. Penyimpanan minyak nilam akan mengubah karekteristik wangi pada nilam menjadi lebih halus di banding dengan minyak yang baru di suling, selain itu minyak yang di simpan lama akan membuat kadar patchouli pada minyak ini bertambah.

Manfaat Minyak Nilam
  • Sebagai bahan campuran untuk parfum, hal ini karena minyak nilam memiliki aroma woodsy yang berfungsi dapat mengikat semangat.
  • Sebagai aroma terapi, penggunaan minyak nilam sebagai aroma terapi dapat menenangkan pikiran serta suasana sekitar, wanginya yang lhas serta kuat namun dengan karekter yang lembut dapat membuat pikiran lebih rileks.
  • Sebagai pewangi ruangan khususnya kamar yang bisa membuat tidur kita lebih nyenyak.
  • Anti mikroba, minyak nilam banyak di gunakan untuk menghambat perkembangan jamur dan jenis mikroba lainnya.
  • Di gunakan sebagai pertolongan pertama untuk seseorang yang terkena gigitan ular.
  • Di gunakan sebagai campuran shampo dan minyak rambut yang akan membuat rambut lebih sehat, mengurangi ketombe dan lebih wangi.
  • Melindungi pakaian dari ngenget khususnya pakaian berbahan wol dan sutra yang biasanya di lakukan dengan cara meletakkan wewangian minyak nilam pada lemari pakaian.
  • Minyak nilam memiliki senyawa alami yang bersifat sebagai anti peradangan dan anti jerawat, dapat menyembuhkan eksem dan anti jamur.
  • Rebusan daun nilam bisa di minum dan mampu menyembuhkan batuk, asma, mengobati rematik, serta bisul.
  • Minyak nilam bermanfaat sebagai antioksida.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan memanfaat minyak nilam. semoga bisa bermanfaat dan berguna dengan baik bagi kita semua yang mau mencoba serta menerapkannya dalam kehidupan seharai hari khususnya dalam mengatasi berbagai masalah serta keluhan yang telah di jelaskan di atas.

Sekian untuk ulasan kali ini, yaitu ulasan mengenai Manfaat Minyak Nilam Untuk Kesehatan & Kecantikan. Selamat mencoba..!
Tag : minyak alami
Back To Top