Informasi Menarik Sehat & Cantik

71 Manfaat Kunyit (Turmeric) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kunyit (Turmeric) pada umumnya banyak di gunakan sebagai obat alami dalam pengobatan tradisional. Selain itu kunyit juga banyak di manfaatkan untuk merawat kecantikan yang biasanya di jadikan sebagai masker dan juga lulur. Dan tidak sampai di situ, selain untuk pengobatan tradisional dan juga perawatan kecantikan kunyit atau turmeric merupakan rempah yang banyak di gunakan sebagai tambahan dalam berbagai masakan di Nusantara. Jadi, apa saja kegunaan serta manfaat lengkap dari kunyit atau turmeric? Berikut informasinya..!

Tentang Kunyit (Turmeric)

Kunyit (turmerik) juga di kenal dengan nama kunir dengan nama latin (Curcuma longa). Tanaman ini merupakan jenis dari umbi atau rimpang yang masih sekelompok dengan jahe jahean dan zingiberaceae. Kunyit atau turmeric di kenal sebagai tanamaan rempah dan juga obat yang berasal dari Asia tenggara, dan mulai tersebar hingga ke Malaysia, Indonesia, Australia dan juga Afrika.


Manfaat Kunyit (Turmeric) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Di beberapa negara seperti Indonesia, India dan negara Asia lainnya menggunakan kunyit sebagai tambahan dalam berbagai macam masakan, sebagai obat tradisional serta banyak di jadikan bahan untuk merawat kecantikan.

Kandungan Senyawa Kimia Pada Kunyit (Turmeric)

Di dalam kunyit atau turmeric tersimpan banyak zat berupa senyawa kimia yang masing masing dari senyawa tersebut memiliki peran serta khasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Dan berikut beberapa zat senyawa yang terkandung dalam kunyit atau turmeric :

1.Kurkuminoid

Kandungan senyawa utama yang terdapat pada kunyit atau turmeric adalah kurkuminoid, senyawa ini pula yang mempengaruhi warna kuning pada kunyit. Kurkuminoid merupakan zat senyawa yang terdiri dari :
  • Kurkumin
  • Desmetoksikumin sebanyak 10%
  • Bidesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%
 2.Minyak atsiri

Zat senyawa penting yang juga berkhasiat dalam kunyit atau turmeric adalah berupa minyak atsiri. Di mana minyak atsiri tersebut terdiri dari beberapa zat lainnya seperti :
  • Keton sesquiterpen
  • Turmeron
  • Tumeon sebanyak 60%
  • Zingiberen sebanyak 25%
  • Felandren
  • Sabinen
  • Borneol
  • Sineil
 3.Mineral

Kandungan lain yang juga terdapat pada umbi rimpang ini adalah berupa mineral. Ada beberapa jenis mineral yang terdapat pada kunyit atau turmeric. Berikut beberapa mineral tersebut :
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Kalsium
4.Nutrisi pelengkap

Selain bebrapa kandungan senyawa pada kunyit atau turmeric yang telah di sebutkan di atas masih banyak lagi nutrisi yang terkandung pada rempah ini, dan berikut beberapa di antaranya :
  • Karbohidrat sebanyak 3%
  • Lemak sebanyak 1-3%
  • Protein sebanyak 30%
  • Pati sebanyak 8%
  • Vitamin C sebanyak 45-55%

Efek Farmakologis Dari Kunyit (Turmeric)

Tidak di pungkiri jika kunyit atau turmeric merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Dan berikut beberapa fungsi dari kunyit atau turmeric sebagai obat (efek farmakologis) :
  • Antiseptik - Menghambat pertumbuhan mikroba.
  • Anti-inflamasi - Mencegah terjadinya peradangan (pembengkakkan).
  • Anti-invasi - Mencegah terjadinya kejang.
  • Anti-rheumatoid arthritis - Mencegah rematik.
  • Anti tumor - Menghambat perkembangan sel tumor.
  • Antioksidan - Menghambat radikal bebas.
  • Anti kolesterol - Mencegah penyakit kolesterol.
  • Anti HIV - Mencegah penyakit HIV.
  • dll.
Manfaat Utama Dari Kunyit (Turmeric)

1.Antiseptik alami

Salah satu manfaat dari kunyit atau turmeric yaitu dapat berfungsi sebagai antiseptik alami. Hal ini akan sangat bermanfaat serta memberikan efek baik bagi tubuh. Antiseptik pada kunyit atau turmeric berperan dalam menghambat dan mencegah pertumbuhan mikroba atau mikroorganisme lainya, Fungsi ini di kenal dengan istilah anti mikroba.

