Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Kalsium Yang Di Perlukan Oleh Tubuh Di Segala Usia

Manfaat Kalsium utamannya adalah memenuhi kebutuhan mineral oleh tubuh yang berguna untuk mendukung pertumbuhan tubuh khusunya dalam membantu pembentukan tulang dan menjaga kepadatan tulang. Namun lebih dari itu masih banyak lagi manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium bagi tubuh. Jadi Untuk lebih jelasnya berikut telah di siapkan beberapa informasi lengkap seputar kalsium. Apa saja? Berikut uraiannya..!

Apa Itu Kalsium & Apa Fungsinya?

Kalsium merupakan sebuah elemen kimia yang di kenal dengan simbil Ca. Selain itu kalsium juga merupakan suatu meniral penting yang di butuhkan oleh manusia yang memiliki peranan penting dalam tubuh di semua umur atau segala usia khususnya yang dalam masa pertumbuhan atau masa tua yang dimana pada masa masa tersebut kandungan kalsium pada tubuh akan terus mengalami pengurangan seriring bertambahnya umur.


Manfaat Kalsium Yang Di Perlukan Oleh Tubuh Di Segala Usia


Sekali lagi kalsium adalah mineral penting yang sangat penting bagi tubuh, pada umumnya kalsium berperan penting dalam kelangsungan metabolisme oleh tubuh, pengggerak ajntung, penghubung antar saraf, membantu kerja jantung, serta memiliki fungsi penting dalam mendukung pertumbuhan pada manusia khususnya pertumbuhan pada tulang dan gigi.

Gejala Akibat Kekurangan Kalsium

Pada umumnya setelah memasuki usia 20 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami pengurangan kalsium yaitu sebanyak 1% per tahun. Setelah umur 50 tahun akan terjadi pengurangan kembali kandungan kalsium oleh tubuh sebanyak 30%. Dan terus berlanjut hingga usia 70 tahun, pada usia ini tubuh manusia akan mengalam pengurangan kalsium hinggga 50% dan masih akan terus berlangsung seiring bertambahnya usia.

Adapun gejala awal yang bisa di timbulkan akibat kurangnya kebutuhan kalsium oleh tubuh adalah tubuh mudah terasa lesu dan gampang berkeringat, sulit bernapas, sering merasa gelisah, nafsu amakan berkurang, sembelit, berak berak, insomnia atau gangguan pada tidur, mengalami kram, daya tahan tubuh menurun dan lainnya.

Kebutuhan Kalsium Oleh tubuh Manusia

Tidak di pungkiri jika kalsium merupakan mineral penting yang sangat di butuhkan manusa bahkan untuk segala usia. Berikut daftar kebutuhan kalsium pada tubuh manusia:
  • Usia 0-5 bulan : 400 mg
  • Usia 6-12 bulan : 600 mg
  • Usia 1-10 tahun : 800 mg
  • Usia 11-24 tahun : 1.200 mg
  • Usia 25 ke atas : 800 mg
  • Usia 50 ke atas : 1000 mg
  • Ibu hamil dan menyusui : 1.200 mg

Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Manusia 
  1. Menormalkan tekanan darah.
  2. Melenturkan otot.
  3. Menyeimbangkan tingkat keasaman darah.
  4. Mencegah osteoporosis (Pengapuran pada tulang).
  5. Menurunkan resiko kanker usus.
  6. Meminimalkan penyusustan tulang selama dalam masa hamil dan menyusui.
  7. Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas).
  8. Melancarkan peredaran darah.
  9. Mengaktifkan saraf.
  10. Menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  11. Mencegah penyakit jantung.
  12. Membantu mineralisasi gigi.
  13. Mencegah pendarahan pada akar gigi.
  14. Mengatasi kram dan reumatik.
  15. Mengatasi wasir.
  16. Mengatsi keluhan pada saat haid dan menopause.
  17. Mencegah kulit kering pada tangan dan kaki.
  18. Menguatkan tulang.
  19. Membantu pertumbuhan tulang (menambah tinggi badan).

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari mineral alami berupa kalsium. Dan sangat di sayangkan jika hal itu di spelekan, karena sebagian orang hanya berusaha untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi lainya ketimbang kalsium. Padahal fungsi dari mineral ini sangat baik bagi tubuh dan kesehatan dan teramat sangat di butuhkan oleh tubuh yang masih dalam masa pertumbuhan.

