Informasi Menarik Sehat & Cantik

7 Manfaat Dan Khasiat Daun Binahong Yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Binahong - Mungkin bagi sebagian dari kita merasa sedikit asing jika mendengar apa itu daun binahong, tapi meskipun begitu dalam dunia pengobatan sendiri khususunya pengobatan alternataif tumbuhan yang satu ini sudah banyak di manfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Bagi anda yang masih belum tau mengenai tumbuhan yang satu ini mungkin bertanya - tanya seperti apa dan apa saja manfaatnya? Di sini akan sedikit saya jelaskan tentang tumbuhan binahong beserta manfaatnya yang dapat kita peroleh.

7 Manfaat Dan Khasiat Daun Binahong Yang Baik Untuk Kesehatan


Daun binahong merupakan sejenis tanaman yang tumbuh menjalar dengan panjang pohon dan cabang 10 meter bahkan bisa mencapai 20-30 meter bagi yang usianya sudah sangat tua. Di Indonesia tumbuhan jenis ini banyak di temukan bahkan sudah mulai populer digunakan sebagai media alternatif dalam dunia pengobatan.

Hampir dari semua bagian daun binahong bisa kita manfaatkan sebagai obat herbal, mulai dari akar, umbi, batang, daun dan juga bunganya. sejumlah senyawa penting juga banyak terkandung pada daunya seperti flavonoid, protein, asam askorbat, antioksidan, zat saponin dan juga asam oleanolik.

7 Rahasia Manfaat Dan Khasiat Daun Binahong Yang Baik Untuk Kesehatan

Dari berbagai macam kandungan senyawa baik yang banyak terkandung dalam daun binahong, lantas apa saja manfaat serta khasiat yang dapat kita peroleh dengan cara memanfaatkannya sebagai bahan obat alternatif. Berikut penjelasannya:

1.Melancarkan Haid

Haid atau yang juga di sebut menstruasi merupakan gejala bulanan yang hanya di alami oleh kaum perempuan saja, hanya saja sebagian perempuan memiliki masalah dengan hal ini seperti datangnya haid yang tidak lancar. Nah disini kita bisa memanfaatkan daun binahong untuk mengatasi masalah haid tersebut yaitu dengan cara merebus daun binohong dan meminumnya secara rutin setiap hari hingga benar - benar sembuh.

2.Mengobati gusi berdarah

Tentu semua orang telah mengenal apa itu gusi berdarah dan bahkan mungkin sudah pernah mengalami hal ini. Cara untuk mengatasinya adalah dengan merebus beberapa lembar daun binahong lalu meminum air rebusannya secara rutin setiap hari sampai di rasa sembuh.

3.Mengobati asam urat

Daun binahong juga bisa kita manfaatkan sebagai obat asam urat. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan merebus beberapa lembar daun binahong menggunakan 3 gelas air lalu rebus hingga airnya menyusut menjadi 1 gelas, air rebusan tersebut harus kita minum secara rutin setiap hari untuk mengobati gejala asam urat.

4.Mengatasi darah rendah

Gejala darah rendah juga bisa di obati menggunakan rebusan daun binahong, cukup dengan merebus beberapa lembar daun binahong bisa 8 lembar atau lebih dengan dua gelas air, rebus hingga air menyusut hingga tersisa satu gelas. Dengan meminum air rebusan daun binahong secara rutin besar kemungkinan gejala darah rendah anda akan teratasi dengan aman.

5.Mencegah maag

Mencegah maag juga merupakan salah satu manfaat dari daun binahong. cara untuk memanfaatkatnya yaitu dengan cara merebus kurang lebihnya 10 lembar daun binahong dengan 1 gelas air hingga mendidih. setelah itu anda bisa meminum air rebusan sebanyak 3 kali sehari sampai gejala maag yang anda alami benar - benar sembuh.

6.Obat ambeyen

Bagi anda yang mengalami ambeyen, daun binahong bisa kita jadikan alternatif untuk mengobatinya. Caranya rebus kurang lebih 15 lembar daun binahong dengan 3 gelas air lalu didihkan hingga air tersisa 1 gelas, minum air rebusan tersebut secara rutin sampai di rasa sembuh.

7.Mengatasi nafsu makan

Jika anda mengalami masalah pada nafsu makan, anda bisa mengatasinya dengan cara memanfaatkan daun binahong. Rebus kurang lebih 5-7 lembar daun binahong dengan 2 gelas air, rebus hingga berkurang dan tersisa 1 gelas lalu minmlah air rebusan tersebut secara ruitn setiap hari.

Selain itu masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun binahong sebagai alternatif seperti obat peradangan, mengobati kanker, dan juga bisa di jadikan sebagia obat luar untuk mengatasi berbagai jenis luka seperti luka bakar atau borok yang menahun.


Demikian penjelasan mengenai Manfaat Dan Khasiat Daun Binahong Yang Baik Untuk Kesehatan, semoga informasi di atas dapat berguna bagi kita semua serta bisa menambah pengetahuan kita terhadap tumbuhan sekitar serta mampu memanfaatkannya menjadi suatu alternatif yang mampu memberikan solusi yang bermanfaat untuk beragam macam masalah seperti halnya penyakit yang mungkin untuk di sembuhkan. Selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top