2.Anti-inflamsi (Anti radang)

Anti-inflamsi atau yang juga di kenal dengan istilah anti radang adalah merupakan sifat alami yang terdapat pada kunyit atau turmeric. Di mana sifat alami tersebut dapat berkhasiat bagi tubuh dalam mencegah serta mengatasi terjadinya peradangan pada organ tubuh seperti pembembangkakkan dan sebagainya.

3.Anti rheumatoid arthritis (rematik)

Yang di maksud dengan anti rheumatoid arthritis yaitu merupakan sifat alami dari sebuah obat yang memiliki fungsi sebagai anti rematik yang dimana sifat tersebut di miliki oleh kunyit atau turmeric. Rematik itu sendiri merupakan sebuah gejala radang sendi atau penyakit autoimun yaitu penyakit yang terjadi pada saat tubuh di serang oleh sitem kekebalan tubuh itu sendiri dan mengakibatkan terjadinya peradangan dalam waktu lama pada sendi.

4.Antioksidan alami

Sudah banyak yang tau apa itu antioksidan, dan manfaat di miliki oleh kunyit atau turmeric. Antioksidan merupakan senyawa berupa molekul yang mampu menghambat serta mencegah proses oksidasi oleh molekul lain, salah satu contoh yaitu menagkal radikal bebas. Hal ini tentu akan sangta bermanfaat baik pada tubuh dalam menjaga ketahan tubuh dari berbagai bahaya oksidasi oleh radikal bebas.

5.Mengobati hepatitis

Manfaat lain dari kunyit atau turmeric adalah mengatasi penyakit yang di sebut dengan hepatitis. Penyakit ini adalah suatu bentuk peradangan pada hati yang di akibatkan oleh toksin serta senyawa kimia atau pun obat yang menyebabkan terjadinya infeksi pada hati. Selain dapat mengatasi hepatitis, kunyit atau turmeric juga mampu meningkatkan fungsi hati serta menjaga kesehatan dan fungsi hati tetap normal.

6.Anti tumor

Selain menjaga fungsi hati manfaat lain pada kunyit atau turmeric yaitu berperan sebagai obat anti tumor. Fungsi tersebut berperan dalam mencegah serta menghambat proses pembentukan sel tumor dalam tubuh khususnya tumor pada pada payudara dan poloriferasi sel tumor pada usus besar.

7.Mencegah kolesterol

Sejatinya kolesterol merupakan reaksi alami yang memang di hasilkan di dalam tubuh semua manusia tanpa terkecuali. Hanya saja bebrapa hal dapat menyebabkan kadar kolesterol pada tubuh naik atau meningkat dan ini merupakan suatu keadaan yang tidak normal dan dapat membahayakan kesehatan. Selain menekan kadar kolesterol kunyit atau turmeric juga mampu menjaga tekanan darah serta memperlancar aliran darah dalam tubuh.

8.Mencegah diabetes mellitus

Dibetes mellitus atau yang di kenal dengan nama lain sebagai kencing manis merupakan penyakit atau kelainan metabolik yang di sebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya kadar insulin dalam tubuh akibat tergannggunya fungsi pangkreas, dan juga ketidak mampuan tubuh dalam memanfaatkan insulin (insulin resistance). Salah satu cara untuk mengatasi penyakit ini adalah menormalkan kadar insulin dalam tubuh serta meningkatkan fungsi pankreas. Sedangkan untuk terapi alternatifnya kita bisa menggunakan kunyit atau turmeric yang berkhasiat untuk mencegah sekaligus mengatasi penyakit diabetes.