Daftar Bahan Makanan Yang Tinggi Kalsium

Jika kita bingung bagaimana cara kita untuk memenuhi kebutuhan kalsium karena alasan tidak tau jenis makanan apa saja yang bisa menjadi sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa contoh makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi:


BERSUMBER DARI OLAHAN SAPI

1.Susu

Sudah tidak perlu di ragukan lagi jika susu merupakan jenis makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi. Dalam segelas susu kurang lebihnya terdapat sekitar 270 mg kalsium. Jumlah ini di nilai mampu mencukupi kebutuhan kalsium oleh tubuh dengan mengkonsumsinya secara rutin paling tidak 2x dalam sehari.

2.Yoghurt

Yoghurt merupakan jenis makan yang di peroleh dari fermentasi susu sapi dengan rasa kecut yang khas. Kandungan kalsium pada yoghurt terbilang sangat tinggi serta sangat baik bagi tubuh dan dapat melancarkan saluran pencernaan.

3.Keju

Tidak hanya sebagai yoghurt, susu juga banyak di olah dalam bentuk keju. Masalah kalsium yang terdapat pada keju tentu tidak perlu di ragukan. Makanan dengan jenis olahan seperti keju banyak di gunakan dalam berbagai makanan yang tentunya akan menambah rasa nikmat dan gurih.

4. Sumsung tulang sapi

Di dalam sumsum tulang sapi terdapat sekitarnya 40x kandungan kalsium yang terdapat pada susu. Selain itu makanan ini juga merupakan favorit bagi para pecinta kuliner sumsum tulang.


BERSUMBER DARI SAYURAN

1.Kelor

Syuran jenis ini memiliki kandungan kalsium yang mungkin sebelumnya kita tidak pernah mengira. Kandungan kalsium pada sayur kelor adalah 4x lebih tinggi dari pada jenis kalsium yang terdapt pada susu.

2.Bayam

Bayam merupakan sayur yang banyak di kenal sebagai sumber zat besi yang baik, hal itu benar namun yang perlu di ketahui lebih dari sayur bayam yitu kandungan kalsiumnya. Kandungan kalsium yan terdapat pada bayam yaitu sebanyak 200 mg. Mengkonsumsi syur baryam sebagai menu sehari hari akan membantu tubuh anda dalam memenuhi kebutuhan kalsium.

3.Lobak

Lobak merupakan sayuran yang umum di jadikan sebagai sayur dan tambahan dalam beberapa masakan berkuah. Dalam buah loak sendiri terkandunga mineral berupa kalsium kurang lebih 200 mg dalam setiap batang sayur lobak.

4.Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang sudah banyak di kenal oleh masyarakat dan merupakan sayur yang sangat di gemari untuk diet. Dalam  brokoli sendiri dapat kita peroleh nutrisi berupa kalsium yang jumlahnya kurang lebih 180 mg.


BERSUMBER DARI BUAH BUAHAN

1.Buah ara

Sedikit jarang di dengar mungkin, namun kandungan kalsium dari buah ini bisa di bilang cukup tinggi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan harian kalsium tubuh kita dalam buah ini setidaknya terdapat 107 mg kalsium dalam setiap 2 buah ara.

2.Jeruk

Selain sebagai sumber vitamin C yang baik, buah ini juga menjadi sumber kalsium yang tidak kalah pentingnya dengan bentuk nutrisi nutrisi lainya. Dalam buah jeruk sendiri terdapat kalsium yang jumlahnya kurang lebih sekitar 65 mg.

3.Kurma

Meskipun bukan buah yang berasal dari Indonesia tapi tidak sulit juga untuk mendapatkan buah yang satu ini. Di luaran sana sudah banyak di jual buah kurma dalam bentuk kemasan yang biasanya terdapat di pasar pasar modern dan juga tradisional. Kandungan kalsium dalam buah kurama yaitu 57 mg dalam per 100 gr buah kurma.

4.kiwi

Meskipun harga buah ini sedikit mahal dan terbilang sulit untuk mendapatkannya karena hanya bisa di jumpai di pasar pasar modern seperti supermarket, tapi kalsium yang terkandung dalam buah ini terbilang cukup tinggi yaitu sekitar 50 mg.


