Informasi Menarik Sehat & Cantik

9 Manfaat Susu Kedelai Yang Mampu Mencegah 9 Masalah Kesehatan (Buktikan)

Manfaat Susu Kedelai sudah banyak di kenal dan sangat di gemari oleh banyak masyarakat di semua kalangan. Khususnya untuk masyarakat yang berada di kota kota besar, hal itu sudah pasti melihat produk dengan bahan kedelai sudah sangat banyak beredar di luaran sana. Namun tidak jarang juga ada sebagian dari kita yang mungkin tau apa itu susu kedelai tapi tidak tau apa saja manfaat yang terkandung dalam minuman tersebut. Oleh karena itu yang akan kita bahas tuntas kali ini adalah mengenai manfaat susu kedelai yang berkhasiat untuk kesehatan beserta efek sampingnya..!

Apa Itu Susu Kedelai?

Sangat di sayangkan jika di jaman yang serba ada kita masih belum mengetahui apa itu susu kedelai! Namun itu bukan maksud yang sebenarnya, akan sangat sulit menemui seseorang yang tidak mengenal minuman yang satu ini. Tapi yang di maksud di sini adalah mengupas tentang susu kedelai secara keseluruhan yang mungkin masih banyak dari kita belum mengetahui hal itu.


9 Manfaat Susu Kedelai Yang Mampu Mencegah 9 Masalah Kesehatan (Buktikan)


Susu kedelai sejatinya bukanlah susu! Karena susu sendiri merupakan cairan yang hanya di produksi oleh kelenjar susu pada hewan mamalia dan juga manusia, susu tersebut biasanya di peroleh dengan cara di perah seperti contohnya susu sapi yang sudah sangat umum di kenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Sedangkan susu kedelai merupakan cairan atau minuman yang berasal dari sari kacang kedelai. Jadi bisa di simpulkan bahwa nama susu yang di gunakan untuk menyebut sari kedelai hanya merupakan kebiasaan masyarakat yang gunanya untuk mempermudah dalam menyebut serta mengenali jenis minuman yang satu ini, adapun alasan lainnya tidak lain karena minuman ini memiliki ciri yang hampir sama yaitu sama sama memiliki warna putih yang sekilas keduanya memang sangat mirip namun nutrisi yang terkandung di dalamnya berbeda.

Cara Membuat Susu Kedelai

Untuk menemukan produk dengan bahan dasar kedelai sebenarnya tidaklah sulit, baik makanan dan juga minuman. Karena di luaran sana sudah banyak produsen makanan dan juga minuman yang mulai memproduksi berbagai produk dengan bahan dasar kedelai. Namun tidak bisa di pastikan jika produk tersebut 100% aman dari zat kimia seperti pewarna dan juga pengawet. Untuk itulah berikut akan sedikit kami jelaskan mengenai tata cara membuat sari kacang kedelai sendiri yang pasti aman dan juga bebas bahan kimia berbahaya. Berikut informasinya:

Bahan-bahan:
  • Kacang kedelai 500 gr
  • 1 bungkus vanili (untuk 500 gr kacang kedelai)
  • Gula pasir (takaran di seuaikan)
  • Garam (takaran di sesuaikan)
  • Air (secukupnya)
Alat-alat yang di butuhkan:
  • Panci
  • Blender
  • Saringan (berpori halus)
  • Kompor
Cara memasak:
  1. Cuci bersih kedelai sampai benar benar bersih.
  2. Rebus kedelai kurang lebih selama 15 menit.
  3. Stelah di rebus rendam kedelai semalaman atau kurang lebih 10-12 jam.
  4. Cuci kembali kedelai dengan sedikit di remas guna memisahkan kedelai dari kulit arinya.
  5. Setelah itu haluskan kedelai menggunakan blender dengan sedikit di tambahkan air.
  6. Campurkan kedelai yang sudah di haluskan dengan air mendidih secukupnya lalu saring, air bisa di sesuaikan sendiri untuk memperoleh kekentalan sari kedelai yang di inginkan.
  7. Rebus kembali sari kedelai hingga mendidih, hal ini berfungsi untuk mensterilkan minuman tersebut.
  8. Jika sudah mendidih, kecilkan api dan aduk perlahan selama 15 menit dan selagi di aduk campurkan sari kedelai dengan gula sesuai selera, bubuk vanili dan juga sedikit garam.
  9. Setelah itu susu atau sari kedelai bisa di hidangkan, baik dalam keadaan hangat atau dingin dengan menaruhnya di lemari pendingin.

