Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Daun Salam (Bay leaf) Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya

Manfaat Daun Salam bagi kehidupan sehari hari mungkin hanya di kenal sebatas bahan tambahan dalam masakan saja. Namun jika kita mau menggali lebih dalam lagi mengenai manfaat yang bisa di peroleh dari tanaman ini mungkin kenyataannya sangat berbeda. Lebih dari sebagai rempah untuk masakan, daun salam meiliki manfaat yang dapat mengatasi berbagai masalah bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa ulasan penting mengenai daun salam terlengkap. Sebagai berikut..!

Deskripsi Pohon Salam (Daun salam)

Salam (Syzygium polyanthum), merupakan tanaman rempah yang yang sudah di kenal hampir di semua daerah di Nusantara. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman ini di kenal dengan nama Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel. Pohon salam memiliki bentuk sedang dengan tinggi bisa mencapai hingga 30 m, dengan ciri batang memecah atau bersisik dengan warna coklat abu abu. Memiliki daun tunggal yang terletak saling berhadapan, bunganya berupa malai yang tumbuh dari bawah daun atau pada bagian ketiak dari daun. Dan buah buninya yang berwarna merah atau ungu kehitanaman apa bila sudah matang.


Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya (Lengkap)

Selain itu semua yang unik dari tanamn ini adalah meiliki banyak nama di masing masing daerah di Nusantara, seperti salam (Sunda, Jawa, dan Madura), kastolam (Kangean), manting (Jawa), meselengan (Sumatera), dan ubar serai (Melayu).

Ekologi Dan Budidaya Pohon Salam

Pohon salam banyak tumbuh liar di hutan hutan primer dan sekunder seperti pinggiran sungai dan daerah pantai. Namun tidak jarang juga pohon salam tumbuh di perkebunan dan juga pekarangan yang biasanya di manfaatkan untuk di ambil daunnya. Perlu di ketahui juga jika daun salam liar tidak pernah di gunakan sebagai rempah dalam masakan karena di nilai kurang harum dan bisa mengakibatkan sedikit rasa pahit. Untuk penyebaranya pohon salam banyak di temua mulai dari Burma, Indocina, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

Tanaman salam dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian kurang lebih 225-450 mdpl (meter di atas permukaan laut) dengan curah hujan 3000-4000 mm per-tahun. Untuk memanen daun salam di lakukan pada daun yang sudah tua dan berwarna hijau pekat yang di lakukan secara acak pada ranting, selanjutnya biarkan daun di tempat terbuka atau lantai dengan suhu ruangan kurang lebih ±27 °C yang berfungsi untuk melayukan daun, lakukan pembalikan secara rutin dengan selama tiga hari barulah bisa di lakukan ektraksi dengan cara penyulingan menggunakan air dan uap yang memakan waktu hampir 10 jam.

Kandungan Senyawa Penting Dari Daun Salam

Mungkin sebagai dari kita tidak menyangka jika tanaman yang di kenal sebagai rempah ini memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengatasi berbagai macam masalah pada kesehatan. Hal tersebut terjadi karena daun salam memiliki beberapa senyawa penting yang masing masing darinya meiliki khasiat yang luar biasa bagi kita yang mengkonsumsinya. Apa saja, berikut ulasannya:
  • Minyak essensial (mengandung eugenol dan metil kavikol/methyil chavicol).
  • Zat etanol (berfungsi sebagai anti jamur dan anti bakteri)
  • Metanol (berfungsi sebagai anti cacing)
  • Zat tannin.
  • Flavonoid.
  • Minyal atsiri.
  • Vitamin (vitamin A dan C).
  • Asam folat.
  • Mineral (kalium, magnesium, kalsium, mangan, tembaga, seng, zat besi, dan selenium).

Manfaat Utama Daun Salam Untuk Pengobatan

1.Mengobati asam urat

Cara untuk mengatasi gejala asam urat dengan daun salam sangat gampang dan mudah untuk di praktekkan sendriri. Berikut penjelasannya.
Siapkan sebanyak 10 lembar daun salam yang sudah kering, kemudian rebus menggunakan 10 gelas air dan biarkan hingga menyusut menjadi kurang lebih 7 gelas. Hasil dari rebusan tersebut untuk di minum secara rutin sebanyak 2x dalam sehari.

