Informasi Menarik Sehat & Cantik

7 Manfaat Daun Kersen Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kersen Bagi Kesehatan - Sudah banyakkah yang mengenal pohon kersen? Ya, pohon yang satu ini sangat mudah untuk kita jumpai hampir di setiap tempat di pinggiran jalan, di indonesia sendiri khususnya pulau jawa pohon kersen banyak tumbuh dengan mudahnya tanpa adanya perawatan khusus. Bahkan sangking banyaknya pohon ini tumbuh, sebagian orang menganggapnya sebagai tanaman pengganggu dan memilih untuk memusnakahnya dengan cara di tebangi.

7 Manfaat Daun Kersen Bagi Kesehatan


Pohon kersen juga merupakan jenis pohon yang mudah tumbuh hampir di segala musim, dan selalu berbuah sepanjang tahun, dengan bentuk buah yang bulat kecil serta memiliki rasa yang manis. Selain itu tumbuhan yang di anggap sebagai tanaman pengganggu atau tanaman liar ini memiliki daun yang sangat lebat sehingga banyak di manfaatkan oleh orang - orang untuk berteduh di pinggir jalan.

Namun selain di manfaatkan untuk berteduh apakah masih ada manfaat lain yang dapat kita peroleh dari pohon kersen? Tentu, masih banyak manfaat lain dari pohon kersen baik dari buah atau pun daunnya yang mungkin masih belum kita ketahui. Tapi yang akan saya bahas kali ini adalah manfaat dari bagian pohon kersen yaitu daunnya.

Tidak di sangka daun dari pohon kersen ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari - hari kita khususnya bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasan mengenai 7 manfaat dari daun kersen:

1.Menghambat perkembangan sel tumor

Daun kersen banyak di gunakan sebagai obat herbal alami untuk berbagai macam penyakit salah satunya adalah tumor, kita bisa mendapatkan manfaat dari daun kersen dengan cara meminum air rebusannya, selain itu kandungan zat tannin, flavonoid dan juga saponin dalam daun kersen di percaya dapat menghambat pertumbuhan sel tumor.

2.Berfungsi sebagai anti inflamasi

Manfaat lain dari daun kersen yaitu adalah sebagai anti inflamasi, dengan cara merebusnya kita akan mendapatkan manfaat daun kersen yang dapat menurunkan gejala radang dan inflamasi pada tubuh.

3.Obat diabetes

Bagi anda yang mungkin sedang mencari alternatif untuk mengobati diabetes mungkin bisa dengan memanfaatkan daun dari pohon kersen. kandungan flavonoid dan juga saponin yang sangat tinggi pada daun kersen mampu berperan dalam menjaga kadar gula dalam darah.

4.Sebagai antiseptik

Kandungan zat tannin dan juga saponin pada daun kersen juga dapat kita manfaat sebagai antiseptik alami untuk tubuh kita, kandungan dari daun kersen tersebut dapat membunuh berbagai bakteri yang bersifat parasit.

5.Obat anti hipertensi

Selain dapat mengatasi banyak macam penyakit bahaya lainnya, daun kersen juga dapat kita manfaat sebagai obat anti hipertensi. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara meminum air rebusan daun kersen sebanayak dua kali sehari.

6.Mencegah kolesterol

Daun kersen juga dapat menghindarkan diri kita dari bahaya kolesterol. Cara gampangnya kita hanya perlu meminum air rebusan dari daun kersen secara rutin, dengan demikian besar kemungkinan kita akan terhindar dari bahaya kolesterol.

7.Mengatasi kram perut

Bagi anda yang mungkin sering mengalami kram perut bisa jadi cara berikut ini jalan keluar bagi anda untuk mengatasinya, yaitu dengan daun kersen. Caranya anda hanya perlu meminum air rebusan dari daun kersen pada saat mengalami gejala kram perut.


Itulah ulasan mengenai 7 Manfaat Daun Kersen Bagi Kesehatan, semoga dengan adanya penjelasan di atas tentang salah satu bagian dari pohon kersen dapat menambah wawasan kita untuk lebih memanfaatkan bahan alami dengan cara yang juga alami dalam mengobati berbagai macam penyakit. Selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top