Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Manfaat Minyak Kayu Putih dalam dunia pengobatan sudah banyak di pakai yang biasanya banyak di gunakan sebagai obat luar atau di minum. Minyak kayu putih itu sendiri merupakan minyak atsiri yang di peroleh dengan cara penyulingan daun serta ranting pohon kayu putih. Minyak kayu putih ini mengandung eukaliptol yang merupakan komponen paling banyak yaitu sekitar 60%, ada juga α-terpineol, α-pinen, ester asetatnya, dan limonen.

Dari beragam kandungan di atas minyak kayu putih memiliki khasiat sebagai penghangat tubuh, melemaskan otot - otot yang tegang , serta dapat mengatasi gejala perut kembung seperti mual dan muntah - muntah yang di akibatkan oleh masuk angin.

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya


Sampai saat ini minyak kayu putih selalu menjadi pilihan sebagai alternatif untuk obat luar yang dapat mengobati gejala - gejala penyakit ringan pada tubuh seperti pusing dan masuk angin. Sehingga wajar bila minyak kayu puth banyak di jadikan sebagai komponen tambahan dalam membuat berbagai macam obat luar seperti salep, minyak telon, minyak masuk angin yang dapat menhangatkan tubuh serta obat oles lainnya.

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Yang akan kita bahas kali ini adalah manfaat minyak kayu putih bagi tubuh khususnya dalam menjaga kesehatan secara lengkap serta efek samping yang dapat di timbulkan oleh penggunaan minyak ini secara berlebih, berikut penjelasannya..!

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Tubuh
1.Mengobati perut kembung

Minyak kayu putih merupakan obat yang sangat cocok untuk mengatasi perut kembung dan sudah banyak di gunakan oleh banyak orang untuk gejala yang sama dan memberikan hasil yang sangat baik, hal ini karena efek hangat dari minyak kayu putih dapat meringankan perut kembung sekaligus merilekskan otot perut.

2.Mengobati pusing atau sakit kepala

Hampir semua orang sudah mengenal gejala yang satu ini dan salah satu cara yang efektif untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan minyak kayu putih yang bisa kita oleskan pada bagian leher belakang dengan sedikit urutan ringan, hal ini akan meringankan rasa sakit serta menenangkan otot - otot yang tegang penyebab sakit kepala.

3.Mengobati hidung tersumbat

Jika anda mengalami masalah pada pernapasan seperti hidung tesumbat, minyak kayu putih mungkin akan bisa menjadi solusi tepat untuk gejala tersebut yaitu dengan cara menghirup aroma dari minyak kayu putih hal ini akan mengurangi efek hidung tersumbat dan melegakan pernapasan anda.

4.Meringankan gejala masuk angin

Masuk angin serta badan merasa menggigil dapat di sembuh kan dengan minyak kayu putih. Caranya mengoleskan minyak kayu putih keseluruh tubuh sesuai yang kita inginkan, yang nantinya minyak kayu putih ini akan memberikan efek hangat serta rileks pada tubuh dan menghilangkan gejala masuk angin serta badan menggigil.

5.Mengatsi rasa mual dan muntah - muntah

Hal ini sangat sering terjadi dan banyak di alami oleh sebagian orang dimana yang mungkin di akibatkan oleh masuk angin, namun hal tersebut dapat di atasi dengan cara mengoleskan minyak kayu putih pada perut serta leher dan menghirup aroma dari minyak kayu putih. Hal ini dapat secara efektif mengurangi rasa mual serta muntah muntah yang di akibatkan oleh masuk angin atau cuaca dingin.

6.Meringankan masalah pernapasan

Minyak kayu putih memiliki banyak manfaat yang salah satunya untuk mengatasi berbagai macam gejala yang terjadi pada saluran pernapasan seperti sesak, hidung tersumbat, flu atau pilek, serta infeksi saluran pernapasan yang lain.