Kandungan Nutrisi Sari Kacang Kedelai

Sari kacang kedelai atau yang lebih akrab dengan sebutan susu kedelai mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat baik bagi tubuh dan juga kesehatan. Apa saja? Berikut urainnya:
  • Karbihidrat
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Asam lemak essensial
  • Protein
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Isoflavon
  • Riboflavin (Vit. B2)
  • Sianokobalamin (Vit. B12)
  • Serat

 Manfaat Sari Kacang Kedelai Untuk Kesehatan

Yang akan kita bahas berikutnya adalah mengenai manfaat apa saja yang bisa di peroleh dari sari kacang kedelai bserta khasiatnya yang berguna dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut informasinya..!

1.Mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan protein serta senyawa berupa isoflavon pada kedelai mampu membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL) serta penurunan kemungkinan pembekuan pada darah yang berperan baik dalam mencegah resiko penyakit jantung dan juga stroke.

2.Mencegah sel kanker

Kandungan senyawa isoflavon pada kedelai berperan sebagai anti kanker yang mampu memerangi timbulnya sel kanker dalam tubuh.

3.Sumber antioksidan

Di dalam kedelai terkandung senyawa berupa isoflavon yang sekaligus berperan sebagai antioksidan dalam mencegah serta memperbaiki kerusakan pada sel sel tubuh yang di akibatkan oleh bahaya sinar matahari, polusi dan juga radikal bebas.

4.Mencegah penyakit osteoporosis

Kandungan protein pada kedelai mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tulang lebih baik. Sedangkan senyawa isoflavon kedelai berperan dalam memperlambat proses pelapasan kalsium oleh tulang sekaligus menghambat terjadinya proses pengapuran tulang atau osteoporosis.

5.Menjaga berat badan

Kandungan serta yang tinggi pada kacang kedelai dapat berperan secara efektif untuk mengatur berat badan. Selain itu kedelai juga berfungsi untuk mengontrol serta menekan rasa lapar yang tentunya hal ini akan sangat membantu bagi kita semua yang dalam proses penurunan berat badan atau sedang program diet.

6.Membalikan efek endometriosis

Kedelai juga membantu dalam menunda aksi estrogen alami tubuh, yang betanggung jawab dalam mengurangi dan mencegah rasa sakit selama periode menstruasi (pendarahan berat) dan gejala gejala lainnya pada wanita.

7.Memberi efek baik pada diabetes dan sakit ginjal

Kandungan berupa protei dan serat yang larut dalam kedelai berguna dalam mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi pada ginjal. Hal ini pula yang mampu mengendalikan diabetes serta penyakit ginjal.

8.Mengatasi gejala menopause

Kandungan isoflavon pada kedelai berguna dalam mengatur estrogen alami tubuh sekaligus mampu menurunkan rasa panas pada tubuh (hot flushes) pada wanita menopause.

9.Meningkatkan antibodi

Kedelai merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Kedelai mengandung sembilan asam amino esensial yang nantinya akan di proses oleh tubuh menjadi protein baru yang berguna dalam meningkatkan antibodi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.


Efek Samping Dari Sari Kacang Kedelai

Perlu di perhatikan lagi dalam mengkonsumsi sari kacang kedelai karena mengkonsumsi susu kedelai secara berlebih dapat menimbulkan beberapa masalah efek samping pada tubuh seperti:

  • Meningkatkan risiko terjadinya gangguan fungsi tiroid pada orang dewasa.
  • Susu kedelai tidak cocok di jadikan sebagai alternatif pada bayi yang memiliki alergi.
  • Mengkonsumsi susu kedelai secara berlebih dapat memicu kadar hormon estrogen berlebih pada tubuh.
  • Kandungan fifat yang terdapat pada kedelai dapat menghambat penyerapan mineral oleh tubuh.


Itulah beberapa informasi yang dapat mengenalkan kita lebih jauh terhadap susu kedelai atau sari buah kedelai. Jadi dengan adanya informasi tersebut dapat menambah kemauan kita untuk hidup sehat yang salah satunya bisa di lakukan atau di mulai dengan minuman yang satu ini. Konsumsi susu kedelai dengan bijak dan tidak berlebih akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit dan akan menghasilkan efek yang baik bagi tubuh dan kesehatan, selain itu mengkonsumsi susu kedelai secara tidak berlebih juga akan menghindarkan kita dari resiko efek samping yang bisa di timbulkan oleh susu kedelai. Terkecuali untuk seseorang dengan alergi pada tubuh, perlu di lakukan konsultasi tepat untuk mengkonsumsi minuman sari kedelai ini.

Sekian untuk informasi kali ini yang telah mengulas lengkap tentang 9 Manfaat Susu Kedelai Yang Mampu Mencegah 9 Masalah Kesehatan (Buktikan). Semoga berguna dan bermanfaat baik bagi kita semua. Selamat mencoba..!
Tag : minuman
Back To Top