Informasi Menarik Sehat & Cantik

10 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Naga memiliki beragam khasiat yang memang sudah terbukti baik untuk merawat kesehatan dan juga kecantikan secara alami dan juga aman. Buah ini memiliki ciri dan fisik yang unik berbentuk bulat tidak sempurna dengan ukuran yang lumayan besar dan warnanya mencolok.

Asal mula dari namanya sendiri yaitu buah naga karena pada awal masuknya buah ini di daratan Asia yang di bawa orang Prancis dari Guyana ke Vietnam yang awalnya hanya di buat sebagai tanamn hias. Namun semakin di kenal oleh masyarakat Vietnam juga Cina buah ini di anggap membawa berkah dan selalu meletakkan buah ini di antara kedua patung naga di ata meja altar. Karena kebiasaan itulah buah ini di kenal dengan nama thang loy (buah naga) yang kemudian istilah tersebut di terjemahkan dalam beberapa bahasa yang dalam bahasa inggris buah ini di kenal dengan sebutan dragon fruit (buah naga). Itulah asal mula nama dari buah super ini, namun jika kita ingin mengenal lebih buah yang satu ini termasuk manfaatnya yang sangat luar biasa bagi tubuh yang mampu memelihara dengan baik kesehatan dan juga kecantikan. Berikut informasi lengkapnya..!

Mengenal Buah Naga!

Buah naga merupakan tanaman dari beberapa jenis kaktus yang dalam bahasa inggris di kenal dengan nama pitaya. Tanaman ini masih termasuk kedalam marga Hylocereus dan Selenicereus yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun untuk saat ini buah naga sudah sangat populer dan banyak di budidayakan di berbagai negara di Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Selain di daratan Asia buah ini juga bisa di jumpai di beberapa negara lain seperti di Okinawa, Israel, Australia bagian utara, dan juga Tiongkok selatan.



10 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
 
Ada banyak macam buah naga yang bisa kita jumpai. Apa saja? berikut uraiannya:
  • Hylocereus undatus (buahnya berwarna merah di bagian luar dengan daging berwarna putih)
  • Hylocereus polyrhizus (buahnya berwarna merah muda  di bagian luar dan memiliki daging berwarna merah)
  • Selenicereus megalanthus (berwarna kuning di bagian luar dengan daging berwarna putih)
  • Hylocereus costaricensis (keseluruhan dari buah ini memeiliki warna yang sangat merah)
Hylocereus atau buah naga memiliki bunga yang hanya akan mekar di malam hari, bunga akan mekar di awal senja dan akan mekar sepenuhnya di malam hari karena keunikan inilah buah ini juga memiliki julukan night blooming cereus.

Nutrisi Buah Naga

Buah naga termasuk ke dalam jenis buah yang banyak mengandung nutrisi berupa vitamin, mineral, dan berbagai senyawa lainnya yang sangat berguna bagi tubuh. Apa saja nutrisi tersebut? Berikut uraian lengkapnya:
  • Vitamin A (termasuk kedalam beta-karoten)
  • Vitamin B1 (tiamin)
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niasin)
  • Vitamin C (asam akorbat)
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Lemak
  • Serat buah
  • Fruktosa

Konsumsi (Umum) Buah Naga

Selain bentuknya yang menarik dan berbeda dengan jenis buah lainnya, buah ini juga memiliki cita rasa manis dan berair yang banyak di gemari oleh banyak orang hampir di semua kalangan. Pada umumnya buah ini di konsumsi secara langsung dalam keadaan segar atau di olah dalam bentuk makanan atau minuman seperti jus atau smoothies, aneka puding dan agar agar, kripik buah naga, salad, bubur dan juga jenis makanan lainnya. Tekstur dari buah ini sering di samakan dengan buah kiwi karena bijinya yang hitam dan renyah, perlu di ketahui juga bahwa biji buah naga kaya akan lipid dan menimbulkan rasa sedikit pedas. Dan sebagiknya dalam mengkonsumsi buah naga secara langsung biji dari buah naga harus di kunyah karena biji tersebut sulit di cerna oleh tubuh.