7.Meringankan gejala demam

Gejala ini merupakan hal yang wajar di alami oleh banyak orang baik anak anak atau pun orang dewasa, namun dengan minyak kayu putih masalah ini bisa teratasi, caranya dengan menggunakan kompres air dingin dengan beberapa tetes minyak kayu putih.

8.Meringankan sakit pada gigi

Minyak kayu putih merupakan bahan alami yang memiliki sifat hampir sama dengan cengkeh sehingga bisa juga di gunakan untuk meringankan rasa sakit pada gigi dengan cara mencampurkan sedikit minyak kayu putih dengan kunyit, campuran kedua bahan ini bisa kita gunakan untuk mengobati gigi langsung dengan mengoleskannnya pada gigi yang sakit.

9.Meradakan kram otot

Salah satu manfaat lain dari sekian manfaat yang bisa kita peroleh dari minyak kayu putih adalah dapat meringankan rasa kram pada otot, yaitu dengan cara meneteskan sedikit minyak kayu putih pada ototo yang sakit dengan sedikit pijatan ringan, efek hangat serta pijatan pada otot yang kram dapat meberi efek hangat dan rileks pada otot agar tidak tegang.

10.Meringankan gejala kejang

Gejala ini merupakan reaksi tubuh yang biasa terjadi pada sebagaian orang yang mengalami demam yang tinggi. Cara mengatasinya adalah dengan sedikit mengoleskan minyak kayu putih di area sekitar bibir, telapak tangan, dan kaki, serta hirupkan minyak kayu putih pada hidung.

11.Sebagai aromaterapi

Sudah banyak di ketahui jika kandungan minyak atsiri dari kayu putih memiliki aroma yang khas dan dapat menenangkan tubuh dan pikiran, karena itulah minyak ini banyak di gunakan sebagai aromaterapi alami untuk merilekskan pikiran.

12.Meringankan rasa nyeri

Pijatan lembut menggunakan minyak kayu putih dapat mengahatkan tubuh serta melemaskan otot otot yang tegang, namun selain itu cara ini dapat mengobati rasa sakit atau rasa nyeri akibat cidera, kram, nyeri punggung, dan beragam keluhan rasa nyeri lainnya.

13.Menghilangkan rasa gatal akibat gigitan serangga

Rasa gata yang biasa di sebabkan oleh gigitan serangga seperti nyamuk dapat di minimalisisr dengan menggunakan minyak kayu putih, dengan cara oleskan beberapa tetes minyak kayu putih pada daerah yang gatal.

14.Mengusir nyamuk

Aroma kuat pada minyak kayu putih dapat mengusir nyamuk. Caranya bisa dengan langsung mengoleskan pada badan atau sebagai obat smprot dengan mencampurkan minyak kayu putih dengan air kedalam semprotan serangga.

Efek Samping Dari Minyak Kayu Putih
  • Selama penggunaannya wajar dan sesuai dengan petunjuk minyak kayu putih tidak akan menimbulkan efek samping, selain itu minyak ini tidak di peruntukkan untuk bayi dan wanita hamil serta kulit yang memiliki intensifitas tingggi terhadap minyak kayu putih seperti kondisi kulit psoriasis. perhatikan juga pnggunaan, hindari penggunaan di daerah sekitar mata karena minyak kayu putih bersifat padas dan dapat menyebabkan rasa perih dan panas jika terkena mata.

Itulah beragam manfaat lengkap dari minyak kayu putih beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat berguna dengan baik dan mampu meberi manfaat yang juga baik bagi kita semua, dalam menggunakan minyak kayu putih untuk mengatasi berbagai macam gejala ringan pada tubuh yang di pengaruhi oleh cuaca atau lingkungan sekitar yang tidak sehat. Selain itu minyak kayu putih juga menghindarkan kita dari obat yang mungkin biasa kita gunakan untuk mengatasi berbagai gejala penyakit ringan.

Sekian dulu untuk ulasan kali ini yang membahas tentang Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya. Semoga berguna dan bermanfaat selamat mencoba..!
Tag : minyak alami
Back To Top