Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Pala untuk kesehatan sudah mulai banyak di gunakan. Tumbuhan ini di kenal sebagai tanaman rempah yang selalu menjadi komoditi penting yang bernilai tinggi. Pala (myristica fragrans) merupakan tumbuhan berumah dua (dioecious) sehingga di kenal pohon jantan dan juga pohon betina. Tumbuhan pala ini berasal dari daerah kepulauan banda dan maluku, namun sudah tersebar luas ke daerah tropika lainnya.

Untuk penggunaanya buah pala banyak di manfaatkan sebagai bahan tambahan pada masakan seperti jenis roti, kue dan beragam jenis saus, sedangkan di dunia kecantikan minyak dari biji pala banyak di gunakan sebagai bahan campuran pada pembuatan sabun dan parfum.


Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan


Buah pala juga dikenal dengan rempah yang kaya nutrisi dan banyak mengandung senyawa penting yang dapat berguna bagi tubuh, seperti energi, karbohidrat, lemak, protein, kalsium, zat besi, dan ragam vitamin seperti vitamin A, B1 dan C. Selain itu biji pala juga mengandung senyawa penting yang bersifat antiemetic yang bermanfaat untuk mengatasi mual dan muntah.


Manfaat Lengkap Biji Pala

1.Mengatasi rasa mual

Seperti yang telah di bahas di atas, biji pala dapat mengatasi gejala mual dan juga muntah, hal tersebut terjadi karena adanya senyawa pada biji pala yang bersifat antiemetic. Caranya sedung 1 sdt bubuk biji pala dengan sedikit garam, kemudian minum selagi hangat.

2.Mengobati maag

Selain untuk mengobati rasa mual, biji pala juga bermanfaat dalam meringankan gejala sakit maag. Caranya seduh 1 sdt bubuk biji pala menggunakan air hangat sebanyak 100 ml atau 1/2 gelas, aduk rata lalu minum.

3.Mengatasi sakit perut

Biji pala di percaya dapat mengobati segala jenis gangguan pada perut seperti gejala perut kembung, diare. Selain itu khasiat dari biji buah pala dapat melancarkan sistem percernaan yang tentunya akan menguntungkan kita bagi yang mengkonsumsinya.

4.Mengatasi insomnia

Jika anda mengalami susah tidur atau insomnia bisa jadi biji pala adalah solusi yang tepat bagi anda. Caranya dengan menumbuk halus 1 buah biji pala yang telah di bersihkan kemudian aplikasikan pada bagian pelipis saat menjelang tidur. Hal ini akan membantu memperbaiki gangguan tidur yang anda alami.

5.Obat sakit kepala

Sering mengalami pusing atau sakit kepala? tentunya hal ini sangat mengganggu dan tidak bisa di biarkan. Solusinya adalah dengan menumbuk halus biji pala dengan biji mahoni secukupnya hingga halus, kemudian rebus hasil tumbukan dengan air kurang lebih 1/2 liter sampai mendidih. Kemudian teteskan air rebusan tersebut kedalam telinga sebanya 4-5 kali.
  • Untuk kecantikan anda bisa menggunakan biji pala untuk mengatasi beragam masalah pada kulit seperti jerawat dan noda hitam pada kulit wajah. Caranya cukup mudah, tumbuk halus biji pala, kemudian campur tumbukan tersebut dengan bahan lain anda bisa menggunakan susu dan aduk sampai rata lalu oleskan pada wajah untuk beberapa menit.

Itulah beragam manfaat dari biji pala yang selama ini hanya kita kenal sebagai rempah untuk tambahan makanan. Dan ternyata biji pala juga menyimpan manfaat yang bisa kita gunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kita.

Sekian untuk ulasan kali ini yaitu tentang Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan. Semoga berguna dan selamat mencoba sendiri di rumah..!
Tag : herbal
Back To Top