Manfaat Utama Dari Buah Naga

1.Menyembuhkan penyakit kanker

Buah naga merah dapat di gunakan untuk terapi kanker, kandungan vitamin kompleks pada buah naga sangat di rekomendasikan oleh dokter dan ahli kesehatan lainnya untuk penyembuhan penyakit kanker atau terapi kanker.

2.Menyembuhkan penyakit diabetes

Meskipun memiliki rasa yang manis namun rasa manis pada buah naga bukan berasal dari jenis glukosa sehingga aman bagi penderita diabetes dan mampu mempercepat penyembuhan pada penyakit diabetes.

3.Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan vitamin B3 pada buah naga berfungsi dengan baik dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi sangat di sarankan apa bila seseorang dengan kadar kolesterol yang tinggi untuk mengkonsumsi buah ini.

4.Menurunkan tekanan darah tinggi (hipetensi)

Selain dapat mengatasi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh kandungan vitamin B3 pada buah naga juga berkhasiat dalam menjaga tekanan darah dan menrunkan tekanan dara tinggi (hipertensi). Selain itu buah ini juga mampu mengatasi berbagai macam keluhan atau masalah kesehatan seperti penyakit batuk dan juga asma.

5.Menjaga kesehatan jantung

Kandungan nutrisi yang lengkap pada buah naga seperti C, B1, B2, dan B3 memeiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan akan sangat baik bagi jantung. Berbagai kandungan nutrisi tersebut dapat menjaga fungsi jantung tetap normal dan sehat.

6.Mencegah terjadinya pengapuran tulang (osteoporosis)

Buah naga khususnya buah naga merah kaya akan kandungan nutrisi yang salah satunya adalah mengandung kalsium yang tinggi, di mana kalsium sangat di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan serta kepadatan tulang mencegah terjadinya pengapuran pada tulang atau yang juga di kenal dengan istilah osteoporosis.

7.Menjaga kesehatan mata

Senyawa beta-karoten yang terkandung pada buah naga merupakan nutrisi penting yang di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan mata. Beta-karoten merupakan bentuk awal dari vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan pada mata dan menjaga fungsi mata tetap dalam keadaan baik atau normal.

8.Mempercantik Kulit

Selain berbagai manfaat yang telah di sebutkan di atas masih banyak manfaat lain yang bisa di peroleh dari buah naga salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan kulit sekaligus memepercantik tampilan kulit. Kandungan vitamin C pada buah naga di nilai dapat menjaga kulit dari berbagai kerusakan. Selain itu vitamin C pada buah naga dapat membantu proses pembentukan kolagen dan juga berperan sebagai antioksidan alami yang berguna dalam menangkal radikal bebas. Buah dan kulit dari buah naga juga sangat cocok untuk di jadikan sebaga lulur atau masker alami pada kulit dan wajah.

9.Menu diet yang baik

Manfaat lain dari buah naga adalah sebagai asupan yang baik bagi seseorang yang sedang dalam program penurunan berat badan (diet). Hal ini karena buah naga merupakan buah yang rendah kalori serta kaya akan serat buah yang akan membantu memperlancar proses pencernaan dan menjaga tubuh tetap sehat.

10.Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh

Beragam kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga seperti vitamin kompleks dan juga antioksidannya yang tinggi dapat dengan baik menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh.


Itulah beberapa manfaat dari buah naga yang tentunya sangat berkhasiat bagi tubuh, serta menghindarkan kita dari berbagai bahaya penyakit seperti yang telah di sebutkan di atas. Meskipun di Indonesia masih terbilang jarang untuk pembudidayaan buah ini dan hanyak ada beberapa daerah yang mulai membudidayakannya namun tidak sulit untuk mendapatkan buah ini karena buah ini sudah banyak di jual di luaran sana. Bauh ini dapat dengan mudah kita jumpai di pasar pasar tradisional dan juga supermarket di kota kota besar yang ada di Indonesia.

Di atas adalah beberapa Informasi seputar buah naga, semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Itulah Manfaat Buah Naga Tidak Hanya Untuk Kesehatan Tapi Juga Untuk Memelihara Kecantikan. Sekian..!
Tag : buah
Back To Top