9.Mengatasi kejang

Kejang atau yang juga di kenal dengan nama lain konvulsi merupakan suatu kondisi medis saat otot tubuh mengalami fluktuasi konstraksi dan peregangan dengan sangat cepat sehingga menyebabkan gerakan yang tidak terkendali. Ada bebrapa faktor yang bisa menyebabkan kondisi seperti ini, seperti contoh :
  • Toksin atau keracunan.
  • Trauma otak.
  • Demam tinggi.
  • Faktor genentik.
  • Ganguan sirkulasi darah.
  • Malformasi otak congenital.
  • Penyakit infeksi seperti ensefalitis dan juga meningitis.
  • dll
Selain bebrapa faktor di atas masih banyak lagi faktor faktor lain yang dapat menyebabkan kondisi kejang pada tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa memanfaatkan kunyit atau turmeric sebagai alternatif pencegahan kejang pada tubuh.

10.Mengatasi penyakit tifus

Manfaat lain dari kunyit atau turmeric adalah dapat mengatsi gejala penyakit tifus. Penyakit tifus dapat mengacu pada beberapa hal seperti berikut :
  • Penyakit rickettsia (typhus) - merupakan penyakit yang di sebabkan oleh bakteri genus rickettsia yang di sebarkan oleh kutu.
  • Demam tifoid - penyakit ini sering di temui di Indonesia, yang di sebabkan oleh bakteri bernama salmonella enterica.
Beberapa hal atau gejala yang dapat di timbulkan oleh tifus yaitu, demam tinggi, berkurangnya nafsu makan, denyut jantung melemah, tubuh mengigil, badan lemah, tubuh terasa nyeri dan lain sebagainya.


Selain beberapa manfaat yang telah di sebutkan di atas manfaat lain dari kunyit atau turmeric bagi tubuh masih banyak dan berikut beberapa di antaranya :

Manfaat Kunyit (Turmeric) Untuk Kesehatan
  1. Mencegah kanker.
  2. Mencegah penyakit alzaimer.
  3. Mengurangi tingkat depresi.
  4. Mengurangi resiko leukimia.
  5. Mencegah usus buntu.
  6. Mengobati disentri.
  7. Menghentikan pendarahan.
  8. Mencegah penggumpalan pada darah.
  9. Melepaskan kelebihan gas di usus.
  10. Mengatasi gangguan pada pencernaan.
  11. Mengobati sakit keputihan.
  12. Mengurangi rasa nyeri pada saat datang bulan.
  13. Melancarkan ASI.
  14. Melancarkan proses datang menstruasi.
  15. Mencegah amandel.
  16. Mengatasi berak lendir.
  17. Mencegah morbili.
  18. Mencegah cangkrang (waterproken).
  19. Mendinginkan badan.
  20. Menjaga kesehatan lambung.
  21. Mengobati penyakit eksim.
  22. Mengatasi diare.
  23. Mengobati sariawan.
  24. Mengobati bisul.
  25. Mengatsi gatal gatal.
  26. Menambah nafsu makan.
  27. Mengatsi sakit perut.
  28. Meringankan mual.
  29. Mengatasi maag.
  30. Mengatasi penyakit kulit seperti kurap, dan luka borok.

Manfaat Dari Kandungan Kurkumin Pada Kunyit (Turmeric)
  1. Melindungi saraf.
  2. Mengurangi resiko radang otak vasospasma.
  3. Memulihkan homeostasis energi pada sistem otak yang terganggu akibat terluka atau trauma.
  4. Melindungi sel leydig dari pengaruh alkohol.
  5. Menurunkan peradangan pada jaringan adiposa.
  6. Melindungi pankreas dari akibat rasio sitokina yang berlebih.
  7. menghambat sekaligus mengurangi penumpukan plak amiloid-beta pada penderita alzaimer.
  8. Melindungi hati dari hemangioendotelioma dan hepatokarsinoma.
  9. Menurunkan resistansi insulin dan leptin.
  10. Menghambat indoleamina 2 dan 3-dioksigenase.
  11. Menghambat angiogenesis.
  12. Menghambat lintasan COX dan LO pada metabolisme eikasanoid.