BERSUMBER DARI KACANG KACANGAN

1.Kedelai

Nama kedelai mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita terlebih untuk pecinta makanan jenis kacang kacangan. Selain dalam bentuk utuh kacang kedelai juga dapat dengan mudah kita jumpai dalam bentuk minuman yaitu sari kacang kedelai yang juga di kenal dengan susu kedelai. Untuk kandungan kalsium, dalam secangkir kacang kedelai terdapat kurang lebih kalsium sebanyak 216 mg.

2.Almond

Kacang jenis ini di kenal karena kandungan vitamin E yang terkandung di dalamnya. Selain itu kacang almond juga banyak di gunakan untuk tambahan dalam pembuatan coklat dan sebagai toping dan campuran aneka macam kue. Di dalam kacang almond terdapat sekitarnya 144 mg kalsium per 1/2 cangkir kacang almond.

3.Kacang edamame

Cukup unik memang nama dari kacang kacangan yang satu ini. Edamame biasanya di konsumsi dengan cara d rebus terlebih dahulu dan di dalamnya terkandung mineral berupa kalsium yang di temukan sebanyak 98 mg yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian kita.


BERSUMBER DARI MAKANAN LAUT

1.Udang rebon

Udang rebon kering merupakan sumber nutrisi berupa kalsium yang cukup tinggi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium oleh tubuh. Setidaknya dalam per 100 gr udang rebon mengandung sebanyak 2.306 mg kalsium atau setara dengan 16x kandungan kalsium pada per 100 gr susu sapi.

2.Ikan salmon

Ikan salmon banyak di kenal karena kandungan omega-3 nya yang baik untuk jantung, Namun selain kaya akan omega-3 ikan ini juga memiliki kalsium yang sangat tinggi jika di bandingkan dengan jenis ikan lainnya. Dalam 6 ons ikan salmon terdapat kalsium sebanyak 181 mg.

3.Sarden

Ikan sarden merupakan jenis makan laut yang banyak di gemari serta mudah di jumpai di berbagai pasar pasar modern mau pun tradisional. Ada pun kandungan kalsiumnya dari 3 ons ikan sarden dapat di peroleh sekitar 325 mg kalsium. Cukup tinggi dan akan sangat baik bagi tubuh yang sedang dalam masa pertumbuhan seperti anak anak.

4.Rumput laut

Sumber pangan yang satu ini banyak di jadikan sebagai bahan untuk pembuatan agar agar. Kandungan kalsiumnya sangat tinggi 5 kali lebih besar jika di bandingkan dengan susu.


BERSUMBER DARI MAKAN OLAHAN/MAKAN JADI

1.Susu kedelai

Kedelai memang merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi dan dapat di jadikan berbagai macam olahan dan salah satunya adalah sari kacang kedelai atau lebih akrab dengan sebutan susu kedelai. Dalam secangkir susu kedelai setidaknya terdapat kurang lebih 300 mg kalsium yang baik bagi tubuh.

2.Tahu

Makanan ini banyak di kenal karena kandungan protein nabatinya, namun perlu di ketahui lebih jauh lagi jika tahu memiliki kandungan nutrisi berupa kalsium yang sangat baik bagi tubuh. Di ketahui dalam 100 gram tahu terdapat setidaknya 500 mg kalsium yang cocok untuk memenuhi kebutuhan harian kalsium tubuh kita.

3.Oatmeal

Makanan yang termasuk kedalam golongan sereal ini merupakan sumber kalsium yang juga terbilang cukup tinggi. Dalam setiap mangkuk oatmeal terdapat sekitar 105 mg kalsium yang baik bagi tubuh kita.

4.Tempe

Jika mendengar kata tempe mungkin identik dengan makanan rumahan. Namun tidak salah jika menyebut tempe sebagai makanan yang kaya nutrisi. Hal tersebut memang benar, karena tempe merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh, serta mengandung setidaknya 80 mg kalsium dari 100 gram tempe.



Itulah beberapa informasi lengkap yang mengukapas tuntans mengenai manfaat kalsium bagi tubuh kita. Tentunya dengan hadirnya informasi ini di harapkan akan menambah minat kita untuk hidup sehat dan lebih mempehatikan asupan nutrisi dari menu harian yang kita konsumsi setiap waktu.

Demikian untuk ulasan kali ini yaitu tentang Manfaat Kalsium Yang Di Perlukan Oleh Tubuh Di Segala Usia. Semoga dapat berguna dan bermanfaat dengan baik. Selamat mencoba..!
Tag : nutrisi
Back To Top