2.Mengatasi maag pada lambung

Sering mengalami maag namun tidak tau tepat mengatasinya, mungkin berikut bisa menjadi alternatif untuk hal tersebut.
Caranya gunakan kurang lebih 15 sampai dengan 20 lembar daun salam dan rebus menggunakan 500cc air, biarkan hingga sedikit menyusut lalu minum ramuan tersebut. Jika anda tidak suka dengan rasa pahit dari daun salam anda bisa menambahkan gula aren atau madu.

3.Mengobati hipertensi (tekanan darah tinggi)

Cara alami mengatasi hipertensi adalah dengan menggunakan ramuan yang berasalh dari daun salam. Seperti ap, berikut petunjuk pembuatannya.
Siapkan 7-10 lembar daun salam yang kemudian di rebus menggunakan 3 gelas air dan biarkan hingga menyusust menjadi 1 gelas. Minum ramuan tersebut sebanyak 2x dalam sehari dengan takaran 1/2 gelas dalam satu kali minum.

4.Mengobati kencing manis (diabetes mellitus)

Diabetes mellitus atau yang juga di kenal dengan kencing manis dapat di atasi secara alami menggunakan daun salam.
Caranya yaitu dengan meinum daun rebusan daun salam secara rutin. Rebusan yang di dapat menggunakan 10 lembar daun salam dan 3 gelas air, biarkan sedikit menyusut dan minum ramuan tersebut secara rutin.

5.Mengobati kolesterol.

Cara gampang serta alami dalam mengatasi kolestrol adalah dengan menggunakan daun salam, berikut caranya.
Gunakan 10-15 lembar daun salam dengan 600 ml air dan rebus hingga menyusut menjadi setengahnya. Minum ramuan tersebut secara rutin 2x dalam sehari.

6.Mengobati batuk

Ingin mengatasi gejala batuk namun dengan cara alami dan praktis, berikut tata caranya.
Rebus air dengan 3 lembar daun salam. Setelah itu rendam handuk lembut kedalam air rebusan dan letakkan handuk tersebut di derah dada untuk mengobati batuk.

7.Mengatasi diare

Diare merupakan salah satu masalah pada pencernaan yang mungkin akan sangat mengganggu, namun ada cara alami untuk mengatasi hal tersebut, berukut tata caranya.
Siapkan 10-15 lembar daun salam kemudian rebus hingga mendidih menggunakan 2 gelas air, setelah itu tambahkan sedikit garam dan minum  dalam keadaan dingin, cara lain untuk mentasi diare yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi cairan ataun minum air putih.

Efek Samping Daun Salam

Efek samping di dapat oleh penggunaan yang berlebih atau cara yang di lakukan tidak benar atau tidak sesuai dengan gejala yang di perkirakan. berikut beberapa efek samping yang bisa di timbulkan dari pemakaain daun salam berlebih..!
  1. Efek konstipasi (sembelit atau susah buang air besar).
  2. Efek pernapasan (pada penderita asma penggunaan daun salam secara berlebih akan memperburuk kondisi). 
  3. Gangguan pada ibu hamil dan menyusui (Daun salam dapat menyebabkan alergi dan menurunkan kualitas ASI).
  4. Ketagihan (daun salam dapat menimbulkan efek candu, yang tentunya jika di konsumsi secara berlebih dan secar terus menerus akan tidak baik untuk kesehatan utamanya pada pencernaan dan pernapasan).

Itulah beberapa manfaat dari daun salam beserta efek sampingnya, semoga dengan adanya informasi di atas dapat menambah wawasan kita dalam mengenal herbal herbal alami yang sangat mudah kita jumpai, tidak luput juga untuk tetap memerhatikan baik buruknya suatu asupan makanan guna memperoleh manfaat yang maksimal tanpa menimbulkan efek samping. Tentunya dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan. 

Sekian untuk ulasan kali ini yaitu tentang Manfaat Daun Salam (Bay leaf) Bagi Kesehatan Dan Efek Sampingnya. Semoga informasi tersebut bisa berguna serta mampu memberi manfaat baik bagi kita semua. Selamat mencoba dan mulailah hidup sehat dengan cara yang tepat..!
Tag : herbal
Back To Top