Manfaat Kunyit (Turmeric) Untuk Kecantikan
  1.  Mencerahkan kulit kusam.
  2. Menghilangkan noda hitam di kulit.
  3. Mengatasi jerawat dan bekasnya.
  4. Mengontrol serta mengatasi minyak berlebih pada wajah.
  5. Mencegah penuaan dini.
  6. Mengurangi efek sinar matahari pada kulit.
  7. Menyamarkan tampilan kerutan dan juga garis halus di wajah.
  8. Melembabkan kulit kering dan kasar.
  9. Mengencangkan kulit.
  10. Menghaluskan kulit.
  11. Menyegarkan kulit dan memberi rasa dingin pada kulit yang kering.
  12. Mencegah peradangan pada kulit akibat jerawat.
  13. Mengangkat sel kulit.
  14. Mengurangi tampilan bulu bulu halus di kulit.
  15. Menguatkan rambut.
  16. Mengatasi kerontokan pada rambut.
  17. Mengurangi ketombe.
  18. Mengurangi rasa gatal di kepala.
  19. Mencegah terjadinya peradangan pada kulit kepala.

Cara Mengolah Kunyit (Turmeric)

Selain untuk di jadikan tambahan untuk berbagai macam menu masakan, Kunyit atau turmeric juga bisa di olah dengan beberapa cara untuk di manfaatkan. Berikut informasi tersebut :

UNTUK KESEHATAN

1.Jus kunyit (sari kunyit)

Cara ini terbilang mudah dan sangat praktis bagi kita yang ingin merasakan manfaat dari kunyit atau turmeric, berikut tata cara untuk membuatnya :
  • Siapkan kunyit atau turmeric secukupnya kupas hingga bersih.
  • Haluskan kunyit atau turmeric dengan cara di blender atau di parut dengan sedikit tambahan air (secukupnya).
  • Didihkan hingga 2-3 kali (di tandai setiap pemuaian).
  • Tambahkan sedikit garam (sesuaikan selera).
  • Selanjutnya angkat dan saring guna memisahkan ampas.
  • Tambahkan sedikit perasan jeruk dan juga madu (sesuai selera)
  • Minum selagi hangat.

2.Susu kunyit 

Jika anda merasa sedikit kerepotan dalam membuat sari kunyit atau sedikit tidak suka dengan rasanya, mungkin cara ini adalah solusi untuk masalah tersebut. Caranya yaitu :
  • Siapkan susu cair atau susu segar dan bubuk kunyit.
  • Didihkan susu dan tambahkan bubuk kunyit (sesuai selera)
  • Angkat kemudian sajikan dan minum selagi hangat.

UNTUK KECANTIKAN

3.Masker dan juga lulur

Memepercantik diri itu tidak harus dengan beragam perawatan tubuh dan juga kosmetik yang harganya mahal, namun juga bisa di lakukan dengan cara aman yaitu cara yang alami. Tentunya dengan prosedur yang tepat pula. Berikut tips mengenai cara membuat masker dan juga lulur untuk kecantikan dari bahan kunyit atau turmeric :

Bahan :
  • Beberapa buah kunyit (bisa menggunakan kunyit dalam bentuk bubuk)
  • Yoghurt
  • Madu
Cara :
  1. Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit atau 3 sendok perasan sari kunyit dengan yoghurt dan juga madu.
  2. Pastikan semua bahan tercampur rata dengan tekstur seperti pasta.
  3. Oleskan masker pada wajah atau lulur pada kulit yang di kehendaki.
  4. Diamkan selama kurang lebih 15 menit (tidak lebih).
  5. Lalu bilas menggunakan air hangat hingga bersih.
Saran : 
  • Selain menggunakan yoghurt dan madu kita bisa menggunakan bahan campuran alami lainnya yang kita inginkan. Seperti perasan jeruk nipis atau lemon dan juga beras yang sudah di haluskan untuk lulur dan juga scrub.
  • Untuk wajah yang memiliki masalah dengan minyak berlebih, hindari mencuci muka menggunakan air hangat, karena hal tersebut dapat memperparah keadaan. Jadi bisa di gunakan air dingin untuk mencuci wajah setelah menggunakan masker atau lulur.
  • Hindari aplikasi masker dan juga lulur lebih dari 15 menit. Karena kunyit memiliki zat warna yang nantinya akan sulit untuk di hilangkan.

Itulah beberapa informasi lengkap seputar kunyit atau turmeric. Semoga bisa berguna bagi kita semua dan merupakan solusi bagi kita yang sedang mengalami masalah pada kesehatan.
Sekian untuk ulasan kali ini yaitu tentang Manfaat Kunyit (Turmeric) Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top