Informasi Menarik Sehat & Cantik

7 Manfaat Biji Semangka Untuk kesehatan Yang Wajib Diketahui

Manfaat Biji Semangka Untuk kesehatan sudahkah anda mendengarnya? Jarang, bahkan ada juga yang belum. Oleh karena itu berikut ini kita bahas lebih detail mengenai buah semangka dan manfaat dari bijinya.

Semangka merupakan jenis tumbuhan yang tumbuh dengan cara menjalar atau merambat, buah yang satu ini juga masih sekerabat dengan labu - labuan seperti buah melon dan ketimun. Buah ini berasal dari daerah Afrika bagian selatan. Di Indonesia buah semangka banyak di konsumsi secara langsung dan juga mengolahnya sebagai jus, untuk bijinya sendiri biasa di sangrai dan di jadikan kuaci.


7 Manfaat Biji Semangka Untuk kesehatan Yang Wajib Diketahui


Buah semangka juga bisa di bilang buah yang kaya akan nutrisi yang banyak menyimpang khasiat seperti karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin yang meliputi vitamin A, vit C, vit B6, tiamina, riboflavin, niasin, asam pantotenat, folat, kalsium zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan juga zink.

Langsung ke pokok pembahasan yaitu manfaat biji semangka. Apa saja manfaat yang dapat di peroleh dari si kecil biji buah semangka, berikut ulasanya.

Manfaat Biji Semangka Untuk kesehatan

1.Menjaga tekanan darah

Kandungan magnesium pada biji buah semangkan memiliki fungsi untuk menormalkan tekanan darah sehinggga secara tidak langsung dapat menghindarkan kita dari bahaya penyakit berbahaya lainnya seperti hipertensi atau darah tinggi.

2.Mencegah resiko diabetes

Selain bermanfaat untuk menjanga tekanan darah tetap normal, kandungan magnesium yang terdapat pada biji semangka juga dapat menghindarkan kita dari bahaya diabetes.

3.Mengobati penyakit jantung

Dari bentuknya yang kecil sangat tidak di sangka jika biji semangka dapat sangat bermanfaat untuk mencegah resiko penyakit jantung. Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat pada biji semangka yaitu berupa asam amino, di mana hal tersebut merupakan nutrisi alami tersebut di percayai dapat mencegah timbulnya penyakit jantung koroner.

4.Menjaga kesehatan pencernaan

Meskipun terbilang kecil, biji dari buah semangka juga memiliki kandungan serat yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan serat pada biji semangka di klaim dapat menjaga kesehatan pencernaan serta menjaga saluran pencernaan tetap sehat dan berfungsi normal.

5.Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin B yang terdapat pada biji buah semangka di nilai cukup tinggi. Jika kita mengkonsumsi biji buah semangka secara rutin kandungan berupa vitamin B pada biji tersebut dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga keseimbangan saraf.

6.Baik Untuk Ginjal

Mengkonsumsi biji semangka secara rutin dan tertaur di percaya dapat mengingkatkan sekaligus menjaga kesehatan ginjal kita. Biji ini di yakini dapat menguraikan batu ginjal serta menjaga fungsi ginjal tetap normal.

7.Anti Kanker

Biji semangka merupakan salah satu biji kecil yang berasal dari buah dengan kandungan lycopene. Di mana kandungan lycopene tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan alami yang bersifat dapat melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh (anti-kanker).

Cara Mengolah Biji Semangka
  • pertama keringkan biji semangka dengan cara di jemur hingga kering
  • setelah itu sangrai biji semangka sampai matang 
  • jika sudah matang, biji semangka bisa kita langsung konsumsi seperti halnya memakan kuaci.
Cara lain yang lebih gampang lagi adalah memakannya langsung. Kita bisa memakannya bersamaan pada saat memakan buahnya.


Itulah beberapa informasi mengenai apa saja manfaat dari biji buah semangka yang tentunya akan sangat perlu untuk kita ketahui. Semoga informasi tersebut bisa berguna serta memberikan manfaat yang baik bagi kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : herbal
Back To Top