Informasi Menarik Sehat & Cantik

Mengetahui Manfaat Dari Biji Bunga Matahari

Bunga Matahari (Helianthus annuus L.) merupakan sejenis tumbuhan semusim dari suku kenikir - kenikiran (Ateraceae) yang banyak di budidayakan sebagai tanaman hias atau penghasil minyak bunga. Dengan ciri kepala bunga yang besar dan berwarna kuning terang, yang menarik dari bunga ini adalah memiliki sifat heliotropisme di mana bunganya tumbuh condong menghadap matahari.

Tumbuhan ini berasal dari daerah amerika tropik bagian utara khususnya Mexico, pembudidayaan bunga ini dibedakan berdasarkan kegunaanya dan di dapatkan 4 kelompok seperti berikut:
  1. Sebagai penghasil minyak, biji bunga matahari atau lebih tepatnya cangkang bijinya yang tipis dapat di gunakan sebagai bahan penghasil minyak yang mana di dalamnya terkandung sekitar 48% - dengan 52% kandungan minyak.
  2. Sebagai penghasil kuaci, bunga matahari juga di tanam dengan fungsi untuk di panen dan di ambil bijinya untuk kemudian di olah menjadi kuaci yang sering kita konsumsi sebagai camilan.
  3. Sebagai tanaman hias, sudah hal yang sewajarnya jika bunga ini di gunakan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cantik dan warna kelopak yang bervariasi tentu akan sangat menarik jika di manfaatkan sebagai tanaman hias.
  4. Sebagai pakan ternak, yang diginakan untuk pakan ternak adalah daunnya dan selain itu daun ini juga banyak di gunakan sebagai pupuk hijau.

Manfaat Dari Biji Bunga Matahari


Yang akan dibahas kali ini adalah manfaat dari biji bunga matahari, apa saja y kiranya? Penjelasanya sebagai berikut..!

Manfaat Dari Biji Bunga Matahari  
  • Mengurangi depresi, biji ini berguna sebagai cara untuk mengobati depresi anda hal ini karena biji bunga matahari banyak mengandung senyawa berupa niasin dan pyridoxin yang dapat meningkatkan aktivitas gama-aminobutyric acid (GABA) dalam otak yang akan mengurangi efek cemas serta neurosis yang akan membuat anda merasa lebih tenang.
  • Mengurangi resiko kanker, kandungan senyawa riboflavin serta vitamin E yang terdapat pada biji bunga matahri dapat berfungsi sebagai antioksidan alami bermanfaat dalam mencegah terbentuknya sel kanker dalam tubuh.
  • Menangkal radikal bebas, kandungan antioksidan yang tinggi dalam biji ini memiliki peran penting dalam menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas.
  • Menurunkan kolesterol, tidak di sangka bukan jika si kecil ini memiliki manfaat yang berkhasiat dalam menurunkan kolesterol. Ya, kandungan senyawa alami pitosterol-nya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan baik.
  • Mempercantik kulit, Kandunga vitamin E pada biji bunga matahari memiliki fungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh yang dapat memeperbaiki kulit serta melindunganya dari bahaya radikal bebas.
  • Menjaga kesehatan tulang, kandungan magnesium dalam biji ini juga bermanfaat dalam proses pembentukan tulang serta menjaganya tetap sehat.
  • Mencegah penyakit jantung, kandungan asam linoleat berperan dalam menurunkan kadar lemak jahat atau LDL dan meningkatkan lemak baik atau HDL yang secara tidak langsung akan berefek baik pada jantung dan mencegah terjadinya gangguan pada jantung.

Itulah beberapa manfaat yang dapat di berikan oleh biji bunga matahari yang sangat sayang bila di abaikan, tidak ada salahnya juga jika biji ini menjadi alternatif bagi kita yang ingin hidup sehat dengan cara yang mudah dan nikmat, manfaatnya yang melimpah dan luar biasa tentu sudah tidak perlu di ragukan lagi untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari b erbagai bahaya penyakit yang mungkin menyerang kita.

Demikian untuk ulasan kali ini dengan judul Mengetahui Manfaat Dari Biji Bunga Matahari, semoga informasi di atas dapat berguna serta selalu memberi manfaat baik bagi kita khususnya dalam menambah wawasan kita tentang biji - bijian yang berguna dan berkhasiat. Selamata mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top