Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Minyak Kayu Cendana Untuk Kesehatan & Mempercantik Kulit

Minyak Cendana atau yang bisa di sebut juga dengan sebutan essensial cendana merupakan minyak alami yang di peroleh dari penyulingan kayu cendana. Pohon cendana atau cendana wangi banyak di kenal oleh masyarakat karena wanginya serta khasiatnya dalam dunia pengobatan.

Pada umumnya cendana merupakan tanaman yang banyak di manfaat sebagai rempah rempah, bahan tambahan pada parfum, dan aromaterapi karena wanginya yang khas. Di Indonesia tumbuhan ini banyak di temukan di Nusa Tenggara Timur, dan saat ini sudah banyak menyebar juga di pulau jawa.

Manfaat Minyak Kayu Cendana Untuk Kesehatan & Mempercantik Kulit


Lalu apa saja manfaat yang bisa di peroleh dari minyak cendana, berikut informasinya..!

Manfaat Minyak Kayu Cendana Untuk Kesehatan

1.Antiseptik alami

Minyak kayu cendana dapat berfungsi sebagai minyak antiseptik alami yang sangat efektif. Salah satu caranya menjadikan minyak kayu cendana sebagai obat oles yang biasanya di gunakan untuk pada wajah yang berjerawat, bisul, serta pada bagian tubuh yang mengalami cidera atau luka.

2.Anti mikroba

Selain aromanya yang kuat, minyak cendana memiliki sifat yang dapat berfungsi sebagai disenfektan yang sangat efektif dalam mengusir hama. Karena kemampuannya mebuat minyak yang satu ini banyak di gunakan untuk bahan campuran untuk pestisida yang di pergunakan untuk mengusir hama.

3.Anti-inflamasi

Minyak cendana atau essensial cendana memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengatasi berbagai macam peradangan yang terjadi pada tubuh. Minyak cendana dapat memberikan efek yang menenangkan serta dapat mengurangi rasa sakit yang di timbulkan akibat terjadinya peradangan.

4.Mengatasi kejang

Kejang merupakan keadaan tubuh yang sering terjadi pada seseorang yang mengalami demam tinggi. Salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan minyak cendana yang bersifat sebagai obat yang dapat menenagkan serta merilekskan otot otot, selain itu minyak ini juga akan mengurangi rasa sakit atau nyeri yang biasanya timbul pada seseorang yang demam.

5.Mengendalikan tekanan darah

Penggunaan minyak cendana sebagai obat dalam dapat di lakukan dengan mencampurkan beberapa tetes essensial cendana ke dalam segelas air, baik itu air putih atau pun dalam bentuk minuman seperti susu. Jika hal ini di lakukan secara rutin akan berdampak baik pada tubuh khususnya bagi penderita hipertensi yang secara efektif dapat menjaga tekakan darah tetap normal dan menurunkan tekanan darah berlebih atau yang kita kenal dengan gejala darah tinggi.

6.Mengurangi stress dan kegelisahan

Manfaat lain yang bisa di dapat dari minyak yang satu ini adalah dapat membuat pikiran tenang serta mengurangi kegelisahan dengan cara menghirup atomanya dan juga mengoleskannya pada bagian tubuh seperti leher dan telapak tangan. Aroma kuat yang di keluarkan oleh minyak ini dapat meerilekskan pikiran serta memberikan efek tenang pada otot otot yang tegang, karena itulah minyak ini banyak di gunakan sebagai bahan dasar pembuatan aromaterapi.

Manfaat Minyak Kayu Cendana Untuk Kecantikan

7.Menghilangkan badan tidak sedap

Bau badan merupakan hal yang sering di alami oleh sebagian orang yang tentunya sangat menganggu khususnya bagi orang yang berada di sekitar kita. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan minyak cendana. Aroma minyak cendana yang kuat serta wangi banyak di manfaatkan untuk bahan dalam produk produk kecantikan dan sebagai campuran dalam pembuatan parfum yang berguna untuk mengusir bau badan tidak sedap pada tubuh.

8.Membersihkan serta mencerahkan kulit

Untuk kulit minyak candana dapat berfungsi sebagai bahan alami yang dapat membersihkan kulit, selain itu minya ini memiliki kemampuan untuk menyamarkan noda hitam pada kulit dan menjadikan wajah lebih terlihat bersih, segar, dan tampak cerah alami.

Itulah beragam manfaat dari minyak cendana yang mungkin sebelumnya belum kita ketahui, Dan semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kita serta sedikit menambah ilmu pengetahuan khususnya mengenai minyak alami dari tumbuhan yang berkhasiat baik bagi tubuh dan kecantikan.

Sekian untuk ulasan kali ini yaitu tentang Manfaat Minyak Kayu Cendana Untuk Kesehatan & Mempercantik Kulit. Semoga dapat berguna dan mampu memberi manfaat bagi kita yang menyimak. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya..!
Tag : minyak alami
Back To Top